HIJUP Support Industri Halal Indonesia (HIjab Celebration Day 2019)

Pagi itu langit Tangerang Selatan lebih tepatnya lagi di daerah Bintaro tampak teduh. Dua orang wanita cantik berhijab berdiri di depan ratusan orang yang sebagian besarnya merupakan wanita dengan outwear hijab yang sporty dan tampak elegan. Ibu Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany membuka acara Hijab Celebration Day dalam rangka memeringati movement World Hijab Day yang jatuh pada tanggal 1 Februari setiap tahun sejak 2012.

Diajeng Lestari, CEO HIJUP penggagas dan pelaksana kegiatan ini mendampingi Ibu walikota membuka acara. HIJUP seperti tahun sebelumnya kembali mengadirkan Hijab Celebration Day  #HCD2019 di Bintaro X Change. Kali ini HIJUP berkolaborasi dengan Islamic Nexgen Fest milik Kementerian BUMN.





Acara ini juga didukung oleh Himpunan Bank Milik Negara Syariah yang meliputi BTN Syariah, BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BRI Syariah serta Wika, Pertamina, Telkom, dan Pegadaian. Beragam aktivitas mulai dari kegiatan olahraga, interaktif talkshow, hingga bazaar dari curated halal industry mulai dari food/culinary, fashion, bahkan e-commerce.

Apa yang ingin dicapai atau misi dari acara ini? #HijabCelebrationDay merupakan momen untuk menunjukkan support kepada seluruh wanita berhijab di manapun di seluruh belahan dunia bahwa mereka punya hak dan posisi yang sama/setara dengan wanita lain dalam perannya baik di sektor domestik terutama di sektor publik. Hijab bukan halangan untuk terus berkarya dan berprestasi di bidang apapun yang muslimah geluti.


Alhamdulillah saya, kita, muslimah Indonesia berada di negara yang saat ini sudah sangat terbuka dalam mengakomodir kebutuhan dan eksistensi wanita berhijab di berbagai bidang kehidupan.  Meskipun mungkin masih ada kasus diskriminasi namun InsyaAllah jumlahnya semakin minim.

Sebaliknya banyak wanita muslimah di belahan negara lain yang masih berjuang untuk mempertahankan hijab dan eksistensinya terutama di sektor publik. Masih banyak negara memiliki peraturan yang diskriminatif terhadap perempuan berhijab. Demikian juga aturan-aturan internasional, misalnya di duni a olahraga.

Selain kepedulian, awarness, dan support untuk hijabers di seluruh dunia. Event ini mendorong Muslimah berhijab untuk meng-empower diri agar bisa menjadi pribadi yang percaya diri, bangga dengan hijab, dan menjadi pribadi terbaik sesuai dengan kapaistas masing-masing. Muslimah, percayalah KITA BISA!



Hai kamu muslimah berhijab, semangat yuuk. Hijab bukan penghalang untuk berkarya dan berprestasi di bidangmu. Do your best! Be dare to empower change with your hijab.

Hal ini selaras dengan Campaign #EmpowerChange HIJUP.

Kegiatan ini memang diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para muslimah untuk terus berkarya dan produktif.  Selain #EmpowerChange, dalam kesempatan kali ini utamanya ingin menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan ekosistem industri halal yang diawali dengan sektor fashion muslim.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan olahraga yakni Fun Run 5K dan Family Fun Run 3K serta Epic Aerobic. Kiranya peringatan hari hijab sedunia kali ini dijadikan momen yang tepat untuk mensyiarkan gaya hidup sehat.  Hidup sehat dengan berolahraga bisa menjadi kebiasaan baik yang tidak terlalu sulit, jika kita memilih olahraga yang fun dan sederhana seperti lari dan aerobic. Manfaat lari pagi sudah tidak diragukan lagi, terlebih pagi hari merupakan waktu olahraga yang baik. Kedua jenis olahraga ini juga merupakan favorit para wanita sebagai olahraga mengecilkan perut. *Jiyaa

Yang juga penting adalah memastikan untuk melakukan pemanasan sebelum lari dan mengenakan pakaian olahraga wanita yang nyaman dan tetap menutup aurat. Hijab sport outwear merupakan pilihan yang tepat agar olahraga menjadi aktivitas yang nyaman dan menyenangkan sehingga tujuan sehat lahir dan batin bisa tercapai secara bersama.

Usai lari pagi dan aerobic saatnya mendapat siraman hiburan agar lelah terurai. Tidak lupa bisa mengintip dan icip-icip di food bazaar.



