Sambut Tahun Ajaran Baru: Dampingi Anak dengan Aplikasi Belajar Online Terbaik

Tahun Ajaran Baru: Siswa Baru di Sekolah Baru

Tahun ini masyaAllah ya, banyak hal yang jadi pelajaran bagi kita. Well sebenarnya dari tahun lalu ya. Sebagai orang tua dengan anak-anak pra remaja dan remaja, aku berharap tahun ini setidaknya di tahun ajaran baru anak-anak sudah mulai bisa kembali ke sekolah. Qadarullah kondisi terkini membuat kita harus kembali bersabar dan menahan diri untuk tidak  banyak beraktivitas di luar rumah lagi.

Akhirnya Ka Zaha, si tengah mengalami juga kisah kakak kelasnya. Belajar secara virtual, ujian secara virtual, dan bahkan graduation secara virtual. Alhamdulillah selamat ya nak! satu jenjang terlewati. Yuk semangat kita lanjut ke jenjang berikutnya. Menjadi anak kelas 7 dengan seragam putih biru pasti berbeda rasa.  Tantangan yang paling kentara adalah sejak awal masuk sekolah dan menjadi siswa baru kamu harus menjalaninya secara daring.

"Gak seru bu!"

"Aku kangen ke sekolah, ketemu teman-teman, guru, Ibu kantin"

Iya, keseruan sekolah secara tatap muka memang akan tetap jadi cerita tersendiri. Sayangnya kita harus bersabar lagi karena setidaknya tahun ajaran baru tahun ini kita masih harus lanjut pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sebagai siswa baru di kelas 7 bahkan Ka Za mungkin tidak mengenal satupun teman satu angkatannya. Iyes tidak ada teman satu SD-nya yang bersekolah di SMP ini. 

Hikmahnya adalah kamu akan mendapatkan teman baru. Semuanya baru, teman baru, guru baru, sekolah baru, buku baru, hanya saja maafkan kita belum bisa dapat suasana belajar baru karena dipastikan kamu harus PJJ dulu di semester awal kelas 7 ini ya nak.



Tantangan Ibu Bekerja Mendampingi Anak Belajar dengan Sistem PJJ 

Ih sepanjang itu judulnya.Iyes, saya mau kasih judul lengkap karena memang meski selalu ada hikmah dari setiap keadaan namun sejujurnya, kondisi pandemi yang menuntut saya bekerja secara shift WFO dan WFH sekaligus peran yang bertambah sebagai guru, pendamping, dan fasilitator anak-anak saat menjalani pembelajaran jarak jauh bukanlah yang mudah. Sangat challenging pastinya.

Bukan hanya karena saya harus makin ekstra ketat mengatur waktu, perhatian, dan konsentrasi namun hal-hal teknis yang terkadang menjadi kendala dalam proses belajar online membuat saya juga tidak bisa sepenuhnya menuntut anak-anak belajar secara maksimal.  Kendala ruang dan waktu serta media ajar yang diberikan oleh guru dalam metode pembelajaran jarak jauh membuat capaian keberhasilan penguasaan anak terhadap materi belajar juga tidak sepenuhnya bisa sesuai target.

Kalau metode pembelajaran tatap muka, anak-anak lebih mudah untuk berkomunikasi dengan guru ketika ada kesulitan belajar, bertanya langsung, dan mendapatkan jawaban atau bimbingan langsung dari guru. Kondisi dan metode PJJ tidak sepenuhnya membantu anak yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi tertentu. Tidak sedikit guru yang justru banyak memberikan tugas tanpa mengimbangi penyampaian materi secara mendalam dan dua arah.

Selain itu, sejujurnya untuk materi tertentu di tingkat sekolah menengah pertama seperti untuk pelajaran IPA dan Matematika, saya sudah angkat tangan dan tidak bisa sepenuhnya mendampingi anak-anak. Berdasarkan pengalaman mendampingi Kakaknya yang saat ini di Kelas 9, saya sudah mulai kesulitan saat harus membantunya di kedua mata pelajaran tersebut. Sumpah kok berat yaa anak sekarang materi pelajarannya advance banget yaks. 😂 

Maklumlah saya dulu anak IPS waktu di SMA. Memang sempat jago Matematika waktu zaman SMP, sejujurnya mungkin karena Pak Gurunya ganteng aja. Jadi semangat gitu belajar materi yang susah sekalipun, karena termotivasi untuk mendapat angka 100 dari beliau. MasyaAllah efek psikologis kayak gini ternyata sangat mempengaruhi kinerja belajar yaks. Ups...

