Tips Memilih Meja Makan Minimalis Untuk Keluarga Kecil

“You have creative control in this life: Choose Love over fear, Choose Hope over despair.”

― Happy Goddess 

Kenangan Pada Sepotong Kehangatan di Meja Makan

Ngobrol soal momen makan bersama membuat saya suka terharu. Teringat memori manis yang tanpa sengaja telah disematkan oleh Almarhum Bapa saya. Menetap pada ingatan masa kecil hingga remaja sebelum akhirnya pergi dari rumah menjadi perantau di ibu kota untuk kuliah, lalu bekerja, dan akhirnya membentuk keluarga sendiri. 



Iya, selain kebiasaan sholat berjamaah yang memberikan kenangan indah yang kemudian menginspirasiku untuk mewarisinya sebagai kebiasaan baik di rumahku sendiri. Momen di meja makan juga jadi kenangan lain yang menginspirasiku untuk mengadaptasinya di keluarga kecil kami. Momen makan, ngobrol, curhat, dan -ini itu -di meja makan rumah orang tua saya dulu. Bapa mewajibkan dan membiasakan kami makan bersama-sama, sesering kami bisa. Tidak harus dengan menu istimewa. Ia tidak suka makan sendiri rupanya. Lebi berkah makan bersama meski seadanya.

Sebagai orang tua yang dua-duanya bekerja, momen kebersamaan bersama anak-anak menjadi catatan penting bagi kami. Quality time merupakan momen yang harus dikondisikan karena kesibukan kadang menyitanya dari kami. Nah momen makan bersama menjadi salah satu cara saya untuk mengeratkan bonding dan menghangatkan komunikasi di keluarga kecil kami. Terinspirasi dari momen masa lalu di keluarga saya.

Dulu saat belum pandemi dan kami berdua harus bekerja di kantor. Momen makan dan ritual pelengkap lainnya hanya bisa rutin kami lalukan di jam makan malam. Dengan catatan kami tidak pulang telat. Nah setahun belakangan sejak pandemi dan kami punya jadwal work from home, kami jadi bisa lebih sering menghabiskan waktu makan bersama di rumah. Alhamdulillah ada hikmahnya juga ya pandemi ini. 

Saat makan bersama ini juga jadi ajang curhat, bercanda, dan bercengkrama. Terlebih anak-anak mulai beranjak usia. Mereka tanpa terasa memasuki usia pra remaja dan remaja. Mereka jadi lebih ekspresif. Momen kumpul bareng saat makan jadi momen favorit untuk banyak "saling" bicara. 

Saya dan ayahnya sepakat, lebih banyak menjadi pendengar di momen ini. Ternyata kadang ga ada habisnya objek perbincangan saat makan. Makan sudah selesai ngobrolnya belum kelar. Hmm anak-anak saya sangat suka bicara rupanya. Mereka type verbal yang mengungkapkan segala sesuatu dengan kata. Gak ada yang pendiam macam ibunya kayaknya, Uhukkk! pendiam dari Hongkong :D

Keseruan, kehangatan, kebahagiaan di momen makan bersama menjadi alasan untuk memperhatikan ruang makan dan meja makan yang nyaman dan bikin betah. Well ruang makan di rumah tidak terlalu luas. Karena memang rumahku  type rumah minimalis. Huss jangan bilang sempit dung. Nah bagaimana memilih meja makan yang tepat sesuai dengan kondisi rumah minimalis agar bisa membuat sesi makan plus ngobrol kami makin nyaman dan hangat.

Tips Memilih Meja Makan Minimalis 




  • Ukur ruang makan

Yang paling pertama kita harus pastikan berapa luas ruang makan. Tampak sepele tapi ini relevan banget, karena salah ukur luas ruangan bahkan bisa membuat meja makan set yang kita sudah beli tidak bisa kita gunakan sebagaimana mestinya karena ternyata misalnya menjadi sangat sempit. Nah sayang kan?

