Inspirasi Rumah Minimalis Nan Lega, Ceria, Serta Bebas Rayap.

Rumah kami tidak besar. Luas tanah 8m x 15m tidak kami habiskan seluruhnya untuk bangunan. Sekitar 8m x 3m di bagian depan kami sisakan untuk teras dan carport. Memiliki rumah yang besar tentu impian banyak orang, tapi alhamdulillah syukuri saja apa yang kita miliki saat ini. Kenyamanan rumah tidak hanya ditentukan oleh besar atau luasnya rumah. Tapi oleh luasnya hati penghuninya, eciyeee.



Untuk saat ini dengan anak-anak yang masih usia sekolah rumah kami yang minimalis masih cukup luas untuk kami tempati berlima. Penataan ruang dan desain interior memang menjadi salah satu cara agar bisa tetap merasa lega di ruang yang terbatas.

Naah kali ini kita ngobrol mengenai penataan ruang di rumah minimalis yuk. Lebih spesifik lagi  permasalahan klasik namun cukup mengganggu yang kami alami adalah sang penghuni lain di rumah, rayap dan teman-temannya. Iyes, kehadiran rayap-rayap di rumah ternyata bukan hanya mengganggu tapi juga bikin nyesek, hiks. Adakah Sahabat Mom of Trio yang mengalami hal serupa?

Dulu salah satu alasan kami pindah ke rumah yang sekarang kami tempati adalah karena masalah air tanahnya yang kurang bagus dan juga kekhawatiran banjir. Well,  rumah yang kami tempati sekarang insyaAllah sih aman dari banjir, lingkungan masih lebih hijau, dan air tanahnya bagus. Yang luput dari perhatian kami adalah tanah gembur, air tanah bagus, ternyata tempat yang nyaman buat rayap-rayap. Duuh saya sudah patah hati banget nih menghadapi hama yang satu ini. Gemesss hiks.

Setelah sekitar 10 tahun, akhirnya habis juga sekian banyak furniture kami yang berbahan kayu. Bukan hanya itu, kusen jendela dan pintu tak luput dimakan rayap-rayap ini. Yang paling mengenaskan tahun lalu saya harus merelakan banyak sekali buku-buku di rak buku kami yang ternyata sudah dihuni kloni rayap-rayap. Bukan hanya raknya yang sudah tidak bisa diselamatkan namun banyak buku-buku yang juga harus kami relakan. *sedihnya luar biasa. Terakhir kitchen set kami juga ternyata harus kami bongkar dan turunkan.

Akhir tahun lalu akhirnya, kami harus renovasi dadakan. Jadi selain merenovasi beberapa bagian rumah kami juga bertekad menata ulang isi rumah. Kami berharap meski rumah minimalis namun bisa terasa lebih lega, bernuansa ceria agar anak-anak betah dan nyaman, serta bisa bebas dari rayap pastinya. Berikut beberapa tips yang kami coba, siapa tahu bisa menginspirasi sahabat Mom of Trio ya.

1. Ganti semua kusen pintu dan jendela dengan bahan non kayu.


Tidak ada pilihan lain karena sekitar 70-80% kusen jendela dan pintu rumah kami sudah bobrok dimakan rayap, maka yang paling urgent adalah mengganti kusen yang berbahan kayu tersebut dengan bahan non kayu.



Ada macam-macam bahan kusen. Kusen kayu, kusen aluminium, kusen upvc, kusen pvc dan kusen besi. Hmm saya juga tahu gara-gara renovasi kecil-kecilan di rumah tahun lalu. Mengingat resiko rayap dan juga biaya akhirnya kami memilih kusen dari alumunium. Naah kusen alumunium inipun kualitas dan harganya macam-macam yaa. Tinggal disesuaikan sama kebutuhan dan ketersediaan budget kita.


2. Ganti warna cat dinding, jendela, pintu dengan warna putih.


Awalnya rumah kami memang dicat warna warni. Maksudnya? Iya setiap bagian ruangan, dulu kami cat dengan warna yang berbeda dan biasanya satu gradasi warna. Ruang tamu ada warna ungu di beberapa sisi, pink di sisi lain dan seterusnya. Cukup lama kami menggunakan konsep ini dan mengecat ulang dan mengganti warna lainpun tetap dengan konsep paduan beberapa warna pada beberapa sisi dinding. Waktu itu anak-anak juga masih kecil-kecil jadi suasana jadi lebih ceria dengan padu padan warna tersebut.

