IstanArina: Hunian Maya Mba Arina

Berkenalan dan berkomunikasi intens dengan Mba Arina saya lakukan setelah kami bergabung dalam group arisan link dari  Group Blogger Perempuan. Hmm padahal kami sudah saling kenal karena bergabung di beberapa komunitas blogger lainnya. Sebutlah salah satunya Blogger Muslimah di mana Mba Arina merupakan salah satu adminnya.


Kali ini saya mau mampir (lagi) ke rumah maya Mba Arina.  Eh tapi sebelumnya kenalan dulu yuk sama blogger perempuan satu ini. Arina Mabruroh, akrab disapa Arina/Rina. Lahir di Wonosobo Jawa Tengah, lalu pindah ke Semarang setelah menikah. Sekarang domisili di Denpasar, Bali karena ikut suami yang pindah kerja.  Keluarga kecil Mba Arina terdiri dari: Ayah Adi, Bunda Arina, Kakak Hasna dan Adik Salsa. Nih saya posting keluarga kecil Mba Arina di Bali




[Emak-emak BPJS*] . "Yah, jalan yuk!" "Ke mana?" "Ke tempat yang belum pernah kita datangin." "Ngapain? Lagi nggak ada bajet, nih." "Ya ngajak anak jalan lah, sekalian aku nyari bahan nulis. Anak senang, emak juga senang. Hehe." "Hm.. Asal siap hemat bin pegel aja." "Siapa takut? Anggap aja seperti emak BPJS!*" kata saya sambil tergelak dan suami hanya geleng-geleng kepala. . Pernah dengar BPJS? Ini bukan tentang asuransi kesehatan yang kemarin-kemarin sempat ramai diomongin, ya. . Saya pertama kali dengar BPJS (Bajet Pas-pasan Jiwa Sosialita) dari meme yang berisi singkatan-singkatan nada sindiran. Awalnya saya ngakak so hard juga baca singkatan itu. Tapi kemudian saya diam. Jangan-jangan saya dinilai orang lain seperti itu, karena sering kali (demi job) posting foto di IG sedang makan di mana, acara di sini, kegiatan di sana, dll. Nyatanya saat itu dapat gratisan dari event. Alhamdulillah... . Tapi kemudian sisi hati yang lain ngomong. Ah, biarin aja orang mau nyinyir, julid atau mau apa. BPJS juga nggak masalah, toh dengan ini bisa berbagi pengalaman jalan-jalan bareng keluarga dengan low budget. . Kalau masih terjangkau dengan sepeda motor ya kami perginya motoran. Kemarin pergi ke Bedugul dan ke kolam renang, sewa mobil karena bareng mbah juga. Wait, sewa mobil di Bali lebih murah dibanding di Jawa, loh. Selisih dikit lumayan lah untuk tambahan beli bensin. Sopirnya ayah aja, meskipun capek dilakoni demi anak istri, katanya. Kalau sewa sekalian driver lebih mahal dan jadi kurang bebas juga. . Urusan makan, nggak perlu jaim lah.. Wkwkwkwk. Niatnya kmrn mau bawa bekal dari rumah, tapi paginya nggak sempat masak, jadi bawa bekal nasi sama sisa lauk sisa sarapan buat anak-anak. Jaga-jaga kalau di sana nggak dapat makanan yang pas. Air putih juga bawa sendiri pake botol-botol gede 😆 lainnya beli camilan aja buat bekal perjalanan. . Waktunya makan siang, ngemper beli bakso di sekitar parkiran bis Bedugul. Lumayan, 10rb seporsi. Ada teh panas juga 5rb/gelas. Itu juga nggak semuanya pesan. . Alhamdulillah.. Piknik tipis-tipis terlaksana juga. Biarin BPJS yang penting nggak utang buat jalan-jalan. Hehe. . #momblogger #bloggerlife #bedugul #Bali #puraulundanu
A post shared by Arina Mabruroh || Mom Blogger (@arinamabruroh) on

Nah Mba Arina gemar ngeblog salah satunya karena memang gemar dan memiliki passion di dunia tulis menulis nih. Mulai senang dunia menulis sejak SD, dari pelajaran Bahasa Indonesia. Awalnya hanya suka baca buku cerita, lama-lama suka mengumpulkan puisi-puisi pendek lalu mulai senang menulis puisi.
Sebelum rajin ngeblog, pernah getol mengikuti berbagai lomba menulis di dunia maya dengan reward diterbitkan oleh penerbit indie. Well ternyata sudah banyak sekali buku antologi yang dilahirkan Mba Arina dari passion menulisnya. Intip aja di profilnya nanti di Blog yaa.