Ruang makan di rumah minimalis biasanya memang tidak terlalu luas. Bahkan banyak yang secara fungsional menggabungkan ruang makannya dengan dapur bersih misalnya. Jangan khawatir karena model meja makan minimalis bisa menjadi pilihan sesuai luas ruang makan.

  • Hitung jumlah keluarga utama

Ini juga penting, mengingat fungsi meja makan adalah tempat berkumpul seluruh anggota keluarga untuk makan. Pastikan model meja dan jumlah kursi cukup untuk seluruh anggota keluarga. Untuk keluarga kecil tentu saja jumlah kursi dan bentuk meja makan bisa lebih fleksibel ya.

  • Pilih Model Minimalis

Model minimalis rasanya seperti solusi bagi rumah minimalis keluarga kecil. Nilai estetika model minimalis di ruang makan dapat memberikan kesan luas dan bersih untuk dinikmati makan bersama keluarga dan tamu. Model minimalis juga sangat bervariatif dan kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

  • Pilih bahan yang kuat

Bahan yang kuat membuat furniture kita menjadi lebih awet dan lebih panjang usianya. Bahan yang kuat juga menjadi pertimbangan karena fungsi meja makan menopang menu makanan dan kegiatan makan kita setiap hari, 2-3 kali sehari.

  • Harga Ekonomis Untuk Kualitas Yang Baik

Susah susah gampang sih poin yang ini. Tapi mengingat kondisi perekonomian nasional dan global sedang mengalami menurunan, Ciyaa apaan sih? wajar kok kalau kita mempertimbangkan komponen harga dengan sangat cermat. Yah memang harus lebih telaten sih untuk mendapatkan harga yang ekonomis untuk kualitas furniture yang baik.  Semangat Gais... nanti saya kasih contekan yaa. Baca saja postingan saya sampai selesai. Karena banyak info bermanfaat soal ini di bagian selanjutnya. :D

  • Kayu atau non kayu?

Ini perlu jadi perhatian karena dalam kasus saya misalnya, saya akan lebih memilih bahan non kayu ketimbang bahan kayu. Kenapa? karena kebetulan di rumah saya rawan rayap sehingga hampir semua furniture berbahan kayu di rumah saya habis oleh rayap.  Maka saya lebih prefer menggunakan atau memilih bahan non kayu untuk meja makan. Ada banyak pilihan bahan non kayu yang ciamik bahkan dengan tetap memiliki aksen kayu meski bukan berbahan kayu. 

Review Meja Makan dari iCreate.id

Kenapa ke Toko Furniture Online? Karena kondisi saat ini kita memang harus mengurangi kerumunan fisik dan tempat umum. So, belanja furniture secara online masih jadi pilihan paling rasional. Well, kalau mau datang ke showroom mereka bisa juga sih, tapi perhatikan protokol kesehatan tentunya.  Jangan khawatir karena meskipun secara online deskripsi barang biasanya diberikan secara jelas dan detail jadi kita bisa memilihnya tanpa khawatir salah pilih. Jangan lupa tips dari saya sebelumnya ya.

Oh iya berikut ini beberapa model meja makan minimalis yang bisa jadi pilihan untuk melengkapi ruang makanmu dan menjadi tempat favorit menghangatkan keluarga. Model-model ini merupakan model yang bisa dipesan secara online di salah satu toko furniture online iCreate.id. Iyes, ini hanya beberapa karena mereka memang punya banyak sekali koleksi meja makan.

  • Model Meja Makan Bundar

Meja makan bundar tidak memiliki sudut sehingga umumnya memiliki tapak yang lebih kecil dari pada persegi atau persegi panjang sehingga cocok untuk ruangan yang lebih kecil. Meja makan bundar juga cenderung memuat lebih banyak orang saat kita memiliki tamu tambahan. Hmm atau jumlah anggota keluarga yang ganjil? Karena kursi meja makan yang persegi atau persegi panjang biasanya memiliki kursi genap.

