Mau Sablon Kaos Pakai Teknik Polyflex? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekuranganya



Hai Guys apa kabar?

Mom of Trio mau ngobrolin soal sablon kaos lagi nih. Punya tumpukan kaos sablon di lemari dengan aneka warna?  Nah kayaknya sih akan selalu begitu ya karena kaos selalu nyaman dan gak ada matinya ya buat jadi pilihan fashion keluarga. Rasanya perlu juga nih paham tentang teknik sablon kaos supaya saat membeli dan memilih, kita bisa mendapatkan pilihan yang sesuai dan memuaskan insyaAllah.

Sablon kaos masih jadi andalan semua orang, karena lebih mudah dijangkau dan sangat nyaman dipakai, terutama bagi orang Indonesia. Kaos bisa dipakai dan dipadukan dengan berbagai macam jenis pakaian. Ini yang membuat kaos menjadi pakaian yang sangat cocok dipakai untuk bergaya. Untuk menghasilkan sablon kaos tentunya ada berbagai proses dan teknik yang perlu kita ketahui sehingga menghasilkan sablon yang kita inginkan. Salah satunya adalah teknik sablon polyflex.

Pengertian Sablon Kaos Teknik Polyflex


Sablon polyflex adalah sablon digital menggunakan bahan sejenis Vinyl atau sticker, kemudian dipress ke medianya, contohnya kaos. Polyflex bersifat elastis sehingga lebih tahan lama, awet, kuat, melekat pada media kaos, dan tahan terhadap tarikan. Tetapi bukan berarti tidak akan rusak bila ditarik, karena kaos jenis apapun harus diperhatikan perawatannya agar tetap awet. Proses pembuatannya relatif mudah dan cepat.



Proses pada teknik sablon polyflex yaitu:


1. Menyiapkan desain yang kita inginkan.

Desain sablon biasanya dapat kita buat dengan menggunakan software CorelDraw, Adobe Illustrator, Photoshop, dan lain – lain. Khusus untuk sablon polyflex lebih sering menggunakan aplikasi Silhoutte Studio.

2. Mencetak Desain dan proses cutting.

Setelah kita membuat desain, tahapan selanjutnya adalah mencetak desain tersebut dengan menggunakan mesin cutting digital (cutting sticker) dengan menggunakan bahan Polyflex.

3. Membersihkan lembar polyflex

Setelah melakukan proses cutting hasil yang dihasilkan tidak langsung berbentuk sesuai dengan desain yang kita buat. Maka langkah selanjutnya adalah membersihkan lembar polyflex sampai yang tersisa hanya hasil desainnya saja.

4. Menempelkan Polyflex ke media (Pressing)

Tahapan selanjutnya adalah lembaran polyflex yang sudah dibersihkan dipress ke media yang kita inginkan menggunakan mesin Heat Press.

5. Proses Finishing

Jika proses pengepressan sudah selesai, biarkan dulu sampai beberapa saat hingga suhunya menjadi dingin agar lem lembaran Polyflex merekat ke medianya. Setelah suhunya dingin maka kita dapat mengelupas lapisan bening pada Polyflex tadi.

Tahapan tersebut perlu diperhatikan agar hasil yang dihasilkan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dari proses pengerjaanya teknik polyflex relative mudah dan dapat dilakukan oleh kita meskipun tidak begitu ahli. Terdapat kelebihan dan kekurangan dari teknik polyflex ini, yang perlu kita ketahui sebelum kita memilih teknik mana yang ingin kita gunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Kaos Teknik Polyflex 


Setelah mengeathui prosesnya, Yuk kita kenali kelebihan dan kekurangan dari teknik sablon polyflex. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan kita menggunakan teknik ini yaitu antara lain:

Kelebihan


  • Proses pengerjaannya relative cepat dan mudah sehingga dapat dilakukan oleh orang awam
  • Bisa menggunakan desain yang berbeda (antara kaos satu dan yang lainnya desainnya bisa berbeda)
  • Teknik polyflex akan menghasilkan hasil sablon yang lebih rapi dan presisi
  • Bahannya melekat pada media kaos, sehingga warnanya tidak mudah pudar walau sudah dicuci berkali-kali 
  • Lebih awet dan tahan lama, namun tergantung pada kualitas bahan vinyl polyflex yang digunakan.


Kekurangan


  • Warnanya tidak begitu bervariasi (namun bisa dikombinasi dengan proses printing)
  • Harganya relative mahal karena biayanya dihitung dari per-cm lembar vinyl yang digunakan, belum lagi harga dari media kaosnya
  • Mesin yang digunakan sulit terjangkau karena harganya relative mahal
  • Teknik ini belum terlalu terkenal di daerah – daerah tertentu
  • Dimensi ukurannya terbatas, karena keterbatasan dari kertas vinylnya.


Nah itu tadi penjelasan lengkap sablon kaos teknik polyflex, dimulai dari pengertian, proses pengerjaan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Teknik ini akan sangat baik  digunakan bila hasil yang kita inginkan sesuai dengan bagaimana hasil dari teknik ini.

Jadi gimana? bertambah kan wacana kita tentang salah satu teknik sablon? semoga bermanfaat ya, jadi kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita nih.

No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.