Muslimah di Era Digital (Milad 3 Blogger Muslimah)


♫♪  Oh muslimah ♪♫
Berbahagialah kita telah dilahirkannya dengan mulia
♪♫ Subhanallah ♪♫
Tuhan telah berkati syurga itu di telapak kaki ibu
♬♪ Oh muslimah  ♪♬
busanamu menutup rapi
auratmu kau lindungi dengan indahnya 
♫♪ Oh muslimah ♫♪
kau rajin mengaji
Islam kau jadikan tuntunan sejati
♫♪ Oh muslimah ♫♪
Dekatlanlah diri selalu pada illahi demi cintaNya
InsyaAllah, Tuhan kan memberi Kecantikan yang abadi dalam RidloNya 


Lagu nan lembut dengan alunan musik yang juga demikian lembut langsung menyentuh telinga dan tertinggal di hati. Sejak duduk di salah satu sudut ruangan, sepanjang  acara Milad 3 Blogger Muslimah,  alunan lagi yang demikian indah ini melingkupi saya yang duduk tak jauh dari sumber suara. 

~~~00 ~~ ~~~00 ~~

Terburu-buru saya menatap ruangan yang  sudah penuh oleh rekan-rekan blogger muslimah yang telah datang terlebih dahulu. Mata saya kemudian berhenti di sudut kiri ruangan. Tampaknya masih ada space yang kosong di sana. Yup akhirnya masih dengan nafas sedikit tersengal karena agak terburu-buru sekaligus dag dig dug khawatir telat, saya duduk di sebelah Mba April Hamsa. Tidak jauh dari tempat MC Neng Liswanti berdiri. 

Alhamdulillah setelah tadi agak muter-muter dan menjauh dari lokasi karena map Babang Grab erorr akhirnya sampai juga ke Permata Building Kuningan di Lantai 17, tempat di mana Milad 3 Blogger Muslimah diadakan. Well, Proxsis Consulting Group Co Working Space demikian tepatnya nama tempat ini. Proxsis Co Working Space merupakan tempat di mana para komunitas atau individu dengan beragam latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bisa berkumpul, bekerja, belajar, berkegiatan di tempat yang nyaman dan suasana yang juga fun.

Proxsis Consulting merupakan kolaborasi para ahli-ahli di bidang manajemen, SDM, IT, risk dan compliance dalam sebuah misi bersama guna memberikan manfaat bagi masyarakat banyak dalam bentuk “The Corporation of Knowledges and Ideas”. Saat ini Proxsis juga mengembangkan jangkauan organisasinya ke seluruh Indonesia dan South East Asia. Untuk mengetahui profil lebih jauh tentang Proxsis boleh banget mampir di sini.




Ruangan yang hakikatnya tidak terlalu luas ditata sedemikian agar kami para blogger muslimah bisa berkumpul, belajar, sekaligus fun bersama. Untungnya penataan design interior ruangan di sini memang dibuat cantik dan instagramable sehingga ketika ditata ulang menyerupai aula kecil, suasana terasa semarak namun tetap manis seperti kami para blogger Muslimah *Jiyaah*.



Acara Milad 3 Blogger Muslimah ini mengusung tema "Muslimah di Era Digital". Ada dua materi terkait tema tersebut. Materi pertama disampaikan oleh Ratih Sophie Azizah mengenai kepribadian muslimah dan materi kedua tentang cara meningkatkan traffic blog & website dengan SEO Management disampaikan oleh Coach Rian (CEO digital agency Digital Finger).

Acara dibuka dan didahului dengan sambutan dari Blogger Muslimah Founder sekaligus mengantarkan (kembali) profil Blogger Muslimah. Saya sih senang bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang Blogger Muslimah dan program-programnya. Saat ada yang bertanya tentang Blogger Muslimah, saya hanya jawab sependek pengetahuan saya dan biasanya saya sarankan mereka untuk langsung mengunjungi website bloggermuslimah.id. Yang mau kenal lebih lanjut dan mau daftar bisa intip juga infonya di websitenya ya 😍 Jangan lupa kenalan sama hijab pink, Muslimah :)

Hmm sudah ada yang tahu apa itu Blogger Muslimah? Saya sendiri mengenalnya sekitar setahun lebih yang lalu dan secara off line ini merupakan kegiatan kedua yang saya ikuti bersama Blogger Muslimah.  Pemilihan nama ini bukan untuk mengkotak-kotakkan para blogger muslimah dan non muslimah kok. Blogger Muslimah ini bersifat terbuka, menerima siapapun untuk bergabung, asalkan dia Muslimah. Boleh berjilbab atau tidak berjilbab. Blogger Muslimah dibentuk dengan tujuan lebih memberdayakan para Muslimah di dunia blogging ini.

