SeOn Untuk Solusi Lengkap Manajemen Sekolah dalam Satu Platform

solusi-manajemen-sekolah-seon


Tuntutan digitalisasi pendidikan sejalan dengan revolusi digital di semua sektor pada era 4.0 ini. Namun fakta di lapangan masih banyak sekolah yang belum siap dengan digitalisasi sekolah. Tahun 2020 ini kemudian datang pandemi dan menuntut pengurangan bahkan peniadaan proses belajar secara tatap muka. 

Gonjang ganjing sekolah, pendidik, murid, dan orang tua dikagetkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ), online learning, dan sebutan lainnya. Semua sekolah, pendidik, dan administrator pendidikan dituntut untuk segera beradaptasi dengan kondisi ini. Di sinilah pentingnya sebuah sistem manajemen pembelajaran atau Learning Manajement System (LMS).

Learning Management System (LMS) adalah sebuah aplikasi software yang dapat membantu merencanakan dan mengimplementasikan sebuah proses pembelajaran. Sistem ini dikembangkan secara khusus untuk mengelola sistem pembelajaran secara online mulai dari mengirimkan materi belajar/konten, mendistribusikannya kepada siswa secara daring, pembagian dan pengumpulan tugas, penilaian, dan pendistribusian hasil belajar siswa.

Tidak semua sekolah kemudian bisa segera mengadopsi platform pengelolaan pembelajaran online. Proses belajar jarak jauh masih banyak yang menggunakan beberapa platform secara parsial. Selain tidak efektif tentu saja tidak terintegrasi dan membingungkan baik bagi guru, murid, maupun orang tua. 

Alangkah solutifnya jika semua sekolah bisa menggunakan sebuah learning/school management system yang terintegrasi dan mudah diadaptasi oleh guru, murid, dan bahkan orang tua di seluruh wilayah negeri ini. Sebuah sistem yang bisa menjawab persoalan terkini dari tuntutan pembelajaran jarak jauh melalui sarana teknologi secara daring dalam satu platform.

SeOn: Sekolahan Online

Satu dari beberapa platform manajemen pembelajaran karya anak negeri yang kiranya akan sangat membantu banyak sekolah di Indonesia adalah SeOn. SeOn – Sekolahan Online merupakan sebuah School Management System GRATIS untuk sekolah di Indonesia. Karena karya anak bangsa, maka platfrom ini sangat memahami sistem pendidikan dan bahkan kultur pendidikan di Indonesia sehingga diharapkan memudahkan semua pihak pengguna platform ini. 

SeOn adalah platform yang memadukan manajemen pembelajaran, manajemen informasi dan pengelolaan sekolah dalam satu aplikasi yang dirancang khusus menyesuaikan dengan sistem Pendidikan Indonesia yang khas. 

Sebagai platform digital berbasis website dan aplikasi android yang didesain khusus, SeOn hadir untuk membantu memudahkan pengelola pekolah, kegiatan belajar mengajar antara guru, siswa dan orangtua untuk melakukan perannya masing-masing dalam proses pembelajaran daring. 

Fitur SeOn

Bisa dikatakan SeOn yang digagas oleh  PT SEON Indonesia ini hadir sebagai solusi atas permasalahan pembelajaran jarak jauh yang dialami guru, siswa, orang tua, dan lembaga sekolah. Beragam fitur SeOn hadir terintegrasi dalam satu platform tanpa harus keluar masuk beragam aplikasi yang berbeda. Konsep One Stop Solution yang diusung SeOn ditujukan agar interaksi guru dan siswa atau antar siswa tetap optimal walaupun kegiatan pembelajaran diselenggarakan secara online

Saat ini ketiga anak saya juga menggunakan LMS di sekolah masing-masing. Konsep yang kurang lebih sama yang dihadirkan SeOn. Sejenak mengeksplore tampilan SeOn, anak sulung saya berkomentar kalau fitur-fitur SeOn tampak lebih simpel, mudah diikuti, dan lebih eye catching.

