Membangun The Best Version of You



Apa sih be the best version of you? Mengapa kita harus berjuang untuk menjadi the best version of me? Karena dibutuhkan energi dan upaya yang harus dilakukan untuk menjadi the best version of you, maka kita wajib membekali diri dengan pengetahuan yang cukup.

Rahasia kegemilangan umat muslim di masa lampau dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita agar kita bisa mewujudkan kegemilangan Islam di masa depan. Untuk mewujudkan itu, langkah harus dimulai dari kita, ibu-ibu peradan. Kita perlu mengeluarkan potensi terbaik diri kita agar kita bisa menjadi bagian dalam mengembalikan kegemilangan tersebut.

Salah satu kunci utama kegemilangan islam masa lalu adalah kekuatan tauhid dan kecintaan umat masa itu kepada Allah SWT. Maka the best version of me adalah pribadi yang memiliki kekuatan tauhid yang kokoh dan memiliki cinta kepada Allah dan Rasulnya dengan cinta yang kuat dan menyesap ke dalam hati dan aliran darah.

Namun demikian selain aspek spiritual seperti yang dijelaskan tadi, aspek relasi dan keluarga, aspek amal shalih, karya dan karir, aspek ilmu, aspek fisik, dan aspek finansial juga merupakan aspek yang harus kita kuatkan agar menjadi the best version of me. Namun tentu kita akan sulit untuk menjadi yang terbaik dalam banyak aspke. Karenanya kita hendaknya melakukan mapping untuk memfokuskan diri pada aspek apa yang akan kita upayakan perbaikannya terlebih dahulu atau prioritaskan.

Sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim yang menguatkan kita bahwa kita harus punya azzam untuk menjadi pribadi yang terbaik:


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ 
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.
Kemudian menjadi penting untuk menentukan visi dan misi dari the best version of me dari diri kita yang tentunya berbeda dengan orang lain. Kejelasan tujuan merupakan prasyarat dalam mewujudkan pribadi terbaik. Tuliskan versi terbaik diri kita dalam setiap aspeknya secara lebih jelas dan detail meliputi aspek spiritual, aspek relasi dan keluarga, aspek amal shalih, karya, dan karir, aspek ilmu, aspek fisik, dan aspek finansial. Temukan dan tentukan definisi The Best Version of Me - milik kita.

Membangun The Best Version of You                  

Bebaskan rantai gajahmu

Setiap diri kita memiliki "rantai gajah" di dalam pikiran kita masing-maisng. Pikiran yang menghambat gerak kita, bisa berupa ketakutan, pikiran beracun, limiting belief, keyakinan yang salah  yang membatasi diri dan justru tidak memberdayakan. Sebelum menuju the best version of you kita harus mengganti pikiran negatif, limiting beliefs, ketakutan, kekhawatiran yang menahanmu untuk melangkah maju dengan kebenaran yang lebih memberdayakan.


Rantai gajah dari setiap orang berbeda-beda. Sesuatu yang kita tanamkan dalam diri sendiri atau mungkin berasal dari keyakinan yang ditanamkan orang lain. Setelah kita temukan lalu kita beaskan dan ganti dengan kebenaran yang lebih nyata adanya.

Baca: Hakikat Qadha dan Qadar

Percaya pada diri sendiri

Self concidence sesederhana percaya bahwa pada kemampuan kita sendiri. Kita memiliki potensi dan sumber daya yang jauh lebih banyak daripada yang kita ketahui

  •  Membangun percaya diri dengan banyak bersyukur 

Ibadah seratus ribu tahun bahkan tidak bisa membayar satu nikmat Allah seperti bagian tubuh kita yang sempurna dan sehat serta melengkapi berjalannya kehidupan kita. Rasa tidak percaya diri merupakan manifestasi dari kurangnya rasa syukur kita. Bahkan jika perlu kita bisa menuliskan setiap hari nikmat apa yang Allah berikan kepada kita dan wajib kita syukuri. Segala potensi yang Allah berikan yang kadang tidak kita sadari kemudian kita sia-siakan dan tidak kita manfaatkan secara maksimal.


