[Review] Scarlett Whitening Facial Wash & Acne Serum

Sahabat Mom of Trio, apa kabarnya? sehat-sehat semua ya?

Siapa pemilik kulit acne prone skin yang kebetulan cenderung berminyak kayak aku yang sejak pandemi harus ekstra perawatan wajah menghadapi Maskne? Semangat yaaks...  Emang sih jadi double concern nih karena pemakaian masker memang jadi pemicu banget jerawat kita mudah muncul terutama di sekitar mulut dan hidung. Kejadian banget sih sama aku.



Acne prone skin: suatu kondisi kulit yang rentan berjerawat. 

Acne prone skin cenderung lebih umum terjadi pada orang dengan jenis kulit berminyak. Kelebihan minyak di wajah dapat menutup pori-pori, memerangkap kotoran, serta mengundang bakteri yang menjadi cikal bakal muncul jerawat. Namun, acne prone skin bukan semata masalah bagi pemilik kulit berminyak. Kadang  mereka yang memiliki kulit kering juga dimungkinkan sewaktu-waktu akan mengalami fase dimana kulit menjadi rentan berjerawat. Kulit kering berjerawat bisa disebabkan faktor lingkungan atau cara merawat wajah yang keliru.

Nah sekitar dua minggu ini aku lagi nyobain 2 produk dari Scarlett Whitening yang produk body care seriesnya aku naksir banget, terutama brightening shower scrubsnya. Kali ini aku nyobain face care-nya. Secara jujur penasaran karena banyak review juga bahkan dari teman-teman blogger lain. Pas banget lagi menghentikan serum yang sebelumnya aku pakai karena satu dan lain hal.

Produk perawatan wajah dari Scarlett Whitening yang aku coba kali ini adalah Facial Wash dan Acne Serum. Aku bakal review pemakaian kedua produk selama sekitar dua minggu ini ya. Siapa tahu bisa jadi referensi buat kalian yang punya permasalah serupa dengan aku,- si acne prone - oily skin ini.

Baca juga: Review Scarlett Whitening Body Care Series

Facial Wash

Perawatan kulit wajah yang paling basic adalah menjaga kebersihannya dengan mencuci wajah dengan menggunakan sabun khusus wajah, biasa disebut facial cleanser atau facial wash.  Pemilihan facial cleanser atau facial wash sangat menentukan terutama bagi pemilik jenis acne prone skin seperti aku. Karenanya sangat penting nih untuk menemukan cleanser yang cocok dan aman. Terlebih penggunaannya cukup intens, bisa beberapa kali dalam sehari.




🌹 Kandungan 🌹

Untuk Scarlett Whitening Facial Wash sendiri kandungannya adalah Glutathione, Aloevera, Rose Petal, dan Vitamin E.  Glutathione merupakan mother of antioxidant  dengan kemampuan meregenerasi diri, menangkal radikal bebas, mencerahkan, sekaligus melembabkan. Aloevera terkenal dengan manfaatnya menyejukkan kulit, melembabkan, dan melembutkan. 

Yang paling unik menurut aku adalah rose petalnya nih. Ternyata kelopak bunga mawar ini manfaatnya banyak sekali untuk perawatan wajah. Rose petal diclaim dapat  melembabkan kulit wajah, menyegarkan mata terutama kantung mata, mengobati jerawat secara alami,  menghilangkan kotoran dan mengencangkan pori-pori. Untuk Vitamin E tentu saja memberikan efek cerah dan lembut pada wajah.

Oh iya facial wash ini juga SLS free ya. Wajib banget nih diperhatikan untuk pemilik kulit sensitif yang mudah iritasi. SLS memang tidak bersifat karsinogen atau beracun, tetapi bersifat iritan yang artinya berpotensi menyebabkan iritasi. Jadi memastikan kandungannya SLS free untuk kulit sensitifku memang penting banget.


🌹 Tekstur 🌹

Untuk tekstrus facial wash ini, mengingatkan pada body wash dari Scarlett juga nih. Cairan bening yang tidak terlalu pekat dan tidak terlalu encer dari facial wash ini terasa ringan digunakan saat kita usap di wajah. Dilengkapi dengan bulir-bulir srub warna pink dan kelopak bunga mawar. Terasa ringan namun saat digunakan di wajah terasa kesat mengangkat kotoran di wajah. 

🌹 Aroma 🌹

Aroma lembut, manis, dan segar yang dominan tercium dari cairan facial washnya. Tidak terlalu berat atau menyengat. Cukup memberikan efek tenang saat menciumnya sambil mengusap-usap busa lembutnya di wajah.


