Support Aktivitas Fisik Anak Tanpa Khawatir Lebam dengan #AksiFlashBunda


Dalamnya lautan
Akan ku arungi
Gunung yang menjulang
Pasti kan ku daki 
Rintangan yang datang
Takkan menghalangi
Segala niat yang telah kita yakini 
Kadang aku harus
Menyatu dan juga saling melengkapi
Tuk menggapai semua mimpi
Menjadi yang terbaik 
Jangan pernah menyerah
Menaklukan dunia
Jangan berhenti tuk terus berjuang
Jadi pemenang 
Tetes semangat ini
Tak akan pernah habis
Selama kita terus bersama
Meski berbeda, kita pasti bisa 
Jangan putus asa
Menghadapi cobaan
Yakin dan percaya itulah kuncinya 
Kadang aku harus
Menyatu dan juga harus saling melengkapi
Tuk menggapai semua mimpi
Menjadi yang terbaik
Jangan pernah menyerah
Menaklukan dunia
Jangan berhenti tuk terus berjuang
Jadi pemenang
Tetes semangat ini
Tak akan pernah habis
Selama kita terus bersama
Meski berbeda
Kita pasti bisa
Menaklukkan Dunia  (Once  Mekel Feat. Shakira Jasmine)
Lagu ini jadi salah satu favorit krucils dari beberapa lagu official Asian Games 2018 lainnya. Saya juga suka banget sih. Denger lagu ini kayaknya jadi terbakar kan semangatnya. Bukan cuma jadi pemenang dan berprestasi di dunia olahraga saja pastinya. Lagu penuh motivasi gini perlu sering-sering diperdengarkan sama anak-anak ketimbang lagu-lagu galau nan cengeng yang gak jelas kan.

Efek Asian Games juga masih terasa sih kalau di keluarga saya. Anak-anak saya terutama Dek Paksi dan Ka Al yang ternyata type "sporty" makin semangat dengan aktivitas olahraga mereka baik sekedar main ataupun di sekolah.

Mereka mulai mengamati kompetisi sepakbola dan bulutangkis yang ada di TV meski Asian Games dan Para Asian Games sudah usai. Dek Paksi makin semangat main bola dan selalu ngajakin Ibunya jadi sparing partner baik main bola maupun bulu tangkis di depan rumah. Pagi-pagi weekend, gak jarang Ka Alinga sudah rapi menggunakan sepatunya.
"Mau kemana kak?"
"Lari bu, keliling komplek... Yook ibu sekali-sekali lari juga".
Jleb deh!
"Ibu baru bisa lari ngejar commuterline sama ngejar absen aja nak hahahaha..."
"Next time insyaAllah Nak"
"Aah Ibu mah alasan muluu... Ayok biar sehat"
"Ïbu Yoga aja deh kaak"
*ngelesmodeon

Di luar dugaan kita, anak-anak sering punya semangat tulus yang bikin kita terharu. Saat mereka demikian bersemangat dengan aktivitas-aktivitas mereka, yang paling penting menurut saya adalah support dan rasa percaya kita pada mereka. Kalau soal kekhawatiran pasti ada, tapi bagaimana me-manaje agar tidak jadi kontraproduktif dan membuat semangat mereka beraktivitas fisik di luar rumah jadi down.

Jadi ada hal yang unik dari anak-anak saya. Mereka semua rupanya type anak kinestetik, type anak-anak super aktif yang sangat suka bergerak dan berkegiatan fisik.  Padahal kalau dilihat dari fisiknya, mereka terhitung mungil dibanding teman-teman sebayanya. Eh tapi jangan tanya, aktifnya luar biasa. Cenderung pecicilan sih. Kalau diam sebentar gak betah. Kadang saya keteteran mengikuti ritme mereka bertiga.

Sebagai konsekuensi, saya harus siap-siap kalau saat pulang kantor atau bahkan saat weekend saya di rumah anak-anak pulang sambil melapor:

"Ibuu.. lihat deh, kakiku lebam gini, kalau disentuh sakit."
"Duuh kenapa itu nak?'
"Gak tahu, kayaknya kepentok tembok di bunderan..."
atau
"Kena tendang bu, tadi aku main bola bla bla bla..."
atau
"Tadi kebentur pinggiran tembok deket tangga bu, berebutan naik tangga sama teman-teman."
Lain waktu kadang mereka bahkan tidak sadar penyebabnya dan malam menjelang tidur baru melaporkan kondisi lebam di beberapa bagian tubuh terutama kaki akibat main.

