Tema Blog Favorit



Kemarin ngobrolin kenapa menulis blog.

Hari ini saya mau cerita tentang tema yang paling saya suka tulis. Well bisa dilihat dung ya kalau blog saya di www.ophiziadah.com ini memang lebih mengarah ke personal blog yang bisa dibilang cenderung ke lifestyle blog. Jadi saya menulis tentang banyak hal di blog ini. Sering kita menyebutnya sebagai blog gado-gado.

Saya lebih prefer kalau menyebut blog saya sebagai “personal blog” karena memang meskipun isi tulisannya merangkum berbagai kategori blog tapi semua ditulis dan dikemas dalam kaca mata seorang Ophi Ziadah sebagai Ibu Bekerja dengan 3 putra putri. Iya, semua dalam perspektif saya secara personal. Saya pribadi. Itulah juga yang seharusnya membuat blog saya menjadi berbeda dengan blog teman-teman blogger lain meskipun mungkin mengulas hal yang sama, karena masing-masing blog kami menunjukkan personal blogger yang bersangkutan.

Meskipun demikian saya berusaha memandu pembaca blog dengan membagi tulisan dalam blog dalam beberapa kategori besar. Ada sekitar 13 kategori utama. Banyak juga ya? :D daaan ternyata oh ternyata dari sekian banyak kategori tersebut tulisan di kategori traveling ternyata menempati tulisan terbanyak. Disusul dengan kategori parenting, dan lifestyle. Nah rupanya tanpa saya sengaja ini semacam menjadi petunjuk bahwa saya cenderung sering menulis tema traveling dari tema yang lainnya.

Traveling


Iya sih, saya suka traveling dan selalu pingin menyimpan kisah perjalanan yang saya lakukan di blog. Baik perjalanan solo, tour of duty, maupun family trip. Saya suka traveling dan saya suka menulis. Sehingga wajar jika mostly tema traveling menjadi tema dominan. Bahkan saya sempat berpikir dan malah sudah mencoba untuk membuat blog khusus tentang traveling yang saya lakukan. Maju-mundur, bahkan sudah membuat blog yang gratisan dengan niche traveling, tapi saya urun melanjutkannya dengan beberapa pertimbangan.

Pertimbangan utama adalah, kelak seberapa besar kemampuam saya untuk fokus mengelola blog tersebut secara baik mengingat saat ini selain blog www.ophiziadah.com, saya juga punya blog dengan niche hukum di marlekum.net yang secara pribadi saya merasa kurang mmaksimal me-mantain-nya. Nah sayagak mau nanti saya berternak blog lagi tapi kemudian menjadikannya sarang laba-laba.

Akhirnya untuk saat ini saya masih tetap menulis tema traveling di blog ini.

Ngobrolin soal traveling saya jadi inget masih banyak sekali dokumentasi beberapa perjalanan saya baik di dalam maupun di luar negeri dalam 2-3 tahun terakhir yang belum sempat saya tulis ualngkan di blog. Menulis tentang tema traveling merupakan tantangan tersendiri. Buat saya yang paling menantang adalah bagaimana kita membubuhkan rasa dalam tulisan perjalanan yang kita buat.

Kendala terbesarnya kemudian adalah ketika tulisan-tulisan tersebut baru kita susun jauh setelah kita meleawati dan merasakan gegap gempita perjalanan tersebut. Mengundang kembali rasa yang pernah ada untuk dituangkan dalam kata-kata merupakan proses yang perlu perjuangan tersendiri. Hayyyah

Saya cukup terbantu melakukannya dengan bantuan photo-photo atau gambar yang sudah saya ambil dan simpan terkait perjalanan tersebut. Butuh konsentrasi lebih agar bisa mendapatkan “feel” dari melihat gambar-gambar tersebut kembali.

Sebagai kegiatan "me time" dan "refreshing", menulis tema traveling juga menghadirkan rasa tersendiri. Membuat itchy feet saya tetap bekerja. Membuat pikiran, khayalan, dan harpan saya untuk menjelajah tetap menyala. Membuat keterpaksaan saya buat menabung dan menyisihkan pendapatan untuk jalan-jalan tetap terjaga hahayyy.

Parenting


Naah selain tema traveling, bukan berarti saya gak terlalu suka, intinya saya suka semua dan pingin bisa menulis semua jenis tema. Meski memang tanpa saya sadari ternyata tema traveling paling sering saya tulis di blog. Yang juga saya suka adalah seputar tema parenting. Sebetulnya menulis tema parenting lebih karena pingin menyimpan perjalanan dan kisah bagaimana anak-anak bertumbuh sih. Naah tapi memang saya lihat, sponsored post yang cukup banyak datang pada blog ini adalah dari brand yang mengusung tema parenting. Mungkin karena tag line blog yang mengusung kehidupan working mom.

Menulis tentang bagaimana hubungan saya dan suami dengan anak-anak. Bercerita bagaimana kami melewati dan menghadapi tantangan dan pembelajaran dalam mengasuh dan membesarkan mereka juga menjadi semacam self healing bagi saya. Sebagai seorang perempuan, buat saya pencapaian tretinggi bukanlah gelar akademik saya atau karir saya di pekerjaan. Pencapaian sekaligus tantangan tertinggi adalah menjadi Ibu dari tiga anak-anak saya sebagai perempuan yang bekerja di luar rumah dengan segala kelengkapan permasalahannya.

Dalam menulis tema parenting, saya juga sangat menekankan pada personal approach. Jadi lebih pada bagaimana saya menghadapi masalah pola asuh pada anak-anak dan bagaimana pengalaman saya mengatasi dan menjalaninya. Sejujurnya menjadi orang tua merupakan proses belajar yang ternyata tidak ada ujungnya. Tidak ada sekolah menjadi orang tua, tidak ada mata pelajaran menjadi orang tua, namun peran dan tugas ini kemudian harus kita jalani sepanjang usia. Maka belajar dari pengalaman menjadi salah satu pilihan agar tetap bisa menjalani peran ini dengan upaya terbaik.

Menuliskan pengalaman seputar parenting di blog juga menjadi semacam jurnal bagi anak-anak saya kelak.


Tema yang juka saya suka menuliskannya di blog adalah seputar personal opinion, personal thought, atau personal experience tentang hal-hal yang bersifat random. Biasanya ketika mendapati sesuatu yang inspiratif dari pengalaman yang saya temui saya kemudian ingin menyimpannya agar bisa terekam dan mungkin bisa juga menginspirasi orang lain yang membaca.

Nah menulis tentang food baik dalam konteks masak memasak maupun wisata kuliner juga sesuatu yang membuat saya semangat menuangkannya dalam blog. Saya doyan makan (enak), dan excited menemukan makanan baru di tempat baru serta senang sekali saat menemukan diri bisa memasak sesuatu meski sederhana untuk keluarga.

Kalau kamu suka tema apa? Sharing yuuk!

2 comments

  1. Kalau saya emang suka tema blog yang personal. Malah aneh rasanya kalau domain blognya personal tapi isi kontennya terlalu umum. Parenting juga saya suka. Keep writing Mba. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Kalau menulis tentang traveling memang enaknya gak terlalu lama setelah melakukan perjalanan. Tetapi, untuk beberapa alasan, saya juga ada beberapa tulisa yang ditunda. Usaha banget sih untuk mengeluarkan kenangannya lagi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.