Tuesday, March 20, 2018

Bekal Praktis dengan Gizi Seimbang



Hai Working Moms, repot yaa menyiapkan bekal untuk anak-anak, suami, dan mom sendiri? Kalau Mom atau suami mungkin masih bisa lah yaa, gak bawa bekal. Nah untuk anak-anak, kayaknya wajib deh kita siapkan bekal sendiri. Entah bekal yang ringan maupun yang agak berat. Yang pasti kita buat bekal praktis aja yuuk.


Kalau anak-anak saya biasanya saya bawakan bekal "setengah berat" karena yang berat bakal mereka makan saat jam makan siang dan sudah ada catering di sekolah. Meskipun judulnya bekal tapi jangan sampai gak memenuhi kebutuhan gizi mereka ya. 

Apalagi kalau judulnya bekal sehat dengan gizi seimbang. Kok jadi terdengar repot yaa? Hmm gimana kalau kita buat yang simpel dan cepat aja Moms? Maklum saya harus berkejaran dengan ajdwal commuter line supaya gak telat absen hehehe. Simpel dan cepat, tapi gizinya dijamin seimbang nih. Bisa gitu? Yuuk kita coba.

Menu dengan gizi seimbang setidaknya memenuhi beberapa unsur sumber pangan yang penting untuk tubuh. Ada karbohidrat dan/atau Proteinnya, ada sayur, dan ada buahnya. Untuk komposisinya kalau mengacu pada komposisi piring gizi seimbang ala So Good, maka porsinya 15% protein, 15% buah, 35 % sayur, serta 35% sumber karbohidrat.
Meskipun harus ada 5 bekal yang harus dibuat tapi saya menyiapkannya sekaligus aja nih. Alhamdulillah karena semua suka sih. Baru biasanya saya bagi ke dalam 5 porsi bekal masing-masing. Jadi tidak harus menyiakan satu-satu. Satu menu untuk semua.

Protein: Pembentuk Jaringan Tubuh


Untuk memenuhi unsur protein saya menggunakan bahan dasar ayam potong dari So Good. Karena semua suka Ipin Upin maka paha ayam menjadi favorit semuanya. Nyook dipilih paha ayam dari Ayam Potong So Good. Hmm bagian dadanya juga montok, jadi mudah banget kalau mau diambil dagingnya atau di fillet.

Untungnya setiap potong besarnya hampir sama nih, jadi gak perlu ada yang ngiri karena mendapat potongan lebih kecil. Hmm kalau mau sayap, bisa juga sih. Supaya gak bosan boleh diganti dan variasikan juga. Intinya tetap ayam potong So Good.

Kenapa? ya karena praktis moms. Selain sudah dipotong dan dibersihkan jadi tinggal kita marinate sebentar kalau mau dipanggang, digoreng, dikukus, atau dibakar atau bisa juga diungkep dulu kalau mau disimpan sebagai stock.  Sekarang bahkan ada ayam potong berbumbu lho. Bumbu pedas manis dan bumbu kuning. Makin praktis aja tuh.

Di luar soal kepraktisannya. So Good sendiri dipastikan merupakan produk yang bermutu tinggi, kaya akan kandungan gizi, rasa juga terpercaya, bersih, dan harga yang terjangkau. selain diolah dari bahan-bahan berkualitas terbaik juga diproses dengan teknologi tinggi sehingga memastikan rasa yang enak dan kualitas gizi protein tetap terjaga utuh. Penggunaan teknologi tinggi dalam proses olah dan kemas pun menjadi faktor terjaminnya hygiene produk ini.  
Nah untuk sumber protein tadi saya memilih produk segar berupa ragam macam ayam potong. Untuk olahannya juga bisa divariasikan supaya tidak bosan. Khusus untuk paket bekal bisa hanya dipanggang, bisa digoreng  (dengan beragam variasi juga, misalnya goreng tepung, goreng bumbu kuning, atau goreng mentega), atau dikukus.  Kalau untuk menu makan di rumah sop ayam potong So Good juga bisa jadi andalan lho mom. Hmm resepnya saya share lain waktu ya.

Done untuk protein, praktis tapi kualitas gizinya boleh dicek ya.

Karbohidrat: Sumber Energi


Idealnya nasi merah sih. Sayangnya anak-anak kurang suka nasi merah. jadi saya menyiapkan nasi putih (super simple yaa), palingan ditambahkan dengan Nori sebagai garnish. Hmm boleh juga dibentuk semacam Onigiri biar lucu dan ke Jepang-Jepangan gitu. 

Naah untuk variasi atau alternatifnya, bisa juga dibuatkan nasi goreng yang juga simpel. Cukup dengan iris semua bumbunya seperti cabai merah, bawang putih dan bawang merah lalu tumis dan masukkan nasi. Boleh ditambahkan sedikit kecap. Saya juga biasanya tambahkan potongan kecil wortel ke dalam nasi goreng ini. Jadi ada tambahan sayur sebagai serat sekaligus pemanis. 