Saya sendiri tidak tahu pasti penyebabnya tetapi mereka termasuk anak-anak yang sangat mudah lebam atau memar saat terbentur benda keras. Hmm mitos atau fakta ya, kalau ada jenis kulit tertentu yang mudah sekali memar?

Meski kadang suka khawatir, saya membunuh rasa khawatir dan memilih mereka menyalurkan energi mereka untuk beraktivitas di luar rumah. Pesan untuk berhat-hati gak pernah lupa, tapi resiko mereka mengalami lebam dan memar karena benturan, jatuh, atau apapun yang kadang mereka sendiri tidak sadar dan tahu penyebabnya. Resiko yang sebetulnya juga menghampiri kita orang dewasa.

Bukan karena tidak hati-hati juga sih, kadang ya memang ketidaksengajaan. Kecelakaan kecil yang selalu mengintai di sekitar kita. Kalau saya bahkan menjelang dan selama menstruasi biasanya bagian-bagian tubuh tertentu sangat mudah memar atau lebam bahkan tanpa saya sadari penyebabnya.

Kalau sudah kayak gini, paling penting untuk menyiapkan Thromboflash di kotak P3K di rumah. Gak mungkin kan anak-anak harus kalah karena lebam. Toch kenyataannya mereka tuch udah gak takut lebam lagi. Yaa palingan mengadu ke saya, atau kadang sudah tahu harus bagaimana menyikapinya saat mereka mendapat lebam. Boleh dibilang Thromboflash bisa banget jadi sahabat keluarga agar aktivitas anak-anak yang super aktif bisa berjalan dan resiko akibat benturan bisa diminimalisir dengan tindakan cepat berkat Thromboflash untuk luka dalam/memar/lebam.


Mengapa harus ada tindakan cepat untuk melindungi dari luka dalam atau memar (lebam)? Karena kondisi lebam merupakan pertanda  pecahnya pembuluh darah kapiler di bawah kulit akibat benturan benda tumpul. Nah saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit.

Kondisi lebam yang dialami anak-anak juga bervariasi sih. kadang lebam biasa dengan warna biru hingga ungu gelap namun kadang masih merah dan mereka tampak lebih kesakitan saat lukanya disentuh. Mereka kadang menolak disentuh. Biasanya saya biarkan mereka mengoles sendiri Thromboflash di luka mereka karena khawatir jika saya yang melakukannya.

Cara mengaplikasikannya mudah banget kok, cukup oleskan tipis pada luka lebam atau memar, 2-3 kali per hari sampai sembuh. Hm bisa juga sih dioleskan ke kain kasa lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengoleskannya pada luka terbuka ya.

Oh iya, warna luka memar merupakan indikasi seberapa parah luka. Ini juga menjadi pertanda proses penyembuhan luka memar itu sendiri.  Tahapannya sebagai berikut:

  • Merah: sesaat setelah terbentur, kulit akan terlihat memerah. Bagian tubuh yang terbentur menjadi sedikit bengkak dan terasa nyeri ketika disentuh.
  • Kebiruan hingga ungu gelap: biasanya, satu atau dua hari setelah benturan, warna memar akan menjadi kebiruan atau ungu gelap. Perubahan warna ini disebabkan karena minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang berwarna merah akan berubah menjadi biru.
  • Hijau pucat: memasuki hari keenam, warna memar akan berubah menjadi kehijauan. Hal ini menandakan bahwa hemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang berlangsung.
  • Kuning kecokelatan: setelah seminggu, luka memar akan berubah warna menjadi lebih terang, yaitu kuning pucat atau cokelat muda. Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan memar. Memar tidak akan berubah warna lagi, melainkan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna asli kulit.

Oh iya, kenapa saya memilih Thromboflash sebagai anti thrombosis/anti coagulant?, Thromboflash mengandung bahan aktif  Heparin Sodium 200 IU. Herapin berasal dari Bovine (mucosa sapi). Nah kandungannnya ini yang membuat Thromboflash dipastikan HALAL dan sudah mendapat Sertifikat Halal dari  MUI. Sertifikasi halal ini penting banget kan agar kita juga merasa aman dan nyaman menggunakannya. Dalam hal ini produsen tentu ingin melindungi konsumen. Pun secara fisik sangat praktis dan tidak lengket.