Bersamaan dengan renovasi kemarin saya kemudian  memutuskan untuk mengganti semua warna dinding di rumah dengan warna putih. Sejujurnya dulu takut dengan warna satu ini karena khawatir pasti gak akan tahan lama. Maklum anak-anak kami masih kecil-kecil, selain luar biasa kreatif juga bisa dipastikan saya akan kesulitan menjaga kebersihan dinding dari kepintaran mereka menjadikannya media kreatifitas menggambar, mewarnai, sekedar mencoret-coret, bahkan menempelkan apapun yang mereka ingin tempel.

Hmm nyatanya ketika saya menggunakan warna lainpun ternyata tidak menghambat kreatifitas mereka untuk meramaikan dinding-dinding rumah kami. Ya itulah indahnya rumah dengan anak-anak kecil yang sehat dan kreatif. Nikmati aja ya Moms, saya pikir toh akan ada waktunya.



Jadilah renovasi akhir tahun lalu, waktunya saya sekaligus memberanikan diri mengganti cat dinding dan juga cat kusen, jendela, pintu, dan tangga dengan warna putih. Soal kekhawatiran kotor dan kreatifitas anak-anak saya coba sisihkan dahulu. Toh anak-anak sudah mulai besar dan saya mulai bisa sampaikan pada mereka untuk ikut menjaga kebersihan rumah terutama dinding berwarna putih yang rawan kotor.

Hasilnya?



Memang terasa lebih lega sih...

Coba deh...

3. Make over ruangan dengan memilih furniture atau perabotan bergaya minimalis, fungsional, dan berbahan non kayu.


Selain kusen dan cat dinding yang juga diganti, mau tidak mau furniture juga diganti nih. Bukan karena latah sih tapi karena memang sebagian sudah harus diganti. Hampir seluruh ruang di dalam rumah memang ingin saya make over. Well, tapi karena ketersediaan budget saya melakukannya secara bertahap.

Untuk tahap awal ruang tamu dan ruang keluarga, kemudian ruang baca sekaligus ruang kerja yang bisa difungsikan juga sebagai kamar tamu jika kami kedatangan tamu. Make over minimal juga kami lakukan di kamar anak-anak yang kami pindahkan ke kamar yang baru kami bangun dan musholla. Kami juga make over kamar mandi mulai dari yang minim, hingga kamar mandi belakang yang cukup signifikan renovasinya.

Tahap berikutnya kami merencanakan untuk make over ruang makan dan dapur. Saat ini meja makan yang lama masih bisa kami pakai dan bersamaan dengan waktu saya juga merencanakan kelak akan menggantinya dengan dining set yang lebih minimalis dan pastinya saya akan memilih bahan non kayu. Untuk dapur, kitchen set yang juga sudah tidak bisa diselamatkan akan kami ganti. Doakan dananya segera terkumpul yaa.

Usia kitchen set lama kami ternyata hanya sekitar 7 tahun saja. Kami berencana menggantinya dengan konsep yang lebih sederhana namun lebih tahan lama. Naah untuk kitchen ini saya juga sudah mulai cari-cari inspirasi dan masih memilih konsep yang pas sambil mengumpulkan dananya.

Doakan yaa  gaiss..

Btw mencari inspirasi home decor untuk semua ruangan itu penting dan bermanfaat banget sih kalau menurut saya. Sejak berniat renovasi rumah, saya memang sering berkunjung ke toko-toko furniture dan home decor.  Terutama untuk mencari inspirasi gaya decor apa dan furniture seperti apa yang sekiranya cocok mengisi ruang yang kami punya di rumah.

Selain itu juga tentu mantengin produk baru, membandingkan harga dan juga promo-promo yang ditawarkan. Salah satunya kami paling rajin berkunjung ke Informa baik di offline store mereka maupun di website. Alhamdulillah store Informa ada cukup banyak di sekitar wilayah tempat tinggal.

Informa cukup banyak memberi inspirasi penataan ruang dalam rumah lho. Sering-sering mengunjungi storenya membuat kepala saya penuh dengan impian dan ide menata rumah dengan lebih nyaman. So far belum sepenuhnya sih tapi pelan-pelan saya cicil sesuai dengan budget yang harus  saya siapkan. Saat ini sih ruang tamu dan ruang keluarga sudah saya coba tata dan salah satunya karena mendapatkan ide dari Informa.

