Alhamdulillah, Gejala Rematik di Kaki Reda Berkat Citronella Essential Oil


citronella-redakan-rematik


Nyeri di kaki sudah sering saya rasakan sejak lama. Biasanya jika kecapekan, terlalu banyak berdiri atau terlalu lama berjalan kaki rasa nyeri makin terasa. Rasa nyeri ini sekian lama saya abaikan. Saya pikir hal yang wajar saja. Terlebih aktivitas saya yang menggunakan public transportation ke kantor menggunakan Commuter Line menjadi pemicu utama nyeri di sepanjang kaki. 

Bayangkan meski saya hanya harus berdiri sekitar 45 menit di dalam kereta, tapi jika dihitung keseluruhan mulai dari saya sampai di Stasiun, menunggu kereta datang, berdiri di kereta, lalu ngantri di tapping out di stasiun tujuan Palmerah lanjut jalan kaki ke gedung di mana saya bekerja. Dulu saya juga biasakan naik tangga ke lantai 6.  Belum lagi sejak subuh hingga berangkat saya di dapur masak dan menyiapkan makanan sambil berdiri. Jadi selama ini saya menganggap sebagai sebuah konsekuensi saja. Gak mau dianggap manja sih hahaha.

Mengatasi hal ini saya memang kemudian rajin massage. Jika rasanya badan termasuk kaki sudah sedemikian kaku, nyeri, bahkan kadang disertai rasa cenat cenut di beberapa titik, terutama telapak kaki, saya bakal telpon Mbah Pijit atau Go Massage. Jadi jatuhnya rutin juga sih pijat urut ini.  Saya memang menghindari obat kimia, sebisa mungkin.


Saya juga koleksi  berbagai minyak urut/oles seperti minyak akar lawang, minyak tawon, minyak gandapura, dan sejenisnya. Jiyaa ga keren amat koleksinya. Kalau dinas ke daerah, biasanya salah satu oleh-oleh wajib ya berbagai minyak ini. Selain buat sendiri biasanya sengaja saya beli banyak untuk Mimi, Mertua, dan Juga Bude As yang kerja di rumah. Hmm baru sadar ternyata aku satu grup sama mereka yang sepuh untuk urusan perminyakan.

Setahun belakangan saya mulai merasa makin terganggu dengan nyeri di kaki. Kaki saya terlihat jauh lebih besar dari sebelumnya. Saya pikir karena berat badan saya naik. Tapi rasa nyeri makin mengganggu. Naik turun tangga terasa lebih berat. Untuk rukuk, gerakan hendak sujud, dan bangun dari sujud, saya merasa kaki menjadi berat dan nyeri yang luar biasa. Sampai saya harus menggunakan tangan terlebih dahulu untuk turun  sujud dan menyanggah dengan tangan saat bangun dari sujud. Lagi-lagi saya mengabaikan begitu saja dan menganggap hal yang harus diterima.

Saya mencoba mencari tahu sebenarnya ada apa dengan nyeri di kaki ini. Saya sudah sempat cek darah lengkap untuk tahu apakah ada kolesterol atau mungkin asam urat. Tapi kalau lihat hasil terakhir sih tampaknya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Rematik? Ah Masa sih!


Masak sih saya kena rematik? kan saya belum terlalu tua yaak hehehe. Eh tunggu dulu,  ternyata gejala rematik atau bahasa kerennya rheumatoid arthritis bisa menimpa mereka dari kalangan muda sekalipun. Saya memang mencoba mencari referensi lebih banyak tentang hal ini.