Memang nama fitur serta fungsi pada aplikasi SeOn dibuat khas seperti yang biasa ditemukan di sekolahan secara offline. Ini membuat susunan fitur SeOn sangat mudah digunakan agar guru, murid, dan orang tua. Pada akhirnya mereka menjadi lebih mudah beradaptasi dan terasa "familiar".

Selain itu yang mungkin berbeda dari paltform sejenis adalah  konsep tampilan dalam platform SeOn dibuat seperti tampilan social media. Dengan konsep ini diharapkan selain memudahkan bagi pengguna terutama para murid, juga dapat membuat mereka merasa lebih fun dan nyaman serasa bermain social media. PJJ yang terasa menjenuhkan bisa membuat mereka tetap bersemangat dan menikmati keseruan belajar daring.

Berikut tampilan halaman utama dan halaman kelas dari aplikasi SeOn. Terlihat familiar bukan? Iyes, seperti tengah membuka akun social media ya. Kalau kita lihat di pojok kanan atas, ada menu notifikasi dan juga profile akun yang juga didesain menyerupai akun media sosial. Untuk Tampilan kelas juga didesain seperti ruang kelas nyata di mana bagian-bagiannya merupakan duplikasi yang biasa kita temui di kelas atau sekolah  yang real.


solusi-manajemen-sekolah-seon

seon-solusi-manajemen-sekolah

Beragam fitur lainnya melengkapi platform dengan konsep One Stop Solution ini, di mana tidak hanya ditujukan untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar secara daring namun juga merupakan sistem informasi sekolah yang terintegrasi. Tentu saja ini akan sangat membantu pengelola sekolah dan sekaligus orang tua dalam proses belajar online ini.

Sekian banyak fitur keren yang lengkap mempermudah semua stakholders dalam kegiatan belajar mengajar. Beberapa di antaranya adalah adanya fitur live meeting yang dapat digunakan untuk kegiatan tatap muka via online antara guru, murid atau orangtua tanpa harus menggunakan aplikasi yang lain. Fitur Dapodik atau Data Pokok Pendidikan juga tersedia yang merupakan form data base sesuai Dapodik Kemendikud.

Untuk administrasi sekolah seperti permohonan izin bagi siswa dan guru juga tersedia fitur tersendiri di SeOn. Fitur perpustakaan merupakan salah satu inovasi yang keren menurut saya karena di sini bisa dilakukan upload dan download dokumen, audio, dan video terkait berbagai materi pelajaran siswa. Bahkan untuk urusan administrasi pembayaran sekolah tersedia fitur "payment gateway" tempat tagihan, pembayaran, dan rekap biaya pendidikan. Wow banget kan?

Selengkapnya berikut gambaran fitur-fitur dalam aplikasi SeOn yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak sekolah, guru, siswa dan orang tua:

seon-sistem-informasi-sekolah


Yang tidak kalah seru, fitur pengembangan berupa ‘SeOn Connected’. Fitur ini akan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk terkoneksi dengan jutaan siswa lainnya. Wah bisa dibaangkan gimana serunya saat jutaan Indonesia dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi tentang pelajaran dan pengembangan diri mereka melalui platform belajar mereka. Inovatif banget ya.


Keunggulan SeOn

Sebagai aplikasi sekolah berbasis web, SeOn menghadirkan beberapa keunggulan yang menjadikannya kompetitif dan mampu bersaing dengan beragam aplikasi sekolah lain. Pertimbanagn ini dapat menjadi alasan mengapa sekolah memilih SeOn untuk membantu proses manajemen pembelajaran. Apa saja keunggulannya?