Selain memanfaatkan perabotan lama yang masih oke dan make over minimalis, hampir semua furniture barunya saya beli di Informa. Ssst... hampir semua saya beli saat sedang promo dan ada diskon hehehe.

Kenapa Informa? kenapa tidak?

Kalau saya sih bilang gampang banget buat mengakses Informa. Kalo yang mager bisa mantengin dan belanja secara online aja. Store Informa juga ada di mana-mana. Alhamdulillah banyak juga yang ada di sekitaran Ciputat. 500 meter aja sih kalau dari komplek rumah saya. Udah gitu lengkap banget koleksinya. Mulai dari kebutuhan untuk kamar tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor sampai aksesoris pelengkap rumah tangga semua ada deh. Kap lengkap, yang penting siapin aja budgetnya hahaha.

Trus karena sering belanja di sana, suami juga jadi member nih. Lumayan sih kalau ikutan jadi member. Ada sistem rewards dan pengumpulan poin gitu. Poinnya bisa untuk membayar produk yang kita beli juga lhoo. Trus biasanya untuk member tuh kami sering dapat gratis biaya pengiriman dan juga biaya pemasangan atau instalasi gitu untuk minimal pembelian tertentu. Bahkan pernah pesanan datang kami gak di rumah. Titip pesan aja sama yang di rumah kalau ada barang dari Informa yang bakal datang, sekalian dirakit. Eh tahu-tahu udah rapi aja pas kita sampai rumah.

Oh iya, khusus untuk catalog 2019 dalam rangka Anniversary-nya yang ke -15 Informa punya beberapa tema gaya inspirasi Home Decor lho. Ada Glamours Deco yang memberikan nuansa sederhana namun tetap mewah, Neo Deco Candy dengan sentuhan warna pastel untuk ruang yang manis dan menyenangkan, Graphical Pop yang merupakan kombinasi gaya minimalis dengan sentuhan warna pastel yang menyegarkan, dan Solid Harmony: tren gaya ruang mendunia dengan warna warni berani. Buat Sahabat Mom of Trio yang sedang mencari inpirasi home decor bisa banget diintip nih.

Keren-kerenlah, mau gaya yang manapun tinggal disesuaikan sama selera. Kalau mau padu padan juga sesuka hati kita deh hahaha. Yang penting nyaman di kantong dan nyaman di hati. Makanya rajin-rajin deh pantengin catalog dan info promonya. Lumayan sih bisa saving banyak untuk penataan interior rumah yang kita impikan.

Sekalian pas intip, bisa dicek kalau gaya inspirasi home decor rumah Mom of Trio cenderung ke gaya yang mana ya? Mungkin mixed dari semua gaya tersebut ya hahaha. Tapi kayaknya make over yang saya lakukan lebih ke paduan Graphical Pop dengan kombinasi gaya minimalis dan Solid Harmony untuk warna terang dan berani yang saya pilih sebagai paduan warna putih pada cat dinding. Hmm Jadi Graphical Harmony kali yaa hahaha.

Oh iya, balik ke tips ke 3 tadi ya. Berikut sedikit gambaran dari make over dan pemilihan furniture yang kami lakukan untuk beberapa ruang di rumah.


Make Over Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga awalnya terdiri dari sofa tamu, rak konsole multifungsi lalu diberi sekat dengan rak penyimpan souvenir dan hiasan-hiasan unik dari berbagai negara. Rak penyekat ini sekedar memisahkan sofa di ruang tamu dengan ruang keluarga di sebelahnya di mana ada televisi dan rak buku.

Nah kami tidak lagi menggunakan rak untuk sekat ruang. Sekarang kami biarkan sofa tamu dan ruang keluarga di mana ada TV dan rak dari besi tempat menyimpan hiasan dan souvenir menyatu tanpa sekat untuk memberi kesan luas, lega, dan nyaman.

Sofa-sofa lama cukup besar dan memenuhi ruang tamu kemudian diganti. Lebih tepatnya sih saya make-over.   Selain saya ganti kulit atau covernya karena memang kulit yang lama sudah kusam, kotor dan pada beberapa bagian sudah robek, saya juga mengganti bentuknya. Bentuknya dibuat lebih ramah untuk ruangan yang tidak terlalu besar seperti ruang tamu kami.

