Tips Memilih Apartemen Untuk Pemula

Mengapa Memilih Apartemen?

Memiliki hunian rumah tapak (landed house) dengan tanah yang luas merupakan impian banyak orang. Namun dengan semakin tingginya harga tanah, mengimpikan rumah seperti ini di tengah kota rasanya agak mustahil kecuali kamu kategori Sultan dan Keluarganya hehehe. Biasanya mau tidak mau, lokasinya jadi menjauh keluar kota atau setidaknya di wilayah sekitar kota-kota penyangga Ibu Kota. Jakarta coret istilahnya.

Karena alasan lokasi yang strategis inilah kenapa Apartemen tetap menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati untuk menjadi hunian tempat tinggal maupun sebagai bentuk investasi jangka panjang. Hunian vertikal atau apartemen biasanya mengutamakan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dengan akses publik. Dekat dengan berbagai fasilitas umum, perkantoran, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas hiburan.



Selain lokasi yang strategis, unit apartemen juga biasanya dibangun dengan berbagai fasilitas yang melekat di dalamnya, antara lain kolam renang, pusat kebugaran dan kesehatan (gym center) atau sport club, café, mini market, mall, dan lahan parkir yang luas. Fasilitas yang memanjakan pemilik apartemen ini tentu saja menjadi nilai tambah tersendiri.

Pada prinsipnya hunian apartemen ini memang didesain dengan fasilitas penunjang hidup yang semakin praktis, efektif serta efisien.  Keuntungan inilah yang membuat semakin banyak orang yang berminat memiliki unit apartemen.

Investasi atau Hunian?

Kepemilikan apartemen sangat menarik baik dari sisi investasi maupun jika ingin dijadikan tempat tinggal.  Jika aktifitas harian kita berada di pusat kota maka tentu akan sangat efisien memiliki hunian yang tidak jauh dari kantor atau tempat kerja kita. Berapa banyak waktu, tenaga, dan biaya yang bisa dihemat dengan memiliki hunian yang dekat dengan tempat kerja. Belum lagi lokasi yang strategis biasanya dihubungkan  dengan beragam moda transportasi umum yang juga nyaman.

Jika memiliki keluarga, banyak apartemen yang sudah dilengkapi dengan area playground dan kolam renang serta sarana olahraga yang tentu saja bisa dimanfaatkan oleh semua penghuni apartemen tersebut. Dari sisi keamanan dan kenyamanan, apartemen biasanya memiliki sistem keamanan yang terhitung cukup baik.

Untuk menjangkau fasilitas pendidikan dan kesehatan juga menjadi lebih mudah karena lokasinya yang strategis. Kebutuhan harian bisa dengan mudah diakses karena dekat dengan pusat perbelanjaan. Kelengkapan servise terhadap kebutuhan kerumahtanggan juga biasanya disediakan oleh pengelola apartemen.

Dengan sekian banyak kelebihan sebagai hunian impian, secara otomatis apartemen juga menjadi salah satu bentuk investasi bagi pemiliknya. Jika tidak diniatkan untuk dihuni sendiri, apartemen jauh lebih mudah untuk disewakan. Harga sewa untuk apartemen yang berada di lokasi strategis dan dekat dengan berbagai pusat aktivitas publik tentu cukup tinggi. Peminat juga relatif cukup banyak mengingat kebutuhan akan efisiensi waktu, tenaga, dan kesehatan mental menjadi prioritas saat ini.

Investasi properti melalui kepemilikan apartemen merupakan salah satu pilihan investasi yang populer saat ini. Properti apartemen berbentuk nyata, tahan inflasi, dan bisa menghasilkan pasif income dari sewanya.

Tips Memilih Apartemen Layak Huni dan Investasi Tinggi Bagi Pemula

Lalu jika kita adalah pemula yang belum pernah memiliki unit apartemen sebelumnya. Kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa memilih apartemen yang tidak hanya layak huni namun juga bernilai investasi tinggi?

  • Ketahui track record pihak pengembang.