seon-sistem-manajemen-sekolah


  • GRATIS, Sekolah dapat menggunakan fitur-fitur di SeOn tanpa mengeluarkan biaya.
  • Branding sekolah. Alamat website menggunakan nama sekolah, contoh: www.namasekolah.com 
  • Multiuser. Dapat di askes secara bersamaan baik oleh admin sekolah, pengajar, konselor BK, siswa, pengurus Eskul hingga orangtua.
  • Easy & Simple. Di desain agar mudah dipergunakan untuk semua yang terlibat di sekolah, semudah bermain social media.
  • Multi Akses. Dapat di askes menggunakan berbagai Desktop PC, Laptop dan Smartphone dimana saja kapan saja sepanjang ada koneksi internet.
  • One Stop Solution. Fitur lebih lengkap untuk mendukung kebutuhan KBM dan sistem informasi sekolah dalam satu aplikasi. 
  • Parental Supervision. Dengan akun khusus, orangtua dapat memantau proses pendidikan putra/i-nya dengan mudah, cepat dan realtime.
  • Up to Date. Fitur-fiturnya terus dikembangkan, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan regulasi Kemendikbud.
  • High Security. Sekolah tersimpan di tempat yang aman dengan server khusus yang dilengkapi sistem backup periodik.
  • Anti Down. Kapasitas server untuk setiap sekolah di sesuaikan dengan jumlah user/pengguna sehingga dapat meminimalisir terjadinya server down.

Manfaat SeOn

Sedemikian lengkap fitur SeOn dengan berbagai keunggulannya, tentu saja karena SeOn menghadirkan banyak sekali manfaat bagi stakeholder di bidang pendidikan. Bagi pihak sekolah,  SeOn merupakan sarana untuk  meningkatkan brand value sebagai sekolah yang menerapkan teknologi 4.0. Secara tidak langsung terjadi efisiensi pelayanan di sekolah karena paperless dan  hemat biaya ATK. Database sekolah menjadi lebih rapi, mudah di akses dan aman. Sekolah juga mudah berkomunikasi dengan pihak orangtua. bahkan SeOn Memudahkan pelaporan administrasi sekolah ke Dinas Pendidikan.


Manfaat menggunakan SeOn bagi para pendidik tentunya akan membantu mengajar menjadi lebih mudah dengan live video tanpa keluar platform. Otomatis juga lebih mudah memberikan tugas atau ujian kepada siswa. Penilaian juga dapat dilakukan otomatis sehingga tugas dan ujian sehingga lebih mudah dan cepat terdistribusi kepada siswa. 

Untuk melakukan Input/rekap RPP dan silabus, para guru dapat melakukannya secara secara langsung dalam aplikasi SeOn ini. Presensi siswa lebih cepat dan mudah, gak perlu repot mengingatkan secara japri atau broadcast secara manual lewat aplikasi lain. Dan tentu saja menggunakan SeOn menjadi lebih mudah dan realtime dalam menyampaikan informasi kepada siswa.

Sebaliknya bagi para siswa, dengan SeOn  belajar online menjadi lebih menyenangkan, informasi lebih cepat di akses karena akses mudah dan dilengkapi fitur yang tampilannya serasa social media. Bahkan dapat dilakukan personalisasi akun seperti di social media. Untuk komunikasi dengan guru juga lebih mudah karena bisa langsung dilakukan tanpa keluar masuk platform. 

sistem-informasi-sekolah-seon


Untuk keperluan bimbingan konseling dengan guru BK, siswa dapat melakukannya melalui virtual konseling secara pribadi dengan aplikasi SeOn. Yang tak kalah seru para siswa bisa membuat grup realtime chat dan forum virtual antar siswa  untuk sharing berbagai hal termasuk untuk komunitas eskul.

Adapun manfaat bagi orang tua, penggunaan SeOn dapat memantau proses pendidikan anak secara real time; mudah berkomunikasi dengan guru; dapat mengetahui teman sekelas anak lengkap dengan nomor handphonenya; informasi dari sekolah bisa lebih cepat dan lebih mudah di akses; dan tentu saja mudah melakukan transaksi pembayaran biaya pendidikan tanpa harus datang ke sekolah.

Bagaimana agar Sekolah bisa Menggunakan SeOn?

Last but not least setelah gambaran mengenai SeOn, fitur, keunggulan, dan manfaatnya. Ada kabar gemira untuk semua pengelola sekolah, tenaga pendidik, atau orang tua yang concern dengan sistem pembelajaran anaknya di sekolah yang mungkin belum maksimal untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan SeOn di sekolah masing-masing secara GRATIS. 

Iya GRATIS! SeOn Gratis tanpa batasan waktu. Sekolah dapat terus menggunakan SeOn secara Gratis dan mendapatkan update pengembangan fitur.

