10 Tips Investasi Apartemen Pasti Untung




Apa kabar Sahabat Mom of Trio, Sehat-sehat selalu ya. Amiin.

Kali ini kita obrolin soal properti lagi yuk. For your informations, properti adalah salah satu instrumen investasi yang wajib Kita coba. Karena selain menguntungkan, kita juga bisa mengaturnya dengan mudah melalui modal kecil terlebih dahulu. Nah salah satu produk investasi properti yang sedang naik daun saat ini adalah Apartemen.

Apartemen memang bisa menjadi sarana investasi yang mendatangkan keuntungan besar apalagi jika kita memiliki properti di lokasi strategis kota-kota besar. Namun, meskipun dapat mendatangkan keuntungan, bukan berarti investasi apartemen tidak ada resikonya. 

Oleh karena itu, untuk membantu memilih properti yang tepat dan tidak merugi, kita harus tahu tips investasi apartemen berikut ini. Yuk cuss disimak!


Berinvestasi dengan Bijak

Salah satu tips investasi apartemen yang terbaik adalah selalu gunakan sebagian kecil dari penghasilan bersihmu ketika ingin berinvestasi. Dengan menerapkan langkah yang bijak dalam mengalokasikan penghasilanmu di instrumen investasi maka risiko kamu mengalami kerugian juga dapat diminimalisir.

Terlebih lagi untuk kamu yang baru pertama kali mencoba investasi apartemen, dengan menaruh sebagian besar atau bahkan semua penghasilanmu di sana maka risiko untuk mengalami kerugian juga lebih besar, terlebih lagi ketika terjadi fluktuasi pasar. 

Menjaga risiko investasi tetap pada angka yang rendah dapat membantumu untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman ketika mengalami kerugian karena kamu masih berada di zona nyaman. Jadi pastikan investasi apartemen-mu di mulai dari risiko kecil terlebih dahulu, ya. 


Lokasi Yang Strategis

Jangan memilih Apartemen yang berada di lokasi urban jika kamu tidak ingin mengalami kerugian. Karena lokasi yang strategis di pusat kota adalah salah satu tips investasi apartemen yang wajib kamu penuhi. 

Memiliki properti di pusat kota serta kawasan-kawasan bisnis dan industri akan membuat nilai jual dan sewa apartemen lebih tinggi. Selain itu, propertimu juga akan dengan mudah mendapatkan penyewa yang potensial. 



Berada Satu Kota Dengan Apartemenmu

Tips investasi apartemen selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa properti yang ingin kamu sewakan berada di kota yang sama dengan kamu tinggal. Jika kamu tinggal di Jakarta, maka jangan menyewakan apartemen yang berada di luar kota. 

Karena jika kamu ingin menyewakan apartemenmu yang berada di luar kota, maka kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa agen properti yang dapat mengelola apartemenmu. Selain itu, kamu juga akan sulit untuk berinteraksi dengan penyewa jika suatu hari ada masalah atau terjadi pelanggaran dalam perjanjian yang telah disepakati.

Intinya lokasi apartemen yang dekat dengan tempat tinggalmu juga mempermudah kamu melakukan pengawasan sepanjang apartemenmu disewakan. Penting sih untuk memantau kondisinya meskipun sudah disewakan kepada pihak lain.


Keamanan Apartemen

Keamanan menjadi salah satu faktor dalam tips menyewakan apartemen, karena dengan fasilitas keamanan yang baik, maka kamu juga dapat menarik calon penyewa dengan mudah. Sistem keluar masuk apartemen, kesiagaan petugas keamanan, dan keberadaan cctv dapat menjadi acuanmu apakah sebuah apartemen memiliki fasilitas keamanan yang baik atau tidak.


Fasilitas Lengkap

Selain keamanan, lengkapnya fasilitas apartemen juga dapat menjadi daya tarik untuk para penyewa. Dengan memastikan apartemenmu memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang, area olahraga, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya maka kamu dapat dengan mudah menemukan calon penyewa yang ideal. Selain itu, apartemen dengan fasilitas lengkap dapat menjadi investasi yang baik karena memiliki harga sewa yang tinggi.


Sewa Jasa Konsultan

Menyewa jasa konsultan properti adalah tips investasi apartemen yang dapat kamu lakukan. Karena dengan menyewa jasa konsultan, kamu akan sangat terbantu secara profesional mengenai kerugian dan keuntungan ketika ingin berinvestasi di suatu properti, terlebih lagi jika kamu baru pertama kali melakukannya.