Jadi sofanya masih sofa lama karena memang busa dan kayunya masih bagus, namun bentuknya diubah sedikit dan juga covernya diganti. Sayangnya mejanya sudah tidak bisa saya make over sehingga saya relakan.

Rak buku yang sudah tidak tertolong seperti saya ceritakan di awal juga sudah saya relakan keluar dari rumah dan beberapa bagian yang mungkin masih bisa diselamatkan rasanya agak sulit untuk dimake-over seperti halnya sofa.

Kalau sofa hanya kami make over, maka meja sofa, meja TV, rak konsole, rak besi untuk pajangan atau hiasan, kami membeli yang baru. Semuanya kami beli di Informa.

Jadi setelah cukup lama "thawaf" di salah satu store informa dan bingung karena semua cantik-cantik akhirnya kami memutuskan memilih Abby Set Rack sebagai pelengkap ruang tamu dan keluarga. Jadi set rak ini terdiri dari 5 item: 2 meja, 1 meja sudut, dan 2 rak penyimpan. Hmm sebenarnya sih sangat fleksibel fungsinya. Kita bisa gunakan secara terpisah atau bersamaan dalam satu ruang tergantung kebutuhan dan selera juga.


Untuk materialnya dari metal dan particle board dengan finishing melamine veener dengan warna ivory yang lembut dan elegan. Ini salah satu penyebab yang membuat saya jatuh cinta. Untuk rangkanya langsing dan minimalis tapi bahan metal menjamin kokoh dan stabil. Nah bentuknya juga didesain simpel tapi elegan. Cocoklah untuk gaya minimalis.

Jadi Abby set rack ini fungsional banget menurut saya tapi tetap gaya dan elegan. Meja sofa yang sudah saya pensiunkan diganti dengan meja dari Abby set ini. Kemudian meja satunya kami gunakan untuk menyimpan TV lalu 2 rak penyimpan kami sandingkan di sebelah kanan dan kiri TV sebagai pelangkap mempercantik ruangan.


Untuk meja sudut, itu juga multi fungsi karena selain bisa jadi meja sudut atau sejenisnya bisa digunakan sebagai meja kerja yang "moveable" saat kami butuh meja untuk meletakkan laptop. Anak-anak juga bisa gunakan saat mengerjakan PR atau belajar dengan laptop.





Untuk satu set rak dan meja yang elegan tersebut, kami mendapat harga diskon 30% lho. Harga semula Rp 4.350.000. Kami hanya membayar Rp 2.999.000 saja plus free pengiriman barang dan instalasi atau perakitan. Menang banyak dung Mom of Trio hehehe. Alhamdulillah senang belanjanya.

Boleh diintip ya before dan after ruang tamu dan keluarga kami berikut ini yang makin bikin kami betah dengan Abby Set Rack :)



Oh iya Sebelah kiri TV awalnya merupakan rak buku, perpustakaan kecil kami. Naah karena sudah selesai masa kerja rak buku tersebut karena rayap. Kami akan memindahkan perpustakaan kecil kami ke ruang sebelahnya. Sebagai penggantinya kami membeli rak besi yang biasanya sih jadi rak buku/arisp atau rak multifungsi di kantor atau bahkan di perpustakaan.



Jadi karena multifungsi tergantung kita mau kita gunakan sebagai apa. Mau jadi rak buku OK, rak pajang boleh, rak menyimpan barang-barang beratpun OK. Karena kapasitas bebannya maksimumnya bisa hingga 20kg. Karena bahannya dari besi alias metal. Kenapa besi? karena aku tak mau lagi rak-ku dilahap rayap. Rak ini terbuat dari metal berkualitas dengan lapisan powder coating yang tahan karat. Saya sengaja pilih warna putih supaya lebih terang dan again, lega.



Oh iya rak multifungsi ini juga kami beli dengan harga diskon hampir hingga 50% lho dari harga normal Rp 2.599.000, kami beli dengan Rp 1.349.000 saja. Aih... modis banget ya Mom of Trio ini. Modis alias modal diskon. Tak apa Modis Berkualitas Ye Kaaan?!

