Tips Memilih Mobil Untuk Keluarga Baru

Sumber: Auto2000.co.id


Disclaimer! Tips ini tidak berlaku untuk Keluarga Sultan yang sebelum lahir sudah punya mobil hehehe.  Bagi keluarga baru penting untuk mempersiapkan beberapa hal saat memutuskan untuk membeli kendaraan keluarga. Saat awal menikah mungkin kita merasa cukup dengan kendaraan yang ada. Mungkin dengan motor, lebih praktis dan bisa makin romantis. Halah. 


Namun bersamaan dengan hadirnya anggota keluarga baru dan berkembangnya kebutuhan mobilitas, akan ada saatnya kita merasa perlu melengkapi kebutuhan kendaraan dengan kendaraan yang bisa digunakan untuk seluruh keluarga kecil kita.


Setiap keluarga baru dengan latar belakang yang beragam tentu memiliki pertimbangan dan pritotas yang yang berbeda terkait kebutuhan akan kendaraan. namun kiranya tips yang juga saya dan suami lakukan saat awal membentuk keluarga baru ini bisa menjadi bahan pertimbangan sahabat Mom of Trio atau pembaca blog yang berniat melengkapi kebutuhan kendaraan dengan mobil keluarga barunya.


1.  Menyiapkan Budget

Setelah bisa memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal baik dengan membeli secara cash maupun mencicil, priotitas selanjutnya bisa ditujukan untuk membeli kendaraan. Kami memilih untuk secara stabil bisa melakukan cicilan rumah terlebih dahulu ketika kemudian memutuskan untuk menyisihkan pendapatan saya dan suami untuk menyiapkan downpayment untuk membeli mobil. Iya waktu itu kami juga mencicil untuk kepemilikan kendaraan roda empat pertama.


Karena memiliki cicilan rumah, maka kami usahakan baik cicilan rumah maupun cicilan kendaraan tidak terlalu memberatkan. Jadi baik saat membeli rumah maupun kendaraan secara mencicil kami memilih downpayment dengan cukup besar sehingga cicilannya kami tidak terlalu berat. Jadi kami pastikan bahwa ada kemampuan finansial kami untuk bisa menyelesaikan cicilan dan bahkan jika ada rezeki lebih bisa lebih cepat menyelesaikan cicilan.


2. Menentukan Jenis Kendaraan

Nah selain menyiapkan budget maka pertimbangan penting berikutnya adalah kendaraan apa yang akan kita pilih. Nah untuk keluarga baru yang mungkin baru memiliki anak dan menyesuaikan dengan kesiapan budget mungkin kita bisa memilih mobil dengan type city car, namun untuk yang memiliki anak dua sampai tiga kita cenderung memilih mobil keluarga seperti type SUV. Terlebih jika di keluarga ada supporting system yang juga harus ikut serta dengan kita saat melakukan moblititas.


Well sebetulnya ada beberapa indikator yang bisa jadikan tolok ukur saat memilih kendaraan. Poin-poin ini juga yang jadi pertimbangan aku saat dulu pertama kali memilih Toyota Avanza Veloz untuk mobil pertama keluarga kecil kami. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain:


Kapasitas Kendaraan

Saat pertama kali memutuskan mobil, saya sudah memiliki anak pertama dan tengah hamil anak kedua. Kebutuhan akan kendaraan yang bisa memuat kami berempat plus supporting system yang akhirnya membuat kami memilih kendaraan type SUV atau MPV mengingat kami juga akan sering keluar kota mengunjungi Ibu dan keluarga saya. Namun karena pertimbangan selisih harga akhirnya kami memilih SUV sebagai type kendaraan pertama yang memiliki kapasitas cukup memadai.