Jasa konsultan properti profesional biasanya mengerti kondisi pasar yang sedang berlangsung sehingga dapat membantumu untuk menentukan apakah properti yang kamu inginkan dapat memberikan keuntungan atau tidak. 


Variasi Masa Sewa

Dengan kebutuhan dan kesiapan anggaran yang berbeda dari calon penyewa, maka untuk memaksimalkan pendapatanmu dalam investasi apartemen adalah dengan menawarkan variasi masa sewa yang berbeda-beda, misalnya kamu bisa menawarkan masa sewa tahunan, bulanan bahkan harian. Dengan begitu, cakupan para penyewa apartemenmu juga akan semakin luas.



Manfaatkan Sebagai Lokasi Syuting

Ketika belum ada penyewa tetap yang menempati propertimu, kamu bisa menjadikan apartemenmu sebagai lokasi syuting yang biasanya dapat memberikanmu keuntungan yang lumayan. Selain itu banyak perusahaan film yang memang mencari lokasi-lokasi pengambilan gambar di apartemen untuk kepentingan promosi. Oleh karena itu, kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan pendapatan investasi apartemenmu.


Manfaatkan Uang Muka 

Uang muka pembelian sebuah apartemen biasanya berkisar 20% hingga 50%, hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membayar uang muka dalam jumlah besar sekaligus jika kamu memang memiliki anggaran untuk itu. Karena semakin besar uang muka yang kamu bayarkan maka semakin rendah jumlah bunga serta cicilan yang nantinya wajib kamu bayarkan untuk melunasi pembelian propertimu.


Promosikan Apartemenmu

Memiliki properti yang berada di lokasi strategis serta fasilitas lengkap juga harus didukung dengan promosi yang baik, sehingga apartemenmu dapat menemukan calon penyewa yang potensial. Salah satu promosi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melalui situs Jendela360. Di situs sewa apartemen terbaik di Indonesia ini, kamu sebagai pemilik apartemen bisa memanfaatkan Jendela360 untuk memasang iklan sewa apartemen secara GRATIS.


Dengan menggunakan Jendela360, kamu bisa menghemat tenaga, dan uang untuk mempromosikan apartemenmu. Bahkan jika kamu tidak punya waktu untuk menemani calon penyewa melihat propertimu, Jendela360 akan menggantikanmu dengan tim properti profesional yang menemani calon penyewa untuk melihat lokasi propertimu tanpa biaya tambahan. Kamu tinggal duduk manis dan terima beres saja.  Wah enak banget yaks.


Nah itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk berinvestasi melalui kepemilikan apartemen. Selamat mencoba dan sukses  selalu yaa.

25 comments

  1. Baru kepikiran nih, soal harus satu kota dan dijadiin lokasi syuting. Ide bagus!

    ReplyDelete
  2. masyarakat urban lebih suka di apartemen karena fasilitas yg mumpuni dan bisa menjadi investasi juga
    di surabaya sini banyaaakkk kaum milenial yg prefer tinggal d apartmen juga sih mbaaa

    ReplyDelete
  3. Dengan Jendela360, pemilik apartemen bisa investasi menguntungkan ya karena boleh memasang iklan sewa apartemen secara GRATIS.

    ReplyDelete
  4. wah ternyata banyak ya investasi yg di dapat dari apartemen, aku tahunya ya cuma disewakan buat ditinggali
    ternyata bisa juga ya ditawarkan untuk lokasi syuting

    ReplyDelete
  5. Oh ada ya situs resmi untuk melihat apartemen?
    Biasanya kan kita harus datang ke open house ya, karena dibutuhkan mengukur perkiraan luas ruang dan juga melihat furnitur yang disediakan.

    ReplyDelete
  6. Wah, simple ya..ga perlu heboh nawarin kesana-sini..Lewat situs Jendela360 aja, situs sewa apartemen terbaik di Indonesia untuk memasang iklan sewa apartemen secara GRATIS. Pasti membantu para pemilik juga calon penyewa apartemen ya

    ReplyDelete
  7. Investasi Properti yang salah satunya Apartemen memang selalu menggiurkan ya Teh, terutama di Kota-kota besar. Teman2ku banyak yang lebih memilih tinggal di Apartemen walau sewa ketimbang di Kontrakan biasa, alasan utamanya adalah jarak yang lebih dekat dengan Kantor, dan lebih sesuai dengan kebutuhan Para Milenial juga.

