Ajak Kiddos Wisata di Yogya sambil Belajar Yuk!


Piknik adalah hak segala anak bangsa, termasuk anak-anak yang tiba-tiba (ealah ga tiba-tiba juga sih) sudah mulai masuk masa Penilaian Tengah Semester dan menjalani ulangan harian bertubui-tubi. Apalagi si Kakak Al yang sejak awal bulan lalu sudah masuk masa driling di mana harus masuk lebih pagi 3 hari selama seminggu dan menjalani beberapa try out.

Dua try out yang sudah selesai alhamdulillah Kakak bisa melewatinya dengan sangat baik mesti tak bisa dipungkiri tampak agak stress dan capek. InsyaAllah hasil gak akan mendustai usaha Kak. Itu prinsip Ibu. Pun Ibu gak akan hanya menilai dari hasil namun dari bagaimana usaha yang kamu jalani dalam proses akhir belajarmu di SD kali ini, semangat terus yaa.

Apa hubungannya sama piknik? 

Kakak langsung panik saat keluar kalender sekolah untuk bulan Maret dan adik-adiknya punya jadwal field trip. Dek Paksi bakal ke Kidzania bareng teman-teman dan gurunya di kelas 1. Ka Zaha insyaAllah bakal ke Trans studio Bandung bareng teman  kelas 4 dan 5.

"Aku kok gak jalan-jalan sih bu...."
"Aku belajar teruuus..."
"Aku mau jalan-jalan jugaaa..."


Baiklah Nak insyaAllah kita bakal jalan-jalan juga. Ibu janji deh, setelah usaha kerasmu mempersiapkan USBN dan UN, apapun hasilnya kita bakal having fun yaa buat melemaskan otot dan mencerahkan mata. Supaya otakmu yang kamu ajak kerja keras selama ini juga bisa rileks dan mendapatkan hak istirahat hehehe...

Ibu searching dulu yaa, kira-kira kemana ya jalan-jalan tapi kalian tetap mendapat nilai lebih. Well biasanya itu disebut juga wisata edukatif nak. Kira-kira ke mana aja yaa? 

Gimana kalau Jogja? 

Kita wajib punya beberapa alternatif nih buat menghabiskan 2-3 hari di Yogya nanti. Kalo Ibu mah yang penting bisa ketemu Bakmi Yogya yang hangat plus wedang uwuh juga udah anteng deh hahaha.

Jadi mau ajak anak-anak main sambil belajar di mana nih selama di Yogya? Tenang tempat wisata di Jogja sih gak ada matinya, termasuk wisata edukatif.

Taman Pintar

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Jogja
Jam buka: Selasa-Minggu (08.30-16.00 WIB)
Tiket masuk: Rp10.000,- (anak-anak); Rp. 18.000,- (dewasa) 

Sumber: Website Taman Pintar

Sesuai namanya, main ke sini bakalan bikin kita pintar sambil seseruan. Kita bisa belajar banyak tentang ilmu pengetahuan dengan cara seru. Belajar tentang gelombang suara di Taman Pintar ada "dinding berdendang" dan "pipa bercerita" lhoo. Anak-anak bakal belajar tentang suara dengan cara yang fun. Trus ada juga "cakram spektrum warna", artinya mereka bisa mengenali jenis warna dan memahaminya dengan mudah.

Untuk sains dan teknologi serta profesi ada ruang khusus di bagian indoor Taman Pintar. Ada juga wahana di Gedung Oval di mana kita bisa ajak mereka belajar tentang sejarah terbentuknya alam semesta. Waaah Dek Paksi pasti antusias banget nih.  Di sini juga ada terowongan bawah air. Masih ada banyak wahana lain seperti laboratorium sains, bioskop 4 dimensi, serta ruang dengan beragam jenis dinosaurus. Duuh jangan sampai Dek Paksi gak mau pulang nih.