Gimana caranya? Langsung Hubungi SeOn di contact info yang akan saya share di akhir postingan ini ya. Sekolah hanya perlu mengirim daftar nama siswa, NISN dan daftar nama guru. Selanjutnya Tim SeOn akan membantu proses setup SeOn sampai dapat digunakan. Proses setup memerlukan waktu 3-7 hari kerja. 

Lalu gimana cara menggunakannya? Para administrator sekolah dan guru-guru belum tahu familiar dengan aplikasi ini. Jangan khawatir. Tim SeOn dapat memberikan In House Training kepada guru-guru di sekolah yang mengajukan penggunaan SeON. Untuk wilayah Bandung Raya tidak ada pungutan biaya. Khusus untuk sekolah yang berada diluar Bandung Raya, maka transportasi dan akomodasi Tim SeOn ditanggung oleh pihak sekolah. 

Jadi jangan tunggu lebih lama, silahkan hubungi langsung ya ke SeOn.

Head Office :

Setiabudi Regency Bandung

Jl. Zamrud I No.193i Bdg, Jawa Barat

Telp. 022-42826546 

Email. info@seonindonesia.com

 

Branch Office :

Jl. Pasir huni I No.3 Bandung

Jika ada kesulitan teknis, Silahkan menghubungi Helpdesk SeOn di nomor +62 821-1143-0803 (whatsapp only). Untuk akun IG SeOn bisa dihubungi di @seonindonesia ya.  Nah kalau membutuhkan tutorial juga bisa diakses melalui chanel Youtube mereka di Sekolahan Online. 

Semoga bermanfaat...

Semoga SeOn semakin banyak membantu sekolah-sekolah di Nusantara. Semakin luas SeOn menjangkau berbagai sekolah di pelosok negeri, semakin baik untuk pendidikan Indonesia ke depan. Semangat untuk pendidikan yang lebih baik bagi seluruh anak negeri. Semangat, InsyaAllah Bersama Kita Bisa. 

42 comments

  1. Semoga dengan Seon bisa meringankan sekolah-sekolah ya. School Management System mereka memang disiapkan untuk membantu belajar jarak jauh. Dengan sistem ini sepertinya bisa mengurangi beberapa kesulitan selama anak-anak belajar dari rumah

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu sekali Seon ini, anggaran pun bisa terpangkas hanya sedikit apalagi yg anggaran atk. Selain itu mendukung pendidikan yg katanya memasuki era 4.0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu manfaatnya bisa terasa oleh lembaga sekolah, guru, ortu, dan siswanya sendiri bahwa sangat membantu pendidikan yg berbasis digital

      Delete
  3. SeOn memudahkan murid, guru dan orang tua. Semua fitur terintegrasi dalam satu sistem. Jadi tidak merepotkan nih. Kalo smua sekolah pake ini kan jadi aman damai orang tua membimbing anak belajar daring

    ReplyDelete
  4. AKu masih belum bisa membayangkan "jutaan anak terkoneksi" di jaringan SeON ini sih, kebayangnya FB jaman baheula mungkin ya, pastinya sih riweuuuuh

    berarti ini rada mirip penggunaannya dengan FB?

    ReplyDelete
  5. fitur nya lengkap ya mbak
    lalu bisa saling terintegrasi ya mbak
    pas banget buat sekolah daring seperti saat ini ya

    ReplyDelete
  6. Fitur seperti ini memang sangat useful di era pandemi ini. Apalagi keunggulannya banyak, mudah diaplikasikan dan dapat diintegrasikan untuk sekolah, guru, murid dan pihak-pihak terkait. Top deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seon ini sangat membantu semua pihak ya mbak, klo ada seon belajar daring anti darting y

      Delete
  7. Keren ya mba. Seon ini produk lokal soalnya ya. Manfaatnya banyak banget buat pihak sekolah, guru, siswa dan kita sebagai orang tua. Semoga banyak sekolah dan orang tua yang tahu tentang sistem informasi sekolah dari SEON ini. Apalagi gratis

    ReplyDelete
  8. Fiturnya lengkap ya ada tatap muka, folder pengumpulan tugas dan nilai, jadi satu aplikasi untuk semua proses belajar online nggak usah pindah aplikasi lain..keren nih SEON..semoga makin banyak sekoalh yang pakai ya...