Harga Kendaraan

Seeperti dijelaskan sebelumnya setelah kapasitas kami sangat mempertimbangkan harga mobil yang akan dibeli. Setelah membandingkan beberapa brand di type kendaraan SUV. Kami merasa cocok dengan harga mobil Toyota. Selain cukup bersaing, spesifikasi kendaraan juga memenuhi kebutuhan kami. Untuk mendapatkan informasi mengenai harga kendaraan tidaklah sulit. Untuk produk mobil Toyota kita bisa kunjungi website mereka di Auto2000.


Saat ini bahkan website Auto2000 bahkan telah bertransformasi menjadi Auto2000 Digiroom yang e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Iya, rupanya Auto2000 memahami dan sangat responsif dengan proses digitalisasi di segala lini kehidupan sehingga segera beradaptasi dengan website baru Auto2000.co.id dalam bentuk platform digital. 


Kini, pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone. Menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

Baca juga: Say No Sama Yang Palsu Karena Penampilan Bisa Menipu


Aplikasi Auto2000 Mobile baru yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​ Jadi Auto2000 digiroom dipastikan bentuk layanan yang praktis seperti showroom Toyota di saku pelanggan agar urusan Toyota lebih mudah, personal, dan andal.


Kemudahan dengan menyediakan berbagai sumber, mulai dari kantor cabang, pameran, situs web, telepon, hingga call center dan lain-lain. Personal karena Auto2000 melayani pelanggan secara personal dan sesuai kebutuhan pelanggan dengan membangun basis data pelanggan secara komprehensif.  Auto2000 juga didukung oleh tim dan sistem yang handal mulai dari wiraniaga profesional, teknisi dengan sertifikasi Toyota Internasional, hingga sistem Teknologi Informasi online teritegrasi.


Sistem Keamanan dan Bahan Bakar

Pertimbangan selanjutnya adalah apakah mobil yang akan kita beli telah dilengkapi dengan sistem keamanan dan keselamatan yang memadai sehingga kita bisa merasa yakin bisa melindungi diri dan keluarga saat bermobilitas. Selain itu mobil yang sudah menggunakan bahan bakar ramah lingkungan juga tentu menjadi hal yang bisa kita pertimbangkan. Selain mengurangi polusi biasanya mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan juga lebih awet. 


sumber: Auto2000.co.id


Kenyamanan Mobil dan Fitur Pelengkap

Faktor berikutnya dalam memilih kendaraan adalah kenyamanan. Terlebih jika mobilitas kita cukup tinggi. Mungkin ini salah satu alasan saya saat membandingan beberapa jenis mobil dalan kelas dan type yang sama dari beberapa merk mobil. Biasa setiap brand punya produk di kelas yang sama dengan spesifikasi yang kurang lebih mirip dan harga yang berada dalam kisaran yang kurang lebih tak jauh selisihnya. Nah saat itu saya akan mempertimbangkan faktor kenyamanan sebagai penentu pilihan.

Sumber: Auto2000.co.id


Nah pendukung kenyamanan antara lain fitur-fitur baik dari interior maupun eksterior pelengkap mobil yang kita pilih. Fitur-fitur ini juga yang bisa menjadi bahan pertimbangan memilih kendaraan. Bisa jadi kalau yang paham akan perkembangan kendaraan akan memilih fitur yang up to date. Suami saya biasanya yang memperhatikan fitur-fitur kendaraan seperti ini. Saya ikut aja sepanjang nyaman.


Kemudahan mendapatkan Spare Part dan Layanan After Sale

Pastikan spare part kendaraan yang kita pilih mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu membuat kantong menjerit. Setidaknya banyak cabang dari dealer dan bengkel resmi kendaraan kita sehingga di manapun kita membutuhkannya kita tidak merasa kesulitan.  Layanan prima untuk after sale services juga menurut kami penting. Tentu saja karena kendaraan kita butuh perawatan rutin dari mereka yang profesional agar perfomanya tetap bagus dan kita selalu nyaman selama mengendarainya.