Rheumatoid arthritis adalah kondisi ketika kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Akibatnya, sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan. Hal ini disebabkan oleh adanya kesalahan pada sistem imun seseorang yang menyerang sinovium atau sebuah membran yang melapisi sendi-sendi dalam tubuh. Akibatnya, sinovium menjadi meradang dan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan tulang di sekitar sendi. Tendon dan ligamen yang berada di sekitar sendi menjadi lemah dan merenggang. Seiring berjalannya waktu, sendi pun akan kehilangan bentuk dan mengalami perubahan posisi dari yang seharusnya.
Saya baru tahu klo penyakit ini merupakan penyakit autoimun. Jadi autoimun terjadi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Nah dalam kasus rematik, yang diserang adalah persendian. Rematik terjadi ketika otot atau persendian mengalami peradangan dan juga pembengkakan. 

Gejala yang mungkin bisa lebih mudah kita sadari adalah tanda atau gejala berupa bengkak dan radang pada sendi serta kaku pada sendi. Sendi bengkak karena cairan yang menumpuk. Nah rasa kaku biasanya memburuk pada pagi hari atau setelah lama diistirahatkan. Setelah perjalanan jauh yang memakan waktu lebih dari dua jam (darat maupun udara), biasanya kaki saya langsung terasa kaku dan bengkak, kadang disertai kram.  Gejala lain terlihat misalnya merah dan terasa panas pada sendi. Rasa sakit yang muncul disebabkan oleh peradangan yang aktif.

Ternyata ada gejala penyerta lain seperti kondisi tubuh yang tidak prima, sering kelelahan, lesu dan lemas, sering mengalami demam yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, dan mengalami penurunan berat badan.

Faktor Penyebab Rematik

 
Belum diketahui secara pasti penyebab utama dari rematik. Usia tua tidak hanya menjadi satu-satunya penyebab seseorang mengalami rematik.  Ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu rematik yakni:

Faktor Genetik 

Kondisi genetik ternyata membuat seseorang lebih rentan terkena rematik. Mereka yang memiliki anggota keluarga dengan rematik cenderung berpotensi mengalami yang sama. Well, fix! Mimiku punya rematik gais. 

Jenis Kelamin

Perempuan lebih cenderung rentan mengalami rematik ketimbang laki-laki. Ini kaitannya dengan hormon estrogen yang dimiliki wanita. Ini juga rupanya yang menyebabkan saat menjelang menstruasi (PMS) selain nyeri di sekitar rahim dan vagina, saya juga merasakan nyeri hebat, linu, dan pegal-pegal di kaki, pinggang, punggung, dan kadang pundak. Hormon estrogen menyebabkan naik turunnya sistem imun.


Berat Badan Berlebih/ Obesitas

Ini logikanya karena sendi seperti lutut dan pinggul harus menyangga berat badan. Sehingga bagian ini rentan mendapatkan tekanan lebih saat kita beraktivitas. Semakin berat badan, semakin besar beban yang ditanggung sendi.

Kebiasan Pola Hidup yang Buruk

Pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor pemicu rematik. Selain pola makan, pola hidup termasuk olahraga rutin menjadi keharusan untuk mengurangi resiko tersebut. Perokok dikabarkan punya resiko yang lebih besar ketimbang bukan perokok. 

Pola hidup sehat termasuk olahraga ringan dan aman seperti berenang, yoga, atau gerakan peregangan melatih fleksibilitas tubuh termasuk bagian sendi. Setahun belakangan saya berhenti yoga. Berenang juga bisa dihitung jari apalagi sejak musim corona. Sudah tak pernah lagi berenang. Dulu saat masih rutin yoga dan sesekali berenang memang terasa membantu.

Faktor Lingkungan

Ternyata faktor lingkungan bisa memicu infeksi pada individu yang lemah secara genetik. Infeksi ini disebabkan oleh  virus atau bakteri. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh salah arah dan menyerang tubuh sendiri, sehingga terjadi peradangan sendi. Beberapa hal yang diduga menjadi pemicu yakni terkena  paparan mineral silika dan penyakit periodontal kronis bisa meningkatkan risiko .