Ini tips awal yang penting sekali dan berlaku untuk semua investasi property. Well pengalaman kena "tipu" terkait lahan produktif yang ngehits itu membuat saya makin waspada. Bahkan jika pengembang sudah punya namapun, kita tetap harus pastikan bahwa mereka tidak sedang tersangkut masalah di tempat lain atau project-project mereka cukup bisa dipertanggungjawabkan.  

Kita tidak boleh tutup mata dan fokus hanya pada iming-iming keuntungan investasi ke depannya. Investasi apartemen yang bagus sangat ditentukan oleh kualitas dan reputasi developer.

  • Cek Legalitas dan Kelengkapan Perizinan.

Masih terkait dengan poin sebelumnya, aspek legalitas ini juga penting dipastikan. Apa alas hak yang menyertai proses jual beli unit apartemen? Misalnya Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), status tanah lokasi di mana Properti akan dibangun, bagaimana proses perizinan dan legalitas developer terkait izin mendirikan bangunan atau surat izin penggunaan peruntukan tanah.  Jika perlu kita bisa crosscheck dan melakukan validasi ke instansi terkait.  Hal ini juga berlaku untuk unit apartemen yang sudah dibangun/ready stock ya.

  • Usia Bangunan  

Untuk unit yang belum dibangun kita bisa pastikan akan mendapatkan bangunan yang baru. Namun jika kita memilih untuk membeli unit yang sudah ready stock alangkah baiknya memilih unit apartemen yang usianya masih tergolong baru. Usia dari bangunan juga menentukan besarnya biaya perawatan gedung. 

  • Beli saat Soft Launching atau Pre-order untuk Harga Terbaik

Membeli unit apartemen sebelum unit dibangun dengan unit yang ready stock pasti ada selisih harga. Untuk memperoleh selisih yang biasanya cukup lumayan kita membeli unit dengan pre order. Selain itu pada masa soft launching biasanya ada promo dan diskon yang cukup menarik. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapat harga pembelian unit yang kompetitif.

  • Cek Lokasi, Fasilitas Umum, dan Fasilitas Pendukung

Lokasi dan fasilitas umum di sekitar apartemen merupakan faktor yang sangat penting. Seberapa strategis apartemen kita dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan bahkan fasilitas hiburan akan sangat menentukan nilai investasinya kelak. Selain itu fasilitas pendukung dari apartemen itu sendiri menjadi nilai lebih untuk kemudahan, keamanan dan kenyamanannya sebagai hunian.

  • Pilih Type Unit Sesuai dengan Kebutuhan

Selain mempertimbangkan budget, pastikan kita memilih type unit sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin kita jadikan hunian tempat tinggal tentu kita bisa sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan menempati tempat tersebut. 

Living Room di salah satu unit The Element Apartement 

Namun jika ingin disewakan kita bisa pertimbangkan pangsa pasar yang kita tuju. Jika disewakan untuk mahasiswa karena apartemen dekat dengan kampus, kita bisa memilih type studio. Jika sasaran kita adalah keluarga muda yang membutuhkan hunian yang dekat dengan tempat kerja dan fasilitas umum lainnya kita bisa ambil type yang lebih besar.

  • Bandingkan

Nah dari berbagai kiriteria yang sudah kita tetapkan, kita juga perlu membandingkan antar unit apartemen yang tersedia dan dijual oleh banyak pengembang.  Sebaiknya kita memilih unit apartemen yang memenuhi paling banyak kriteria yang kita tentukan sebelumnya. 

Salah satu apartemen yang bisa jadi referensi adalah Apartement The Element. Kita bisa coba cek dari list diatas ya.

√ Developernya adalah Sinarmas Land. 

√ Lokasi Strategis di Kawasan Rasuna Epicentrum.

√ Fasilitas premium dengan kenyamanan terbaik.

√ Accesable. Terhubung dengan berbagai titik penting dan terjangkau dengan fasilitas transportasi publik.

√  Nilai investasi tinggi. Memiliki prospek kenaikan nilai yang sangat potensial. Pas untuk disewakan.