Ada beberapa produk meja makan bundar  yang bisa jadi pilihan.  

  • Munchen Motif Marmer

Meja makan ini berbentuk bulat dengan diameter 110 cm dan tinggi 76 cm. Memiliki 3 kaki dari besi yang dilapis cat powder coating sehingga memberi kesan minimalis pada ruangan kita. Daun meja menggunakan kayu MDF yang diberi finishing motif marmer yang mewah. 

Hmm untuk tampilan semewah itu, harganya di kisaran satu jutaan aja lho. Gak percaya. Makanya buruan cuss order karena memang lagi diskon banyak nih.  Cukup siapkan RP. 1,499,000  untuk meja kece ini. Diskon besar-besar dari harga sebelumnya RP. 2,399,000.

sumber gambar: iCreate.id



  • Nurnberg 

Meja makan ini berbentuk lingkaran dengan warna putih bagian atas dan cokelat bagian bawah berdiameter 90 cm dengan tinggi 72 cm. Desainnya simple dan elegant. Looks classy karena top table berbahan MDF dengan finishing HPL  dan kaki menggunakan solid beech wood yang mengusung gaya skandinavia yang tidak akan ketinggalan jaman. 

sumber gambar: iCreate.id



Dengan ketebalan lapisan cat sekitar 16mm agar lebih tahan terhadap goresan penggunaan sehari-hari, meja ini tidak gampang kotor dan mudah dibersihkan.  Bagian atas meja anti korosi, mudah dibersihkan. Kaki meja modern dan kokoh karena terbuat dari kayu solid beech wood dengan tekstur bening dan rapi dikombinasikan dengan desain Eiffel yang terinspirasi dari abad pertengahan modern.

Well, model meja ini juga bisa dibilang smart design. Ada 4 buah bantalan kaki tahan aus untuk mencegah lantai menggaruk dan meredam kebisingan. Sekrup tersembunyi tertanam yang mempercantik dan menghindarkan kaki kita dari benturan saat duduk.  Nilai plusnya meja ini sangat fleksible dan multi fungsi. Jadi bisa dimanfaatkan sebagai meja kopi, meja kerja, bahkan untuk bersantai di teras atau taman  di rumah. 

Untuk model sedemikian bagus kita bisa mendapatkannya dengan harga dibawah 1 juta lho. Iyes ada diskon dari  RP. 1,299,000 menjadi RP. 949,000. Wajar kalo Nurberg menjadi salah satu yang terfavorit dan best seller.

  • Vanda Dark Grey/White

Nah yang ini saya review karena diskonnya lumayan banget. Harga semula RP. 3,599,000 diskon jadi RP. 1,999,000 aja. Vanda terbuat dari bahan pilihan seperti besi dengan kombinasi MDF yang kokoh. Panjang dan lebar 100 cm dengan tinggi 75 cm. Sentuhan warna putih membuat kesan cantik dan elegan di ruang makan minimalis kita.

sumber gambar: iCreate.id


  • Hamburg
Untuk yang masih punya anak kecil, meja ini bisa jadi pilihan. Material tempered glass membuat meja ini mudah dibersihkan. Meja dengan finishing powder coating coat ini berukuran 100 cm x 7 cm bisa dipasangkan dengan 4 kursi. Harganya juga cukup terjangkau. Cukup dengan RP. 1,159,000  dari harga semula RP. 1,699,000, kita bisa memiliki meja cantik ini di rumah.

sumber gambar: iCreate.id

  • Model Meja Makan Extendable


Selain model meja bulat, kita bisa memilih model extendable. Selain bisa disesuaikan dengan luas ruangan, meja ini juga serba guna dan mudah diatur dengan tempat duduknya. Saat membutuhkan meja yang agak luas untuk menerima tamu,  pesta makan malam, makan untuk perayaan bisa dilebarkan dan untuk makan sehari-hari bisa dipendekkan. Sangat fleksibel dan multi fungsi.

