[My 7 Days Fruits Diary] Tujuh Hari Penuh Kesegaran Buah

Alhamdulillah tahun ini saya berkesempatan menjumpai ramadhan lagi. Bertepatan awal tahun memulai pola makan sehat food combining, maka ramadhan kali ini merupakan ramadhan pertama menerapkan pola food combining. Hmm bukan puasa pertama sih. Beberapa waktu sebelum ramadhan tiba, saya sudah berpuasa untuk membayar hutang puasa (qodho) dengan pola food combining. Ternyata berpuasa ala food combining relatif lebih bersahaja. Bagaimana tidak, menyesuaikan dengan prinsip-prinsip makan di hari biasa, berpuasa ala food combining membuat kita tidak tertarik untuk menjadikan  berbuka puasa sebagai ajang "membalas dendam" sehingga kalap mengonsumsi berbagai makanan. 
Sumber: FB Group FCI


Jadi dalam pola berpuasa ala food combining, sarapan buah ekslusif di pagi hari berpindah waktu di saat sahur dan saat awal berbuka puasa. Konsumsi air hangat plus jeruk nipis peras tetap dilakukan di awal membuka hari. Yup mengawali sahur. Untuk menu makan besar, tentu saja dengan tetap memperhatikan kombinasi makanan (versi karbohidrat + protein nabati + sayuran ataupun versi protein hewani + protein nabati + sayuran) dilakukan setelah berbuka dengan air putih berkualitas dan buah-buahan segar, manis dan berair.  Tidak lupa memberi jarak setelah mengonsumsi buah sebelum makan menu lengkap. Sebaiknya sholat maghrib dulu tak lupa zikir. Makan  besar bisa juga dilakukan setelah mengonsumsi buah di saat sahur, saat dirasa buah belum cukup mengenyangkan.


Menjadikan buah sebagai hidangan pembuka saat berbuka dan hidangan utama saat sahur dan kemudian memberi jarak sebelum makan besar berangkat dari prinsip dalam pola food combining bahwa "makan buah hanya dalam keadaan perut kosong". Karena sekalipun buah dimakan sebelum makan, bila jaraknya terlalu dekat, dia tetap merusak makakan yang diasup setelahnya. Jadi sangat penting untuk memperhatikan transit time.  Rata rata buah dicerna selama 30 menit. Karena buah dicerna selama 30 menit dan makanan lain dicerna lebih lama, maka kalau dimakan bersamaan, fruktosa buah akan merusak makanan lain tersebut, akibatnya makanan di dalam perut akan membusuk dan bisa menjadi racun.

Lalu bagaimana pola mengonsumsi buah saat berpuasa? untuk sahur dan berbuka sebaiknya dengan mengonsumsi minimal tiga macam buah dengan warna yang berbeda. Pastikan saat sahur kita mengonsumsinya hingga merasa kenyang. Buah adalah sumber enzim, serat, vitamin, karbohidrat & mineral yang diperlukan oleh tubuh. Buah yang ideal untuk dikonsumsi  adalah yang manis, berair, berserat dan matang pohon. Pastinya hindari buah yang memiliki kandungan alkohol seperti cempedak, nangka atau durian. Oh iya buah tidak dicampur dengan apapun yaa saat dikonsumsi, gula, syrup, susu atau apapun, kecuali air putih dung. Kalau bikin jus buah kan mesti ditambah air dung ya.

Karena buah gampang dicerna maka tidak memberatkan sistem cerna sehingga energi tubuh bisa digunakan untuk hal lainnya. Buah memiliki kandungan fruktosa tinggi namun tidak akan melonjakkan gula darah kita karena serat buah menahan pelepasannya secara sekaligus. Itulah mengapa ketika kita sahur dengan beraneka macam buah tubuh kita akan lebih segar sampai menjelang berbuka puasa.  

Nah, alhamdulillah kita sudah memasuki minggu terakhir ramadhan. So far, saya sih lancar-lancar saja menjalani puasa dengan pola food combining. Sama sekali tak ada kendala, insyaAllah tetap bisa produktif beraktifitas seperti biasa, bahkan tentunya insyaAllah makin semangat mengisi waktu dengan hal-hal positif termasuk ibadah amaliah ramadhan. 