Hmm ada banyak booth pada event ini terutama food/culinary booth. Jadi habis lari trus makan bakso gitu hahaha. Well itu balik ke pilihan masing-masing ya. Ssst asal jangan kalap. Jajaran booth makanan dan minuman sungguh menggoda, gak perlu khawatir soal kehalalan karena InsyaAllah semua merupakan brand yang sudah bersertifikat halal.



Well saya sendiri bersama suami dan anak-anak lebih lama duduk di main stage dengan lazy bag warna warni. Eh tapi tentu kami gak mau rugi dung, tetap wajib "thawaf" keliling semua booth hahaha. Jadi supaya aman kami bergantian menjaga lazy bag saat yang lain berkeliling mengunjungi booth-booth. Dari sekian banyak culinary food sejujurnya semua menarik dan bikin bingung hahaha. Pingin semua cyiin. Ups jangan kalap...!



Jadi salah satu keseruan di #HCD2019 #EmpowerChange #islamicnexgenfestxhijup #HijabCelebrationDay tadi tuh... Kenalan dan langsung say yes sama kuliner yg satu ini. Gak lebay dung klo Mom of Trio bilang gak gampang bs ketemu sm healthy, fresh, and HALAL sushi. Tadi tuh langsung cobain 3 variannya... Yg ber-salmon ria pastinya masuk pilihan krn Ka @al_ziayudi wajib dung pilih anything with salmon. ~ Special Salmon Roll... Enyaaak pake banget trus... ~ Salmon Aburi Roll juara banget, spesial sauce yg melimpah trus sm something crispy itu yg bikin mulut ga berhenti pingin ngabisin satu roll sendiri 😁 ~ last but not least kita cobain California Maki, Maki roll matang dg selada, kyuri, tamago, alpukat, dna mayones... Ssger nyam nyam... Eh itu sushi dari @baizasushi yaaa. Btw bukan endorse hahahaha Inj bakal jd salah st cerita yg akan ditulis Mom @ophiziadah di www.ophiziadah.com tentang keseduan #HCD2019 kali ini ya Mam Halal sushi.... 😘 Enyaaak
A post shared by Kuliner Mom of Trio (@kulinermom3) on
Booth fashion juga gak kalah menarik banyak promo menarik dalam kesempatan tersebut. Termasuk booth modest wear, Noore. Penyuka olahraga boleh banget tuh intip koleksi mereka untuk aktivitas sport yang nyaman.


Posisi strategis memang di main stage sih hahaha. Alunan Shalawat kekinian yang merupakan performance dari group Aleehya menyemangati para peserta yang hadir yang meskipun didominasi oleh para wanita (berhijab) namun juga ada peserta pria. sebut saja Ayah Krucils, dek Paksi, dan bahkan Ben Kasyafani. Eh apa sih ini? hahaha

Yang tidak kalah seru dan berbobot adalah talkshow interaktif di main stage yang menghadirkan kembali Diajeng Lestari dan celebrity millenial berhijab Cacha Frederica. Perbincangan seputar "The Future of Halal Industry" ini menjadi sangat menarik dan berbobot.


Target menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia pada 2020 sudah di depan mata, sinergi dan kolaborasi dengan semua stakeholder merupakan solusi untuk mewujudkan visi bersama tersebut. Merujuk pada data State of the Global Islamic Economy Report 2018/19, untuk industri fashion muslim, Indonesia berada di peringkat ke-3 sebagai pasar fashion muslim terbesar dengan pengeluaran sebesar US$ 20Bn.

Secara global, total pengeluaran pasar pada industri ini sebesar US$ 270Bn dan diprediksi meningkat 5% pada 2023 sebesar US$ 361Bn. Adanya peluang besar ini menjadikan Indonesia perlu terus meningkatkan kinerja dan sinergi yang menguatkan berbagai aspek dari hulu hingga hilir dan menjadi pemain di negeri sendiri maupun kancah internasional.

Peran penting dari semua pihak dalam menyongsong 2020 Indonesia sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia merupakan kemestian yang harus disambut dengan kesungguhan. Pada akhirnya hal ini tidak berhenti di fashion. Halal travel, halal culinary, halal beauty, halal healthy products dan seterusnya.

Perbincangan juga mengupas tentang bagaimana membangun jiwa entrepreneurship dan mengasah intuisi bisnis. Pengalaman Diajeng sebagai pendiri HIJUP yang merupakan e-commerce fashion muslim pertama di dunia yang didirikan pada tahun 2011 menjadi penyemangat semua generasi muda untuk melihat peluang dan tantangan di dunia wirausaha.