Make Over Ruang Baca, Kerja, dan Kamar Tamu.

Jadi sebenarnya kamar apa sih? kamar ini kami niatkan jadi ruang baca plus ruang kerja sih. Jadi rak buku kelak akan dipindah ke sini. Untuk rak konsole juga sementara sudah kami pindahkan ke sini plus meja komputer/laptop dan printer termasuk sekian banyak mainan dek Paksi. Boleh dibilang make overnya belum final karena kami masih memanfaatkan rak sekat untuk menata buku.

Rak buku yang kami beli dari informa belum kami pasang. Kok udah dibeli? Karena pasti kami akan pakai dan kemarin kami beli saat ada promo buy 1 get 1. Kalau gak dibeli takutnya promonya habis hehehe.

Sebagai pelengkap, kami menempatkan daybed juga di sini. Kenapa daybed? karena sangat multifungsi juga. Bisa untuk bobo siang, bobo malam, duduk-duduk sambil baca buku atau membacakan buku cerita, nemenin anak-anak belajar, atau nemenin Ibu atau ayah saat kerja, plus kalau ada tamu, bisa jadi tempat bobo tamu. Daybed ini juga jadi seperti sofa tempat ngumpul kami saat bercengkrama sambil leyeh-leyeh.


Sebetulnya seusai dengan konsep awal, saya naksir sama Billy daybed dengan warna putih, tapi ternyata pada saat itu yang model Billy Daybed tinggal warna hitam dan gold. Ya sutralah saya pilih gold aja. Kebetulan cover bed yang saya punya juga nuansanya cocok sih. Daybed multi fungsi ini juga berbahan besi berkualitas dan desainnya klasik simpel. Cocok buat ditempatkan di ruangan manapun di rumah. Kalau mau jadi sofa bed untuk menonton TV juga bisa sih.



Again Mom of Trio mah Modis, Daybed ini dibeli dengan harga off hingga sekitar 40% dari harga normalnya. Bonus matras pulak. Kayaknya sih, sekarang sudah ada restock lho di Informa. Buruan aja cuss deh pantengin catalog mereka atau dateng langsung ke store terdekat.

Make over Musholla
Kami juga membangun musholla dari ruangan yang awalnya merupakan kamar pembantu. Kami sudah lama tidak punya pembantu yang stay di rumah dan justru butuh musholla. Jadilah alih fungsi kamar tersebut jadi musholla. Untuk Musholla saya hanya tambahkan karpet, hiasan dinding, dan rak penyimpan mukena dan alat sholat saja. Plus dindingnya saya cat dengan warna lain. Hijau adem kan yaa.




Make over Kamar Anak

Untuk kamar anak-anak yang memang baru kami bangun saat renovasi kemarin kami masih menggunakan perabotan yang lama hanya saja saya tambahkan rak besi untuk menyimpan buku. Saya juga menambahkan wall paper yang ceria serta memasangkan seprei dan cover bantal dengan warna ceria untuk menghangatkan kamar mereka. Kamar ini kami tata dengan konsep minimalis dan sebagian masih menggunakan furniture yang lama.



Karena ruang yang tidak terlalu lebar dimana sebetulnya ini satu kamar kami beri sekat untuk Ka Al dan Ka Zaha, maka kamar ini memang tidak bisa diisi dengan banyak furnitre. Hanya furniture yang pokok saja, tempat tidur, lemari, dan rak buku.


Make over Kamar Mandi

Kamar mandi terutama kamar mandi belakang sudah kami renovasi agar lebih nyaman, bersih, dan ceria. Semua kamar mandi tidak lagi menggunakan bak mandi. Kami gantikan dengan standing shower. Untuk kamar mandi di lantai atas saya hanya menambahkan rak penyimpan perlengkapan kamar mandi dan beberapa hiasan untuk mempercantik dan membuat nyaman kamar mandi kering tersebut. Standing rack di kamar mandi ini juga saya beli di Informa, pas lagi ada promo dan harganya diskon. Alhamdulillah kan :)



4. Padu padankan dengan hiasan atau aksesoris pelengkap furniture dengan warna-warna ceria.


Nah dinding warna putih, furniture minimalis, sepi dung? Enggak dung kita lengkapi aja dengan hiasan atau aksesoris dengan warna warna ceria. Saat ini saya lagi ikutan teman green and nature nih kayaknya. Jadilah banyak hiasan dan pelengkap keceriaan ruang dengan tema nature dengan warna warna ceria dah hidup. Hiasan dinding, lukisan, atau bahkan cover bantal sofa dan hiasan meja serta aksesoris lainnya.




