Tips Agar Balita Gemar Menggosok Gigi

Entah mengapa banyak anak-anak terutama di usia balita yang enggan menggosok gigi. Mereka sulit, ogah-ogahan, malas, bahkan menolak aktivitas perawatan gigi mendasar ini. Hmm kenapa ya? Padahal seperti kita tahu. Kebiasaan dan kegiatan menggosok gigi secara rutin memberi dampak siginifikan bagi kesehatan gigi dan mulut anak bahkan bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.




Masalah sejenis saya temui dalam membiasakan tiga putra putri saya menggosok gigi. Berdasarkan pengalaman akhirnya saya menemukan beberapa tips sederhana agar anak-anak terutama di usia balita mau dan gemar menggosok gigi mereka. Aktifitas menggosok gigi umumnya merupakan bagian dari aktifitas mandi baik pagi maupun sore hari. Di luar kegiatan mandi pembiasaan menggosok gigi juga dilakukan pada saat menjelang tidur malam. Berikut tips yang coba saya terapkan di rumah.

1. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk anak.

Pasti ada alasannya kan produsen sikat gigi dan pasta gigi membidik pasar anak-anak. Selain memang cukup ampuh untuk membantu anak-anak gemar dan belajar rutin menyikat gigi ada fungsi tersendiri menggunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus untuk anak-anak. Selain mereka menjadi tertarik untuk menggosok gigi karena sikat gigi dan pasta gigi sesuai dengan selera dan kesukaan mereka. Rasa pasta gigi yang tidak terlalu keras bahkan hadir dengan tambahan rasa buah atau permen membuat anak nyaman dan senang menggunakan pasta tersebut. 

Bulu sikat gigi khusus untuk anak tentu dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi dan lingkungan mulut anak. Lagi-lagi ini membuat mereka lebih nyaman. Satu lagi yang tidak kalah perannya adalah bentuk sikat gigi yang sudah sangat variatif tersedia di pasaran. Untuk anak- anak perempuan warna-warna yang girly dan gambar atau bentuk karakter girly bisa jadi pilihan. Demikian juga dengan anak laki-laki. Dek Paksi misalnha konsisten dengam warna merah dan tokoh-tokoh kartun kesukaannya the cars, thomas, atau Iron man.

2. Ceritakan manfaat menggosok gigi dengan menyenangkan.

Hmm jangan-jangan anak-anak tidak paham bagaimana pentingnya menggosok gigi bagi kesehatan mulut dan giginya bahkan bagi kesehatan dan kenyamanan aktifitas mereka sehari-hari. Carilah cara agar mereka memahami pentingnya menggosok gigi. Salah sati cara yang terbukti efektif bagi trio krucils saya adalah membelikan dan membacakan buku-buki cerita yang bergambar mengenai aktifitas harian menggosok gigi dan manfaatnya serta akibatnya jika tidak dilakukan.


Saya punya banyak buku dengan beragam versi, tokoh dan cerita yang berbeda tentang kebiasaan baik menggosok gigi setiap hari dan akibatnya jika tidak dilakukan. Membacakan cerita membuat anak merasa lebih nyaman dan mudah menangkap maksudnya ketimbang memberitahu mereka kamu harus gosok gigi setiap hari karena a, b, c, d, dan seterusnya. Selami cerita di dalam buku dan ajak anak terlibat di dalam cerita. Selain lebih mudah meresap di pikiran mereka. Anak-anak merasa lebih nyaman mendapat pengetahuan tersebut.

3. Buat aktivitas menggosok gigi menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Bagaimana caranya? Yang saya lakukan adalah dengan mengulang dan mengkombinasi beberapa cerita yang ada di dalam buku-buku cerita yang kami baca bersama. Lalu buat improvisasi agar terkesan lebih nyata. Misalnya yang saya lakukan untuk membiasakan Dek Paksi gemar menggosok gigi dan terbukti membuatnya mau dan suka aktivitas ini antara lain dengan membawakan cerita sambil menggosok giginya atau sambil dek Paksi menggosok giginya sendiri. Dek Paksi selalu ketagihan dengan cerita tersebut.

"Ayoo ibu cerita sugar bugs (sekarang sudah bisa r lhoo)...dari awal, Ibuu". 
"Oh iya ibu lupa... Gimana ya awal ceritanya"? 
" Iya...sugar bugsnya lagi main main sama temen-temennya di gigi paksi." 
"Oh iya jadi sugar bugs di gigi paksi tuh lagi pada main seru-seruan kan. Ada yang main bola, ada main perosotan, ayunan, main sepeda. Mereka seneng banget...soalnya gigi Paksi kotor banyak sisa makanan dan permem yang nempel di gigi."
"Trus?"
"Iya trus tiba-tiba. Dek Paksi kumur-kumur."
"Huwaaa, ada banjir..." kata sugar bugs. 
Mereka lari ketakutan tunggang langgang.
Trus Dek Paksi gosok giginya pake odol rasa strawberry tuh meraka makin ketakutan... awas ada senjata rahasia dan sikat raksasa..lari... toloooong".