Sumber: Auto2000.co.id


3. Pertimbangan Nilai Jual Mobil

Membeli kendaraan baru kok sudah memperhitungkan nilai jual? Emang mau beli atau mau jual sih? Iya, kita memang pinginnya sih kalau punya kendaraan awet dan bisa lama ya. Tapi jika kondisi tertentu memaksa kita harus menjual mobil maka nilai jual dari mobil yang kita miliki tidak terlalu jatuh dan bikin sedih hati hehehe. Iya karena bagaimanapun memiliki kendaraan di satu sisi merupakan investasi yang mudah cair saat kita membutuhkan hard cash.


Pengalaman kami, saat kami membutuhkan tambahan dana karena memutuskan pindah rumah dan memilih rumah yang lebih besar dari sebelumnya kami menjual rumah lama dan mobil pertama kami. Alhamdulillah harganya masih bagus dan gak bikin sedih terlebih karena memang mobil masih bagus dan kami juga masih sayang. Namun suami meyakinkan kalau harga jualnya masih cukup layak dan kami akan mulai lagi menabung untuk kepemilikan mobil berikutnya.

Maklum yaa, bukan Keluarga Sultan. Jadi memang saat upgrade rumah dan butuh dana yang cukup besar kami kemudian terpaksa menjual mobil. Alhamdulillah, kemudian kami bisa kembali mencicil mobil berikutnya dan memilih dari brand sejenis. Gali lobang tutup lobang di awal kehidupan rumah tangga bagian dari perjalanan hidup yang harus dinikmati yaa. Tetap semangat!

Nah kalau ada yang punya tips lain, yuk silahkan sharing di kolom komentar. Siapa tahu bermanfaat!


23 comments

  1. pemilihan mobil yang tepat sesuai kebutuhan dan sesuai kemampuan ini sangatlah penting ya mba, dan gak kalah penting, pertimbangan nilai jual beli juga

    ReplyDelete
  2. kalau urusan mobil, aku dan suami banyak diskusi. Yang pasti kami berdua suka SUV dan yang sporty gitu mba, jadi tinggal pilih yang sesuai budget, performance dan kebutuhan paling prioritas

    ReplyDelete
  3. Untuk milih mobil biasanya aku serahin ke suami, Mbak. Dia yang lebih ngerti mesin, spesifikasi mobil dan nyiapin budget. Aku cuma bilang pengen yang begini-begitu nanti dia yang kondisikan hehehe.

    ReplyDelete
  4. Kemudahan mendapatkan spare part dan after sales itu penting memnag ya. Jangan sampai beli mobil eh giliran ada kerusakan susah cari spare partnya atau purna jualnya ga ada perhatian...duh!
    Memang pertimbangan pemilihan mobil mesti disesuaikan kemampuan dan kebutuhan

    ReplyDelete
  5. Whoaaa, ini terwajib dibaca oleh para bapack2
    supaya bisa dapat mobil yg sesuai budget dan kebutuhn keluarga ya mba
    sippp makasii infonya mba

    ReplyDelete
  6. Saya dan suami mulai merasa perlu banget nih punya kendaraan, kerasa banget kalau mau pergi2 eh hujan. Kasian anak kehujanan di motor huhu.. Semoga secapatnya bisa silaturahmi ke auto 2000😀

    ReplyDelete
  7. Perlu beberapa pertimbangan emang buat beli mobil untuk keluarga.. Meski mungkin keluarga kecil kayaknya tetep belinya yang gedean dikit macam Avanza..hehe

    ReplyDelete
  8. Belum punya kendaraan pribadi nih mbaa kitaaa.. mudah2an segera amiin.
    Kalau toyota udah nggak diragukan lagi ya. Auto2000 selalu, utinya anak2 cus kesitu. Ahlinyaaa.. tapi kayaknya uti belum tau ada appsnya

    ReplyDelete
  9. Kualitas mobil-mobil keluaran Toyota memang udah dipercaya. Papah saya kalau ganti mobil seringnya pilih Toyota. Udah suka banget sama kualitasnya

    ReplyDelete
  10. Pilih mobil tentunya yang aman, nyaman dan sesuai dengan budget kita ya. Kalo soal mobil aku gak terlalu ngerti fitur2, mesin dll nya itu, jadi biar suami yang pilih, aku cuma lihat tampilannya aja biasanya hahaha.