Lalu sejak kapan terjun bebas di dunia Blogging? Wah ternyata sudah cukup lama lhoo. Jauh lebih senior dari saya nih. Mba Arina punya blog sejak tahun 2009, tapi tidak pernah diisi karena malu. Mulai rajin ngeblog setelah mengikuti workshop blogging di akhir tahun 2014 di blog www.istanarina.blogspot.com. 

Motivasi awal ngeblog ternyata  untuk self healing (baca: curhat), belajar nulis, ngembangin hobi, dan akhirnya juga buat nyari tambahan rupiah. Mantap yaa. Sejak memiliki rumah maya dengan TDL, Mba Arina makin konsisten ngeblog. Jadi sejak  Agustus 2015, Alamat mayanya adalah www.arinamabruroh.com. Yook mampir! Ini merupakan  lifestyle blog.

Tag line Blog Mba Arina: IstanArina 'khairunnaas Anfa'uhum linnaas' supaya semangat untuk memberi manfaat buat orang lain selalu membara, termasuk berbagi lewat tulisan. IstanArina merupakan akronim dari Istana Arina, alias istana kepunyaannya Arina. Harapannya, jadi rumah digital yang nyaman buat penghuni dan buat 'tamu'-nya juga. Blog yang lega dan cerah akan menyambut kita saat mengetuk pintu di IstanArina.

Nah tapi selain itu ada alamat blog lain dari Mba Arina yakni https://www.istanarina.com/ yang tampaknya fokus tentang parenting. Blog ini sebetulnya transformasi dari blog gratisa di blogspotnya dulu yg sudah dibangun dari 2009. Ini menjadi semacam blog tentang perjalanan keluarga kecil Mba Arina yang anggotanya sudah saya kenalkan sebelumnya. Memasuki IstanArina: The Kurnia's Journey, kita akan disambut hangat dengan ucapan  Selamat datang di blog Keluarga Pak Adi Kurnia yang dikelola Bunda Arina.

Keluarga impian Mba Arina adalah keluarga SaMaRaTa. Bukan hanya SaMaRa. Well bahkan sebetulnya SaMaRaTaDa akronim dari Sakinah, Mawaddah, Rahmah, Tarbiyah, dan Dakwah. Wah mantap ya.

Sakinah, bagungan keluarga/rumah tangga yang memberikan ketentraman dan kenyamanan bagi seluruh anggotanya. Mawaddah, lahirnya cinta kasih antar anggota keluarga sehingga visi dan misi keluarga bisa dijalankan. Rahmah, timbulnya kasih sayang seperti kata orang ‘jatuh cinta berkali-kali dengan orang yang sama’ adalah karena kasih sayang yang timbul di hati masing-masing. Rahmah, bukan cinta yang menggebu-gebu, tapi kasih yang menentramkan dan melindungi.

Tarbiyah, agar setiap interaksi, perilaku, dan aktivitas di dalam keluarga ada nuansa tarbiyah (pendidikan), berproses dari yang buruk menjadi baik, dari yang baik menjadi lebih baik. Dakwah, karena setiap muslim terlahir menjadi da’i sebelum yang lain.

Super banget yaa...smoga gak cuma Mba Arina, tapi kita semua bisa menjadi keluarga yang SaMaRaTaDa. Amiin.


Oh iya untuk para wanita yang pernah melahirkan secara sectio tapi ingin menjalani vaginal brith setelahnya bisa banget nih ubek-ubek IstanArina dan menggali lebih jauh tentang VBAC (Vaginal Birth After Cesarean) di sana. Mba Arina ini salah satu dari sedikit Ibu yang berhasil menjalani VBAC. Malah pengalaman Mba Arina dan teman-teman sudah dikomplikasi dan di bukkukan lhooo. Well, another anthology book... jadi beliau memang blogger penulis yaa.

Untuk media sosial Mba Arina bisa dikunjungi di:

Facebook: Arina Mabruroh
IG: @arinamabruroh
Twitter: @arinamabruroh
email: rina_salsabiila@yahoo.com atau arina.mabruroh@gmail.com 

2 comments

  1. Masyaallah.. Jadi malu ih baca ulasan lengkap Mba Ophi.
    Makasih banyak, Mba.. 😘

    ReplyDelete
  2. Aku baru ngeh mba Arina punya 2 blog.. hebat 😌
    Jadi sekarang beliau di Bali yaaa mbaaa Ophiii

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.