So, ga ada alasan lagi buat menghalangi anak-anak beraktivitas karena khawatir efek benturan dan sejenisnya. Makanya waktu Ka Alinga yang ternyata cukup sporty dan suka pelajaran olahraga terutama lari dan futsal, saya tidak berkata tidak bahkan cukup mensupportnya. Agak gak nyangka juga sih si mungil ini ternyata calon runner hahaha. Jadi setiap pelajaran olahraga, dia selalu excited terutama saat ada lomba lari di antara teman-temannya. Ia selalu mengingat dan mencatat waktu tempuhnya.

Pak Lazu guru olahraga bahkan menyarankan Kakak gabung di grup futsal putri. Lagi-lagi saya gak bisa bilang enggak, wong anaknya riang gembira gitu pingin gabung tim futsal. Jadi kakak ada latihan tambahan futsal di luar hari sekolah. Tapi ya itu, siap-siap kotak P3K termasuk Thromboflash. Karena kaki lebam bisa jadi langganan hahaha.

Nah Dek Paksi juga gak jauh beda dengan Ka Al. Sejak semester awal di kelas 1 ini, sudah minta bergabung di ex-school Bola. Sampai minta dibelikan baju bola, sepatu bola, dan bola sepak betulan untuk main di rumah. Jadilah tembok dan carport tempat Dek Paksi berlatih setiap hari. Apa yang terjadi, tiada hari tanpa bola. Duuh bolanya itu lho, bola beneran hahaha. Ya iyalah masak bola bohongan sih. Saya aja merasa berat menendangnya. Klo kena tendangan Paksi tanpa sengaja, lumayan lhoo rasanya, hiks.



Kadang kalau weekend pasti Ibu deh yang diminta jadi sparing partner. Udah pasti gawang Ibunya yang kebobolan terus. Benturan bola yang cukup keras dan kadang juga benturan dengan lawan main gak boleh jadi halangan untuk mensupport passionnya bermain bola. Cukuplah Ibunya ini siap dengan #AksiFlashBunda. Sediakan Thromboflash selalu di rumah. Ajarkan cara mengoleskannya, in case Ibu tak di rumahpun mereka sudah bisa melakukannya sendiri.

Oh iya, berkat kesungguhan Dek Paksi, setelah terima raport kemarin Ia ditawari untuk masuk tim inti sepak bola sekolah lhoo. Waah Paksi senang banget pastinya walaupun artinya jadwal latihan bertambah. Karena ada extra latihan di hari Sabtu untuk tim inti sepak bola. Gak papa ya nak, liburnya terpotong sedikit. Selain sehat, bermanfaat, kamu juga happy kan? Itu yang paling penting.

Tetap semangat ya Kiddos! Pasti kalian #GakTakutLebam dan Gak berhenti berjuang yaa.  Love you nak 😚😙😗😘

Hmm jadi pingin nyanyiin lagunya Once Mekel sama Shakira Jasmine nih...
Jangan pernah menyerah
Menaklukan dunia
Jangan berhenti tuk terus berjuang
Jadi pemenang
Tetes semangat ini
Tak akan pernah habis
Selama kita terus bersama
Meski berbeda
Kita pasti bisa








19 comments

  1. Wihh keren anaknya mba bisa masuk tim sepakbola. Ga takut memar saat terkena tendangan ya. Langsung oles Tromboplash

    ReplyDelete
  2. Thromboflash ini andalan banget buatku. Karena pembuluh darahku tipe yang mudah lebam-lebam, ketika capek jalan abis tamasya, tiba2 muncul biru di kempol atau lengan, nah saatnya mengolesi Thromboflash ini.

    ReplyDelete
  3. Wah seru sekali kegiatan anak-anak yang aktif ini. Olahraga jadi tempat nyalurin energi anak-anak yang berlebihan emang jadi pilihan tepat ya mbak. Ibunya juga jadi ketularan rajin olahraga, jadi sparing partner. Kalau kecelakaan sedikit gpp lah ya hal biasa dalam masa tumbuh kembang, dan untungnya ibu punya obat ampuh dikotak p3k 😁

    ReplyDelete
  4. Wah, aku nih sering larang anak-anak untuk ini itu gara2 takut luka dan lebam. Padahal, biarin aja ya. Supaya anak aktif dan sehat. Urusan risiko luka dan lebam, bisa diminimalkan dengan pengawasan kita supaya anak2 hati2. Apalagi kalo udah ada kayak Thromboflash. Lebam-lebam bisa segera diatasi.