Sindu Kusuma Edupark

Alamat: Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.30-23.00 WIB
Tiket masuk: Rp70.000,- (tiket terusan); ada beberapa wahana  dengan tarif akses masuk sendiri.

Sebagai wahana rekreasi keluarga, yaitu Sindu Kusuma Edupark atau disingkat SKE  merupakan wahana permainan yang menghibur dan edukatif untuk seluruh anggota keluarga. Luas lahan SKE sekitar 7 hektar dan merupakan unit usaha Kusuma Agrowisata yang berpusat di Kota Batu Malang Jawa Timur yang memang usaha utamanya di bidang pengelolaan wisata.

Dengan didukung teknologi Korea, SKE memiliki cinema 8D, iyes delapan gais. Bukan dua, tiga, atau empat, tapi depalan. Hmm bikin penasaran gimana ya nonton film dengan format 8D? Well, kabarnya dijamin memberi kesan tersendiri.

Selain Cinema 8D banyak wahana hiburan keluarga lain di sini, tarifnya pun cukup terjangkau. Ada wahana Ferris wheel atau cakra manggilingan dengan ketinggian 48 meter, Segway atau pit egrang, bumper car atau montor tumbur, trampolin atau panggon lunjak, flying car atau korsi mabur, dan masih banyak lagi. Penamaan wahana dengan bahasa Jawa juga memberi kesan unik tersendiri.

Nah selain wahana berbayar ada juga kok yang gratisan seperti Dino Parrk dan House of Batik. Bisa banget nih belajar tentang budaya membatik di sini.

Sebagai gambaran untuk tarif wahana bermain antara lain sebagai berikut:

Tarif cinema 8D: Rp30.000,-
Tarif cakra Manggilingan (ferris wheel ): Rp10.000,-
Tarif pit egrang (segway): Rp4.000,-
Tarif montor tumbur (bumper car): Rp10.000,-
Tarif panggon lunjak (trampolin): Rp15.000,-
Tarif kursi mabur (flying car): Rp15.000,-
Tarif sepur kluthuk (kereta): Rp5.000,-
Tarif sepeda mabur (flying bicycle): Rp10.000,-
Tarif komidi putar: Rp10.000,-



The World Landmarks Merapi Park

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB); Sabtu-Minggu (08.30-17.00 WIB)
Tiket masuk: Rp15.000,-
Sesuai dengan namanya, di sini ada berbagai landmark terkenal di seluruh penjuru dunia seperti: Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, Jam Big Ben, dan Forbidden City Cina. Selain berphoto tentu saja kita bisa sekaligus mengenalkan ikon dari seluruh penjuru dunia pada anak-anak. 

Pun sebagai bentuk afirmasi bahwa kelak kita bisa mengunjungi tempat aslinya dan melihat langsung bangunan iconic tersebut di berbagai belahan dunia. Amiin



Kalau lelah "keliling dunia", kita  bisa istirahat di pendopo atau sambil makan atau minum di cafe yang juga tersedia di kawasan ini sambil menikmati gagahnya Gunung Merapi di Kejauhan.

Lost World Castle

Alamat: Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Jumat (07.00-18.00 WIB); Sabtu-Minggu (06.00-18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp25.000,-


Dari namanya, wisata yang berbentuk kastil dengan deretan tembok atau benteng besar ala Eropa ini memang bisa jadi tujuan wisata yang unik. Banyak yang menyebutnya sebagai Benteng Takeshi. Terletak di Sleman dengan latar belakang gunung Merapi, area wisata ini memiliki beberapa bangunan unik yang sama sekali bukan khas Yogya. Kita bakal seperti tengah nyasar ke Eropa antah berantah.

Kastil bergaya Eropa kuno, tenda-tenda Indian, replika batu Stonehenge, patung dinosaurus, dan pohon-pohon bunga sakura merupakan lokasi yang tepat untuk berphoto ria terutama untuk selfie atau wefie. Bahkan banyak yang berphoto untuk prewedding. 