citronella-redakan-rematik

Citronella Essential Oil Meredakan Nyeriku

Sekitar pertengahan bulan lalu, tanpa sengaja saya akhirnya merasakan manfaat luar biasa dari minyak kasturi atau essential oil dari brand Essenzo. Tidak sengaja, karena awalnya saya mau beli clove bud essential oil untuk keluhan si Kakak yang sering sakit gigi karena ada polip di rongga giginya. Polip yang bahkan dokter sendiri gak bisa ngapa-ngapain, bahkan untuk menutup/menambal dokter gak berani karena pasti akan berdarah jika tertekan apalagi tertutup. Serba salah deh. Mana musim Covid 19 gini saya juga gak berani bawa Ka Al ke Dokter gigi langganannya.


Nah adik Ipar saya menggunakan clove bud essential oil untuk mengobati sakit gigi isterinya (adik saya) yang memang tengah hamil dan sebisa mungkin mengurangi obat kimia. Saya tanya beli di mana dan gimana testimoninya. 

Eh malah disarankan untuk daftar jadi member di Essenzo. "Nanti teteh kalau emang minat setelah jadi member dan merasakan manfaatnya bisa jadi reseller juga." Begitu katanya. Kalau mau sekedar jadi member untuk menggunakan sendiri juga gak apa-apa sih teh. Lumayan selisih harganya kalau jadi member. Begitu iming-imingnya. "Ini bukan MLM ya teh." imbuhnya.

Akhirnya saya pun masuk jadi member. Saat itu biaya pendaftaran sekitar Rp.500.000 (katanya sedang ada promo), dan mendapatkan free 3 botol essential oil yang kalau di total nilainya skitar 600 ribuan. Ya sudah aku mendaftar. Toh jatuhnya sama kayak beli produk, malah dapet diskon hehehe. Semua dilakukan secara online. Jadi saya gak ribet. Nah untuk 3 botol essential oil ini ternyata dapatnya random. Kita gak bisa milih. Ternyata yang saya dapatkan adalah clove bud, citronella, dan peppermint.

View this post on Instagram

Setidaknya 4 Essential Oil ini favorit banget di rumah (dan di mana2 sih) karena alhamdulillah ngebantu banget buat mengatasi beberapa permasalahan kesehatan keluarga. 🧴Peppermint itu ngebantu banget karena mostly kita semua suka gampang pusing, pegel karena mau Flu, hidung meler atau malah mampet. Bahkan buat mual juga sangat membantu. Bikin keluhan2 segera hilang dan aroma Semriwingnya bikin relax. Paling favorit karena semua bisa pakai dan solusi yg paling helpful. 🧴 Hot and Cold ini kandungannya minyak ecalyptus, cajuput, dan Lavender. Selain meredakan gejala Flu batuk, juga membantu kita relax dan istirahat yg lelap dan berkualitas. Enak bgt klo diuapkan pake diffuser pas mau bobo. Keluhan Flu batuk anak2 teratasi sekaligus mrk bs bobo tenang. 🧴Clove bud ini Essential Oil cengkeh yg ampuh buat segala keluhan gigi dan mulut (termasuk sariawan dan radang mulut/tenggorokan). Si Kakak kan sakit gigi dan gusinya karena ada polip yg event dokter gigi jg ga bs ngapain, saat bengkak polip bikin sakit di gigi n mulut dan otomatis ganggu makan. Sekali pake ditempelin pake cutton bud, sblm bobo paginya polip langsung kempes, 2 - 3 kali berikutnya hanya di oles di pipi di luar gigi yg bermasalah alhamdulillah Kakak ga ngeluh lg soal ini. 🧴Citronella ini favorit saya. Sebegitu terkaget2nya setelah penggunaan pertama kali. Di oles ke seluruh kakidna besok pagi kaki langsung mengecil. Selama ini nyeri dan bengkak sm ganggu gerakan sholat dna klo naik tangga sakitnya ga ketulungan. Ya Allah kaget bgt sm hasilnya. Besok2nya pake lagi tp dicampur sm olive Oil. Nyeri dan pegal berkurang. Senut2 di telapak kaki yg biasanya bikin susah tidur juga perlahan membaik. . Klo temen2 punya keluhan sejenis atau apapun yuk silahkan klo mau nanya2 atau sharing yaak... Salam sehat semua. #essentialoil #essenzoessentialoiljakarta #essenzoessentialoil #essenzoindonesia #dayatahantubuh #temanhidupenak . . Sekalian setor @motretforfun udah lama bgt ga ikutan #motretforfun #mff_boottllee