5. Minimalkan sekat dan tata ruangan dengan konsep terbuka.

Naah dulu saya suka main sekat untuk membagi ruang berdasarkan fungsi. Sekarang saya prefer untuk tidak memasang sekat baik yang permanen maupun yang tidak permanen.  Namun jika memang harus disekat atau dibatasi, gunakan sekat yang bisa dibuka atau dilipat atau pilih kaca yang transparan.

Awalnya saya berniat juga mencopot pintu lipat yang memisahkan ruang tamu/keluarga dengan ruang makan. Namun dengan beberapa pertimbangan pintu tetap dipasang namun lebih sering dilipat. Jikapun sebagiannya ditutup setidaknya tetap bisa tembus pandang. Nah semua kusen untuk pintu lipat ini juga saya ganti dengan kusen alumunium untuk menghindari rayap.

6. Pantengin info produk terbaru Informa dan promo-promonya.

Naah ini tips yang jangan dilewatkan yaa. Selalu pantengin deh catalog dan promo-promonya. Manfaatkan momen promo dan deal-deal Informa yang hampir selalu ada sepanjang tahun. Karena variasi produknya lengkap jadi promo produknya juga gak terbatas pada item-item tertentu saja.

Selain itu berbagai inspirasi home decor juga bisa kita contek dari Informa lho. Jadi gak harus konsultasi ke desainer interior, bisa juga kita dapat ide yang cocok untuk memadu padankan furniture di rumah dan menyesuaikan dengan luas ruang dan kebutuhan.

Naah itu dia 6 tips yang bisa saya bagikan untuk Sahabat Mom of Trio terutama yang memiliki rumah dengan luas yang minimalis dan terkendala dengan rayap. Semoga bermanfaat dan menginsiprasi yaa. Yuk sharing tips lain di kolom comment, saya tunggu lho.

46 comments

  1. Cakep banget rumahnya, Mbak ^^. Jadi inspirasi nih kalau nanti punya rumah sendiri. AAAmiiiin.

    ReplyDelete
  2. rumahnya lucu mak, banyak dekorasinya

    ReplyDelete
  3. Pake konsep minimalis rumah jadi terasa lebih lega ya.
    Btw thanks banget tipsnya, Mbak. Masalah rayap di rumah emang merepotkan, banyak perabot kayu rusak, dan buku juga, kan sedih ya

    ReplyDelete
  4. Kirain cat tembok putih juga bisa mengusir rayap hehehe.. Moga barokah ya renovasinya.

    ReplyDelete
  5. Wah makasih tipsnya, masalah kita sama, rumah kecil & bahaya rayap. Berapa waktu lalu lemari anakku yg kena, sampai nangis2 dia. Kalau kusen sudah mulai tu kelihatan keropos di beberapa bagian. Mungkin karena rumah kami baru beberapa tahun jadi belum terlihat benar akibatnya. Btw aku betah banget kalau ke Informa. Bagus2.

    ReplyDelete
  6. Waaah adem ayem banget ngelihat home decornya mba Ophi hehe. Pasti ada effort keras di belakangnya yaa mba. Semoga keluarga mba Ophi tetap nyaman tinggal disana dan semoga segera terwujud kitchen serunya hehe.

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum tok tok tok punteen...
    main ahh ke rumah mba ophi. meni enakeun n rapi pisan. kasi suguhannya yg banyak yaa hihihi

    ReplyDelete
  8. Rumah nya bagus mba, minimlis dan bikin nyaman, utk furniture nya juga ciamik2 segera nih cek ke informa hehe thanks for sharring yah mba ;)

    ReplyDelete
  9. Setelah dipindah posisinya, ruang tamunya justru terlihat lebih chic, sederhana tapi manis dilihatnya,, harmony warna satu sama lainnya bagus

    ReplyDelete
  10. Rayap bikin kesel & merusak furniture juga rumah ya mbak. Aku juga pelan-pelan nanti mau ganti kusen gak dari kayu lagi nih. Tapi beberapa furniture aku masih ada yang dari kayu

    ReplyDelete
  11. Jadi langsung kepikiran ya allah rumahku berantakan banget ini rasanya pengen cepet beresin rumah dan bersih2...