  • Waldenburg Motif Marmer
Motif marmer menjadi daya tarik tersendiri dan memberikan kesan mewah dan cantik. Garis-garis yang bersih pada motif ini membuatnya nyaman dipandang. Kesan dan penampilan yang ramping. Saat dipendekkan bisa untuk 4 kursi, jika butuh kursi ekstra cukup tarik daun ekstensi bawaan sehingga bisa memberi ruang lebih untuk kursi tambahan terutama saat ada tamu.

sumber gambar: iCreate.id



Harganya pun masih affordable untuk model sepraktis dan semewah ini. Meja ini dibandrol dengan harga RP. 4,899,000. Sstt tapi kita cukup keluarkan RP. 3,399,000  saja karena ada promo dan diskon saat ini. Worth to buy untuk meja dengan dimensi 160-200 cm x 90 cm x 76 cm berbahan material MDF Top dengan paper dan white powder coating metal tube. Design yang sederhana justu membuat meja makan minimalis ini sangat menarik. Dengan desain modern bisa dipasangkan dengan 4 hingga 6 kursi. 

sumber gambar: iCreate.id

Jadi mau pilih model meja makan yang mana nih? share ya di kolom komentar. Saya penasaran dengan pilihanmu. :)


29 comments

  1. Betul hebat sekali meja makan minimalis ini sangat bagus untuk keluarga kecil jaga bonding sekaligus tempat yang space kecil pun bias digunakan.

    ReplyDelete
  2. Saya jadi kepikiran meja makan yang minimalis ini, karena meja makan saya saat ini besar dan sama sekali gak minimalis, karena banya barang di atasnya. Cakep dan bersih gitu keliatannya kalau minimalis

    ReplyDelete
  3. Meja makan minimalis selain ukurannya tidak memenuhi ruang pasti mudah dibersihkan ya mbak jadi kepikiran mau punya meja minimalis juga

    ReplyDelete
  4. meja makan emang sesuatu ya?
    Karena itu cuma meja makan yang saya beli, yang lainnya lungsuran dari emak :D :D
    Meja makan saya pakai eksperimen masakaan/baking,ngeblog, baca novel, termasuk makan bareng keluarga tentunya ^^

    ReplyDelete
  5. ya ampun kayanya emang lagi jaman ya yang serba minimalis gini.. apalagi brang2 yg hampir tiap hari kita pakai, yakni meja hihu

    ReplyDelete
  6. bagus ya design meja makan minimalis ini, kalau ruang makan saya sama sih gak terlalu besar juga dan terbuka dengan ruang keluarga dan ruang tamu juga.

    ReplyDelete
  7. desain dari i create sedehana ya mbak. Cocok untuk kumpul bersama keluarga. Semoga i create bisa ada juga di Jawa Timur nih tentu saya akan kesana untuk melihat-lihat desainnya yg menarik

    ReplyDelete
  8. Ada yang bisa dilipat-lipat gitu nggak mbak mejanya, biar hemat space penyimpanan?

    ReplyDelete
  9. aku pun menyukai design furniture dengan gaya minimalis. Referensi pada artikel ini, bisa jadiin pilihan bagi kamu yg lg nyari meja makan

    ReplyDelete
  10. Modelnya cakep2 ya. minimalis klasik gitu. Suka deh. Diskonnya juga menggiurkan, masalahnya ntar ongkos kirimnya gimana ya kak. Rumahku di kampung soalnya. Yang bikin kendala kalau belanja online tuh pasti ongkos kirim.