A post shared by 🅾🅿🅷🅸 🆉🅸🅰🅳🅰🅷 (@ophiziadah) on


Senang banget aku tuh pada akhirnya mendapat ketiga jenis essential oil ini.  Tujuan utama memang clove bud untuk mengatasi sakit gigi Kakak. Yang alhamdulillah cocok, pemakaian pertama langsung kempes polipnya. pemakaian selanjutnya hanya dioles di pipi di luar gigi yang sakit untuk meredakan sakit. Hanya pemakaian beberapa kali, alhamdulillah sudah tidak ada keluhan lagi dari Kakak. Yang peppermint ternyata juga jadi teman setia saya kemana-mana. Karena fungsinya meredakan pusing, migrain, sinus dan banyak lainnya yang sering saya rasakan sehari-hari. Peppermint oil ini multifungsi banget.


Nah yang Citronella ini kok kayak semacam jodoh sih. Jadi aku tuh dah lama gak massage, trus udah hampir tiap malem aja susah tidur karena kaki sakit apalagi kalau menjelang menstruasi. Biasanya sambil ngambek-ngambek minta Pak Suami yang juga udah capek buat mijitin sebelum tidur pakai segala macam minyak urut dan herbal. Baru bisa tidur kalau dah lama dipijitin. Kasihan juga Pak Suami. Mungkin bete juga kali ya, cuma gak berani nolak karena tahu capeknya saya.

Malam itu saya pakai Citronella Essential Oil tanpa ekspektasi yang berlebihan. 2- 3 tetes kok kayak kurang sih, karena saya pakai sekujur kaki dari telapak hingga ke ke pangkal paha. Saya pakaikan juga di kedua tangan hingga lengan karena ini sering sakit juga. Aroma khas Citronella menyeruak di ruang tidur. Saya tidur cukup lelap malam itu. Keesokan harinya saya terkaget-kaget karena kedua kaki saya mengecil dari ukuran biasanya. Whaat?

Duuh kok bisa gini? saya kaget dan awalnya agak takut. Saya kemudian mencari informasi terkait nyeri sendi dan sejenisnya.Saya pegang-pegang ga ada yang aneh sih dari kaki saya. ya seperti kaki saya saat dulu, sebelum segendut kemarin-kemarin sih. Memang 1 tahun belakangan berat badan saya naik hampir 5 kg. Nah kok rasa nyeri yang menyerang kaki beberapa hari ini juga berkurang. 

Saat saya tunjukkan pada suami, Ia tak kalah kaget. Jujur saya hampir mau ketawa melihat eskpresinya tercengang kaget. "Bukan aku salah lihat kan yah?". "Enggak ini emang kecil, kan aku tahu kaki kamu wong tiap malam mijitin" Hmm mulai deh. "Tapi ini gak kenapa-kenapa?" tanyanya ragu. "Ga tahu juga nih, gak gimana-gimana sih." "Nyerinya jauh berkurang, cuma yang cekot-cekot, senut-senut di telapak kaki masih berasa."

Ya udah kita lihat besok ya.

Besok malamnya saya pakai lagi. Kali ini saya gunakan 2-3 tetes dengan dicampurkan olive oil yang biasa saya gunakan untuk pijat atau lulur. Rasa senut-senut kaki yang masih terasa saya beri ekstra oil. Demikian hingga hari keempat dan alhamdulillah bahkan senut-senut di telapak kaki sudah tidak terasa lagi. Saat saya banyak berdiri atau menggunakan kaki lebih intens dan mulai terasa kaku atau bengkak, biasanya malam hari saya oleskan lagi. 

