3 Alasan Memilih Hunian ala Jepang



Hunian dengan nuansa Jepang. Apa yang Sahabat Mom of Trio bayangkan saat mendengar tentang hunian nuansa Jepang? Hunian yang sederhana, minimalis, dan hangat itu yang ada dalam kepala saya.  Selain desain internior, desain esktrior ala Jepang juga kurang lebih memiliki karakteristik yang sama. Sederhana, hangat, dan minimalis. Di mana kita bisa menemukan hunian dan lingkungan dengan nuansa Jepang tidak jauh dari Jakarta?Seion Serang merupakan salah satu perumahan di Serang yang letaknya tidak jauh dari Jakarta yang menawarkan konsep hunian dengan nuansa Jepang.

Seion Serang menjadi perumahan Jepang pertama di Serang. Perumahan di Serang ini mengusung desain eksterior dan interior bernuansa rumah Jepang. Fasilitas kompleks seperti tamanpun didesain dengan tema Jepang. Hunian ini memadukan desain arsitektur dan lanskap modern Jepang untuk menciptakan hunian yang mendukung gaya hidup berimbang. Dalam kompleks ini tersedia ruang terbuka hijau berupa taman khas Jepang yang memberikan efek relaxing dan rasa damai yang berbeda dari perumahan di Serang lainnya. Hmm nuansa Jepang hanya di Serang lho!

Mengapa kita bisa memilih rumah dengan nuansa Jepang sebagai hunian untuk keluarga?

Sederhana dan Minimalis

Sederhana  namun elegan. Konsep kesederhanaan dalam desain hunian Jepang tampak baik dari fasad maupun bagian dalam rumah.  Fasad atau eksterior sebuah bangunan, baik bagian depan, bagian samping, maupun bagian belakang bangunan dari hunian gaya Jepang.  Dari sisi eksterior fasad bangunan yang tidak terlalu banyak ornamen memberi kesan sederhana namun tetap elegan. 

Kesederhanaan juga ditampakkan oleh penataan ruang dan di dalam rumah serta penataan barang dalam masing-masing ruang. Pembagian ruang dan batas antar ruang dibuat simple. Penggunaan pintu geser serta sekat atau bahkan tangga yang minimalis sangat kentara guna memberi kesan luas ruang di dalam rumah.

Konsep desain Jepang memanfaatkan furnitur atau perabotan yang multifungsi sehingga barang-barang yang ada di dalam rumah menjadi tidak terlalu banyak dan terlihat rapi. Hunian Jepang memang dikenal dengan sedikitnya furnitur/perabotan yang digunakan namun dengan fungsi yang bisa dimanfaatkan secara efektif dan efisien.

Ruang gerak di rumah akan menjadi lebih luas dann tentu akan memudahkan membersihkan dan merapikannya.  Selain itu kesan sederhana dan minimalis tampak dari pemilihan warna baik untuk desain eksterior maupun interior. Rumah gaya Jepang yang minimalis biasanya menampilkan warna-warna netral seperti putih, hijau, coklat, dan hitam yang berasal dari unsur alami kayu, tanaman, dan bahan alami lainnya

Desain yang sederhana, minimalis, dan tidak terlalu rumit membuat rumah gaya Jepang menjadi salah satu desain cukup banyak diterapkan oleh beberapa perumahan di Indonesia salah satunya perumahan di Serang. Ciri khas hunian yang ala Jepang sederhana dan unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang menyukai konsep minimalis.



Alami dan Menyatu dengan Alam

Zeen sebagai dasar dari konsep interior Jepang diartikan sebagai sebuah ketenangan batin. Itulah kenapa rumah-rumah di Jepang secara filosofi dibuat pemiliknya untuk mencapai ketenangan batin saat mereka berada di dalam rumah. Sejalan dengan konsep kesederhanaan, maka salah satu cara untuk mencapai ketenangan batin itu adalah back to nature. Dekat dengan alam dan sangat mengutamakan kesederhanaan.

Penggunaan material yang mayoritas berbahan kayu dan bahan-bahan alami seperti bambu juga menjadi ciri dominan hunian Jepang. Mereka cenderung meminimalisir penggunaan material industrial guna menonjolkan kesan alami. Konsep ruangan bergaya Jepang dibuat semi terbuka dan menyatu dengan taman di sekitar rumah. Lalu pada area taman biasanya ditambahkan elemen batu, tumbuhan, serta air sehingga terasa menyatu dengan alam.

