Aplikasi Payroll: Mudahkan Penggajian Perusahaan Modern

aplikasi-payroll-linovhr


Efektifitas dalam mengelola karyawan merupakan keharusan dalam menjalankan perusahaan atau badan usaha. Untuk itu perusahaan modern membutuhkan bantuan untuk memaksimalkan operasional dan pengelolaan karyawan. Salah satu tugas penting dari pengelolaan karyawan adalah penggajian bulanan. Akan tetapi, penggajian manual sering mengalami human error akibat tidak tersedianya sistem yang memfasilitasi perhitungan yang komprehensif. Akibatnya, penggajian justru akan terhambat. Bagaimana caranya agar sistem penggajian dalam rangka pengelolaan karyawan lebih efektif dan efisien?

Baca juga: Pentingnya Mengatasi Human Error dalam Pengelolaan Karyawan

Mengenal Aplikasi Payroll

Penggajian secara manual memang masih dimungkinkan namun penggunaan aplikasi payroll akan sangat membantu proses penggajian. Istilah payroll sendiri sering merujuk ke pengajian bulanan. Namun, apa yang dimaksud dengan aplikasi payroll? Sederhananya, aplikasi payroll adalah sebuah aplikasi yang dapat memproses perhitungan gaji beserta komponen gaji secara otomatis dan cepat. 


Komponen gaji yang dimaksud antara lain; pajak, tunjangan, bonus, kehadiran karyawan, serta iuran BPJS. Jenis dari komponen gaji ini terbagi lagi menjadi beberapa klasifikasi sesuai dengan jabatan, kontrak kerja, dan kondisi karyawan. Dengan aplikasi payroll, semua komponen gaji ini dapat diproses serentak sehingga menghasilkan perhitungan gaji yang akurat. 


Seperti yang telah disebutkan, data kehadiran karyawan merupakan bagian dari komponen gaji. Jika menggunakan cara manual, HRD perlu entry data kehadiran ke dalam sistem penggajian.  Kini HRD tidak perlu lagi melakukan entry data kehadiran manual ke dalam sistem payroll. Sebab, aplikasi payroll dapat terintegrasi dengan sistem kehadiran. HRD dapat langsung menghitung gaji. Jauh lebih praktis, bukan? 

Kemampuan Utama Aplikasi Payroll

Kehadiran aplikasi payroll dapat memudahkan HRD dalam melakukan pengelolaan karyawan dalam aspek tugas administratif. Apa saja kemampuan utama dari aplikasi payroll? 


1. Menghitung gaji dengan cepat

Coba hitung berapa banyak waktu yang HRD habiskan bila bertahan dengan cara manual untuk menghitung gaji? Pasti sangat lama sekali. Dengan menggunakan aplikasi, perhitungan dapat berjalan otomatis sehingga lebih cepat. Karyawan pun dapat menerima gaji setelah perhitungan selesai dilakukan. Tak ada lagi istilah telah gajian, deh. 

2. Menyimpan informasi mengenai komponen gaji

Segala informasi karyawan bersifat konfidensial. Perusahaan harus menjamin bahwa informasi karyawan disimpan dengan aman dan rahasia. Aplikasi payroll menyimpan informasi karyawan mengenai penggajian dalam cloud based server. 

3. Memproses slip gaji otomatis

Perusahaan tidak wajib untuk memberikan slip gaji setiap bulan. Namun, karyawan dapat mengajukan slip gaji kepada perusahaan jika membutuhkan slip gaji. Aplikasi payroll dapat memproses slip gaji dengan cepat hanya dalam hitungan menit. Sangat praktis dan mudah! 

4. Menghasilkan laporan penggajian

Payroll report atau laporan penggajian berguna sebagai landasan evaluasi dan perencanaan di periode mendatang. HRD dapat membuat laporan penggajian dengan cepat dengan bantuan aplikasi payroll. Tampilan laporan dapat disesuaikan dengan kebutuhan user melalui fitur setting payroll report. 