OK, back to laptop! Jadi bukan hanya sekedar kendala waktu tapi memang saya merasa sudah saatnya saya bisa mendelegasikan kepada supporting system lain untuk membantu anak-anak belajar sejak mereka di kelas 7. Selain tentu mengurangi beban psikologis karena saat mumet dengan soal matematika dan IPA, saya bisa berubah jadi singa, Eh! Jadi memang alangkah baiknya kita serahkan pada ahlinya. Cakep bener kan alasan saya.

So, what is the solution?

Pilih pendamping belajar online terbaik

Yes, solusi membantu anak belajar secara online tanpa rasa bersalah adalah dengan meminta bantuan dari supporting system yang saat ini sudah banyak tersedia di luar sana. Lembaga bimbingan belajar dan aplikasi belajar online sudah banyak hadir di tengah kita. Kita bisa memilih salah satunya untuk membantu kita. Nah salah satu yang bisa jadi referensi adalah Ruangbelajar dari Ruangguru. Yuk cuss, kita kepoin lebih lanjut!

Ruangbelajar By Ruangguru

Ruangguru, Hm profilenya di dunia pendidikan Indonesia rasanya sudah tidak asing ya. Perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Ruangguru juga telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Nah, Sudah tahu belum produk-produk Ruanguru yang makin hari makin inovatif?

  • roboguru
  • ruangbaca
  • ruangbelajar
  • ruangkelas
  • ruanguji
  • ruangles
  • ruanglesonline
  • ruangpengajar
  • ruangpeduli
  • Produk Lainnya
Selein itu juga ada
  • Brain Academy Online
  • English Academy
  • Icon Baru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja



Ruangbelajar  merupakan Layanan Belajar Online Terlengkap di Indonesia. Anak-anak dapat belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal. Sebagai aplikasi belajar online terbaik memudahkan anak-anak mengakses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin anak-anak lebih mudah memahami. 

Nah sekarang, Kenapa kita bisa bantu anak kita menguasai mata pelajaran di sekolahnya dengan belajar di Ruangbelajar?

➧ Konten lengkap

Ada ribuan video dan puluhan ribu latihan soal untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA IPA dan IPS. Tersedia juga persiapan ujian masuk universitas (SBMPTN dan STAN). Beli satu kelas langsung dapat satu jenjang sekaligus. Wow, it means, kita bisa berhemat ya Moms hehehe

➧ ➧ Berkualitas dan sesuai kurikulum

Seluruh konten di Ruangbelajar  mengikuti Kurikulum Nasional (KTSP, K-13, dan K-13 Revisi) dan dibuat oleh >50 Master Teacher berpengalaman. Well noted ya!

➧ ➧ ➧ Terpercaya

Ruangbelajar sudah dipercaya oleh lebih dari 10 juta siswa di Indonesia. Kita bisa saksikan dari  ribuan review di Google Play Store dan App Store!

Berdasarkan data, inilah beberapa alasan mengapa pengguna memilih Ruangbelajar.



➧ ➧ ➧ ➧ Biaya terjangkau

Berlangganan di Ruangbelajar 10x lebih murah daripada bimbel biasa. Belajar di mana saja, kapan saja, sesuai kebutuhan anak kita. Apalagi jika kita berlangganan saat ini, ada beberapa promo menarik nih. Salah satunya promo terfavorit paket tahun ajaran baru dengan diskon hingga 60%. Hemat banget yaaks, lumayan kan Moms!



Dengan paket tersebut apa saja yang akan didapatkan anak kita?



 ➧ Video Belajar

Ruangguru memiliki ribuan video belajar beranimasi dan pembahasan soal untuk SD, SMP, SMA bersama Master Teacher dengan durasi 10-15 menit. 

 ➧  ➧ Latihan Soal dan Pembahasan

Untuk mempertajam pemahaman anak-anak, tersedia latihan soal dan pembahasannya ada belasan ribu latihan soal. Latihan topik tersedia dari tingkat kesulitan mudah hingga soal - soal HOTS. Nilai langsung keluar dan bisa lihat pembahasannya

➧  ➧  ➧ Rangkuman/Infografis Modul Bimbel

Setelah menyelesaikan misi, anak-anak dapat meihat kembali materi yang sudah dipelajari dengan rangkuman yang bisa di-download. Jadi gak harus online terus atau gak harus khawatir saat tidak ada jaringan internet karena rangkuman dan modul ini bisa di download dan kita simpan. Anak-anak bisa memperlajarinya kapanpun dan dimanapun. Hemat Kuota juga.

➧  ➧ ➧  ➧ Belajar jadi seru dengan Ruangguru Adventure dan Teman Belajar!

Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan! Ini sih bakalan bikin anak-anak excited kan ya.

➧  ➧ ➧  ➧ ➧  Pantau Perkembangan Belajar dengan Mudah!

Kita sebagai orangtua cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk dapatkan laporan belajar anak secara komprehensif. 