Saya dengnan senang hati ingin berbagi cerita tentang tujuh hari penuh kesegaran buah selama berpuasa kali ini. Seru dan seneng sendiri setiap hari mengabadikan buah yang dikonsumsi sebelum disantap. paling diprotes krucils nih, "Ibuu, kok tiap hari buahnya dipoto terus sih??" "Hmm kan Ibu mau berbagi 7 Days Fruits Diary sayang...". Dimulai sejak saya mendapat info lomba ini, saya berusaha mencatat dan mengabadikannya.

Hari ke 1

Hmm menu buah hari ini, sesuai dengan stock yang tersedia untuk berbuka saya membuat sop buah ala saya hehehe. Potoongan semangka dan pisang yang diberi jus nanas madu. Hmm segar deh asam manis dan berair. Pastinya kaya enzym dung. Ini dia penampakannya, itu topingnya bukan ice cream lhoo, tapi nanas yang dijus. Sahurnya masih sama buahnya, tapi saya potong-potong saja. Potongan pepaya, nanas, dan semangka.
Berbuka dengan Sop buah potongan pisang dan semangka dengan jus nanas. topingnya nanas bukan ice cream yaa

Sahur: potongan pepaya, semangka, dan nanas.
Hari ke 2

Hari itu saya ada acara di Hotel Mercure Sabang. Meski banyak menu menggoda di restaurant, terutama bakwan dan tahu isi tapi saya konsisten dung sama air putih dan buah. Hmm alhamdulillah ketemu sama buah yang manis, berair dan matang juga. Ada semangka, melon, dan pepaya. Plus ada asinan buah yang uhuyyy. Ini mah jujur saya cheating dikit, kan ada bumbunya yang asam hehe. Habis gimana ya menggoda banget. *lap iler* Untuk sahur, saya berniat memang gak akan turun ke restaurant. acaranya selesai cukup malam. Capek, takutnya malah gak terbangun. Tapi saya sudah stock potongan buah yang saya beli di Jalan Sabang. Ada tukang buah dan rujak dengan potongan buah mangganya yang manis. Hmm saya terbangun hampir kesiangan, sekitar 15 menit saja jelang imsak. minum air putih dan sebungkus potongan mangga manis yang lupa saya poto saking terburu-buru hahahaha.

Berbuka; Potongan pepaya, semangka, dan melon. seporsi asinan yang menggoda


Hari ke 3

Untuk berbuka saya memotong pepaya dan melon yang kemudian saya siram dengan jeruk manis. Hmm manis dan segar. Tanpa gula yaa. Nah malamnya untuk sahur saya siapkan potongan pepaya, rock melon, jambu air dan jeruk. Sahurnya dengan potongan rock melon, pepaya, buah jambu air dan jeruk. Buah-buahan lokal yang sedang musim, enak dan ramah di kantong.
Berbuka: potongan pepaya dan melon disiram air perasan jeruk 
Sahur: jambu air, pepaya, rock melon dan jeruk
Hari ke 4

Acara berbuka bersama di komplek perumahan nih. Pot Luck, masing-masing keluarga membawa menu untuk dinikmati bersama. Saya kebagian bawa ayam goreng. Saya khawatir tidak ada yang membawa buah-buah, jadi saya sudah siapkan di rumah. In case tidak ada buah. Saya balik ke rumah. Tapi air putih tetap saya bawa. Eh alhamdulillah ternyata ada buah-buahan. Pisang sunpride, salak dan jeruk. Sahur saya membuat Jus pepaya + jeruk manis, potongan rock melon dan jambu air.