Hangat

Pencahayaan alami dan ruang terbuka mejadi ciri khas hunian Jepang sehingga rumah terasa hangat. Ide kesederhanaan rumah minimalis juga hakikatnya memberikan banyak ruang yang dengan mudah mendapatkan pencahayaan alami dari luar rumah. Cahaya yang masuk ke dalam rumah tidak hanya memberikan efek penenrangan namun juga membawa aura ketenangan bagi penghuninya.

Penggunaan elemen kayu yang dominan termasuk penggunaan tekstur kayu pada berbagai ruang memberi kesan hangat pada ruangan. Kayu dan bambu menjadi elemen yang sangat berperan dalam menciptakan nuansa khas Jepang.  Kayu dan bambu yang tidak dikreasikan secara berlebihan namun mengambil corak sederhananya sangat cocok bagi lingkungan dengan penerangan cahaya alami. Kesan hangat dan homey membuat penghuninya merasa nyaman dan tenang.

Dengan tampilan yang sederhana dan minimalis, menyatu dengan alam, dan nuansa warna ruangan yang lembut dan pencahayaan alami membuat rumah khas Jepang terasa sangat nyaman. Jadi bagaimana Sahabat Mom of Trio tertarik untuk membeli hunian dari perumahan di Serang dengan nuansa Jepang.

26 comments

  1. Dari dulu terobsesi dengan Jepang karena budaya, cara hidup, lingkungan, dan tempat tinggalnya, sekaligus kebiasaan juga kecerdasan orang Jepang. Apalagi rumah bergaya Jepang yang menyatu dengan alam, klasik, kuno, unik, terkesan mewah, dan hangat ini pasti tergiur. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Ya, jaman sekarang, gaya hidup minimalis memang diterapkan. Mengingat gak banyak space juga dlm rumah, dan gak jadi kebiasaan menumpuk barang tidak terpakai di gudang. Jd tertarik nih melihatnya :)

    ReplyDelete
  3. Rumah bergaya Jepang ini paling oke ya..buat keluarga muda yang masih belum banyak barang. Sehingga selain mengusung tema simple, bersih juga praktis.
    Dengan bangunan yang sehat, ramah lingkungan karena menyatu dengan alam dan mudah dibersihkan.

    ReplyDelete
  4. Suka banget hunian minimalis gini, adem yaa dan bikin nyaman. Simple gitu ya.

    ReplyDelete
  5. Aku pun suka dengan konsep rumah Jepang, sederhana namun elegan. Orang Jepang memang dikenal minimalis dalam hal perabotan, yang dibeli dan dipunya memang bener-bener hanya yang sering dipake. Efisiensi waktu dan biaya juga kayaknya sih, biar ga repot/ribet bersiin/perawatan.

    Kalau ada rumah konsep Jepang di Serang, boleh juga nih jadi inceran pencinta rumah ala Jepang 😍💕

    ReplyDelete
  6. Hunian ala Jepang memang selalu terkesan menyatu dengan alam. Saya jadi teringat sama almarhum papah. Paling gak sejak dulu kamar orang tua saya yang selalu dibikin ala Jepang. Karena menurut papah saya, tidur di lantai kayu dengan alas tipis kayak Jepang tuh udah paling nikmat

    ReplyDelete
  7. Wah hunian idaman nih...Memang rumah khas Jepang tuh sangat nyaman dengan tampilan yang sederhana dan minimalis, menyatu dengan alam, dan nuansa warna ruangan yang lembut dan pencahayaan alami.Bikin betah pasti!

    ReplyDelete
  8. Org Jepang emang biasanya suka yang minimalis. Rumah2 di "perkampungannya" juga cenderung mirip. Namun gak berlaku jg kalau penghuninya suka menimbun barang hehe :D
    Tp emang yg paling disukai dari arsitektir Jepang ya minimalisnya sama pencahayaannya yang enggak pelit ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Rumah bergaya Jepang itu hangat karena pemilihan bahan kebanyakan menggunakan kayu. Aku suka model seperti rumah Jepang, dengan taman kering, konsep nya minimalis juga jadi terkesan sederhana tapi clean gitu

    ReplyDelete
  10. Simple tapi fungsinya optimal gitu ya rumah bergaya Jepang ini, desain bangunan sederhana, nggak banyak barang di dalamnya, jadi terasa lebih luas juga menurut saya.