Nah kurang lebih seperti itulah ceritanya. lain waktu saya cerita soal monster gigi yang mengganggu anak kecil yang tidak suka menyikat giginya. Karena Dek Paksi  bertanya siapa saja nama para sugar bugs, maka kamipun menamai mereka. kum-kum, kim-kim, kom-kom, kem-kem dan kam-kam. Halahhh bisa-bisanya Ibu Ophi aja hahaha.

4. Jangan lupa beri mereka apresiasi saat mau menggosok gigi. 

"Naah sekarang coba deh ibu mau cium anak pinter yang rajin gosok gigi. Hmm coba liat mulutnya,"
"Haahh..." lalu Dek Paksi membuka mulut dan mengembuskan nafas segarnya pada Ibu.
"Waah segar dan harum, keren ah makin ganteng tuuh jadinya. Hmm sugar bugs-nya pada kabur lagi.
"
Demikian beberapa tips yang saya lakukan agar trio krucils gemar menggosok gigi. Semoga bermanfaat yaa.

38 comments

  1. Iya mba, mengajak anak gosok gigi dan memberikan anak apresiasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo sekedar menyuruh malah jadi sulit dan ogahan mba

      Delete
  2. alhamdulillah ga ada kesulitan ngajarin anak gosok gigi, kecuali kalo lagi sariawan gamau gosok gigi padahal mulut mereka bau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah tantangan tersendiri tuuh klo lagi sariawan. Rayuannya ekstra

      Delete
  3. Melatih anak usia dini untuk menjaga kesehatan, dengan tips dan trick bermain. Mantab banget tipsmya mbak.

    ReplyDelete
  4. Anakku kedua gigi atasnya habis mb.....susah diajak gosok gigi.....maturnuwun tips dan triknya....:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu si kakak yg pertama jg grepes gigi depannya karena minum susu botol sambil bobo... Ngedot. Setelh tumbuh gigi seri sy pastikan spy dia jaga dg rajin gosok giginya

      Delete
  5. ajarkan anak menggosok gigi biar sehat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul...klo sehat ngapa2in juga enak

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Anak saya dulu rajin sikat gigi, tapi semenjak jatuh dan gusinya berdarah dan sariawan sampe berminggu2, dia jadi ga mau sikat gigi mak. jadi giginya gigis gitu. Sekarang dah rajin lagi, tapi terlanjur giginya jelek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah gigi tetap apa masih gigi susu mak. Klo gigi susu gak papa sih oada saatnya tumbuh gigi tetap kita bs perbaiki pola gosok giginya. Si kakak al dulu giginya juga habsi krn ngedot susunya kuat...sdh tmbh gigi tetap sy tekankan banget utk dirawat

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Dulu pas nadia bayi aku suka puterin lagunya barney tentang sikat gigi..dan itu membantu bgt jd semangat klo sikat gigi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha makin semangat yaa klo pake lagu segala. Apapun caranya spy mauu dibujuk yaa

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. keponakan malah suka gosok gigi, kalau gosok gigi suka joget2 sampai aku ketawa kepingkel :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh jempol deh... Berarti mind set nua dah bagus. Gosok gigi is fun

      Delete
    2. wow tipsnya keren kak ^^ thanks... smaoga si kecil mau gosok gigi lagi xD

      Delete
  9. Anakku bnyk alasan kl mau sikat Gigi, kupoto giginya yg mulai keliatan ada flek, langsung dia kabur kekamar mandi sikat Gigi xxixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bukti fisil manjur juga yaa... Nih liat sendiri akibat malas gosok gigi. Hihi

      Delete
  10. Wah, makasih infonya mba, sepakat apalagi yg nomor 3 ^_^

    ReplyDelete
  11. Wah, makasih infonya mba, sepakat apalagi yg nomor 3 ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip...iya mak klo menyeramkan atau menegangkan malah kabur ga mau gosok gigi

      Delete
  12. keren dongengnya Mak, anakku masih sulit disuruh sikat gigi hiks...
    http://www.naqiyyahsyam.com/

    ReplyDelete
  13. Apresiasi bikin anak jadi bahagia ya, mak. Semoga jadi semangat terus belajar menggosok gigi tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin...iy terasa banget befanya apresiasi n persuasi positif dengan perintah satu arah

      Delete
  14. Tipsnya bermanfaat, bintang, anak saya, mau sikat gigi, tapinya, dia ga mau pake pasta gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Pelan2 aja atau tawarkan pasta yg mungkin dia suka...rasa buah favoritnya misalnya

      Delete
  15. Allhamdulillah gigi dua anakkku aman mak...kurang lebih dulu wktu msh anak2 tipsnya gitu deh pake sikat yg lucu...odol yg 3nak :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gigi tetapnya mudah2an sih gigi trio krucils aman juga mak. Klo si kakak dulu gigi susunya habis gara2 ngedot susu botol

      Delete
  16. Tipsnya keren, Mba.
    Oh gitu ya diselipkan cerita.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.