Blogger Muslimah dibentuk tanggal 1 Desember 2014 untuk menggugah para Muslimah agar terus menulis terutama di media online yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Para Muslimah bisa sharing informasi di blog mereka tentang banyak hal mulai soal tumbuh kembang anak, dunia muslimah, karya-karya kreatif, bisnis dan lainnya. Menulis di blog bisa menjadi ajang edukasi yang bermanfaat bagi orang banyak. Intinya Blogger Muslimah hanya ingin menggiring para Muslimah untuk bisa menulis di blog secara rutin dan berkualitas dengan semangat berbagi.

Saya mah suka banget sama taglinenya nih : Membaca Dunia, Menulis Semesta. Beda yaa kalau yang bikin taglinenya penulis sastra hehehe :)

Oke lanjut kita ke sesi I.

Kepribadian Muslimah: “Recognising Ourselves & Others”


Teh Ratih yang nyunda sekali membawakan materi tentang kepribadian musliah. Diawali dengan menyampaikan sejarah tentang beberapa tools psikologi yang digunakan untuk memetakan kepribadian seseorang yang kemudian berujung pada tools yang disebut dengan DISC. D untuk Dominance, I untuk Influence, S untuk Steadiness, dan C untuk Compliance.Semua kepribadian memiliki sisi positive dan negatif. Tidak ada yang lebih baik satu dengan yang lain. Semua kepribadian bisa dimaksimalkan dari sisi positivenya.




Bagaimana jenis kepribadian ini dalam sifat keseharian. Masing-masing kepribadian memiliki ciri-ciri umum dan bahkan kecenderungan. Pribadi Dominan memiliki kekhasan tegas. Pribadi Influence memiliki ciri intim. Pribadi Steadiness memiliki ciri Loyal. Sedangkan pribadi Compliance merupakan orang yg cermat.  Kepribadian bisa berubah sesuai dengan kondisi dan lingkungan namun biasanya yang agak bersifat tetap adalah karakter yang merupakan bawaan.

Setelah pemaparan secara teori, peserta #Milad3BloggerMuslimah mengikuti tes psikologi dengan tools DISC tadi. Ada 24 soal dimana terdapat 4 pilihan pada masing-masing soal yang harus dipilih. Naah setelah selesai mengisi kemudian dihitung jumlah masing-masing pilihan. Pilihan dengan jumlah yang paling banyak merupakan gambaran kecenderungan kepribadian kita. Naah saya mendapat nilai 11 untuk poin C atau compliance. Hmm mungkin karena faktor pekerjaan sehari-hari di bidang hukum dan perancangan juga nih yang membuat kepribadianku lebih ke compliance yaa.

Nah sekarang apa ya fungsinya kita mengetahui kepribadian masing-masing dan juga kepribadian orang lain?Ada beberapa tujuan dan manfaat mengetahui  kepribadian seseorang.

  • Understanding - memahami 
  • Recognising - mengenali
  • Adapting - beradaptasi
  • Appreciating the difference - menghargai perbedaan

berdasarkan tes DISC kita bisa menemukan salah satu yang menjadi identitas kita dan kita bisa kembangkan sisi positifnya. Namun kita juga punya satu identitas yang melekat yakni identitas sebagai muslimah. Sebagai muslimah kita harus memiliki suatu kepribadian sendiri. Pribadi muslimah yang baik adalah menjadi diri sendiri. Muslimah juga sebaiknya tidak latah dan ikut-ikutan trend dunia digital dengan kaca mata kuda. Ada yang bisa kita kritisi dan pilih lagi mana yang sesuai mana yang tidak. Jangan lupa identitas kita sebagai muslimah.

Kita juga harus pandai-pandai memilih teman. Bukan dalam artian negatif dan mengkotak-kotakkan atau membatasi diri. Kita boleh membaur dengan siapapun tetapi jangan melebur. Pilih teman yang mendekatkan kita pada kebaikan. Hal yang juga sangat penting, jaga pikiran kita! Kita harus berhati-hati dalam menjaga pikiran. Sibukkan kita dengan pikiran yang baik terutama saat kita terhubung dengan dunia digital. Last but not least, sertakan Allah dalam setiap tindakan, pikir, lisan, dan hati kita.