5. Menghitung simulasi pajak

Pajak penghasilan adalah pajak yang wajib dibayarkan oleh karyawan sebagai Wajib Pajak. Akan tetapi, perusahaan akan memproses dan menyetorkan pajak penghasilan karyawan kepada Direktorat Jenderal Pajak.  HRD bisa mengkalkulasi estimasi pajak penghasilan tiap tahun dengan fitur tax calculator. 


Era modern membuat perusahaan harus menyiasati segala perubahan yang ada dengan efektivitas dan efisiensi kerja. Berdasarkan penjelasan mengenai aplikasi payroll dan kemampuan utamanya, dapat disimpulkan bahwa aplikasi payroll dapat memudahkan penggajian perusahaan. LinovHR menawarkan aplikasi payroll yang dapat memudahkan proses penggajian bulan jauh lebih cepat dan akurat. LinovHR sendiri sudah dipercaya banyak perusahaan untuk membantu pengelolaan karyawan secara holistik.  

Semoga informasi di atas dapat membantu ya! 


14 comments

  1. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, termasuk untuk urusan penggajian karyawan. Lebih praktis dan cepat pake payroll

    ReplyDelete
  2. Emang kini semua berbasis aplikasi atau sistem ya mbak, termasuk dalam soal penggajian karyawan. Menggunakan aplikasi payroll tentu lebih efektif dan efisien, meminimalisir human error juga

    ReplyDelete
  3. seneng deh kalo perusahaan tempat bekerja menggunakan aplikasi payroll gajiannya selalu tepat waktu meski tanggal merah

    ReplyDelete
  4. Hi, Ophie, kita ketemunya di sini ya. Betul sekali sebuah Perusahaan sangatlah akan kelihatan gak profesional tanpa adanya fasilitas aplikasi payroll yang mampu memberikan kemudahan dalam berbagai hal tentang situasi pengelolaan penggajian karyawan sebuah perusahaan.

    ReplyDelete
  5. keren nih inovasinya. cocok ya untuk memajukan bisnis umkm. jadi mereka bisa mudah menyusun laporan gaji

    ReplyDelete
  6. Memang zaman modern begini perlu banget yang serba otomatis, termasuk sistem penggajian seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Dengan aplikasi payroll pasti kerja HRD lebih mudah nanti..ga kerja manual lagi ya, terbantu sekali. Sebab, aplikasi payroll dapat terintegrasi dengan sistem kehadiran sehingga HRD dapat langsung menghitung gaji.

    ReplyDelete
  8. Wah ini sangat membantu para HRD jaman sekarang ya mbak, gak perlu repot-repot lagi memasukan secara manual dan tinggal pakai palikasi Payroll saja ya.

    ReplyDelete
  9. dengan menggunakan aplikasi payroll, berarti lebih efisien serta waktu pastinya ya , Disamping itu perhitungan nya pun lebih akurat

    ReplyDelete
  10. Aplikasinya memudahkan pemilik usaha ya untuk menghitung serta mengurus gaji karyawan karena slip gaji keluar otomatis.. duh kangen pengen gajian deh mbak hihi..

    ReplyDelete
  11. Wiih...asik banget niih...
    Segala uda bisa dilakukan dengan apps Payroll. Pastinya lebih teliti dan lebih ringkes.

    ReplyDelete
  12. Waah praktis sekali ya aplikasi payroll ini ya Mbak Ophie. Mempermudsh kerja HRD banget niih

    ReplyDelete
  13. Klo pakai aplikaai gini, selaun memudahkan perusahaan juga membuat karyawan happy ya. Karena gajian otomatis tepat waktu

    ReplyDelete
  14. Wah terima kasih ya, Kak. Informasi mengenai aplikasi payroll ini sangat membantu sekali. Apalagi aplikasinya memiliki fitur yang lengkap dan terjaga keamanan datanya, serta dengan penggunaan yang praktis semakin memudahkan dalam urusan pemberian gaji dan laporan pajak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.