Kenapa Menulis Blog? Setidaknya 5 Alasan Inilah yang membuat Saya Suka Ngeblog


Kenapa Ngeblog?
Saya malah tanya balik kenapa gak ngeblog?
Lho kok?

Iya, buat yang suka nulis, suka curhat, suka berbagi, suka eksis, atau sekedar suka bercerita, kenapa gak ngeblog aja? Media menulis, curhat, berbagi, bercerita, dan bahkan untuk eksis memang bisa di mana saja. Terlebih dunia makin sempit dengan digitalisasi, kita bisa pilih media sosial yang manapun untuk jadi sarana kesukaan tadi. Tapi ngeblog menjadi pilihan yang paling pas buat saya. Kenapa?

Ngeblog itu semacam menulis Jurnal.

Saya suka nulis, suka cerita, suka berbagi, hmm klo soal eksis-eksis-an sih saya gak terlalu. Maklum sudah bukan berada di usia butuh eksistensi *eh... Nah media blog ini kemudian menjadi pilihan yang pas terlebih ketika blog bisa menjadi sebuah jurnal di mana kelak, atau kapanpun ketika saya ingin kembali membuka lembaran lama, saya cukup membuka blog saya. Blog bisa menjadi tempat saya menyimpan rasa, menitipkan asa, menuangkan ide, membagikan informasi, dan yang paling penting saya suka melakukannya.

Saat anak-anak bertanya tentang mildstone mereka yang kemudian ternyata pernah saya tulis misalnay, saya bisa langsung cuss ke blog. Ini lho Nak, kamu dulu waktu lagi belajar toilet training. Ibu pernah tulis di sini. dan banyak lagi.

Kalau dulu, saya suka menulis diary. Setelah ditulis lalu disimpan, bahkan dikunci lho bukunya *hahaha...sekarang ternyata dengan menulis di blog yang pada dasarnya hanya untuk konsumsi pribadi ternyata bisa juga mendatangkan banyak "manfaat"" lain.

Ngeblog jadi Hobby yang (alhamdulillah) Membuka Pintu Rezeki.


Ngeblog masih menjadi hobby buat saya meskipun alhmadulillah sejauh ini blogging telah menjadi salah satu pintu bagi banyak hal dalam kehidupan saya. Pintu rezeki salah satunya alhamdulillah. Rezeki bukan cuma materi atau nominal uang pastinya. Alhamdulillah ngeblog sudah banyak memberi materi buat saya yang masih menjadikannya hanya sebagai hobby.

Monetasi blog awalnya bukan tujuan utama saya. Seiring waktu ketika ingin memperbaiki ngeblog dengan lebih baik ternyata peluang itu datang. Mulai dari mengikuti lomba atau giveaway, menerima sponsored post baik article placement, job review, atau sekedar titip backlink.  Namun sejujurnya ngeblog dengan tanpa "target"atau "tujuan monetasi"masih selalu menjadi kegiatan yang saya sukai. Intinya saya ngeblog dengan hati, insyaAllah urusan rezeki mengikuti.

Baca Juga: Blogging with Hearth, #NgeblogituAsik

Ngeblog, "Me Time"

Bukan mau lebay kalau saya lebih memilih di depan laptop dan merangkai kata, menyiapkan gambar, mengembangkan imaginasi dan seterusnya untuk menghasilkan satu postingan di blog ketimbang jalan-jalan ke mall tanpa tujuan misalnya. Saya sering bilang sama suami, "me time"saya tuh sesederhana itu. Biarkan saya dan lap top berduaan. Bahkan me time saya terhitung menjadi cukup produktif karena to some extent juga memberi manfaat materil selain kebahagiaan jiwa, Ihiyyy...

Meskipun semangat dan ritme blogging kadang naik turun terlebih karena kesibukan utama sebagai Ibu dan wanita bekerja di luar rumah namun ketika saya justru butuh waktu untuk menyendiri, blogging menjadi pilihan "me time" yang paling saya suka. Menggerakkan jari-jari di atas tuts, memilih huruf yang kemudian merangkai kata, kadang bisa membuat say lupa waktu saking enjoynya. Asal jangan lupa kewajiban lain aja sih hehe...

Blogging is Refreshing


Saya sering menyebutkan ngeblog sebagai terapi jiwa. Iya, di kesibukan sebagai working mom yang demikian demanding saya butuh menyalurkan energi untuk menenangkan diri. Well so far, ngeblog masih jadi kegiatan yang refreshing buat saya. Ngeblog bukan hanya sekedar nulis, posting, selesai. Ngeblog sebetulnya perlu dilengkapi dengan kegiatan lain yang membuat ngeblog kita makin terasa manfaat bagi diri dan bagi pembaca blog kita tentunya.

Karena ngeblog juga kesukaan saya yang lain seperti traveling trus masak-masak simpel bisa saya sharing lewat blog. Naah jadinya melakukan kegiatan-kegiatan lain juga jadi lebih termotivasi saat saya ingat bahwa semuanya bisa didokumentasikan dan disimpan dalam blog.

Yang juga membuat refresh adalah ketika tulisan kita dibaca orang lain, ada orang yang terbantu dengan tulisan kita, ada yang terhibur dengan apa yang kita tulisakan, ada orang yang ternyata merasakan manfaat dari tulisan kita. Reaksi dari pembaca juga merupakan hal yang membuat ngeblog menjadi kegiatan yang mampu merefresh semangat dan energi bagi saya.

Blogging is Upgrading and Networking

Gara-gara menikmati ngeblog inilah kemudian, saya yang awalnya tidak punya pengetahuan tentang blogging baik dari sisi content maupun teknis kemudian "bergaul"dengan berbagai komunitas blogger. Tujuannya selain sialturahim adalah karena saya mau belajar. Belajar? Iya, di berbagai komunitas itulah banyak sekali pengetahuan, ilmu, informasi tentang blogging dan pernak-perniknya bisa kita dapatkan dengan mudah asal kita mau.

Gara-gara ngeblog ini juga saya punya personal branding tersendiri sebagai blogger. Jadi di lingkungan pekerjaan saya saat ini, hobby saya sebagai blogger dan alhamdulillah konsistensi dan sedikit prestasi di dunia blogging menjadi semacam branding baru buat saya. Iya, saya memang ingin memperkenalkan diri sebagai working mom who love blogging. Dan so far itulah yang kemudian sebagian besar orang kenal saya saat ini.

Baca juga: Personality dan Personal Branding untuk Blogger, Perlukah?

Selain belajar, tentu saja networking. Well akan ada tulisan khusus tentang ini sih yang bakalan saya kupas juga.

Intinya kenapa saya ngeblog, karena saya suka.
Saya merasakan banyak manfaat dari ngeblog.
Jadi kenapa kamu gak ngeblog?
Yuuk ngeblog!

3 comments

  1. pas baca ngeblog tanpa target aka dari hati itu langsung merasa terpanggil wkwk. Salam kenal Mba Ophi dari blogger yang baru membuka pintu dan jendela blognya :")

    ReplyDelete
  2. Makasih sharingnya mba, iya blogging itu banyak banget ngebantu, kalau punya bisnis juga sangat membantu, karena akan lebih gampang muncul di search engine.

    ReplyDelete
  3. bloging dari hati. dapet banget pesan yang itu. salam kenal mbak. aku juga mau mulai ngeblog lagi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.