Dengan konsep online mall dan offline store, HIJUP menyediakan berbagai macam produk terbaik karya desainer fashion muslim. HIJUP berperan sebagai perantara antara para desainer dengan pembeli di seluruh dunia. Terdapat sekitar 200 desainer atau merek yang telah bergabung menjadi HIJUP tenant. Melalui campaign besarnya, #EmpowerChange, HIJUP yakin bahwa setiap individu dapat memberikan perubahan dalam setiap kebaikan mulai dari berpenampilan yang baik, menginspirasi gaya hidup islami, hingga berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Keseruan di main stage makin terasa ketika RAN mulai perform dan tak berhenti membuat penonton yang makin penuh di sana untuk ikut menyanyi dan bersenandung. Serasa lupa umur hehehe... atuhlah beberapa lagunya RAN juga familiar di telinga saya dan anak-anak terutama si Kakak.


Nah untuk yang membawa anak-anak, ada kids corner juga lho di sana. Selain ada playground, ada  Nussa Corner di mana lomba mewarnai diadakan.  Ada juga dongeng "cerita keluarga ajaib" bersama Ayo Dongeng Indonesia dan Cerita Nabi - Anak Sholeh Ahli Syurga bersama Ustadz Cahyo (Chalifah Kids) dan tak kalah seru acara bernyanyi bersama Nussa. Dek Paksi yang paling antusias pastinya.


Selepas istirahat siang untuk waktu sholat,  acara seru berlanjut dengan beberapa TalkShow bersama bank-bank syariah seperti BTN Syariah yang mengusung tema "Cara Mudah Punya Rumah" bersama financial planner Prita Ghozie dan Anisa Rahma mantan personil chibi-chibi yang sekarang berhijab. BRI Syariah Talkshow membahas "Start Your Business, Now!" bersama pemilik Kopi Tuku Andanu Prasetyo dan Ria Ricis. BNI Syariah mengusung tentang "Smart Saving to Support Your Faith" bersama Chikita Fawzi dan Bahjatina. Trus ada juga Mandiri Syariah Talkshow tentang Millenial Issue: Buy or Bye bareng Arief Muhammad.

Untuk acara anak-anak juga ada trunk show kids costume competition dengan tema "my future". Nah Untuk Islamic Nexgen Fest Session ada Syakir Daulay nih.  Untuk Hijab Beauty Talkshow ada beauty enthusiast, Suhay Salim. Acara ditutup manis oleh music performance dari Vidi Aldiano. What a day yaa... a celebration day of HIJAB and its spirit.

Sampai ketemu di Hijab Celebration Day berikutnya yaa.

Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi dan mensupport sesama muslimah berhijab lainnya. Eits jangan lupa untuk terus berprestasi juga di bidangmu ya ukhti.

Salam semangat dan #EmpowerChange.

Salam sayang dari Hijabers Tiga Generasi :)


25 comments

  1. acaranya lengkap banget ya, nah icip makanan itu yang paling top

    ReplyDelete
  2. Aku langsung terpana liat foto sushinya. Enak banget kelihatannya hahaha. Efek bacanya pas belum makan siang nih 😅

    ReplyDelete
  3. Acaranya seru ya mba, pastinya aku kalau udah lari terus ada stand booth makanan wes lari langsung kesitu wkwkwk *ga ngefek larinya :D
    alhamdulilah juga ya ada kids corner anak-anak jadi ga bosen apalagi ngusung Nussa yang lagi kekinian banget ah sayang aku ga langsung hadir baca ceritanya aja udah terbayang serunya

    ReplyDelete
  4. Mudah-mudahan acara HIJUP seperti ini ada lagi. Keren uy acaranya. Saya juga beberapa kali beli baju di HIJUP. Suka dengan model-model bajunya. Kalau ada acara begini kan lumayan kalau ada diskon

    ReplyDelete
  5. Semoga support Hijub untuk industri Indonesia ini bisa memajukan dunia industri terutama fashion di Indonesia ya, Mbak. Dan soal support ke sesama muslimah, yuk, kita bergerak bersama, melalui bidang-bidang yang kita bisa 😊

    ReplyDelete
  6. Wah seru ya mbak Ophi acara Hijab Celebration Daynya meskipun mendung tapi tetap semangat. AKu juga baru tau ada Word Hijab Day, senang sekali wanita berhijab juga diakui seperti ini di dunia.

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget ulasannya, Mbak. Sampai saya terbawa rasanya. Btw, setuju hijab bukan penghalang aktivitas muslimah apalagi aktivitas wajib ya. Btw, tentang olah raga, masih PR banget ini buat saya. Masih ngandelin kalau mau aja 😁

    ReplyDelete
  8. Ya ampun.. hijup ini gue banget desainnya loh

    Aku berasa milenial kembali *apasih

    ReplyDelete
  9. Salam sayang kembali buat hijaber tiga generasi.