    ReplyDelete
  9. Sekolah online jadi lebih mudah dengan SeOn Indonesia semua ada dalam 1 platform ya jadi gak ribet buka banyak aplikasi

    ReplyDelete
  10. Keren banget sih ini inovasinya... Bikin tenang ibu-ibu. Pengen ngerekomendasiin ini ke sekolah ah.. Bener2 gratis semua kan?

    ReplyDelete
  11. Keren ya, awalnya ku pikir lembaga sekolah tapi yang online doang eh ternyata aplikasi berbasis online untuk sekolah dari yang udah tersistem gitu ya, jadi sistem kerjanya emang sesuai kebutuhan dan aktifitas di sekolah karena ada absensi segala

    ReplyDelete
  12. Kalo modelnya kayak bermain sosmed bakal betah anak-anak Mbak bearda depan komputer.

    ReplyDelete
  13. Fitur yang ada di SeOn lengkap juga, manteep! Bermanfaat bagi semua pihak, pihak sekolah, murid dan guru. Dan juga bisa memudahkan untuk koordinasi karena semua fasilitas ada dalam satu platform, ya ...

    ReplyDelete
  14. SeOn bner-bener mirip sekolah yaa...tapi dalam wujud online.
    Unik banget aplikasinya. Dan pasti memudahkan baik guru maupun siswa juga orangtua ketika menggunakannya.

    ReplyDelete
  15. Semoga membantu sistem pendidikan yang mau nggak mau mesti online ini ya mba. Selama ini, di sekolah anakku make google classroom...tp klo kemudian ada aplikasi serupa yang hadir ..paling tidak semakin banyak pilihan, tinggal make mana yang lebih nyaman..

    ReplyDelete
  16. SeOn membantu banget nih untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Jadi memudahkan pihak sekolah mengatur sistem pembelajaran online mereka

    ReplyDelete
  17. Semoga makin banyak yang pakai seon ya mak jadi bikin enak ortu dan siswa transparansi kegiatan sekolah dan nilai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sekolah anakku kapan ya kita-kira bisa pakai seon biar ortu ga bingung cek cek nilai dll. Mudahin administrasi sekolah banget

      Delete
  18. Sekolah anak saya masih belum tertara nih pengelolaan belajar onlinenya, padahal udah 9 bulan ya... Semoga bisa lebih rapi menggunakan seon...

    ReplyDelete
  19. Kelengkapan fitur SeON ini membuat aku jadi ngeri ngeri sedap Ophi,
    inget gak sih, dulu ada komik Arad dan Maya yang menyebutkan bahwa di masa yad semua manusia hanya duduk manis di kursinya dengan layar komputer segede gaban di hadapannya?

    ReplyDelete
  20. Kepala sekolah dan para guru terwajib siih untuk kenal lebih dalam seputar Seon
    karena ini bisa jadi solusi jitu untuk proses belajar mengajar yaaa
    ortu juga lebih mudah dalam memantau perkembangan KBM anak

    ReplyDelete
  21. Menurutku, SeOn memang salah satu solusi buat PJJ ini. Gak tahu kan, Januari tetap tatap muka atau diperpanjang lagi daringnya. Fitur SeOn juga lumayan lengkap. Jadi pasti sangat membantu banyak orang

    ReplyDelete
  22. Seru nih ada sistem belajar online yang all in one ya, tidak perlu unduh berbagai aplikasi..lebih praktis dan hemat kuota..

    ReplyDelete
  23. Fitur lengkap plus penggunaan mudah.
    SeOn benar-benar menjadi solusi PJJ untuk sekolah anak-anak kini.