    ReplyDelete
  12. Rumahnya kece banget :D

    acipah.com

    ReplyDelete
  13. Rayap ini emang bikin bete ya mbak, makhluk kecil tapi daya perusaknya luar biasa. Saya juga pernah kena nih, habis bagian belakang lemari pakaian saya dan suami.

    Selalu mupeng kalau lihat barang-barang di informa. Minimalis tapi keren

    ReplyDelete
  14. Rumah jadi rapiiii dan bersih ya Ophie, udah gitu no worries karen bebas rayap

    Aku penasaran emang ke informa, nanti isi desain furniturenya rumah baru pake informa deh, berkualitas ya barang barangnya

    ReplyDelete
  15. Rumahnya rapii mbaak dan tampak luas. Dua tahun lalu aku juga renov total. Rumah lama diambrolin trus ganti semua kusen, atap dan semuanya pakai bahan bukan kayu. Jadi anti rayap. Kitchen set yang dibikin mahal mahal 7 tahun lalu pun kena rayap. Jadi ganti baru deh yang anti rayap.

    Aku naksir rak bukunya mbak. Cakeep...pas diskon lagi ya Mbak.

    ReplyDelete
  16. Rumah orang tua saya pernah 2x mengalami serangan rayap, Mbak. Seingat saya, waktu kejadian yang pertama, kayu-kayunya diganti baru. Dikasih anti rayap dulu, rayap masih muncul lagi.

    Kejadian kedua, renovasi agak besar. Karena orang tua saya suka dengan rumah kayu, jadi tetap pakai banyak bahan ini. Untuk menghindari serangan rayap lagi, tanahnya juga diinjeksi anti rayap. Jadi, gak hanya kayunya. Alhamdulillah udah bertahun-tahun belum ada serangan rayap lagi.

    ReplyDelete
  17. Keren nih di make over semua ya ruangan yang ada di dalam rumah

    ReplyDelete
  18. wihh rumah mbak ophi seru juga nih ya, banyak koleksi perabotan informa.

    ReplyDelete
  19. Dindingnya bersih gak seperti rumahku haha banyak coretannya

    ReplyDelete
  20. Bener juga ya, dengan meniadakan sekat berupa rak gitu ruangannya berubah kesannya jadi luas. Padahal ya sama aja ya mba luasnya, tapi kesan leganya berasa banget.

    ReplyDelete
  21. Aku suka banget konsep rumahnya apalagi aku juga musuhan sama rayap. Beberapa idenya nanti akan aku coba

    ReplyDelete
  22. Make over pake Informa sudah yang paling top deh. Bikin mupeng euy. 😍

    ReplyDelete
  23. Betulll, belum nyoba cat putih tapi udah khawatir bakal dicoret2 sama anak2, yaa. Hahaha. Btw, rumahnya rapih banget, Mbak. Keliatan luassssss.

    ReplyDelete
  24. Aku juga kurang suka ruangan di sekat-sekat, kesannya ngak lega gitu, padahal rumahnya juga ngak luas hahaha, tapi aku harus akui barang-barang di Informa memang bener-bener berkualitas dan tahan banting soalnya anakku dua cowok kalau udah main ekstrim banget. Terus aku juga suka desainnya, minimalis dan ngak terlalu ngejelimet, cocok dengan selera saya yang ngak suka hal-hal yang ribet.

    ReplyDelete
  25. Rumahnya terasa lega. Saya pun pengen ganti warna dinding ke putih. Rasanya lebih bersih.

    ReplyDelete
  26. Sekarang banyak kusen maupun peralatan rumah tangga baik furniture dan lainnya yang tidak menggunakan kayu sehingga terhindar dari rayap tapi saya pribadi lebih menyukai furniture dari kayu sih nilai seninya lebih dapat

    ReplyDelete
  27. Rayap itu merepotkan. Musuh dalam dinding. Mesti rajin2 dilihat. Kadang 2 pas dilihat udah parah.