♫Oh muslimah ♫
♬♬Berbahagialah kita telah dilahirkannya dengan mulia ♬♬
Ah indahnya muslimah sholihah... seindah perhiasan dan accesoris dari @elvadin_art yang menjadi salah satu cindera hati buat kami peserta Milad. Accesorisnya mungil dan cantik menghiasi hijab. Hijabpun makin rapi jika dilapisi dengan bandana yang super nyaman dari @hana.mozlima. Yang penasaran sama koleksinya bisa cuss langsung ke IG mereka yaa. Ssst jangan kalap ya :)


Karena semua sudah syantik-syantik, Mari berphoto-photo syantik dengan latar belakang suasana milad dan ruang Proxsis Consulting yang bikin kita pingin #ExsisdiProxsis. Semua blogger muslimah diberi waktu untuk berphoto dan kemudian dilanjutkan sesi photo bersama. Semua tampak anggun dalam balutan busana muslimah dari Ethica penerima Rising Business Awards 2017. Busana yang kami kenakan merupakan produk dari Brand Seply.id, bagian dari Brand Ethica yang khusus mengusung busana wanita feminine dinamis. Cocok untuk ibu-ibu muda dan berjiwa muda kayak saya hehehe. Oh iya dressnya didesain "busui friendly"" lho. Cocok juga buat para remaja puteri.




Setelah berphoto-photo ria, waktunya Ishoma nih sebelum lanjut sesi sebelumnya.

Makan siang dulu yuuk supaya ada tambahan energi untuk menerima materi berikutnya. Makan siang kami, alhamdulillah nikmat dengan sayur asem, ayam rendang bakar, tempe goreng, bakwan jagung dan tidak lupa sambal dan lalapnya. Lengkap benerrr. Iya duung, perut kenyang, hati bahagia. Kan makannya @ayambahagia.


Ayam Bahagia ini merupakan resto yang mempertahankan cita rasa kuliner nusantara khas Ayam Bahagia. Menu utamanya memang ayam dan daging dan salah satu jaogoannya memang ayam rendang bakar ini. Buat yang mau mencoba dine in dan menikmati sensasi bahagia menyantap menu Ayam Bahagia, bisa datang ke resto-resto mereka yang tersebar di banyak tempat salah satunya di Kepala Gading.




Alhamdulillah perut kenyang hati senang. Sholat Zhuhur lalu kembali melanjutkan sesi ke II

Meningkatkan Traficc Blog dan Website dengan  SEO Management

Panitia pengertian banget deh, siang-siang habis makan bakalan banyak yang ngantuk padahal materinya lumayan berat dan penting banget. Naah supaya gak terlena, narasumbernya dikasih yang mencerahkan mata kayaknya #eh hahaha. Brondong book! Iya materi tentang SEO disampaikan sama Coach Rian dari Digital Finger. Coach-nya masih unyu-unyu laaah, ayooo para jomblo, siap-siap menebar jaring. wkwkwkw Hussh emang ya emak-emak paling demen, godain jomblo.




Back to topic ya,


SEO atau Search Engine Optimization adalah melakukan aktivitas tertentu agar website atau bloggnya berada di halamam satu daftar pencarian google. Oh iya, selain SEO ada juga SEM atau  Search Engine Marketing. SEO merupakan hasil pencarian alami, tak berbayar, non iklan, dan organik. sedangkan SEM sebaliknya merupakan hasil pencarian tidak alami, berbayar, iklan dan non organik.

Masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. SEM dalam hitungan kurang dari satu jam bisa langsung berada di page satu daftar pencarian google namun kekurangannya kalau sudah habis budgetnya, dia akan menghilang. Sedangkan SEO dilakukan tanpa budget, namun bisa ada di page satu daftar pencarian google dan biasanya permanen tidak akan turun kecuali ada kompetitor dengan keywords yang sama namun usaha untuk mendapatkan posisi ini tidak mudah dan butuh waktu.