Berbuka; Pisang Sunpride, salak dan jeruk
Sahur: jus pepaya jeruk, potongan rock melon dan jambu air

Hari ke 5

Acara berbuka puasa bersama di kantor. Menu takjilnya kolak dan cincau. Hmm tapi saya melipir ke meja prasmanan mencomot potongan buah dan air mineral hahaha. Setelah air putih saya lanjutkan dengan menikmati potongan melon, semangka dan jeruk sunkist. Menu sahurnya trio melon, pepaya dan jeruk manis.
Berbuka: Potongan melon, semangka dan jeruk sunkist
Sahur: potongan pepaya, jeruk, dan melon

Hari ke 6

Buka puasa kali ini saya yang memang masih punya stock melon, pisang dan jeruk, alhamdulillah kembali menikmati tiga buah yang kaya enzim tersebut. Sahurnya saya membuat smoothie pisang dan jeruk. Seger-seger asem deh rasanya, tanpa tambahan gula atau perasa apapun yaa. jadi murni buah-buahan. Khawatir kurang kenyang saya tambah sedikit makan besar. siap menjalani puasa hari itu.


Berbuka: Potongan melon, jeruk manis dan pisang




Hari ke 7

Buah yntuk berbuka kali ini masih melon, maklum beberapa hari sebelumnya memang borong, karena terbukti melonnya manis pake banget. Untuk temannya saya buat smoothies dari pisang dan strawberry, hmm asam-asam segar.  Tanpa tambahan apapun lho yaa. Hmm sahurnya saya masih punya stock melon, ditambah pisang dan jambu air.

Berbuka: potongan melon dan smoothies pisang dan strawberry



Kurang lebih seperti itulah 7 days fruits diary saya. Apakah selesai? tentu tidak karena pola berbuka diawali dengan buah dan sahur dengan buah terus berlanjut hingga hari ini. InsyaAllah sampai ramadhan selesai. Saat saya agak "malas", bahkan saya sempatkan membuat yang praktis saja, misalnya jus melon tanpa tambahan apapun. Karenanya stock buah harus selalu ada di rumah. Ya simpel dan mudah didapat saja, buah-buahan lokal yang sedang musim. Selain tetap kaya enzym yang dibutuhkan tubuh juga harganya relatif lebih nyaman dikantong. 



Jus Melon




Stock buah lokal

Jadi ayo semangat yuuk makan buahnya, warnai harimu dengan kesegaran buah. Meskipun bukan pelaku food combining. Mengasup buah-buahan segar sangat penting lhoo menjadi bagian dari pola makanmu. Jadi tiada hari tanpa buah segar. Satu lagi yang penting buah lokal yang segar dan berkualitas sekarang lebih mudah didapat. Bahkan berbagai buah lokal dan berkualitas dari Sunpride seperti pisang, nanas, guava/jambu biji, melon dan jeruk baby sekarang lebih mudah didapat. Saran saya, konsumsi dalam keadaan perut kosong atau sebelum makan. Yuuuk sehat terus dengan konsumsi buah segar.

Tulisan ini disertakan dalam Writing Competition My 7 Days Fruits Diary bersama Sunpride dan memenangi 30 Tulisan terbaik.

43 comments

  1. Wowww...hari-hari penuh dengan buah segar ya mbak.
    Gudlak mbak lombanya. Tulisannya kereeen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sebetulnya tidak hanya puasa. Setiap hari memang ketemu sama buah segar. Sudah jatuh cinta sm buah terutama buah lokal. Makasih mak...

      Delete
  2. Liat foto buahnya seger2 jadi pen beli buah ni mak ophi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo beli...buah lokal yang lagi musim harganya biasanya lbh ramah

      Delete
  3. Buah-buahan SunPride emang berkualitas. Aku juga lagi nyoba nih seminggu pake...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah berarti udah siap ikutan 7 day fruits diary nya ya mak...salam sehat mak

      Delete
  4. wuihhhh all about fruits, Mak Ophi buah2annya menggoda, kalo sudah terbiasa berfood combining pasti berjodoh terus dgn buah2an ya

    ReplyDelete
  5. Aku suka jambu air, mak. Seger dimakan, apalagi pas buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. krenyes-krenyes...segar hahaha *hmm gak batal kan ya puasanya hiks