Alhamdulillah mereda rasa sakitnya. Kaki juga gak sekaku dulu dan lebih ringan. Sujud dan bangun sujud gak kesusahan lagi. Naik turun tangga gak seberat dulu. Ya Allah berasa kayak ketemu jodoh gitu, ternyata ada solusi untuk kaki saya yang selalu nyeri. Mudah-mudahan corona segera berlalu saya bisa mulai aktif berenang lagi dan jalan kaki. 

Well noted, jangan abaikan rasa sakitmu.

Cari tahu kenapa, dan cari solusinya. Efek jangka panjang dari rematik ternyata gak ringan dan bisa dengan mudah kambuh lagi di masa tua nanti. Oke Sekarang saya mau cerita sedikit tentang Citronella Essential Oil dari Essenzo ini.

Apa itu Citronella Oil?


Citronella/Sereh Wangi atau nama latinnya Cymbopogon Nardus telah digunakan selama berabad-abad di Cina, Indonesia dan Sri Lanka untuk Mengurangi Ruam, Inflamasi/Peradangan, Infeksi, Rasa Sakit dan Kondisi Kesehatan Lainnya. 

Citronella mengandung 3 komponen utama: citronellal, citronellol, dan generaniol.


citronella-redakan-rematik


Manfaat utama dari Citronella Essential Oil adalah mengatasi masalah Rematik & Pegal Linu. Namun ada beberapa fungsi lain dari Citronella  yaitu:

  • Meredakan Nyeri Otot dan Sendi
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Menambah Nafsu Makan
  • Relaksasi Pikiran
  • Mengusir Serangga


Alhamdulillah sejak menggunakan Citronella ini aku gak perlu lagi pakai bermacam-macam minyak urut atau bahkan obat pereda nyeri saat gak kuat lagi dengan nyerinya. Hemat banget juga sih, cukup 2-3 tetes untuk kedua kaki aku. Trus kan kemasannya mungil, jadi praktis bisa dibawa kemana-mana. Jadi inget aku sering susah tidur kalau lagi dinas di luar kota, salah satunya karena kaki dan anggota badan yang terasa pegal, linu, dan nyeri. 

Hmm bakalan jadi salah satu item yang wajib dibawa nih kalau ke daerah. Udah gitu aku merasa nyaman aja karena kan memang ini herbal alami. Pun gak harus diminum gitu kayak obat. FYI dibutuhkan 20 Kg Daun Sereh Wangi untuk menghasilkan 10 ml Citronella Oil. Pantesan khasiatnya mantap.

Untuk sahabat Mom of Trio yang mungkin punya masalah yang sama kayak aku, monggo dicoba deh diatasi dengan Citronella Oils ini, semoga cocok dan bisa meredakan nyerinya. Jangan lupa hidup sehat dan olahraga ringan yaa.

39 comments

  1. Replies
    1. alhamdulillah ngalamin sendiri dan mereda ma..aku selalu pake klo dah mulai terasa nyeri krn lama berdiri atau lama di satu posisi

      Delete
  2. Kok jd tertarik yaaaa :D. Aku sbnrnya suka segala macam per-oil-an ini mba.. apalagi yg wanginya enak, kayak lavender, peppermint. Tp bbrp merk tau sendiri harganya mahal, mungkin Krn BRG dari luar juga. Blm prnh coba sih yg essenzo ini. Ntr aku mau cek2 websitenya deh. Kalo memang hrg juga masuk Ama budget, kyknya mau pake merk ini aja drpd merk yg dari Amrik itu :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mba fan...DM aku yoo... manfaatnya itu lhoo

      Delete
  3. Wah mantul banget ya, khasiatnya josss, ya mungkin karena 20kg sereh jadi 10ml itu ya, khasiatnya beneran terbukti.