    ReplyDelete
  28. MashaAllah mbak, doakan aku mbak biar kebeli rumah biar makin asik menata rumah. Btw aku suka banget sama tempat tidur besinya, mengingatkan aku tempat tidur waktu kecilku yang rata-rata dari besi

    ReplyDelete
  29. wiiih kereeen mbaak. mmg kalo jejalan ke informa duuuh jd mupeeeng pengen segra make over rumah. tapii eiiit kalo kami tahapannya msh di lunaskan dulu cicilannya baru deh ntar pecicilan make over hahaha..thanks tipsnya mbak ophi

    ReplyDelete
  30. Rumahku masih kosong melompong nih kak opi. Baru ruang keluarga yang berisi daaan tempat tv dan rak sampingnya samaa kayak punya kk. Informa memang cakep2 barangnya ya. Aku lagi nunggu diskon meja makan dan sofa

    ReplyDelete
  31. mak rumahnya cantik dan nyaman banget... Pasti betah di rumah ni. Kalo aku sekarang lagi nabung buat beli perabotan mak, masih banyak peernya krn baru pindahan

    ReplyDelete
  32. Aiiih seneng banget aku nih kalo udah baca tips-tips buar rumah gini hehe. Terima kasih udah mau sharing yaa kak hehe

    ReplyDelete
  33. Jadi lega Dan Luas kesana rumahnya ya Mba. Jaman sekarang rata rata kusen Dan rangka rumah pakai Baja ringan Salah satu tujuannya menghindari rayap Dan lapuk.

    ReplyDelete
  34. Wuih, rumahnya cantik Mak. Tinggal ganti furnitur dengan yang ada di Informa, udah deh, makin cantik dan asri. Gak susah milih deh ya furnitur di Informa mah. Udah ada inspirasi dan saran biar sesuai selera paket

    ReplyDelete
  35. mak ophi rumahnya cakeup bangeeeeet. mushollanya keliatan adem banget. Pantes cakep, banyak furnitur furnitur dari informa juga ya di rumah mak ophiiii.. hihihi

    ReplyDelete
  36. Aah...betah banget nongki di rumah kak Ophi lama-lama...
    Hehhe...nanti digetok yaak...

    Abisnya rapi dan cantik.
    Terutama di bagian ruang tengah yang ada rak bukunya.
    Uwuuw~

    ReplyDelete
  37. Emang kesel banget sama rayap yaa. Kusen rumah ibu saya pun ada yang hampir habis dimakan rayap. Untungnya cuma makanin kusen aja, furniture lain alhamdulillah masih aman. Eh tapi Abby Set Rack keren banget yaaa. Jadi pengin punya juga hihi.

    ReplyDelete
  38. Wah Informa memang surga belanja furniture ya .jd segala pengen. Diborong kalau ke sana..hshe

    ReplyDelete
  39. Betah lihatnya tertata rapi banget dan dominan putih jadi berasa luas gitu yaa.
    Btw, duh naksir rak multifungsi. Pas banget beli trus diskon 50%. Cek Informa aja ah...

    ReplyDelete
  40. rumahnya rapi bener. bisa nih jadi inspirasi saya nata barang2. hmmm perlu rak bebas rayap nih tampaknya, beli warna putih kayak punya kamu ah

    ReplyDelete
  41. Mba Ophi rumahnya nyaman banget ini, waa aku suka dan jadi pengen main k rumahnya mba Ophi haha. Bener sih, rumah kakekku beberapa bagian habis d makan rayap :'(

    ReplyDelete
  42. saya termasuk yg suka ke informa, betah banget di sana hahaha. Sudah lama pengen ganti cat dinding dengan warna putih, tapi yg sekarang pun masih baik aja kata paksu, ya udah deh, sambil ngerencanain mau renov gimana mending ke informa dulu

    ReplyDelete
  43. rumahnya rapi bersih dan nyaman banget yaa. semoga saya suatu saat bisa punya rumah minimalis juga hihi

    ReplyDelete
  44. Diskon 30% nya lumayan banget itu kak, jadi bisa lebih hemat dan beli furniture yang lain

    ReplyDelete
  45. Wah jadi pengen punya rumah nih, bagus banget rumahnya mba tapi ga nyangka lho sama ukurannya terlihat lebih besar ruangannya :)
    Minimalis banget, mudah-mudahan saya juga bisa bikin rumah ya hehe
    pengen minimalis juga :)

    ReplyDelete
  46. menarik konsep mengganti kusen kayu dengan kusen alumunium nya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.