Anak-anak paling susah mengasup nasi? Ada alternatif sumber karbohidrat yang anak-anak selalu suka. Yups, kentang. Paling gampang sih kentang goreng atau kentang panggang. Kentang juga cocok jika dipasangkan dengan olahan ayam jadi tetap aman kok Moms.

Cukup praktis juga kan Moms :). Tenang saya juga pecinta yang praktis-praktis tapi tetap mengutamakan kandungan gizinya.

Sayur: Penyuplai Vitamin dan Mineral


Sebagai sumber serat, sayur wajib banget ada nih Moms. Anak-anak saya suka sayur, alhamdulillah karena pembiasaan juga sih. Naah saya percaya bahwa sayur dalam kondisi segar merupakan sumber enzim terbaik bagi tubuh. Asalkan dibersihkan dengan benar memperkenalkan sayuran segar sebagai salah satu asupan makanan sangat bermanfaat bagi kebutuhan gizi dan daya tahan tubuh anak. 

Pilihan sayur yang aman dari sisi rasa untuk anak-anak banyak kok Moms. Kalau saya sih rasanya semua sayur itu manis dan segar sih hahaha. tapi untuk anak-anak bisa dipilh sayuran yang memang relatif lebih mudah disukai mereka. Bisa dicoba divariasikan untuk veggie salad dari lettuce yang diiris kasar atau cukup dosobek kasar, kol ungu yang diiris halus, selada, tomat atau tomat cherry, wortel yang dipotong halus tipis, timun dipotong kecil, dan jangan lupa irisan tipis bawang bombay untuk penambah rasa. Padukan dengan dressing yang alami yang menjaga rasa dan kualitas sayurnya tetap segar dan baik.
Untuk mengurangi rasa galau, membuat salad sayur dengan dressing yang segar bisa jadi pilihan mudah. Dressing favorit saya dan anak-anak juga merupakan dressing yang praktis (again!) dan bisa dibuat sendiri serta dijamin maknyus. Cukup campurkan evo (extract virgin oil) atau minyak zaitun, dengan sedikit madu asli, perasan jeruk lemon/nipis, sedikit garam, dan lada bubuk. Aduk lalu siramkan ke potongan sayur segar.

Hmm heaven banget niih menu yang satu ini. (buat saya :P)

Buah-buahan: dengan kandungan Vitamin dan Mineral 


Last but not least, sumber vitamin dan mineral selain sayur adalah buah-buahan. Selalu pilih buah yang segar dan sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk untuk dan tidak terlalu lama dalam kondisi terkupas atau terpotong. Kenapa karean ketika sudah dikupas atau sudah dipotong-potong, buah akan muadah teroksidasi sehingga nilai gizinya juga menurun. Naah justru dengan asas kepraktisan tadi buat saya jatuhnya jadi lebih praktis dengan menyiapkan buah yang tidak perlu dipotong atau dikupas dulu sebagai bekal.

Hmm iya dikupas saat hendak mengkonsumsinya tentunya, tapi tidak perlu harus dikupas dengan pisau maksudnya. Sebuah apel segar, jeruk segar, atau bahkan pisang yang ranum sangat praktis dan kaya nilai gizi. Well boleh juga sekali-kali memang kita variasikan dengan potongan kiwi, strawberry, atau melon dan semangka. Tai lagi-lagi saya prefer dengan yang baru dikupas menjelang dikonsumsi.

Untk memperhatikan keseimbangan dari nilai gizi sarapan praktis tadi kita bisa melakukan semacam pengukuran atau penakaran dengan menu piring gizi seimbang dari So Good. Seperti di bawah ini:

sumber: https://sogood.id 
Nah ini dia kreasi bekal praktis ala Mom of Trio yang memenuhi gizi seimbang. Semoga bermanfaat ya Moms.

Kali ini Mom of Trio mau membagikan dua macam kreasi menu bekal praktis gizi seimbang nih. Keduanya berbahan utama protein dari ayam potong So Good yang selain bekualitas juga praktis karena saat dibeli sudah dipotong cantik tinggal diolah.

Ayam So Good Goreng Tepung Upin Ipin


Komposisi utamanya: Kentang goreng - Ayam Goreng Tepung - Salad - Buah



  • Kentang di bersihkan lalu dipotong sesuai selera dan digoreng (boleh dipanggang, dibakar, atau dikukus). Sisihkan.



  • Ayam potong So Good, marinate dengan bawang putih, lada dan garam. 
  • Lalu siapkan tepung bumbu yang sudah jadi (kalau mau bikin, biasa aku buat dari tepung terigu plus sedikit tepung beras lalu tambahkan sedikit garam, lada bubuk, dan ketumbar bubuk). Satu bagian yang dicampurkan air dan satu bagian yang dibiarkan tanpaair. 
  • Setelah direndam dalam bumbu, masukkan potongan ayam ke dalam adonan tepung bumbu, lalu gulingkan ke dalam tepung bumbu yang satunya. 
  • Goreng dengan minyak yang cukup banyak, jangan lupa apinya kecil saja yaa. Angkat saat sudah kuning kecoklatan. Sisihkan.