    ReplyDelete
  24. karena ga perlu instal aplikasi jadi lebih memudahkan banget ya mba buat membantu sekolah, orang tua guru dan murid. Programnya gratis sayang banget ya kalau tidak dimanfaatkan

    ReplyDelete
  25. Fitur-fiturnya beneran mirip sekolah beneran yah. Ada halaman sekolah, ruang gurunya, guru BK, lengkap banget nih dalam satu platform

    ReplyDelete
  26. belajar daring di tengah pandemi.nih emang perlu banget mengandalkan aplikasi yaaa.. mau ga mau memang kita semua belajar via aplikasi kaaan.. Kayanya SeOn ini emang cocok untuk digunakan sekolah di masa pandemi dan belajar daring ini yaaa

    ReplyDelete
  27. Well integrated ya mba jadinya kalau bisa dalam satu sistem gini. Apalagi aksesnya langsung via web, ga perlu repot instal ini itu yang kadang memberatkan device.

    ReplyDelete
  28. Pembelajaran daring akan sangat mudah tersampaikan dengan SeOn ini ya teh. Semoga semakin banyak yg pakai ya

    ReplyDelete
  29. Wah Seon ini perlu diperkenalkan lebih luas lagi sih ke sekolah-sekolah. Selain mempermudah proses belajar mengajar, orang tua juga bisa memantau progress pembelajaran anak-anaknya dengan lebih efektif. Cocok banget buat dicoba!

    ReplyDelete
  30. Kehadiran aplikasi SeOn di masa pembelajaran jarak jauh seperti ini bagai angin segar di musim kemarau. Soalnya pas banget kan mbak, jadi guru dan orang tua bisa memantau perkembangan belajar anak. Apalagi aplikasinya gratis dan multi user. Semoga makin banyak sekolah yang pakai aplikasi SeOn ya.

    ReplyDelete
  31. Nah, aplikasi SEON ini dibutuhkan bangrt selama masa pandemi untuk kelancaran anak belajar daring. Mana gratis pla yak mak?

    ReplyDelete
  32. Nah, aplikasi SEON ini dibutuhkan bangrt selama masa pandemi untuk kelancaran anak belajar daring. Mana gratis pla yak mak?

    ReplyDelete
  33. Nah, aplikasi SEON ini dibutuhkan bangrt selama masa pandemi untuk kelancaran anak belajar daring. Mana gratis pla yak mak?

    ReplyDelete
  34. Nah, aplikasi SEON ini dibutuhkan bangrt selama masa pandemi untuk kelancaran anak belajar daring. Mana gratis pla yak mak?

    ReplyDelete
  35. Wah, SeOn itu literally Sekolah Online, yaa.. Ada ruang guru, ruang kelas, ruang TU, perpustakaan segala. Takjub euy, apalagi bisa free gitu. Semoga seluruh sekolah di Indonesia bisa segera menggunakan aplikasi ini, supaya orang tua, guru dan murid ngga pusing-pusing lagi.

    ReplyDelete
  36. Mengolah manajemen sekolah dalam satu platform begini, memang tampak lebih praktis ya mbak. dan efisien tentunya

    ReplyDelete
  37. Seon ini solusi sih belajar PJJ online seperti sekarang. Tapi apa mungkin sekolah anakku pakai seon ini ya.

    ReplyDelete
  38. Wahh semoga jadi inovasi yang solutif ya utk membantu sekolah sekolah dalam memberikan pembimbingan kepada anak anak kita terutama selama pjj ini...
    Sekolah dan guru menjadi lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran dan anak anak pun lebih nyaman dan mudah memahami pembelajaran yang diberikan karena tetap dapat bertatap muka ya..walau secara daring...

    Wahh... mudah mudahan sekolahnya anak anak sudah menggunakannya... Sehingga semester depan apabila masih pjj akan lebih mudah mengikuti pembelajaran... Aamiin...

    ReplyDelete
  39. Aplikasi super keren, simpel sekaligus memiliki tampilan menarik. SEON benar- benar aplikasi yang cocok untuk pembelajaran jarak jauh. Apalagi dengan konsep yang sosial media yang tidak membuat jenuh anak saat belajar sangat sayang sekali jika aplikasi seperti ini tidak dimanfaatkan. Dan dengan segudang kelebihan aplikasi ini bisa diakses secara gratis, SEON memang benar-benar mantap sih. Semoga sukses selalu untuk yang membuat aplikasinya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.