    ReplyDelete
  11. makan bersama memang jadi salah satu waktu meningkatkan bonding antara anggota keluarga ya mbak
    apalagi klo bisa makan bersama di meja makan secantii itu..
    desain minimalis emang selalu tampak cantik ya mbak

    ReplyDelete
  12. Ukuran ruang makan memang jadi faktor utama juga sebelum memiliki meja makan, jadi bisa disesuaikan agar nggak kelihatan sempit

    ReplyDelete
  13. Cakep-cakep rekomendasi mejanya kak. Cocok banget untuk yang mau hidup minimalis ya kak.

    ReplyDelete
  14. Bagus-bagus sekali yaaa memang meja makan minimalis buatan iCreate plus lagi buanyaaaak promo nih yaaaa, cusss ahhhh beli

    ReplyDelete
  15. Meja makan di rumah tidak ke pakai hanya buat taruh magic jat doang. Pas baca dan lihat berbagai bentuk bahan meja makan yang bisa melengkapi kebutuhan dapur.

    ReplyDelete
  16. Sepertinya saya pilih yang model Hamburg mba, selain minimalis, juga cocok karena saya masih punya anak kecil yang suka sekali numpahin minuman atau apapun di atas meja. Jadi, mudah dibersihkan selain itu coock buat meja kerja sih.

    ReplyDelete
  17. Saya suka yang motif-motif marmer. Cantik banget. Kesannya seger tapi tetap hangat. Saya pecinta obrolan di meja makan juga mba. Menurut saya, obrolan meja makan itu salah satu yang mempererat hubungan keluarga.

    ReplyDelete
  18. Pengen punya meja makan yang marmer. Mewah gitu.. Tapi aku bisa gak ya ngerawatnya, takut kena noda hehehe

    ReplyDelete
  19. Harus mulai nabung buat meja kursi buat ngupi di teras samping. Model-modelnya cocok banget buat ngopi sambil liatin pohon dan ngobrol-ngobrol sama keluarga.

    ReplyDelete
  20. Mupeng ahhh sama desain2 mejanya. Kece dan elegan banget. Duhhh inginnn... 🤤🤤🤤🤤

    ReplyDelete
  21. Di rumahku nggak ada meja makan. Kalau makan pada di depan TV. Yang sebenarnya kebiasaan yang kurang bagus. Resolusi tahun depan jadi pengin punya meja makan. Apalagi yang minimalis kayak gini.

    ReplyDelete
  22. semuanya aku sukaaaaa,, cita cita kalau udah punya rumah sendiri pengen punya meja makan yang minimalis namun cantik :) semoga ke depannya segara terkabul, liat postingan mba jadi ingin cepat cepat punya. Karena saya tipe yang menjadikan ruang makan sebagai jantung rumah.

    ReplyDelete
  23. Meja makannya cute banget ya. Sekarang furnitur disesuaikan juga dengan desain rumah yang kebanyakan minimalis dan simpel

    ReplyDelete
  24. Betul juga ya kayu atau non kayu harus disesuaikan dengan lingkungan masing-masing dan sepakat banget soal mengukur ruang makan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  25. Wah meja makan emang penting bgt. Momen kebersamaan yg tak akan bisa terlupakan deh pokonya. Jadi inget almarhum ayah saya juga nih. Ngumpul di meja makan terutama saat buka puasa, masya Allah indah bgt.

    ReplyDelete
  26. meja di ruang makan jadi tempat sakral berkumpul saat makan dan saat beraktivitas ya mbak ophi. Kenangan masa kecilnya indah sekali, senang sekali membaca ceritanya.

    ReplyDelete
  27. Kalo aku lebih suka yang model minimalis dengan 4 kursi mbak. Warna putih dan abu-abu itu suka banget. Wah ternyata di iCreate banyak ya pilihannya

    ReplyDelete
  28. Meja-mejanya kece semua nih, jadi pengen beli, kebetulan perlu meja tambahan di rumah.

    ReplyDelete
  29. Penting banget ini buat keluarga bisa ngumpul
    apalagi bentar lagi puasa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.