      Delete
  6. kereeeen...buahnya ga harus yg ada merek sunpride nya ya. bener banget..buah2an seger buat buka puasa. awalnya saya bikin es buah lah kolak lah...lama2 cape sendiri lebih praktis buah dijus udah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepemahamanku begitu mak. kan persyaratnnya yg no 2 menyebutkan wajib memasukkan produk sunpride seperti pisang, nanas dll...berarti kan gak semua harus pake sunpride kali yaa. Tp gak tahu deh

      Delete
  7. Tiada hari tanpa buah keknya nih mba ophi...sehaaaaaaaaaaaaaaattttt...kerenlah bisa konsisten, aku FC cm beberapa minggu doang habis itu lupa hahaha...Sehat selalu ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah...secara udah enak di badan dibawa ber FC...jadi buah udah jadi menu harian mbak

      Delete
  8. Aku mau ikutab juga ahhhhhh...penggila buah sejati meskipun nggak FC...good luck mak Ophi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo ikut meramaikan mak... apalagi mmg sehari2 gila buah hahaha. Makasih ta good luck for you too

      Delete
  9. Saya juga suka buah mbak, apalagi yang berair. Anak2 juga suka, cuma makannya belepotan dan basah dimana2,hehe .. sukses lombanya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi seneng aja ya mak klo liat anak2 mamam buah meski belepotan. Seneng krn mrk suka sm buah. Bagus bgt buat mereka

      Delete
  10. Buaaaaaahhhhh :)
    Aku selama puasa juga craving banget ama buah2an maaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyakin konsumsinya pas puasa bagus buat tubuh mak

      Delete
  11. Segeeeerrrr liat buahnyaaaa **ngiler glek

    ReplyDelete
  12. aku banyakan chetingnyaaa... selama sahur sih emang buah terus.. tp pas buka abis ngunyah semangka tangan suka bandel ambil bakwan. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit2 aja cheatingnya mak hahaha. Ga bisa sekaligus juga sih bebas dr cheating. Apalagi hawa puasa maunya makan yg menantang kita buat cheating yaks...

      Delete
  13. Buah oh buah. Saya suka buah! Hehehe. Salam kenal Mbak :)
    www.bairuindra.com

    ReplyDelete
  14. Saya pernah disaranin temen untuk food combining tapi belum kesampean, beberapa teman yang memiliki autoimun merasakan manfaat kondisinya semakin baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dipraktikan mas...efeknke badan n kesehatan sdh sy buktikan sendiri

      Delete
  15. Meskipun belum jadi FC ers sejati kya mak ophi buah selalu ada di rumah tiap hari..alhamdhulilah kami bertiga predator buah... semua buah lah hajar pokoknya...kecuali duren

    sukses lombanya mak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu ayo atuh ikutan lombanya mak Muna...
      Duren mah hampir semua di rumah suka tuh eh kecuali Ka Zaha ding...saya sekarang megurangi hehehe
      Makasih mak

      Delete
  16. Melimpah sekali buah-buahannya Mak. Hasil jepretannya juga mantap, warna-warni, sukses yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sealu suka dengan buah2 lokal yang melimpah setiap musim mak... makasih yaa

      Delete
  17. Waa bertaburan buah. Moga kita jadi tambah sehat ya mak. Sukses lombanya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin salah solusi sehat yang enyaak ya santap buah mak. Makasih yaa

      Delete
  18. apa kabar mbak Ophi
    wah..food combain..keren
    sukses dan salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik..
      trimakasih
      iya alhamdulillah sudah 7 bulanan nih FC-an

      makasih yaa

      Delete
  19. nyam nyam, enak buahnya tinggal nyomot :D
    congrat dengan food combine ya mak

    ReplyDelete
  20. Waaah aku jugavikutan lomba ini
    Itu rujaknya bikin pengennn kyknya sweger bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses jg ya buat lombanya...
      Sweger pake bangeeeet

      Delete
  21. Baca postingan mbak ophi apalagi menunya jadi rindu Ramadhan.....Semoga masih diberi kesempatan manjalankannya tahun depan...
    Amiiinnn Ya Robb,,,

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.