Beberapa spot favorit untuk berselfie misalnya taman koboi, sepeda motor terbang, awan putih, sayap bidadari dan banyak yang lainnya.  Jangan heran kalau kita bahkan harus mengantri untuk bisa mendapatkan pose yang instagramable di sini. Tersedia juga lukisan 3D trik sebagai alternatif pilihan latar foto.

Alangkah beruntung jika kita bisa berkunjung di sini dalam cuaca yang cerah sehingga Gunung Merapi yang gagah bisa kita nikmati di tengah suasana Eropa.

Taman Pelangi Monjali

Alamat: Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Kamis (16.30-22.00 WIB); Jumat-Minggu (17.00-23.00 WIB)
Tiket masuk: Rp.10.000,-(Senin-Jumat); Rp. 15.000,- (Sabtu-Minggu)
Nah untuk menikmati Yogya malam hari sih saya sudah punya jadwal buat sekedar "thawaf" di Malioboro yang entah mengapa ga pernah ada bosennya. Cuma kalau sama bocah tetep wajib cari kegiatan lain. Naah bisa banget kita ke Taman Pelangi Monjali (Monumen Jogja Kembali). Di sini kita bisa menikmati keindangan warna warni pelangi dari lampu lampion dalam beragam bentuk di sebuah taman yang mengelilingi Monjali.

Kalau yang hoby berphoto pasti senang banget nih jeprat jepret di antara beragam bentuk dan warna lampion yang makin cantik di malam hari ini. Selain berphoto ada banyak wahana bermain seperti becak mini, trampolin, bom bom car, perahu dayung, permainan bola air bahkan puri hantu.

Well dari kelima tujuan wisata ini kayaknya semuanya wajib dikunjungi ya nak...
Hmm 3 hari 2 malam cukup gak yaa?

26 comments

  1. Taman Pintar emang asyik buat anak-anak, selain bermain mereka juga akan belajar. Misal mau ke Jogja coba juga ke Bhumi Merapi, mak. Anak-anak bisa belajar mengenal satwa, memberi makan, dan bercocok tanam, seru pasti.

    ReplyDelete
  2. wah semua tempat mainnya menarik mba Ophi, sudah pasti seru kalau ajak anak2 kesini ya..semoga kesampaian ke Jogja

    ReplyDelete
  3. ya ampuuun banyak tempat keren yang seru..baru ke taman pintar aja nih mba...gotta go back there soon

    ReplyDelete
  4. Whoaaa kepengen dehh bisa jalan-jalan ke Yogyakarta dan main ke tempat wisata edukasi itu mbak,,, Apalagi di The Lost World Castle dan Merapi Park, mbak, serasa ada di luar negeri.
    Terima kasih buat sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  5. Walaaah makin kece aja nih Jogja. Banyak tempat baru yang bikin betah keluarga berlibur.

    ReplyDelete
  6. Kalau ke Jogja, anak saya belum merasa lengkap kalau belum ke taman pintar. Ada beberapa lagi mbak destinasi wisata di Jogja yg keren sebetulnya, misal museum dirgantara atau ke ghratama pustaka

    ReplyDelete
  7. Paling suka taman pintar. Mudah diakses karena dekat malioboro. Jalan dikit. Tiketnya juga terjangkau. Perpus di dalamnya bagus banget

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini banyak arena permainan yang gak hanya sebagai saran bermaim seperi ini ya.

    ReplyDelete
  9. Saya pertama dan terakhir ke Jogja tahun '95. Udah lama banget euy... Pengen ke sana lagi, Insya Allah.
    Makasih rekomendasi tempat wisatanya, mbak Ophi.