    ReplyDelete
  5. Saya harus punya nih Tromboflash ini, soalnya anakku tuh aktif banget meskipun udah gede masih aja sering kepentok sana sini karena suka lari-larian.

    ReplyDelete
  6. Wah seru sekali kegiatan anak-anak yang aktif ini. Olahraga jadi tempat nyalurin energi anak-anak yang berlebihan emang jadi pilihan tepat ya mbak. Ibunya juga jadi ketularan rajin olahraga, jadi sparing partner. Kalau kecelakaan sedikit gpp lah ya hal biasa dalam masa tumbuh kembang, dan untungnya ibu punya obat ampuh dikotak p3k 😁

    ReplyDelete
  7. Ophie, anak bunda juga kl mepentok fikut ana langsunv bekasnya biru lebam, tp kt dokter gakpapa asal di rmh sedia thromboflash di rmh. Jd sampe sekarang usianya 49 tdtap ana kl mele tom dikit lebam tanla metUan sebabnya.

    ReplyDelete
  8. Betul mba.. pengalaman anaku 2thn berapa kali jatuh lebab dan berdarah pdhl anak cewe. Duh khawatirnyaa setengah mati..

    ReplyDelete
  9. Thromboflash ini sudah dijual di pasaran kan? Anakku kemarin habis kejedot, dahinya langsung benjol, hickz sedih banget. Nggak ada satu menit langsung benjol gede gitu. Mau cari ini besok..

    ReplyDelete
  10. Tos mba!
    Ini juga jadi andalan keluarga, terutama saat Yasmin masih balita.

    Aku tahu produk ini lewat pengalaman teman.
    Karena terbukti manjur, aku jadi ikut-ikutan kasih referensi, hihihi.
    Soft marketing, gitu.

    ReplyDelete
  11. Sekarang bisa lebih tenang kalau anak-anak beraktivitas di luar rumah. Entah itu beramin bola, badminton atau aktivitas lainnya. Kalau kena lebam sudah ada Thromboflas. Dan yang membuat kita senang karena Thromboflas ini sudah bersertifikat halal dari MUI. Aman dan tenang deh kalau mau pakai ini..

    ReplyDelete
  12. Waaah iya benar sih Mbak anakku juga suka banget gerak, dia aktif tipe² kinestetis gitu. Suka tiba-tiba lebam kakinya. Kayaknya kudu nyetok nih tromboflas.

    ReplyDelete
  13. Juna pernah jatuh dan benjol, itu berulang kali... Aku sempat khawatir terus dikasih tahu teman soal Thromboflash ini. Jd sekarang kuselalu sedia Thromboflash

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya Mba, nggak masalah anak-anak mau seaktif apa yang jelas sudah ada pelindungnya. Yaitu thromboflash, senangnya sudah halal MUI pula ya kan?

    ReplyDelete
  15. Selamat ya Mas Paksi, jadi tim inti sepakbola sekolah, andalan banget ni buat memar yaa

    ReplyDelete
  16. Aku sempat kewalahan nyari Thromboflash ini susah banget carinya, mau beliin buat ponakan yang suka kejedot dan lebam :)

    ReplyDelete
  17. Wah keren Kak Al gabung di grup futsal putri...Semoga sukses ya Kak. Huga Dek Paksi dengan ekskul bolanya
    Memang gaung Asian Games kemarin jadi bikin semangat anak-anak untuk berolahraga dan beraktivitas di luar ya Mbak..
    Dan sama, saya juga sedia Thromboflash buat jaga-jaga kalau ada lebam pada mereka.
    Seneng deh, di rumah anak-anak saya juga.

    ReplyDelete
  18. Buat anak pokoknya apa yang nggak ada dikotak obat aku mba hahaha termasuk obat ini.

    ReplyDelete
  19. Paragraf pembuka so sweet bunda, bikin senyum yg baca lho

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.