  • Menjadi lebih baik setiap hari
Melakukan suatu pencapaian-pencapian kecil setiap hari bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Kita bisa membuat semacam daily to do list dan evaluasi progress harian. Apa yang kita syukuri hari ini, apa yang kita kerjakan, apa yang kita capai, dan apa yang akan kita perbaiki keeskokan harinya.
"confidence is built on accomplishment. If you achieve small and big goals, you are going to feel much better about your self" Francis Bridge, Forbes 

  •   Mengenali diri sendiri

Lebih mengenali diri sendiri. Siapakah aku?
"everyone is special, dig yourself. Do your own race and life mission, do not compare to others."
Setiap manusia diciptakan dengan potensi masing-masing dan tugas masing-masing. Terinspirasi dengan orang lain boleh, tapi kita tidak perlu membandingan diri kita dengan orang lain. Kita tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang orang lain kerjakan. Tapi apa yang sudah kita lakukan atas potensi yang sudah Allah berikan kepada kita.
  • Tawakkal
Inilah kekuatan utama kita sebagai muslim. Kita memiliki keyakinan akan Allah, Keimanan kita kepada Allah, Zat yang maha segala tempat kita bergantung. Rasa berserah kepadaNya merupakan kekuatan besar yang akan meningkatkan rasa percaya diri. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali milik Allah. Cukuplah sebagai pemberi jalan dan petunjuk.

Baca Juga: Hakikat Petunjuk dan Kesesatan

Lalu bagaimana saat kepercayaan diri runtuh?

Dalam hidup ada banyak tantangan, naik turun, kadang kita bersemangat tapi di lain waktu jatuh terpuruk di titik nol. lalu bagaimana cara membangkitkannya?
  • pilih fokusmu, ketimbang fokus pada satu titik hitam di kertas putih mengapa tidak melihat warna putih itu sebagai kumpulan titik putih (yang tidak terlihat)? Pada akhirnya kita harus memilih fokus. Apakah memilih satu titik hitam atau ribuan titik putih.
  • pilih sudut pandangmu: yang kau hadapi tembok atau tangga? Saat ada suatu masalah di depan kita, maka kita harus menyikapinya dengan memperbaiki sudut pandang kita. masalah merupakan tembok yang akan menghambat dan membuat kita berhenti atau masalah itu sebagai anak tangga yang akan membuat kita naik kelas menuju tujuan atau impian yang akan kita raih. Ujian datang untuk meningkatkan derajat seseorang.
  • teruslah bergerak maju. Hanya dengan bergerak kita akan sampai.
"Confidence doesn't mean an obsence of insecurities. confidence means not allowing your insecurities to rule over you, not allowing them to dictate what you will or won't do" - Kristina Kuszmic

Perjelas tujuan dan impianmu

You have more power than you think, the only thing missing is the clarity, - Michael Hyatt

  • Luruskan niat dan motivasi dalam mengurat mimpi

Terkadang apa yang kita impikan atau kita inginkan yang sudah kita susun dalam life planning bukan demikian yang terbaik menurut Allah. Namun demikian tidak ada yang sia-sia ketika kita niatkan karena Allah maka apapun ujung kisahnya (sesuai dengan yang kita rencanakan maupun tidak), maka itu akan menjadi akhir yang terbaik dan terindah. Again luruskan niat selalu dan selalu ketika menjalani usaha dalam mewujudkan impian dan cita.

  • Buat tujuan yang bisa menggerakkan 

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan  prinsip AACTION (Actionable, Aligned, Challenging, Time Bound, Inspiring, Objective, Narrow) -> contoh: Saya mau menerbitkan satu buku solo pada Januari 2021 atau menghafal juz 30 pada 2021.