Saatnya membuat salad, sayuranya yang ada di kulkas saja yaa hehehe... Kali ini saya pakai lettuce, timun, wortel, tomat, bawang bombay.

  • Semua harus dibersihkan dulu di air mengalir untuk menghilangkan bakteri atau pestisida. Cuci sayuran di air yang ditambahkan sesedok cuka apel. rendam dan besihkan sebentar sampai kotoran rontok. Lalu siram di air mengalir. InsyaAllah aman.
  • Sobek lettuce, potong timun dan tomat, iris bawang bombay tipis, serut atau boleh juga diiris tipis seperti batang korek. Campurkan dengan dressingnya.
  • Dressing yang saya gunakan kali ini, evo atau minyak zaitun, perasan jeruk nipis/lemon, lada hitam ubuk, garam. Boleh juga ditambahkan madu. Aduk rata lalu campurkan dengan sayuran segar tadi. Hmm yummy dan sehatnya :)

Untuk buah agar praktis, saya lengkapi dengan jeruk kino yang segar dan menggoda selera juga.

Kombinasi salad dan jeruk kino yang segar dan fresh untuk mengimbangi protein dan sumber karbo yang saya goreng tadi.

Ta daaa..... menu bekal praktis sudah siap! Have fun ya kiddos, bekalnya dihabiskan yaa :)


Nah untuk bekal yang kedua kita gunakan ayam potong bagian dada nih,

Ayam So Good Goreng Mentega

Komposisinya ayam potong So Good bagian dada, sayuran, nasi, buah


Nasi saya hias dan lengkapi dengan bawang goreng yang nikmat dan crispy.

Untuk menu kali ini, komposisi protein dan dan sayur saya kombinasikan yaa.


  • Untuk ayam goreng mentega, ambil daging pada bagian dada. Potong sesuai selera. Sisihkan
  • Potong buncis, dan wortel sebagai pelengkap ayam mentega. Sisihkan
  • Untuk bumbu, iris bawang bombay, cabe hijau, bawang putih, dan jahe yang dipeprek, serta garam. Sisihkan



  • Siapkan penggorengan. Setelah cukup panas, masukkan mentega untuk menggantikan minyak. Masukan bumbu irisan bawang bombay, bawang putih, cabe hijau dan jahe.
  • Masukkan ayam ketika bumbu sudah harum.
  • tambahkan garam dan penyedap rasa jika mau.
  • Lalu tambahkan sayuran aduk dan masak hingga matang.
  • Pastikan warna sayuran tetap segar dan tidak overcooked yaa.
  • Angkat dan sisihkan

Naah untuk menambah porsi sayuran, saya gunakan potongan timun segar sebagai pelengkap. Untuk buah kali ini saya lengkapi dengan anggur Thomson.

Menu bekal praktis gizi seimbang sudah siaap!




Artikel ini akan diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good.

11 comments :

  1. Mba Ophiii, punteeen. Ini laptopku yang error atau memang ini nggak ada gambarnya? Gambar bekalnya maksudnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya mba gambar blom kumasukin waktu mba Rotun mampir, belom kelar tp dah published. sekarang udah tuuh.

      Delete
    2. Oalah panteees. Soalnya aku follow Mba Ophi di Feedly. Jadi kalau ada postingan baru langsung keluar deh di sana, hahaha.
      Btw ide bekalnya keren-kereeen, bisa nih dicontek nanti kalau anakku udah SD :)

      Delete
  2. Bagaimana tipsnya agar anak suka makan sayur ya?
    saya sudah coba beberapa tips, namun belum bisa juga, barangkali ada alternatif lain.

    thank dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba Ina, mba coba mampir ke tulisanku yang ini barangkali bermanfaat
      https://www.ophiziadah.com/2015/11/menularkan-kebiasaan-pola-makan-sehat.html

      Delete
  3. Mantap nih bekal sehatnua.. Saya jg selalu sedia ayam SoGood tapi yg sudah berbumbu.. Tinggal digoreng aja, praktis banget..

    ReplyDelete
  4. abis blogwalking isi nya makanan mulu.. keliatanya enak, jadi pilihan pngen nyobain resep piring gizi seimbang ala so good lagi. aku udah sih nyoba so good tapi yg nugget, yg ayam potong belum.. emang ya ga ada habis kalo emak2 mulai berkreasi sama osengan di dapur 😁 kreatif deh

    ReplyDelete
  5. Ayam goreng upin ipin. Hahaha.. Anakku juga maunya bagian paha itu melulu. Ayam upin ipin katanya. Jadi potongan yg lain buat ortunya. Sejak ada so good ayam dada paha itu aku terbantu banget bikin ayam upin ipin

    ReplyDelete
  6. Ada paha lagi di sini yang begitu menggoda apalagi ditemani salad dan kentang.
    Haduh Maak, buat bekal aku mana?

    ReplyDelete
  7. anakku juga seneng banget ayam goreng tepung ini sampe kalo buat bekel slalu minta dobel. katanya biar kaya upin ipin minta ayam goreng kak rose. hahahha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top