Waspada! Jangan Pilih Penyedia Hosting dengan Ciri-Ciri Berikut Ini

Para pengelola website dan pelaku bisnis digital secara umum pastinya membutuhkan hosting yang benar-benar terbaik dan berkualitas. Di sisi lain, perusahaan jasa penyedia hosting murah berlomba-lomba mempromosikan diri dan mengklaim produk merekalah yang terbaik dan termurah. Menghadapi situasi semacam ini, mungkin sebagian dari Kita cukup kebingungan dalam agenda seleksi.


Seperti diketahui, hosting diibaratkan rumah bagi website, di mana ia berposisi sebagai tempat di mana segala aktivitas website terjadi. Di sisi lain hosting juga berfungsi sebagai media penyimpanan atas semua data yang tersimpan. Karena itulah, hosting harus dijamin kuat dan berkapasitas besar sehingga keberjalanan website bisa lancar jaya.

Baca: Keunggulan Menggunakan Top Level Domain

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencari yang terbaik di antara yang terbaik adalah dengan mendeteksi kelemahannya. Karena itulah, keberadaan artikel ini berniat membantu teman-teman  memilih jasa penyedia hosting secara tepat dan bijak menyesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing.  Caranya yakni dengan melihat sejumlah kekurangan yang seharusnya dihindari.

Berikut ini lima cara mengetahui penyedia hosting yang sebaiknya tidak kita beli produknya:

1. Tidak Memiliki Sistem Proteksi

Jasa penyedia Hosting yang baik harus memiliki sistem proteksi yang kuat guna menjamin produknya terhindar dari serangan hacker atau malware. Sebab, ketika sistem keamanan lemah, praktik pencurian data website rentan terjadi. Di sisi lain, website kita dipastikan tidak akan bekerja optimal karena sering down atau eror.

Jadi, ketika Anda sedang melakukan seleksi terhadap jasa penyedia hosting terbaik, bertanyalah secara gamblang tentang kesiapan dalam agenda perlindungan hosting. Jasa penyedia hosting yang baik akan siap menjawab dengan sejumlah data berbasis fakta. Sebaliknya, mereka yang lemah mungkin akan kebingungan menjawab pertanyaan kita.

Baca Juga: Membersihkan Akun Google yang sudah full

2. Pelayanan Admin dan Sistem Transaksi Terkesan Gegabah

Poin selanjutnya yang menandakan suatu jasa penyedia hosting tidak layak dipilih adalah ketika mereka bersikap gegabah dalam melayani konsumen ataupun ketika mengarahkan sejumlah transaksi. Sikap gegabah yang dimaksud di antaranya sembarangan ketika menyaring rekening, bukti identitas, dan menghubungi klien baru. Hmm dari awal sudah gak meyakinkan dan bikin kita gak nyaman pastinya kan?

3. Konsumen tak Tersegmentasi

Kita patut curiga jika ada jasa penyedia hosting bersikap terlalu terbuka dan mengumbar-umbar promo hosting gratis kepada siapa saja tanpa melihat latar belakangnya. Sebab bisa jadi, produk mereka tak berkualitas, menyimpan banyak malware atau iklan tak jelas, serta mudah disusupi hacker. Bersikaplah teliti alias jangan asal klik karena bisa jadi kita secara tidak sadar diarahkan pada praktik unduh program jahat yang bisa membahayakan seluruh jaringan website.



4. Tidak Memiliki Firewall yang Mumpuni

Firewall merupakan salah satu perangkat kontrol keamanan yang tidak boleh absen dalam dunia website dan hosting. Perangkat yang berada dalam host ini harus dikonfigurasi agar bisa menolak lalu lintas yang berbahaya.

Dalam hal ini, jasa penyedia hosting harus mampu memastikan bahwa produk mereka telah dilengkapi firewall yang mumpuni. Maksudnya, kontrol keamanan penyedia harus diuji dengan baik secara terus-menerus, baik dari dalam maupun luar jaringan mereka.

5. Tidak Menyediakan Layanan Konsultasi 24 Jam


Jasa penyedia hosting yang baik seharusnya siap sedia melayani konsumen hingga 24 jam full. Kesiapan ini harus dibuktikan dengan keberadaan admin berkualitas yang siap siaga menjawab semua pertanyaan kita secara solutif. Meskipun kita belum memastikan akan melakukan pembelian, tapi admin yang baik akan selalu melayani dengan sepenuh hati.

Sebaliknya, ketika kita mendapati jasa penyedia hosting yang tidak responsif, di mana ketika kita mengajukan chat, balasannya cenderung lama, besar kemungkinan bahwa perusahaan tersebut belum bisa maksimal dalam menyediakan produk hosting yang berkualitas.

Baca juga: 10 Tips SEO untuk Meningkatkan PageView

Di sisi lain, kita  juga harus menghindari untuk memilih jasa penyedia hosting yang tidak berani mencantumkan sejumlah data testimony perihal penilaian konsumen sebelumnya. Ini bisa jadi karena mereka masih merintis, atau memang penilaian konsumen yang tidak bagus kepada pelayanan dan produk mereka.

Demikianlah informasi seputar jasa penyedia hosting yang jangan sampai kita pilih. Seperti ungkapan “masih banyak ikan di laut”,  Teman-teman jangan terpaku pada satu jasa penyedia hosting saja. Ketika Anda tidak cocok dengan satu jasa penyedia hosting, di luar sana masih banyak jasa penyedia lainnya yang siap memberikan produk terbaiknya untuk kita.

Nah, salah satu jasa penyedia hosting yang kami rekomendasikan adalah DomaiNesia. Tak hanya produk hosting, DomaiNesia juga menyediakan banyak produk lainnya yang mampu mendukung keberjalanan website secara prima. Ini bukan sekadar promosi gombal belaka, tapi telah dibuktikan dengan sejumlah testimony pelanggan yang puas dengan pelayanan dari DomaiNesia.

Tim hosting Indonesia DomaiNesia juga memanjakan pelanggannya dengan ragam promo dan diskon yang menarik. Kita bahkan berpeluang mendapatkan hosting gratis dengan syarat dan ketentuan yang tidak berbelit-belit. Jadi, tunggu apa lagi! Yook segera bekerja sama untuk memulai rintisan bisnis digital berbasis web yang berjalan secara prima.

5 comments

  1. Terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    ReplyDelete
  2. Kita memang perlu teliti dan waspada ya Mbak, karena juga untuk kebaikan kita.

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat bermanfaat, erimakasih banyak Mbak.

    ReplyDelete
  4. terimakasih untuk informasinnya Mbak, pasti akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Kita memang perlu teliti dalam memilih hosting ya Mbak, untuk kebaikkan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.