Untuk mengetahui bagaimana sebaran website yang paling banyak dikunjungi di daftar pencarian google kita bisa melihat pada Google Serp Heatmap. Peta ini merupakan peta google yang menunjukkan di bagian mana website yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung, biasanya berwarna merah.

Jika ingin meningkatkan traffic organic harus memulai SEO. Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan untuk memulai optimasi website atau blog kita.

#Tahap 1

Persiapkan website

Bisa Blogspot, WordPress dan lain-lain tapi google lebih prefer WordPress. 

#Tahap 2

Riset kata kunci

Tool yang biasa dipakai adalah google keyword planner
adapun step-stepnya:
- masuk ke https://adwords.google.com/home
- login dengan akun gmail
- pilih dan klik “keyword planner”
- pilih dan klik “telusuri kata kunci baru"
- ketik kata kunci yang ditargetkan, halamam web, dan kategori.
- kemudian akan muncul tampilan hasil penelusuran rata-rata, dan kata kunci (menurut relevansi)

#Tahap 3

SEO on page 

SEO on page dilakukan dengan memaksimasi SEO di halaman website/di blog kita. SEO on page terdiri dari beberapa hal:

- Title tags/meta tags
- Heading (h1, h2, h3 dst
- Struktur url (usahakan agar URL memasukkan keywords dan tidak terlalu panjang)
- Alt text gambar
- Kecepatan loading page
- Konten situs web original
- Internal link

Inti SEO on page sangat sederhana yakni untuk mengoptimasi website agar pengunjung betah di halaman website kita. Jadi sebaiknya fokus kita sebagai pemilik website/blog adalah pengunjung bukan mesin.

Untuk mengusahakan SEO organik sebaiknya:

1. Buatlah artikel alami/tidak kopas
2. Buatlah tulisan informatif yg lengkap
3. Gunakan gambar yang baik/relevan
4. Berikan pembaca kenyamanan ketika berkunjung ke blog kita

Ada 10 hal yang mempengaruhi kepuasan pengguna website agar optimal yaitu: konten, keyword, judul, URL, meta description, media gambar, outbond link, internal link, social sharing,  dan kecepatan website. Keyword yang populer dan tepat sasaran diletakkan di konten, judul, heading, meta description. Selanjutnya optimasi judul yang mengundang klik selain mengandung keyword yang sudah di riset juga harus klik-able.Meskipun masih berada di page satu pencarian google namun jika tidak di-maintain maka bisa saja drop karena berkurang pengunjung.

Kemudian dalam membuat URL harus singkat dan deskriptif. URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi halaman. Untuk meta deskripsi cukup 1 - 2 kalimat yang relevan dan mengandung keywords.Gambar yang dimuat dalam suatu website/blog harus berkualitas tinggi dan ukurannya optimal. ukuran yang sesuai cukup 100 kb. Untuk mengkompress gambar bisa dengan mengkompress di http://tinypng.com . Kita juga bisa memuat internal link untuk mempermudah navigasi sekaligus membantu menurunkan bounce rate di website kita.

Jangan lupa pasang social share di blog karean ada dampak tidak langsung terhadap peringkat website. Selain untuk menambah pengunjung, bisa juga membentuk branding agar website kita makin dikenal dan meningkatkan kepuasan pengunjung. Pengunjung yang puas mungkin saja akan memberikan backlink pada tulisan/website/blog kita dan backlink yang natural sangat penting untuk meningkatkan peringkat website kita.

Adasbtrategi mendapatkan backlink natural berkualitas yakni:
-  buatlah konten yang berkualitas
-  minta link kepada yang lain
-  broken link building
-  resource link building
- kita juga bisa intip backlink dan strategi milik kompetitor yang bisa dicek di https://moz.com/reasearchtools/ose.

#Tahap 4

SEO off Page

Naah selain on page bs jg dilakukan seo of page yaa. Jadi optimasi website yang dilakukan di luar website/blog kita. Biasanya dengan menjadikan website kita sebagai backlink di website lain. Ada beberapa media yang bisa dilakukan untuk SEO off page yakni:
- akun media sosial
- situs social bookmarking
- link building
- blog and forum sharing
- video

Naah pertanyaannya adalah manakah yang lebih penting dilakukan? SEO on page atau SEO off page. Coach Rian menyarankan keduanya dilakukan secara berimbang.

Berat ya materi Coach Rian, tapi penting banget buat blogger yang mau eksis di era digital seperti sekarang. 