🌹 Packaging/kemasan 🌹

Menurut aku untuk kemasan atau packaging, Scarlett Whitening selalu juara. Botol plastik bening, yang langsing dengan ukuran yang pas, 100 ml. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil membuatnya handy dan mudah dibawa-bawa jadi tetap bisa jadi travel pack sekaligua sih menurutku. Tutupnya berbentuk flip flop berwarna putih membuatnya aman tanpa takut tumpah. 



Selain memuat nama product dan ownernya, kemasan juga memuat kandungan/bahan dan ditempelkan sticker yang menandakan keaslian produk disertai dengan barcodenya. Untuk keterangan lengkap terkait cara penggunaan, kandungan, dan informasi produk lainnya tertera di kemasan box kertas bagian luar.  Oh iya registrasi BPOM facial wash ini bernomor BPOM RI: NA 18182002303. 


🌹 Harga 🌹

Facial wash berisi 100 ml ini dibandrol dengan harga IDR 75K seperti produk Scarlett Whitening lainnya.


🌹 Cara penggunaan🌹

Aku biasa gunakan saat membasuh wajah di pagi dan malam hari menjelang tidur. Aku tuangkan secukupnya ke telapak tangan lalu diusap lembut merata ke seluruh wajah. Aku berikan penekanan di beberapa area dengan problem yang lebih misalnya di sekitar hidung dan mulut, dan di bagian dagu yang cenderung berminyak dan sering tumbuh jerawat.


🌹Result/Hasil 🌹

So far sekitar 2 minggu penggunaan secara teratur rasanya kulit sensitif acne prone-ku terlihat cocok dengan facial wash ini. Memang saat pertama kali pemakaian di beberapa area agak kering karena sisa kulit mati yang mungkin belum terangkat oleh facial wash yang sebelumnya aku gunakan.

Sekitar hari ke tiga penggunaan, kulit wajah terasa lebih kesat tanpa terasa kering lagi. Kotoran, sebum, dan minyak terangkat lebih baik. Jerawat yang tengah meradang juga perlahan mulai mengering. Untuk bekas jerawat yang sebelumnya sudah ada tampak menipis. Warna kulit wajaku juga terasa lebih cerah. 

Terasa juga kalau minyak di wajahku tidak lagi berlebihan seperti sebelumnya. Pori-pori yang biasanya tampak besar juga lumayan mengecil sih, jadi memang terasa lebih halus. Aku masih menunggu nih karena seminggu lagi siklus menstruasiku dan biasanya jerawat bulanan mulai bermunculan juga. 

So far sih Alhamdulillah cocok. Karena aku gak gampang menemukan perawatan wajah yang cocok untuk kulit wajahku yang sensitif. 

Acne Serum

Sebagai pelengkap aku gunakan juga acne serumnya nih. Well, sebenarnya justru acne serumnya sih yang bikin aku penasaran banget.  Claim bahwa serum ini "best for acne prone skin" yang mendorong aku mencobanya. Terlebih aku tengah stop menggunakan serum selama beberapa waktu karena satu dan lain hal.

Review pengguna yang merekomendasikan serum ini juga bikin aku makin semangat buat mencoba nih. Berbarengan dengan penggunaan facial washnya aku juga lengkapi perawatan kulit sensitifku yang cenderung mudah berjerawat dan berminyak dengan acne serum ini.




🌷Kandungan 🌷

Acne Serum ini mengandung active ingredients yakni tea tree water, salicylic acid, dan liquorice. Ketiganya merupakan bahan yang memang dikenal ampuh untuk mengatasi kulit berjerawat dan breakout.  Serum ini memang diformulasikan 99,9% oil-free sehingga mengurangi munculnya jerawat dan breakout.

Tea Tree Water membantu membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Fungsi utamanya melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi bruntusan dan mengurangi minyak di wajah

Ekstrak Liquorice atau akar manis efektif dalam memperbaiki tampilan warna kulit yang tidak rata. Liquorice Kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari pada paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak diwajah.

Sedangkan salicylic acid atau asam salisilat bekerja paling baik untuk jerawat juga membantu mencegah berjerawat/iritasi di masa yang akan datang. Bahan ini meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo 

Oh iya kalau di kemasannya selain ketiga bahan aktif tadi, serum ini juga mengandung Jeju Centella Asiatica yang berfungsi mengurangi peradangan kulit kemerahan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, dan mempercepat menyembuhan luka pada kulit. Plus Vitamin C yang membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

🌷Tekstur 🌷

Nah tekstur acne serum ini mirip dengan air biasa. Sama sekali tidak kental atau berminyak apalagi kental. Cairan serum bening dengan aroma yang sangat light. Hampir tidak berbau. Buat aku tekstur yang light ini bikin mudah meresap aja di kulit muka ku. Jadi kalau mau dilanjutkan untuk apply skincare routine lainnya gak harus nunggu lama apalagi harus dikipasin hehehe. 