    ReplyDelete
  8. Tentang berada 1 kota dg kita ini bener banget loh mba. Berlaku jg buat rumah ya. Susah kontrolnya kalo gak deket kita rumahnya. Ngerasain sendiri sih mba sjk jd anak kost sampe punya rumah n mau nyewain rumah

    ReplyDelete
  9. Wah, asyik ini ya investasi apartemen dan bisanya pasti dapat untung ya.

    ReplyDelete
  10. Nyewain apartemen ini sama untungnya sama nyewain rumah ya mbk. Kalo lokasi strategis, biasanya cepet laku, karena banyak yang nyari

    ReplyDelete
  11. Investasi yang sangat bisa dilakukan dan diandalkan nih buat yang tinggal di kota besar dan punya dana lebih. Sama dengan investasi rumah nih ya mbak, investasi ke apartemen juga pasti berkembang terus.

    ReplyDelete
  12. Sepakat dengan semua tipsnya, terutama bagian variasi masa sewa. Dengan menyesuaikan kebutuhan calon penyewa, maka makin besar peluang apartemen akan segera memperoleh penyewa yang cocok

    ReplyDelete
  13. Bener banget, investasi di bidang property itu memang sangat menggiurkan ya. Termasuk apartemen. Banyak yang perlu. Apalagi nanti kalo pandemi sudah berlalu ya. Kebutuhan property ini pasti melonjak.

    ReplyDelete
  14. Anakku yang sulung nih pengen tinggal di apartemen. Mungkin karena dia ngerasa kalo di apartemen praktis. Soalnya rumah kami sekarang lumayan luas halamannya dan dia kebagian bagian merawatnya. Dia pikir semakin besar rumah semakin besar juga usaha buat ngerawat

    ReplyDelete
  15. punya properti emang nyenenengin yaaa.. tp memang butuh biaya yg banyak yaa untuk buatnya.

    saat ini misal mau disewa jg udah mayan banyak web atau pakai sosmed gitu buat promosi yaa..

    temenku ada 2 rumah buat nginep yg akhirnya buat sewa foto prewed

    ReplyDelete
  16. Sebelum berinvestasi, penting sekali untuk kita mempelajarinya yaa. Membaca tips dari sejumlah sumber. Seperti saat hendak berinvestasi apartemen, artikel seperti ini ya patut dibaca :)

    ReplyDelete
  17. Wah asik ya semuanya bisa diserahin sama Jendela360. Bahkan ngurusin calon penyewa juga bisa didelegasikan. Ini mah bisnis properti auto pilot. Hmmm invest juga di sini gitu, ya? Siapa tau masuk film hehehe

    ReplyDelete
  18. Mau deh kalau nanti punya rezeki buat investasi ke apartemen dari penjelasan mba Opphi kita gak akan menyesal kalao investasi ya

    ReplyDelete
  19. Wishlist banget punya apartment terus interiornya minimalis dan dibikin konten kek orang-orang, atau biar cuan bisa disewain juga gitu, semoga kebeli.. Aamiin.

    ReplyDelete
  20. asik nih kalo harga inveskita terus aik ya, apalagi tempat tinggal tentu saja selalu dicari dan dibutuhkan

    ReplyDelete
  21. Wah baru tahu tentang situs sewa apartemen ini. Pasti banyak rekomendasi apartemen yang bagus-bagus dengan harga terbaik.

    ReplyDelete
  22. Wah bener mbak kalau pun gak ditempati, apartemen bisa jd investasi bagus yaa. Iyes wajib di tengah kota buat membidik pekerja yang mau sewa.
    Kalau seandainya mampunya di area pinggiran/ urban pun mungkin membidik lingkungan kampus kali ya :D

    ReplyDelete
  23. Oh...gitu yaa...aku pikir memilih investasi membeli apartemen ini mencocokkan harga. Tapi lokasi juga termasuk yaa..
    Senangnya bisa memiliki invastasi dan menjadi tabungan jangka panjang.

    ReplyDelete
  24. PEngin juga punya apartemen 1 unit aja. Selain untuk invetasi, lumayan juga buat staycation kalau lagi gabut di rumah. Ada sih apartemen yang udah dilirik-lirik. Tapi duitnya belum mau diajak bikin akad, haha. Btw, bisa juga ya disewakan buat syuting, baru kepikiran nih.

    ReplyDelete
  25. Sekarang apartemen makin jadi favorit ya mba buat investasi karena permintaan untuk hunian nyaman dan aman makin tinggi y. Trend kos2an pun kini beralih ke apartemen ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.