    ReplyDelete
  11. Jepang, salah satu negara yang terlintas di kepala saat membicarakan tentang budaya, kerja keras, pendidikan, dan cara hidup. Makanya saya sempat mendesain rumah ala Jepang juga. Sederhana dan terlihat nyaman.

    ReplyDelete
  12. karena dulu alm bapak sempat tinggal di jepang, beliau suka banget menerapkan konsep Zen ini, jadi kayak punya bonsai - suiseki - pelihara koi, dll

    bahkan kayak rumah (dulu aku di Tarakan) konsep raknya juga yang terbuka gitu, simple clean minimalis, ga nyangka aku malah ga kaayak gitu jadi orang!

    ReplyDelete
  13. tema hunian yang minimalis memang selalu jadi pilihan terutama untuk keluarga muda karena nyaman, simple, dan sirkulasi udaranya bagus

    ReplyDelete
  14. All about Jepang aku sukak...nah rumahku juga mengadopsi model jepang dengan luas kecil akan tetapi memiliki ruangan apa aja ada meski kecil dan meminimalisir perabot juga.

    Beberapa kali ke Jepang emang bikin jatuh hati.

    ReplyDelete
  15. Mau bangeeet sebenernya 😄😄. Itu kenapa aku sukaaa banget Ama jepang mba. Beberapa kali kesana, aku cobain juga tuh stay di penginapan Airbnb. Pernah dapat yg bentukannya rumah, dan itu memang nyamaaaaan banget. Minimalis tapi Compact . Makanya sempet kepikir Ama suami, kalo renov rumah ntr, aku mau bentuk yg kayak rumah di jepang. Minimalis jadi gampang bersihinnya.

    Ternyata ada juga perumahan yang dibangun dengan konsep itu yaaa, walo agak lumayan jauh dari JKT 😅

    ReplyDelete
  16. Wah iya mbak
    Hunian ala Jepang ini emang kece
    Minimalis tapi serasa penuh kehangatan ya

    ReplyDelete
  17. Hunian ala Jepang salah satu yang kusukai adalah pintu rumah yang geser ya. Praktis dan hemat tempat ya. Kalau ada rejeki pengen banget punya rumah disini mom Opi

    ReplyDelete
  18. Hunian ala Jepang tuh cakep apalagi kalau yang modelan rumah minimalis masa kini. Aku pun ingin sekali yang seperti itu, karena lebih clean ya.

    ReplyDelete
  19. Suka dengan konsep minimalisnya, jadi ga ribet banget mengurus banyak perabot yang kadang-kadang terlalu berlebihan untuk dimiliki. Konsep menyatu dengan alam ini juga sehat banget loh untuk kehidupan.

    ReplyDelete
  20. Cita-cita banget punya hunian ala-ala Jepang begini. Rasanya banyak unsur alam dalam rumah, suasana rumah juga lega dan tenang. Semoga suatu saat cita-cita tersebut menjadi nyata. Amiin.

    ReplyDelete
  21. Kalo boleh jujur aku selalu suka sama konsep rumah yang minimalis, nggak banyak pernak pernik gitu mbak. Seperti rumah Jepang gitu..

    ReplyDelete
  22. Selain sederhana, minimalis, dan hangat, yang ada di kepalaku saat terbayang rumah Jepang tuh adalah rumah berteknologi tinggi dan tahan gempa, Mbak. Hehe.
    Seion Serang juga alami ya, Mbak. Suka deh dengan rumah model gini :)

    ReplyDelete
  23. Suka banget konsep rumah ala Jepang, bahkan dulu punya cita2 pengen ke Jepang. Selain minimalis rumah ala Jepang juga artistik meski terkesan sederhana. Tapi ada sesuatu yg bikin menarik.

    ReplyDelete
  24. Huniannya bikin happy menarik sekali tinggal ala Jepang ini ya, aku suka terarik dengan pintu dan dinding rumahnya, minimalis banget ya

    ReplyDelete
  25. Semoga punya rejeki bisa punya rumah sendiri aamiin, selalu mupeng kalau ada review rumah begini mba hehehe, aku masih ikut mertua hiks

    ReplyDelete
  26. kalau ngeliat rumah orang jepang di TV kayaknya adem banget gitu, dominan kayu ya. Terus terkenal juga dengan kehidupan minimalisnya, termasuk soal perabotan di dalam rumah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.