🌷Packaging/kemasan🌷

Kemasan mungil beisi 15 ml cairan serum dalam kemasan kaca bening dengan balutan cover warna lilac yang manis.  Botol mungil ini dilengkapi dengan tutup berbentuk pipet berwarna putih untuk mengambil cairan serum. Oh iya untuk keterangan lengkap seputar produk selain dimuat di cover botol juga di box kemasan. Untuk acne serum ini nomor registrasi BPOM nya adalah BPOM RI NA 18200104454. 


🌷Harga 🌷

Well untuk ukuran serum harganya cukup affordable sih, sama seperti semua produk Scarlett Whitening Acne Serum ini juga dibandrol IDR 75K.


🌷 Cara penggunaan 🌷

Aku pakai acne serum ini pagi dan malam hari setelah mencuci muka dengan facial wash dan kupakai toner juga dari merek lain untuk membantu penyerapan serumnya. Trus ku teteskan ke muka atau ke tangan dan apply ke seluruh muka kecuali sekitar mata tentunya. Well karena hampir semua kulit mukaku cenderung berminyak dan berpotensi berjerawat. 

Trus aku pijit-pijit ringan agar cairan serum meresap. Klo lagi banyak waktu aku adang pakai roller jade untuk membantu penyerapan sekaligus pijat wajah. 

🌷 Result/Hasil 🌷

Nah 2 minggu pemakaian aku dah merasakan hasilnya nih. Saat pertama kali pemakaian ada 3 jerawat yang sedang meradang dan lumayan mengganggu. Dua di daerah dagu bawah bibir dan di ujung hidung. Saat ini juga jauh membaik. Bisa di bilang sudah sembuh tiga jerawat tersebut. Hanya memang tinggal mengatasi bekasnya. 


Nah ini sih memang PR banget karena aku langganan berjerawat, jadi masih banyak juga bekas-bekas jerawat yang lama yang tampak masih kemeraha atau bahkan hitam di beberapa titik di wajah. 

Tapi so far aku merasakan efek yang cukup bagus sih. Selain cukup ampuh mengatasi jerawatku yang meradang.  Yang jelas proses penyembuhan dari jerawat yang meradang, jadi lebih nyaman aja dengan serum ini. Biasanya kan sakit cenut-cenut gitu terus perihlah. Drama lah! Nah ini proses penyembuhannya kemarin calming sih menurutku.



Yang aku happy juga, selama dua minggu pemakaian tidak ada jerawat baru muncul dan komedo juga gak sebanyak biasanya. Terasa kalau kulit lebih halus dari biasanya dan bekas jerawat yang lama pun mulai sedikit memudar.

Aku sih kayaknya bakal terus pakai Acne Serumnya karena efeknya cukup terasa sepanjang 2 minggu pemakaian. Semoga semakin lama makin bagus untuk membantu memulihkan kulit wajahku dan yang pasti bisa mencegah jerawat-jerawat baru bermunculan. Kalaupun muncul biasanya saat menstruasi, semoga sih gak parah dan bisa cepat teratasi dengan serum ini.

Worth to buy banget sih serumnya. Aku bakal lanjutin pemakaiannya pastinya beli lagi kalau sudah habis.

Sejujurnya aku juga tergoda untuk mencoba acne creamnya Scarlet Whittening nih. Siapa tahu semakin bisa maksimal untuk merawat acne prone skin aku yang hampir selalu bikin PR hahaha. 

Oh ya kalau Sahabat Mom of Trio tertarik untuk mencoba, bisa langsung cuss order lewat WA. Line,  DM IG, atau akun Shopee-nya  mereka ya.

    Whatsapp (087700163000)
      Line (@scarlett_whitening), 
        Instgram @scarlett_whitening 
          Shopee (Scarlett_whitening) 

          Kamu bisa pilih salah satu saja ya untuk proses order. Semoga prone skinmu jauh lebih baik setelah menggunakannya ya. Semangat!

          24 comments

          1. iya mba, emang seefektif itu Acne Serum Scarlett Whitening, aku cocok loh pakai serum ini, apalagi ya pas keluar jerawat hormonal saat haid, ampuh deh langsung kempes

            ReplyDelete
          2. Kulitku berminyak, tapi jarang jerawatan. Pake ini kayaknya masih cocok kan ya? Belum nemu nih, skincare yang bener-bener bisa ngurangin minyak di wajah.

            ReplyDelete
          3. Wah, ternyata Scarlett punya rangkaian perawatan untuk acne juga yah mbaaak.
            Anak aku yang SMA lagi jerawatan sih, jadi penasaran pengen cobain acne serum dan facial wash-nya.