    ReplyDelete
  10. cobain juga ke mini zoo jogja exotarium, bhumi merapi, dan kebun buah taman flory mba, itu juga edukatif banget buat anak-anak :)

    ReplyDelete
  11. pernahnya ke Taman Pintar aja supaya bisa belajar science dengan anak. Sayangnya sebagian alat peraga ga bisa digunakan (eh atau aku yang ga tau caranya, soalnya ga ada pemandu).

    ReplyDelete
  12. Pengen mengajak bocah piknik Jogja ni semoga ada rezeki main ke museum Merapi itu lho mereka pengen banget..

    ReplyDelete
  13. Kalau ibu mah angannya sederhana ya mbak. Jalan-jalan ke Jogja, ketemu mie jogja dan wedang uwuh saja sudah puas. Membaca artikel ini jadi kangen Jogja jadinya 😁

    ReplyDelete
  14. Itu yang Lost World Castle aku koq belum pernah ya, padahal bagus banget ih. Mau ah kapan-kapan ke sana. Kalau Taman Pintar dan Sindukusuma udah pernah. Alhamdulillah anak-anak selalu senang kalau diajak ke sana.

    ReplyDelete
  15. 3 hari 2 malam, cukup mbak kalau cuma ngantar anak-anak. Kalau emaknya juga mau piknik ya nggak cukup. Kan emaknya pengen juga ke malioboro dan pasar beringharjo.

    Nama-nama wahana di Sindu Kusuma Edupark khas ya, pakai istilah jawa. Bisa sekalian mengajarkan bahasa jawa pada anak-anak

    ReplyDelete
  16. seru ya tempatnya, pepotoan kayak dimanaaa gitu.
    ternyata samaan kita ya mbaa... anak2 suka sirik kalo sodaranya jalan2 di sekolahnya ke mana gitu haha.
    jadi inget kalo aku belum ajak boyz jalan2 lagi nih :D

    ReplyDelete
  17. Huwo masuknya mehong juga ya Mba Ophi yang Sindu, tapi kalau liat pemandannganya masyaAllah apik-apik banget. Pengen ke sana belum kesampaian melulu aku.

    ReplyDelete
  18. Yup berguna banget kalau nanti ke jogja mau ajak ke beberapa tempat wisata tersebuy

    ReplyDelete
  19. Jadi kangen pengen ke yogyakarta lagi, mba. Aku pas ke Yogyakarta juga nyari tempa yang pas buat anak, mba. Salah satunya ya Taman Pintar :)

    ReplyDelete
  20. Wihh mantul mba.. terakhir 1 tahun lalu saya main ke Yogja.. itupun ke wisata-wisata terkenal pada umumnya.. boleh nih dicoba kalau main ke Yogja lagi 😍

    ReplyDelete
  21. Ku belum pernah ke yogya lagiii hahahha, dan dulu pernah ke taman boneka apa ya, pas masuk kok sereeem bonekanya jadul2 kayak di film horor hahahaha jadi ngga masuk, bhay. Abisnya kadang yg di poto sama kenyataan ngga sama indahnya, tapi semoga tempat2 yg mba ophi tulis emang layak didatangi anak2 :D

    ReplyDelete
  22. Beberapa kali ke Jogja belum kesampaian untuk mampir ke Taman Pintar. Nanti kalau ada kesempatan ke sana lagi mau ajak anak2

    ReplyDelete
  23. Wah waktu ke Jogja malah gak ke taman-taman itu..Ingetnya cuma Borobudur aja. Padahal tiket masuknya murah ya.

    ReplyDelete
  24. Aku nih penasaran pengen ngajak anakku ke Merapi Edu Park, kalau yang lainnya sudah pernah kesana. Kebetulan banget nih bakalan liburan ke Jogja sebelum puasa nanti.

    ReplyDelete
  25. Saya paling suka ngajak anak2 ke tmpat wisata yang ada edukasinya. Bisa ngajak dia bermain sambil belajar.

    ReplyDelete
  26. Duh aku catet banget nih... secara Jogja itu wishlist ku tahun ini bareng anak2 hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.