    Saya kalau sabtu minggu lari pagi mbak, terus pulangnya mampir pasar. Terus tergoda dengan aneka macam jajan pasar. Jadi perut tetep nggak bisa mengecil

    ReplyDelete
  10. Kemarin kita ketemu ya mak pas aku mau photo booth di acara ini abis fun run

    ReplyDelete
  11. Waaah seger banget Mbak Ophi di Hijup Celebration Day. Acaranya keren nih, jadi makin bangga dengan industri fashion muslim Indonesia, nomer 3 lho! Buatan dalam negeri, keren kan!

    ReplyDelete
  12. Aku senang datang ke acara ini. Bahkan belum move on nih. Hihii. Senangnya bisa dapat pengalaman juga mba dan makanan makanan enak :p

    ReplyDelete
  13. Banyak banget rangkaian acaranya, Mbak. Berdoa bareng2, semoga 2020 terwujud harapan HIJUP dan tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Ya ampunn seru banget yaa, andai acara nya di Bandung, pasti langsung ikut deh. Ada Chacha Frederica juga dong..

    Aku juga sering belanja di Hijup, pelayanannya oke banget, antara foto produk dan produk aslinya bener-bener sesuai. Ga pernah nyesel sih belanja di Hijup.

    ReplyDelete
  15. Hijup ini salah satu favorit aku kalau mau beli baju dan perintilannya, apalagi disana suka ada diskonnya. Terus yang paling aku suka dari Hijup ini packagingnya rapih. Sayang banget kemarin melewatkan acara ini padahal dekat sekali dari rumah.

    ReplyDelete
  16. Aku nih cung yang juaaarang olahraga! Padahal sekarang hijab sportwear udah banyak banget ya yang bagus. Hmm.. gimana perut buncit mau mengecil ya kalau model gini?

    ReplyDelete
  17. Aku suka sama HIJUP nih bikin branding hijab dan muslimah jadi makin bagus ya mbak. APalagi jg menginspirasi industri2 halal lainnya di Indonesia. Soalnya potensi market di sini jg besar :D
    Acaranya seru mbak sayang gak bisa ikutan krn bentrok acara lain pas itu.

    ReplyDelete
  18. Aku punya pengalaman diskrimasi gara-gara berhijab lho mba. Beneran ini, baru kualami sekitar setahun yang lalu sebelum bekerja di kantor yang terakhir. Waktu itu dapet tawaran kerja dengan posisi yang sama dengan sebelumnya. Eh ditunggu kabarnya lama banget setelah wawancara. Ternyata setelah keterima di tempat lain, baru ada kolega yang ngasih tau kenapa dulu aku ga jadi diterima di sana, padahal itu wawancara juga berdasarkan referensi orang, enggak ngelamar langsung.
    Hihiii...semoga aja tidak ada lagi pengusaha-pengusaha yang melakukan diskriminasi seperti itu. Semua orang kan punya hak pribadi soal beribadah dan berbusana, yang penting hasil kerjanya kan ya.

    Hijup ini oke banget loh support dunia bisnis bagi para womanpreneur sekaligus meningkatkan silaturahmi antar pebisnis muslim. Layak diapreasiasi sepenuh hati.

    ReplyDelete
  19. Dua kali diajak ke event Hijub ini, dua kali nggak bisa karena pas barengan ada acara, dan ku sekarang tinggalnya nggak di Jakarta. Moga kalau tahun depan ada, ku bakal luangin waktu.

    ReplyDelete
  20. Acaranya seru banget ya mba dan menginspirasi, dan pasti banyak jajanan juga ya ini.

    ReplyDelete
  21. Seru banget ya acaranya. Aku ini pengen banget ngecilin perut tapi susyaaah... harusnya sering ikut lari maraton kayak gini ya.

    ReplyDelete
  22. Dari sekian banyak keluhan orang Indonesia tentang Indonesia, aku bersyukur tinggal di negara ini. Sebagai perempuan muslimah berhijab belum menemukan kendala dalam berhijab, kecuali saat interview kerja di suatu perusahaan yg setelah lolos baru dikasihtau kudu lepas hijab. Aku gak ambil karena masih banyak perusahaan yg hijab friendly.

    Berharap acara ini bisa diadakan di pusat kota atau mungkin Depok hehe biar lebih terjangkau jaraknya.

    ReplyDelete
  23. Iya bangeett...
    Beruntung hidup di jaman sekarang yang menjadikan hijab sebagai identitas terbaik seorang muslimah.
    Jadi,
    Masih belum yakin berhijab karena takut gak bisa mengembangkan bakat?

    No...no...banget yaa, kak.

    ReplyDelete
  24. Owuwo... Dari tulisan kak opi aku bisabisa ngebayangin serunya acara hijup ini. Terus lebih serunya ada booth nusa juga, anak2 pasti senang banget ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.