    Ibu saya nih mulai sering nyeri sendi, nanti kalau ada rejeki cari essentials citronella juga lah

    ReplyDelete
  4. aku nggak rematik sih, tapi aku suka cedera otot gara2 olahraga dan suka jatuh. itu bisa juga gak dipakein oil ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba..ini buat otot kaku, kram, dan cedera otot juga sih

      Delete
  5. Aku juga waktu jadi spg sering berdiri lama mbak dan kaki pegel-pegel gitu, ga tau deh rematik apa bukan. Tapi sejak nggak pernah spg-an lagi udah jarang pegel-pegel. Di rumah juga punya esensial oil dari merk Amrik, tapi kok jadi penasaran sama esensial oil citronella ini deh soalnya lebih banyak manfaatnya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobai mba buat perbandingan juga ya...emang sih kadang cocok2an...alhamdulillah aku coock sm yg ini

      Delete
  6. Sekarang ini penyakit bisa aja menyerang tanpa pandang umur... Mau tua atau muda, bisa kena penyakit macam2.

    Oil kayak gini lagi booming dengan segala klaimnya.
    Jadi tertarik juga saya kayaknya buat beli atau jadi member skalian...

    ReplyDelete
  7. Teeeh, aku ketawa pas baca soal koleksi minyak-minyakan di atas hihihi. Barut au lho rematik ini masuk penyakit autoimun juga. Makasih sharingnya seru. Essential oil ini kecil-kecil jagoan juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ini fakta fii...itu di koleksi obat2an paling banyak ya minyak2an dari seluruh nusantara lagi wkwkwk...sekarang diganti sm yg mungil2 dr essenzo

      Delete
  8. Aku taunya citronella itu buat ngusir nyamuk aja. Ternyata ampuh juga ya buat ngatasin rematik. Aku jadi tergiur jg nih buat beli. Harga 500rb dapet 3 oil itu termasuk murah sih menurutku. Apalagi ini minyak Atsiri

    ReplyDelete
  9. Kalau rematik itu suka inget nenekku. Punya rematik sejak lama. Dan aku malah baru tahu kalau rematik itu penyakit autoimun.

    ReplyDelete
  10. Ga nyangka kena rematik ya, cuman memang sekarang tidak mengenal usia sih. Saya baru tahu kalau essential oil bisa mengatasi rematik, memang banyak khasiatnya ya. Tapi soal rematik ini saya baru tau mesti banyak membaca lagi deh

    ReplyDelete
  11. aku juga banyak pakai essential oils mba tapi yang the other one hehehe. it does work and I like it

    ReplyDelete
  12. Wah, bisa buat reumatik ya citronella essensial oil ini. Jadi kepengen nyobain buat mama. Beliau punya rematik juga. Kalo lagi kambuh, sakitnya gak kuat, katanya.

    ReplyDelete
  13. Wah takjub bacanya Mbak, efeknya Alhamdulillah positif banget ya, kaku dan nyerinya juga hilang..penasaran dengan essenzo ini..

    ReplyDelete
  14. Aku pernah dikasih temen essensial oil, tapi lupa namanya...
    Yang pasti, dioles sambil berdoa "Ya Allah...ringankan. Ringankaan..."
    Alhamdulillah~
    Selain seger wanginya yaa, kak..

    jadi pengen punya juga niih...praktis dan efektif.

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka dengan minyak-minyakan dan essential oil gini, ada beberapa minyak yang selalu kubawa kalau bepergian. Seperti ada yang kurang kalau di tas tuh nggak ada minyaknya :)

    ReplyDelete
  16. Sering banget lihat Essential Oil Essenzo di story WAnya Mbak Ophi. Baru tahu secara lengkap khasiatnya di postingan ini. Alhamdulillah yaa mbak..bisa bermanfaat gitu.