  • Actionable:  gunakan dengan kata kerja
  • Aligned: sejalan selaras dengan value diri, fase hidup, dan kondisi kita saat itu dan tentu sangat mungkin untuk kita melakukan penyesuaian tujuan atau impian yang pernah kita susun sebelumnya.
  • Challenging: Impian yang powerful adalah yang mampu mendrive dan memotivasi kita untuk mewujudkannya.
  • Time Bound: Berbatas waktu yang jelas, pertujuan kita tentukan batas waktu yang jelas.
  • Inspiring: Impian tersebut harus meresap ke dalam hati dan mampu menghidupkan semangat kita.
  • Objective:Tujuan harus membuat kriteria yang terukur.
  • Narrow: Impian atau tujuan dibuat spesifik dan tidak terlalu luas/umum.


  • Melakukan langkah nyata dan evaluasi progress ( to do list atau dream worksheet yang lebih konkrit)

Langka selanjutnya adalah dengan memecah sebuah rencana atau impian yang besar ke dalam target bulanan, mingguan, hingga harian.  Sehingga meskipun impiannya tinggi namun kita bisa melihat perkembangan milestone dalam proses kita mewujudkannya. Maksimalkan sumber daya yang ada dalam proses melakukan usaha-usaha yang sudah kita pecah tersebut.

Tuliskan atau gambarkan rencana ini, dan pasanglah di sebuah "dream board" atau "dream list" yang dugantung di dinding atau di tempat yang bisa kita lihat dengan mudah. Tujuannya agar kita selalu ingat dan terinspirasi dan menjadi terus bersemangat untuik mewujudkannya. Yang juga penting adalah melakukan review progress secara berkala.

Bentuk dream board/ dream worksheet/platform itu bisa dibuat dengan membuat detail dari mimpi per mimpi atau tujuan pertujuan. Poin-poin yang harus ada dan dibuat detail misalnya:
  • Mimpi apa atau di bidang apa yang sedang kita rencanakan untuk meraihnya
  • Deskripsikan dengan lebih detail dan jelas bantu dengan menggunakan check list AACTION. jadi kita bisa cek impian atau tujuan tersebut sudah actionable atau belum? sudah alinged, dan seterusnya. 
  • Tuliskan deadline atau tenggatw aktu yang jelas
  • Tuliskan alasan ingin meraih impian tersebut buat lebih detail dan menyentuh hati
  • Tuliskan juga bagaimana hidup kita berubah ketika impian ini tercapai, buat yang lebih mendasar dari sekedar tujuan/harapan pribadi
  • Tindakan apa selanjutnya yang bisa segera dilakukan guna memulai mewujudkannya

Berdoa

Langkah terakhir adalah berdoa. Bahwa upaya kita mewujudkan impian atau tujuan dengan berbagai ikhtiar yang kita lakukan harus disertai dengan berdoa. Hakikatnya semua impian dan tujuan yang sudah kita susun adalah suatu bentuk bantu loncatan dari tujuan yang paling hakiki dari keberadaan dan tugas kita hadir di dunia yakni untuk beribadah kepada Allah dan menggapai ridhoNya.

Terlepas dari terwujud atau tidaknya impian yang telah kita usahakan, namun tidak ada yang sia-sia. Semua usaha kita akan membukakan banyak pintu peluang yang lain yang tidak kalah bermanfaat bagi kita.

Usahakan dalam melakukan upaya, kita bersamai dengan sholat hajat dengan menjaga niat dan keikhlasan.

Hakikatnya menjadi the best version of you bukanlah  untuk menjadi sempurna apalagi  lebih baik dari orang lain namun sejatinya adalah bentuk perwujudan rasa syukur atas beragam nikmat Allah yang luar biasa atas potensi yang diberikan kepada kita.

Memberikan usaha terbaik, untuk menjadikan hari ini yang lebih baik dari sebelumnya dengan harapan akhir kembali kepada Allah  menjadi diri yang terbaik,-  husnul khatimah. Dengan harapan kita juga menjadi pribadi yang lebih baik setiap waktu dan mampu mendidik calon generasi yang lebih baik, generasi gemilang di masa depan.         

No comments

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.