Well, sesi kedua selesai diakhiri dengan quiz dan tentu saja berhadiah. Hadiahnya selain kaos juga voucher belajar di salah satu anggota Proxsis Consulting lhoo. Waah lumayan banget tuuh.

Sesi belajar usai, saatnya sesi bagi-bagi hadiah hahaha. Iya karena acara milad ini ada banyak lomba dan bertaburan hadiah. Alhamdulillah Mom of Trio memenangi salah satu kategori lomba niih. Selain pemenang lomba juga ada doorprize yang tak kalah banyak. Pemenangnya malah jauh lebih banyak. Luar biasa ini support dari para sponsor terutama Supertwin dan Sheba.

Mostly hadiah yang kece-kece dipersembahkan oleh Supertwin dan Sheba. Supertwin Shop adalah toko online milik seorang statistisi dan penulis dengan nama pena Aisya Avicenna. Mba Etika, member Blogger Muslimah juga book! Dengan mengusung jargon "Super in Everything", Supertwin Shop (SS) ingin selalu melakukan yang terbaik untuk para “Sahabat Supertwin Shop” baik dalam kualitas produks, layanan, dan harga yang sesuai dengan standar kualitas. Oh iya Seupertwin hanya menjual produk-produk berkualitas buatan dalam negeri. Supertwin Shop mendukung semua produsen produk dalam negeri untuk lebih berdaya di negeri sendiri. Yayy keren yaa.

Nah kalau Sheba merupakan pioner jas hujan muslimah cantik. Mampir deh ke IG-nya jas hujannya kece-kece bangeet. love dech! Produk-produknya Limited Edition. Warna dan model jas hujan Sheba dibuat secara khusus sehingga tidak pasaran. Jas Hujan Sheba dibuat dari  bahan taslan  yang tidak tembus air dan sudah disealing sehingga pemakai akan mendapatkan perlindungan penuh kesungguhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari saat hujan. Naah mengingat lagi musim hujan buruna yaa mampir ke Sheba dan meski hujan kamu bakal tetap cantik dengan jas hujan Sheba.

Acara #Milad3BloggerMuslimah ini WOW banget sih buat saya. Serunya dapet, ilmunya dapet, hadiahnya dapet #eh, padat berisi pokoknya. Mudah-mudahan berkah dan terus menginspirasi Blogger Muslimah untuk membaca dunia, menulis semesta. Muslimah di Era Digital, Berkepribadian dan Mampu Membekali diri Menghadapi Persaingan di Era digital.

Terimakasih untuk semua panita yang super kece. Jazakumullah khair. Makasih juga buat semua sponsor yang luar biasa. Boleh banget duung difollow niih sponsor acara kemarin. Siapa tahu kecipratan hadiah jugaa. Kalau mau follow-follow ada di bawah ya list media sosial semua sponsor. Makasih :)

Sampai ketemu lagi...
Assalamualaikum.


Ethica
  • FB: https://www.facebook.com/fashion.ethica/
  • IG: https://www.instagram.com/ethica.id/
  • Web: ethica.id

Proxsis
  • FB: https://www.facebook.com/ProxsisGroup/
  • IG:https://www.instagram.com/proxsisconsulting/
  • Web: proxsisgroup.com

Sheba

  • IG: https://www.instagram.com/sheba_id/
  • FB: https://www.facebook.com/JasHujanMuslimahSheba/
  • Web : www.sheba.id
Supertwin Shop

  • IG : http://instagram.com/supertwinshop
  • FP : http://facebook.com/SupertwinShop
  • Web : supertwinshop.com

Ayam Bahagia

  • FB: https://www.facebook.com/Ayam-Bahagia-297203337010979/
  • IG: https://www.instagram.com/ayambahagia/

Evaldin Art
  • IG: https://www.instagram.com/evaldin_art/
Hana Mozlima
  • IG: https://www.instagram.com/hana.mozlima/



6 comments

  1. WAh seru banget yaaa, berjaya terus blogger Muslimah

    ReplyDelete
  2. Seru, ilmu dan hadiah pun dapet ya Mbak..Senengnya:)

    ReplyDelete
  3. Aku pertama kalinya ikut acara Blogger Muslimah ya kmrn itu. Aku naksir jaketnyaaaaa :D

    ReplyDelete
  4. selamat milad Blogger Muslimah :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.