Bimbel Biasa VS Ruangbelajar

Well lalu apa bedanya sih Bimbel biasa dengan Ruangbelajar? Cuss mangga bisa diperhatikan yaa infografis berikut. Jangan lupa bandingkan hehehe.



Akses Ruangbelajar di Laptop !

Nah sekarang Ruangbelajar juga dapat digunakan di laptop loh. Alhamdulillah karena menurut aku belajar online kalau via gadget kecil kan kasihan ya anak-anak. Kalau bisa di perangkat yang lebih besar dan luas bakal membantu banget kan? Jadi sekarang aplikasi Ruangguru for Desktop sudah bisa di download dan  tersedia untuk Windows dan Mac. Yayyy!


Nah jadi gimana, gak harus galau lagi ya menghadapi tahun ajaran baru kali ini. Kita bisa mendapatkan support dari aplikasi belajar online terbaik dan anak-anak bisa belajar dengan lebih fun juga ya. Semangat semuanya! Stay safe, stay happy, and stay healthy.

25 comments

  1. Si kecil sering protes, "Pengin sekolah, ketemu teman-teman, guru, dan ke kantin." Tapi, tahun ini pun masih belum tatap muka dan harus mematuhi protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Produk-produk yang dilahirkan RuangGuru ini super kece dan sarat faedah, ya.
    Bener-bener memudahkan siswa dan ortu (fasilitator/pendamping PJJ)
    Semogaaa kita kembali semangaaatt menghadapi tahun ajaran baru, yeahhh!

    ReplyDelete
  3. Anakku juga belajar pakai ruangbelajar by ruang guru nih. Seneng banget dia belajar melalui video animasi gitu. Berasa kayak di sekolah beneran jadi lebih semangat juga. Di masa pandemi gini, keberadaan ruangguru menurutku membantu banget

    ReplyDelete
  4. Bener mbak, pelajaran anak-anak sekarang kok berat-berat ya. Pelajaran SD dulu kayaknya dipelajari pas SMP. Pelajaran SMP dulu kayaknya dipelajari pas SMA. haha. Itu kenapa sejak masih SD anakku yang cewek udah ikut bimbel di RuangGuru. Yang cowok juga pas SMA.
    Sekarang aplikasi belajar online di Ruangguru makin canggih. Fitur makin bagus dan banyak. Makin memudahkan dan menyenangkan buat belajar online.
    Pas pula dengan situasi seperti sekarang. Belajar online udah jadi semacam kebutuhan.

    ReplyDelete
  5. Jangankan kelas 9 mbak kmr nadia kan sempat balik sari pondok setelah kasus di Jateng naik dan aku dampingi belajar PJJ kan. Asli mumet deh kalo ada tugas terutama matematika. Seingetku materi yg sama tuh aku dpt SMP kelas 3 apa SMA gitu. Kalo udah nyerah gini ya ruangguru lah andalannya. Cara ngajarnya inivatif dan kreatif si. Nadia yg cenderung belajarnya visual yg terbantu banget

    ReplyDelete
  6. Aku kira biaya di RuangGuru tu mahal lho, Mak, makanya sempat jiper duluan pas mau daftarin Amay. Ternyata masih terjangkau, yaa.. 1000-an rupiah doang per harinya. Udah gitu ada rapor anaknya juga. Wah, jadi pengen ikutkan Amay juga nih.

    ReplyDelete
  7. Banyak banget pilihan ruang belajarnya ya Teh, bisa disesuaikan dengan yang apa yang dibutuhkan si kecil. Semoga Anak-anak Indonesia tetap semangat menimba Ilmu walau masih harus secara online, semangat sehat!

    ReplyDelete
  8. Penting hemat kuota nih ya mba. Trus video belajar itu harus menarik supaya minatnya kuat.. klo videonya animasi gitu bakal betah belajar ya anak2.
    Tantangan banget jaman pandemik gini, tapi ruang guru keren ya selalu inovatif.
    Ortu juga pasti kebantu karena bimbel online ini^^ ruang guru

    ReplyDelete
  9. Allhamdulillah di tengah pandemi gini, di tengah pembelajaran jarak jauh gini, aplikasi Ruangguru hadir membantu banget para orangtua ya mba dalam memberikan pelajaran tambahan selain di sekolah. Soalnya kan sebagai orang tua terkadang kita tidak menguasai semua pelajaran. Kalau ada Ruangguru kan kita jadi terbantu ya dalam memberikan pendidikan untuk anak anak kita

    ReplyDelete
  10. Huhuy, makin inovatif aja nih, meski lewat apps, tetep bisa belajar di leptop yaa, anak2 semoga tambah happy, karena tampak jelas mengikuti pelajaran2nya.

    Alhamdulillah senang banget pas tahun ajaran baru baru PJJ kembali, beneran menyiapkan diri orang tua dan anaknya dengan aplikasi belajar onlinne terbaik di Ruangguru yang super lengkap banget ya Mak.
    Selamat membersamai anak2.

