Bagaimana Membersihkan Storage di Akun Google yang Mulai Penuh?



Siapa yang punya akun google dan belakangan merasa khawatir klo space dari google account kita suda mulai menipis? Eh itu sih saya ya. Jadi beberapa hari lalu tiba-tiba saya mendapat notifikasi dari Mbah Google klo saya hampir menghabiskan jatah 15 GB dari total storage yang free dari mereka. Well, hanya tersisa sedikit sekali bahkan kurang dari 1 GB saja. Panik lah saya. Maklum laah setahu saya kalau sudah penuh mau tak mau saya harus beli dung untuk tambahannya. Hihi bukan soal bayarnya si. Saya tuh suka gak mau ribet urusan kayak gini. #pemalas...

Nah setelah saya kemudian tanya ke Mbah Google, ternyata ada alternatif lain untuk mengurangi jumlah data yang tersimpan di storage Google agar spacenya kembali lega. Setidaknya berkuranglah yaa, supaya tidak terlalu sesak dan akhirnya harus buru-buru upgrade dengan membeli tambahan kapasitas storage. Ternyata gak perlu mencari kemana-mana karena Google juga punya jawabannya. Haissh, makanya... banyak-banyak belajar hehe. Ternyata ya, Google tuch baik lhoo, plus lengkap kasih guidance.

Jadi saya memang punya beberapa akun Google. Nah untuk akun yang saya gunakan untuk kegiatan blogging ternyata yang run off nih kapasitasnya. Dari 15 GB sudah terpakai 14 GB lebih. Duuuh! Saya agak ngeri karena untuk blog www.ophiziadah.com ini kan sy juga pake Google. Hmm jangan bilang karena gratisan ya. Iya sih itu salah satu alasan terakhir, tapi alasan utamanya karena saya kurang mampu beradaptasi dengan platform Wordpress gais. Bukan tidak mencoba ya. Tapi memang blom berani karena takut tak punya waktu untuk terus belajar.

Baca: Di balik ophi ziadah dot com

Hmm apa bisa dibilang gak mau keluar dari zona "blogspot" yang nyaman yaa?

Well, back to the topic.

Jadi yang penting  kita ketahui, storage atau ruang penyimpan pada akun google kita itu terbagi dalam Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Untuk mengecek sudah berapa banyak yang terpakai atau berapa yang tersisa, ita bisa mengeceknya ke Google Storage.  Nah nanti bisa terlihat komposisi pemakaian storage kita di sana. Kita juga bisa mengeceknya dari Google drive atau akun Gmail kita.  Kita masuk ke akun google Drive lalu di menu sebelah kiri bagian bawah kita bisa melihat berapa komposisi Google Storage kita.  Contonya seperti yang saya screenshot di bawah ini ya.


Naah setelah itu kita klik "manage storage" yang ada di bagian bawah dari keterangan komposisi storage tadi.

Karena Google Storage terbagi pada Google Drive, Gmail, dan Google Photo, maka untuk mengelola agar ruang penyimpan bisa lebih luas maka proses "bersih-bersih" untuk mengurangi ruang storage yang terpakai kita kelola di ketiga ruang tadi.

Membersihkan Google Drive


Kita dapat mengurangi penggunaan space dalam Google Drive dengan membersihkan atau menghapus file-file yang tidak kita butuhkan. Kita bisa menyortir file di Google Drive melalui ukuran file. Kita langsung cek file di dalam PC dari yang paling besar sampai yang paling kecil lalu masukkan file yang tidak digunakan ke dalam "tempat sampah" - "trash",  kemudian hapus secara permanen file yang masuk ke dalam "bak sampah" tersebut.

Oh iya, pastikan bahwa yang kita hapus dari trash betul-betul file yang tidak kita butuhkan lagi, karena klo sdh dihapus dari "trash" tidak dapat direcover lagi. Tidak lebih dari 24 jam file yang dihapus akan hilang dari Google Drive.

Baca: Tutorial Blogging Untuk Pemula

Membersihkan Gmail

Untuk merapikan dan mengurangi storage akun Google juga bisa dilakukan dengan membersihkan email-email di akun gmail kita yang kita anggap tidak perlu.

Menghapus Email-email dengan Kapasitas Besar secara Permanen

  • Cari file besar dalam "search box" dengan menyetik "has:attachment larger:10M", kemudian klik search. Nah kita bisa mengganti angka 10 ke angka yang lebih besar untuk menghapus data yang lebih besar.
  • Pilih email yang tidak dibutukan kemudian klik "delete".
  • Pada bagian sisi kiri menu pilih atau klik "more" lalu pilih "trash dan kemudian kosongkan "trash" dengan menghapus isinya.