    ReplyDelete
  17. bisa jadi obat rumahan yang harus ada ini, sapa tau kan tiba2 rematik kambuh dan tinggal pakai

    ReplyDelete
  18. Boleh juga nih. Menarik. Bisa buat kasih ke ibuku, soalnya ibu juga ngalamin masalah yang sama tuh mak. Kakinya suka sakit gitu.

    ReplyDelete
  19. Wadidaw wajib dibeli nih mba hehe, apalagi kalo ngoles nya pas menjelang tidur, jadi bisa nyenyak, bangun2 kaki udah terasa enteng ;)

    ReplyDelete
  20. Ternyata citronella itu sereh yaa hihi kalau gak dijelasin di atas, mungkin saya enggak engeh mbak. btw saya juga kalau sakit sakit kaki atau kena nyamuk,pasti pakai minyak sereh untuk balurannya mbak. asyik nih ada EOnya sekarang ya, lebih enak kali yaa.

    ReplyDelete
  21. Wah pas banget, lutut saya sering sakit, dokter bilang rematik, ada yang bilang keseleo
    Nampaknya saya harus mencoba Citronella Essential Oil daripada minum obat.

    ReplyDelete
  22. Mba, ini EO langsung dioles gitu ya ke kaki? Pernah baca soalnya klo EO harus dicampur air atau minyak lain. Klo memang bisa langsung gitu, mau juga aaahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya yaa..ada Essential Oil yang harus dicairkan/dicampur dengan air. Ada pula yang bisa dioleskan langsung. Terus ada juga tuh yang hanya bisa dimasukkan ke diffuser. Ya ampun macammacam amat yakk.

      Delete
  23. Aku juga koleksi EO, mba.. Ini bermanfaat sekali untuk pengobatan keluarga. EO citronella aku juga punya, bisa untuk gigitan serangga, luka bakar, penambah nafsu makan, anti nyamuk juga. Tapi yang gak pernah ketinggalan aku bawa pas pergi tu EO lavender. Wajib buat pijet anak-anak biar bobo nyenyak pas travelling hihihi

    ReplyDelete
  24. Ibu saya penderita reumatik sejak gadis malah. Sampai sekarang belum sembuh-sembuh. Sudah puluhan tahun beliau merasakannya. Sudah berobat kemana-mana tapi belum jalannya sembuh. Baru tau banget kalau reumatik itu gara-gara autoimun.

    ReplyDelete
  25. Saya juga sering merasakan nyeri di kaki, tapi masih tak abaikan. Karena ya saya pikir tidak mengganggu aktivitas. Jadi pingin cpba pakai citronella untuk mengatasinya

    ReplyDelete
  26. Wah jadi reumatik itu berkaitan dengan autoimmune? Aku baru tahu. Aku sejak melahirkan bener-bener Mudah pegel kaki. Kayaknya harus coba minyak ini hehe

    ReplyDelete
  27. Khasiatnya sampai sebegitu dahsyat ya? Mau stok juga buat orang tua di rumah. Daftar keanggotaan dulu ya? 1 kemasan untuk berapa kali penggunaan mba?

    ReplyDelete
  28. Aku tuh kok jadi tertarik yaa mbak, soalnya aku suka pegel-pegel karena aktifitas yang lumayan berat. Pasti wanginya pun enak banget deh ini hihi

    ReplyDelete
  29. Kalau buat kaki rasanya gimana mbak, hangat gitu kah atau panas kaya minyak kapak?

    ReplyDelete
  30. Jadi kebayang aroma sereh. Wangi. Rheumathoid sepertinya penyakit yang kompleks, ya. Alhamdulillah kalau nyerinya sudah mulai reda.

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah periksa sih kena rematik atau enggak. Tapi kalau jalan sebentar aja kaki dahbrasanya cenut2 dan nyeri. Jadi tertarik pakai Citrobella ini mba. Aromanya juga pasti wangi kan yah mba?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.