    ReplyDelete
  11. Anakku mah lucu banget, masa yg udah naik kelas 11 pake nanya, "Mi aku ikutan lagi nggak Masa Pengenalan Sekolah? Siapa tau aku dapet hadiah lagi." Wkwk. Begitu naik kelas 11, berarti kelas baru dong ya, tantangan juga baru. Jadi Emaknya pun harus ekstra sabar mendampingi anak dalam belajar.

    ReplyDelete
  12. Buat saya pun bimbel terbukti efektif membantu anak-anak saya belajar. Apalagi mereka udah jenjang SMP dan SMA. Pelajarannya udah susah banget buat saya. Mereka juga lebih ngerti kalau guru bimbel yang ngajarin daripada sekolah

    ReplyDelete
  13. Banyak sekali fasilitas maupun fitur yang ditawarkan Ruangguru :) Anak2 diharapkan dapat lebih memahami mata pelajaran sebaik2nya. Kita sebagai orang tua bisa memilik aplikasi belajar terbaik untuk anak2 kita. Apalagi Ruangguru ini para pengajarnya berkualitas dan lulusan dari PTN ternama. Kemudian biayanya juga terjangkau, malah ada diskon juga.

    ReplyDelete
  14. Nah iya asik mba bisa akses RuangBelajar via laptop. Belajar juga jadi lebih mudah ya mba. Informasinya juga banyak banget. Apalagi ada video yang apik mampu menjelaskan dengan baik

    ReplyDelete
  15. Tuh yaa...kak Ophie.
    Aku juga tuh ngerasain banget efek guru yang enak, jadi pelajaran mudah dipahami juga.
    **enak, hehhee...ganteng gitu lo...maksudnya.

    Tapi aku dulu kok lupa-lupa inget yaa...punya guru ganteng yang bikin aku semangat belajar ga siih?
    Guruku kayanya uda sepuh semua..huhuu~

    Sekarang ada ruangguru, jadi kebantu banget yaa...
    Belajar online tetap menyenangkan karena media belajarnya juga asik.

    ReplyDelete
  16. Wah iya sebentar lagi tahun ajaran baru
    dan sepertinya masih harus belajar dari rumah
    Biar nggak puyeng, butuh bala bantuan ya mbak
    seperti ikutan Ruangbelajar by Ruangguru ini

    ReplyDelete
  17. enak ya ada ruangbelajar ini, bisa bikin anak stay jua untuk pelajarannya dan ngerasa gak sendiri. oke nih apalagi diskonnya mayan ya mbak

    ReplyDelete
  18. Emang lengkapp banget ya fitur ruang belajar ini. Anak aku tertarik make krn ada pet gitu. Dah gitu bulan ini ada fitur baru lg. Etapi anak2 pada sekolah offline nih disini tahun ajaran ini. Entahlah gimana. Baru tau jg di grup wa wali murid tadi. Heu

    ReplyDelete
  19. Tahun ini siap-siap lagi dengan PJJ ya Mba, berhubung lagi PPKM juga. Terbantu sekali pasti ya adanya Ruang Belajar ini. Biayanya lebih murmer, pengajarnya juga Interaktif dan materi mudah dipahami. Ini pengalaman adikku yang pernah belajar di Ruang Belajar by Ruang Guru

    ReplyDelete
  20. Ruangbelajar memang saat ini adalah satu dari Layanan Belajar Online Terlengkap di Indonesia.

    Belajarnya juga mudah, anak-anak dapat belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal.

    Anak-anak juga bisa mengakses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin anak-anak lebih mudah memahami.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya mbak, kehadiran ruang guru sebagai bimbel online ini menjadi salah satu alternatif yang tepat sekali dengan pembelajaran jarak jauh ini. anak saya juga langganan, emang bagus pelayanannya.

    ReplyDelete
  22. Weh weh weeeh makin beragam aja nih fitur yang ditawarin Ruangguru. Pertama diluncurkan dulu kayanya cuma sekedar platform belajar online aja. Sekarang udah macem-macem kategori dan fiturnya, jadi lebih fokus sesuai dengan pilihan siswanya sendiri ya Mak :))

    ReplyDelete
  23. Ruang guru makin banyak fitur baru sesuai kebutuhan. Lengkap banget dan pengajaran nya juga gak ecek2. Lagi diskon lhooo

    ReplyDelete
  24. anakku sekarang dah kelas 5 mak, kayanya mesti mulai pilih pilih bimbel juga buat di kelas 6nyaaaa.. soalnya kalo pjj gini, belajar pun emang berasa nggak maksimal ya.. huhu

    ReplyDelete
  25. wah banyak banget fiturnya yaa, all in one :D keren!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.