√  Tersedia berbagai type unit di tower pilihan: Harmony Tower dan Serenity Tower.

Nah selamat hunting yaa. Semoga tips di atas bermanfaat dan kamu bisa mendapakan hunian yang nyaman sekaligus bernilai investasi tinggi. 

14 comments

  1. thanks for all the tips mba.. aku tetap prefer rumah hehe. Tapi memang sekarang untuk kepraktisan banyak yang pilih apartemen ya

    ReplyDelete
  2. apartemen menjadi pilihan hunian untuk saat ini ya mbak
    khususnya bagi kaum milenial,karena tinggal di apartment lebih praktis dan nyaman
    memang selain mempertimbangkan fasilitas dan lokasi, persolana legalitas ini juga perlu ya mbak

    ReplyDelete
  3. Emang penting banget ya cek status tanah yang akan dibangun unit apartemen, jangan sampai sudah melakukan pemesanan dan mengeluarkan uang, baru ketahuan kalau lokasi pembangunannya bermasalah

    ReplyDelete
  4. Jadi ingin punya apartmen deh hehe.. pas masih muda hehe aku pengen banget tinggal di apartemen lho dan sampai sekarang belum kesampaian punya apartemen.. luat tips ini jadi merasa tidak ada yang tidak mungkin.. semoga bisa segera punya apartemen juga.. aamiin

    ReplyDelete
  5. Begitu tahu developernya adalah Sinarmas Land langsung yakin, mengingat track record-nya sudah tak perlu diragukan lagi. Memang mesti teliti memilih apartemen bagi pemula baik itu untuk hunian maupun investasi

    ReplyDelete
  6. Berarti bener kata iklan-iklan ya, kalau mau dapat harga terbaik bagusnya beli pas masa pre order ya... Nanti mah harganya naik, hehe...

    ReplyDelete
  7. Kalau tinggal di apartemen berarti gak bisa jemur kasur dong mak, akkhh tapi pastinya lama kelamaan makin sempit ya lahan tanah buat hunian sehingga akan mebjadi pilihan tinggal di apartemen

    ReplyDelete
  8. jadi ingat 3 tahun lalu survey memilih hunian salah satunya apartemen, tips-tips diatas masuk banget dan aku aplikasikan juga.

    ReplyDelete
  9. Kalau sudah memiliki landed house, apartemen bisa menjadi pertimbangan untuk investasi ya kak. Aku seumur-umur baru sekali ke apartemen temanku. Waktu itu lagi latsar di Jakarta dan pas izin bermalam, numpang di apartemennya. dalam hati aku berujar, ooo, ternyata seperti ini apartemen itu.

    ReplyDelete
  10. Apartement bagus untuk investasi ya, bisa disewakan apalagi jika letaknya strategis d tengah kota

    ReplyDelete
  11. Asik banget, lokasinya di Kawasan Rasuna Epicentrum.
    Deket kemana-mana. Dan untuk usia produktif, lebih memilih investasi yang bisa dihuni yaa..hehehe, nanti kalau sudah hari tua, bisa tinggal di sebuah rumah impian.

    ReplyDelete
  12. jujur aku termasuk yg pengen banget tinggal di apartemen karena kayak simple banget gitu unitnya, dan fasilitas juga banyak tersedia di lantai dasar. tapi kalau dipikir2 memang mesti cari yang tepat ya mbak

    ReplyDelete
  13. saya masih awam banget nih mba terkait apartemen. Tips dalam artikel ini sangat membantu sekali. Jadi kalau pilih apartemen developernya mending yang udah terkenal kayak sinarmas land gini ya. Daripada pilih promosi di mall dapet murah tapi pengembang abal-abal nanti malah ruwet. By the way, makasih tipsnya ^_^

    ReplyDelete
  14. Tipsnya membantu banget mak untuk orang-orang yang memang memilih apartemen sebagai hunian. Seperti halnya membeli rumah, mau beli apartemen pun harus lebih berhati-hati ya mak, lebih aman kalo pengembangnya sudah terpercaya seperti sinarmas land

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.