            ReplyDelete
          4. alhamdulillah ya mba kempes jerawatnya, berarti cocok ya, dilanjut pakai creamnya biar bekas-bekasnya juga hilang dan menghaluskan kulit

            ReplyDelete
          5. After-nya cukup signifikan ya Teh, produk Scarlett ini mantap banget sih, aku udah coba yang bodycare-nya dan gak sabar pengen cobain skincare-nya juga. Dan yang paling disukai banget, karena harganya pun semua sama, bersahabat di dompet :))

            ReplyDelete
          6. Maskne jadi salah satu masalah baru ya sejak harus rutin pakai masker. Tentunya harus tau cara perawatannya. Saya penasaran banget sama Scarlett yang skincarenya

            ReplyDelete
          7. Aku pakai ini juga enak banget, apalagi yang Acne Serum cocok buatku yang sering berjerawat.

            ReplyDelete
          8. Penasaran asli dengan serumnya apakah sekeren body carenya yang ampuh banget untuk kulit kering..pengen order ah pengen kulit wajahku yang kusam lebih cerah...

            ReplyDelete
          9. Mbak Ophi, aku juga penasaran dengan Acne Serum dari Scarlett. Sesekali jerawat suka muncul di sekitar hidung. Kadang aku diamkan aja kalo cuma sebiji, tapi misal ada lebih dari dua ya bikin sebel sih

            ReplyDelete
          10. Kemasannya scarlett facial washnya lucu ya mbak, unik. Biasanya kan kemasan facial wash itu kebanyakan berbentuk tube.

            Saya juga akhir-akhir ini bermunculan jerawat kalau terlalu lama pakai masker.

            ReplyDelete
          11. Iyae, keseringan pakai masker juga memicu timbulnya jerawat. Aku pun mengalaminya. Untungnya ada produk yang dapat mengatasi masalah itu termasuk dari Scarlett ya. Harus makin rajin ngerawat wajah nih :)

            ReplyDelete
          12. Aku tertarik bangett adengan serumnya, Mbaakkk. Lagi lumayan berjawat, niih. Hiks

            ReplyDelete
          13. Aku pake acne serumnya scarlett itu buat obat totol hehehe. Jadi pake pas lagi ada jerawat aja. Kalau biasa sih pake yg varian brightening itu. Bagus lho. Kulit lembab dan cerah.

            ReplyDelete
          14. kemasannya gemes banget sih face washnya. Aku meskipun kulit kering tapi sering juga jerawatan terutama bagian dahi nih. Jadi penasaran sama acne series skincarenya Scarlett

            ReplyDelete
          15. Serumnya aku udah pernah nyoibain mbak, tapi facial wash Scarlett belum pernah, mumpung sabun mukaku habis pingin nyibain beli ah

            ReplyDelete
          16. Kusuka banget nih sama warna produk Scarlett girly banget.. Apalagi khasiatnya yang bikin kulit makin sehat dan glowing...

            ReplyDelete
          17. Aku juga kepincut sama serumnya Scarlett
            Sekarang aja sama body scrubnya ku suka sekali wanginya

            ReplyDelete
          18. Saya suka sama sabun wajah Scarlet ini, ada petal rosenya, jadi unik. So far, teksturnya juga light. Klo serum acne, yg udah nyobain anak cowok yg lagi pubertas, jadi galau dg jerawat di wajah. Pas pakai Serum acne dr scarlet ini Alhamdulillah jodoh, hasilnya kelihatan banget. JAdinya aku rekomendasiin ke keponakan yg lagi dilematis juga sama jerawat.

            ReplyDelete
          19. facial wash-nya tuh bikin penasaran. Dari segi packaging emang wah banget ya si Scarlett ini. Eh kalau rose petalnya itu apa bisa keluar ketika cairan facial wash dipakai? atau bulir scrubnya aja yang ikutan?

            ReplyDelete
          20. Heuheuu~
            Aku pun sedang tumbuh jerawat niih... ingin coba Scarlett facial wash. Jagoan merawat kulit wanita Indonesia agar sehat kembali.

            ReplyDelete
          21. Keren ya Scarlett, makin beragam produknya. Saying banget yang ini kayaknya aku kurang cocok. Kulit wajahku kering soalnya. Nunggu ke luar Varian yang pas ah.

            ReplyDelete
          22. Kalau acne serumnya saya udah pakek dan cocok banget. Cuma untuk facial wash-nya belum. Katanya bisa buat remaja juga yg facial wash.

            ReplyDelete
          23. Wah sls free ya mba. Jadi mupeng. Untuk harga lumayan juga ya 75rb tapi kalo bagus kenapa ga. Serum nya mengandung tea tree pula, kebutuhan ku banget itu yg kulitnya berminyak berjerawat

            ReplyDelete
          24. Wah sama pi aku lagi coba yg brightly. Juga body care nya wanginya banget

            ReplyDelete

          Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.