Menghapus Email-email Spam secara Permanen


  • Pada bagian sisi kiri menu, klik "spam". Jika kamu tidak melihat "spam", coba di klik dulu "more".
  • Naah saat sudah muncul 'spam" kita klik delete/hapus pada bagian paling atas. Jadi klik hapus semua pesan spam sekarang, "Delete all spam messages now". nah terhapus deh semua email spam.
  • Atau jika kita hanya ingin menghapus email-email tertentu saja, kita bisa memilih email yang akan kita hapus lalu, klik "delete forever.
Baca juga: 10 Tips SEO untuk Meningkatkan PageView

Mengelola Google Photos

Nah langkah ketiga adalah dengan mengelola photo dan video yang tersimpan di Google Storage kita.

Menyimpan Photo dan Video sebagai High Quality Photo/Video

  • Kita bisa membersihkan ruang penyimpan dengan mengubah photo dan video dari ukuran aslinya ke ukuran "high quality". Ini ternyata sangat membantu untuk kasus saya karena dulu saya menghubungkan gallery atau album photo di dalah satu gadget saya ke google photo seingga secara otomatis semua photo yang kita ambil atau video yang kita rekam langsung tersimpan dan kebetulan ukuran original photo dan video tersebut terhitung besar-besar.
  • Lewat PC kita menuju ke photos.google.com/settings.
  • Llau klik "recover storage", Ini akan mengubah kualitas dari photo-photo yang akan kita upload di kemudian hari.

Mengapus secara Permanen Photo dan Video yang sudah tidak Kita Inginkan

  • Masuk ke photos.google.com lewat PC kita.
  • Letakkan kursor pada item photo atau video yang akan kita pindahkan ke "trash".
  • Pada bagian atas kiri layar, klik "select", kita bisa juga melakukan "select multiple items" untuk memilih lebih dari satu item.
  • Pada bagian atas kanan, klik "delete" - "hapus"
  • Untuk menghapus photo atau video tersebut secara permanen, klik "Menu: dan kemudian klik atau pilih "trash", lalu pili photo dan video yang akan dihapus permanen, lalu hapus atau klik "delete".

Naah kalau ternyata sudah bersih bersih masih saja penuh, mungkin karena semua data yang kita simpan masih perlu maka sebaiknya kita bisa melakukan upgrade untuk membeli paket storage. Saya sendiri setelah proses bersih-bersih alhamdulillah sisa space yang terpakai hanya 3GB lebih. jadi hampir 10 GB sudah bisa dibersihkan. Untuk kasus saya memang Google Photos yang paling banyak memenui storage. Saya juga belum melakukan penghapus gmail dengan lebih teliti, karena saya yakin jika dilakukan makin banyak storage yang bisa dikosongkan.

Semoga bermanfaat yaaa.

26 comments

  1. Waaaa, sama kayak akuuu mbaaa
    Aku juga panik karena storage udah FULL banget
    Makasi tipsnya yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Wah..aku termasuk yang jarang bersih-bersih ni..rasane kok susah banget mau hapus-hapus file ya..pengennya disimpen semua..haha..Tapi memang perlu sesekali bersih-bersih..minimal foto yang kualitas jelek, yang mirip2..dan sejenisnya ya

    ReplyDelete
  3. Punyaku masih aman, kalo pun nanti penuh bisa bikn akun gmail lagi. Jadi punya akun google lain untuk simpan stok foto baru, hihiii

    ReplyDelete
  4. Baru tahu caranya. Makasih mba, kutandain, pengin bersih-bersih juga. Buang file yg nggak perlu.

    ReplyDelete
  5. Wah iya gimana kalau kepenuhan ya, dulu ingat akun email penuh karena ikutan milis hehe zaman old pisan, wah aku juga kudu mulai hapus email yang ngga penting nih mba makasih yaa

    ReplyDelete
  6. Wah selama ini saya nggak begitu memperhatikan kalau ternyata terbagi menjadi 3 gitu ya. Selama ini ya ngertinya google drive aja, ternyata bisa ada google foto juga. Mau coba fasilitasnya ah

    ReplyDelete
  7. aku pernah mba ngerasain tiba-tiba gak bisa terima email, kirain akses wifinya kenapa napa. taunya storage google di full. hahaha, akhirnya ngapus-ngapusin beberapa email yang udah lama banget sama bersih-bersih drive hahaha

    ReplyDelete
  8. wah bermanfaat banget mbak, beberapa hal saya baru tahu kayak cara cari email dengan lampiran yang berkapasitas besar. Terimakasih ya.