    ReplyDelete
  11. so far keluarga kecil kami masih termanjakan dengan fasilitas mobkantor yg bisa dipake utk kepentingan pribadi ^_^
    Beli sendiri blm prioritas karena belum terlalu butuh ada dua kendaraan. Tapi suatu saat nanti, pasti akab ada masanya butuh kendaraan milik sendiri. Dan ga da salahnya baca tips sedari sekarang. TFS mb ophi :)

    ReplyDelete
  12. Memilih mobil sesuai kebutuhan keluarga itu gampang-gampang susah ya. Tapi kalo aku dan suami harus berpatokan dengan budget yang ada. Kalau baru kuat beli mobil bekas ya gak papa, nanti kalo ada rejeki lebih baru ganti mobil yang lebih layak hehe..

    ReplyDelete
  13. Abis baca di sini terus lihat-lihat di Auto 2000 😍

    ReplyDelete
  14. Dengan Auto2000 Digiroom, kini jadi mudah ya mau beli sparepart mobil, bahkan juga bisa beli mobil juga. Tanpa repot harus ke showroom. keren deh inovasi dari auto 2000 ini, memanjakan pelanggan

    ReplyDelete
  15. Iya pengen punya mobil keluarga yang bisa menampung anggota keluarga besar jika bepergian ke luar kota nih..

    ReplyDelete
  16. memang saat ini mobil sudah menjadi kebutuhan umum bagi banyak orang ya mbak, apalagi klo punya anak lebih dari satu,
    dan dari dulu Auto 2000 ini tempat yg recomended buat beli mobil

    ReplyDelete
  17. Toyota dikenal dengan kendaraan yang punya nilai lebih ya saay dijual kembali untuk beli yang baru hihihi. Auto2000 beneran lengkap nih gak cuma menyediakan kendaraan baru tapi juga bekas ada ya selain ada layanan service sekaligus

    ReplyDelete
  18. Sarann Aku sih jangan beli Mobil second sih awal lancar tapi cuma setahun berjalan mulai ngerongrong .. niat mau beli baru auto 2000 selau trbaik menyediakan mobil

    ReplyDelete
  19. Nah kata adekku juga nilai jual mobil jadi pertimbangan beli mobilnya dulu
    Makanya dia bakalan kuforward nih artikelnya

    ReplyDelete
  20. Aku juga pemgen banget ganti mobil mba dan suv ini juga incaran hehhee semoga bisa ganti nih

    ReplyDelete
  21. Memilih mobil emang kudu banyak pertimbangannya ya mbak, baik dr segi fungsi maupun kenyamanan dan keamanan.
    Paling utama sebagai keluarga baru yg baru aja mulai berumahtangga, budget emang kudu dipikirin bener2. Intinya jgn sampai pembelian mobil malah bikin finansial goyah

    ReplyDelete
  22. Waah bukan keluarga Sultan hadir niih hhahaa.
    Memang bener banyak pertimbangan nih kalo mau milih ato ganti mobil. Dan pernah juga jual mobil buat keperluan urgent lalu nyiciiil, asik kaan jadinya 😂
    Auto2000 ini emang rekomen banget, beberapa kali keluarga juga suka nyomot di sanaaaa

    ReplyDelete
  23. Dulu pengin banget punya mobil yang mungil or compact gitu mba, enak dibawa dalam kota. Tapi setelah anak-anak gede gini kok kayaknya mobil keluarga enakan yang gedean gitu ya. Penting nih menerapkan tips yang diberikan di atas. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas keluarga juga ketika memutuskan hendak membeli mobil.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.