    ReplyDelete
  9. Aku nih mbak baru gunain google photos begitu ganti HP. Karena HP sbeleumnya nggak support sama Google Phoots. Begitu udah check google photos atau google drive mau buatkirim file tertentu mesti khawatir akunya, takut kelewat dr batas penggunaan storage yg dikasih sama google
    JAdi kalau aku ada yg minta file dg ukuran besar aku mesti pakai akun gmail cadangan untuk kirim2 tsb. hehhee

    TFs yah mbak, aku juga belum bisa move on dr blogspot mbak hheee

    ReplyDelete
  10. Paling sebel deh kalau akun Google mulai nyaris penuh. Kadang untuk memilahpun suka bikin kita bingung sendiri.

    ReplyDelete
  11. langsung praktek nih mbak. Punyaku 89% soalnya banyak foto-foto komunitas di google drive. Mau bersih-bersih supaya legaaaa
    makasih yaa Mba Ophi

    ReplyDelete
  12. Gmail kantorku tuh mba yang sering banget kepenuhan. Mungkin karena banyak file video gede. Aku cobain cara ini ah. Makasih mba :)

    ReplyDelete
  13. Walah, saya baru bersih-bersih yang google photo. Kalau yang lainnya belum. Perlu cek storage di google nih. Apalagi yang google drive, seringnya nyimpen data di situ.

    ReplyDelete
  14. Naah akhirnya aku ketemu artikel yg aku butuhkan. Beberapa waktu lalu aku juga dapet peringatan tpi blm aku bersihin huhuhu. Makasih banyak mbak infonya

    ReplyDelete
  15. aku banget nih, google akun akupun sudah sangat menipis dan membutuhkan upaya dan waktu untuk megurangi semua itu. Mulai dari email, file sampai photo di googel akun. Pernah sampai error dan aku harus merelakan hape malah jadi nge lock gitu, makasih banyak ya Mbak Ophie untuk artikelnya, aku jadi keingetan harus bersih bersih email juga ni

    ReplyDelete
  16. Ruang Googleku masih banyak, tapi ya manfaat banget ini tipsnya. Aku juga buang2 email yg gak penting. Kalau poto, itu sisa yang lama sih. Udah jarang upload di Google juga

    ReplyDelete
  17. Emang kalo postingan di blog kayak gini ini juga ambilnya dari

    ReplyDelete
  18. Wah makasih infonya Mba. Aku langsung bersih-bersih email di google tapi banyak bangeet. Aku belum ada peringatan kalo storage ya udah penuh sih karena emang ga nyimpen foto dan video di google storage

    ReplyDelete
  19. Makasih teh oppie biasanya aku satu persatu nhapus ini Ada Cara praktis ternyata .. langsung dipraktekin nih..

    ReplyDelete
  20. Wah sangat membantu mba.. aku lagi ada problem ini jg.. memori penuh dan suka bingung gmn caranya

    ReplyDelete
  21. Wah Mbak artikelnya lengkap banget berguna nih buatku yang mulai khawatir dengan kapasitas 15 GB ini. Karena malas, jadi iklan, newsletter, notidikasi medsos bejibun di dalam inbox. Takut bgt nih abis spacenya.

    ReplyDelete
  22. Nah, bebersih drive ini yg belum kulakukan. Kudu cek2 nih agar storage di google aman terkendali ;)

    ReplyDelete
  23. Tips yang pastinya dibutuhkan oleh semua orang apalagi blogger
    Pas cek, Google Drive saya memang hampir penuh..saatnya dibersihkan

    ReplyDelete
  24. Makasih sharingnya Mbk, aku juga masih nyaman pakai blogspot aja soalnya WP lumayan modalnya apalagi nulis lagi mood aja hehe... thanks sangat bermanfaat artikelnya.

    ReplyDelete
  25. Wah, aku baru ngeh nih. Selama ini banyak email yang penting bahkan masih kusave. Sebel juga sama email iklan yang bikin penuh. Makasih infonya, mba

    ReplyDelete
  26. Wah, aku selama ini gak ngeh mba. Mana banyak email iklan yang kudiemin saja, harus rajin bersih-bersih nih sebelum full

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.