Tuesday, June 28, 2016

Konsula: Ketika Akses Terhadap Layanan Kesehatan Tak Lagi Berbatas

Beberapa waktu lalu saya mengalami kejadian tidak menyenangkan. Ceritanya sudah saya tuangkan di sini. Jadi karena saya tidak paham harus melakukan tindakan apa dan salah mengambil kesimpulan terhadap kondisi Dek Paksi, jadilah efek cairan Tomcat membuat kondisi kulit Dek Paksi makin parah. Meskipun kemudian akhirnya saya bawa ke dokter, namun penangannya kurang maksimal karena saat weekend di rumah sakit hanya ada dokter jaga, bukan dokter spesialis. 

Saat emergency, kita membutuhkan saran dan tindakan yang tepat dari praktisi kedokteran sering tidak bisa terpenuhi dengan sistem pelayanan kesehatan yang ada sekarang. Semua pasien yang datang ke rumah sakit atau ke dokter tentu harus melalui prosedur administrasi yang cukup panjang, belum lagi antrian yang harus dilalui, jarak dari rumah ke rumah sakit, dan seterusnya. 

Masalah-masalah klasik ini sedikit banyak akhirnya menghambat proses pelayanan kesehatan yang idealnya memberi solusi cepat bagi masyarakat yang memiliki masalah kesehatan. Menjadikan akses terhadap layanan kesehatan tanpa batas merupakan salah satu misi lahirnya Konsula. Karena akses terhadap layanan kesehatan merupakan hak seluruh warga negara sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dari latar belakang inilah, tiga orang pemuda anak bangsa kemudian mewujudkan idenya dengan membangun sebuah paltform layanan kesehatan berbasis aplikasi telepon genggam dan website.


Shinta Nurfauzia, Johannes Ardiant, dan Ronald Wijaya, tiga putra bangsa yang kebetulan berkesempatan sekolah di luar negeri namun tetap ingin membangun dunia kesehatan tanah air inilah yang merupakan founders dan CEO dari Konsula. Pada kesempatan launching Konsula di Ruci's Joint Kebayoran lalu mereka menceritakan latar belakang hingga akhirnya bersinergi membangun Konsula untuk membuka akses kesehatan tanpa batas.

Apakah Konsula?

Perkembangan telemedis dan konsultasi kesehatan online bergerak cepat di beberapa negara. Praktik ini tampaknya juga mulai berkembang di Indonesia. Kehadiran Konsula merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan secara lebih efisien. Hemat waktu, hemat biaya, dan hemat tenaga dibandingkan dengan cara konvensional.

Konsula merupakan health marketplace yang menghubungkan pasien atau pengguna dengan penyedia jasa dan produk kesehatan seperti dokter, klinik, rumah sakit, laboratorium, dan lain sebagainya. Pengguna bisa mendapatkan solusi kesehatannya langsung dari ujung jari lewat telepon genggam melalui layanan kesehatan secara online.

Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam launching Konsula kemarin, saat ini Konsula sudah bisa menghubungkan pengguna dengan lebih dari 2.800 dokter  ( 20 di antaranya terlibat aktif secara langsung dalam layanan fitur Chat Dokter), 940 klinik, dan lebih dari 3.000  Merchant kesehatan di Indonesia. Perlu dicatat bahwa angka-angka ini akan terus bergerak sesuai dengan perkembangan Konsula ke depannya. 

Saat ini  sudah lebih dari 8.000 pengguna android menginstall aplikasi Konsula di smartphone, termasuk saya. Dalam waktu kurang dari dua bulan sudah ada lebih dari 4.000 konsultasi melalui fitur Chat Dokter. Konsultasi kesehatan sifatnya preventif dan sebaiknya dilakukan justru sebelum terserang sakit. 

Saya yakin banyak masalah kesehatan yang menjadi pertanyaan sehari-hari bagi kita semua yang kadang kita kesulitan mengonsultasikannya dengan cara konvensional. Aplikasi Konsula sangat membantu berbagai persoalan seputar kesehatan yang menjadi concern masayarakat dengan cara yang lebih mudah, kapanpun, di manapun asalkan smartphone kita menyala dan ada jaringan internet.

Apa saja Fitur dalam Konsula?

Nah sekarang kita kenali lebih dekat yuk, fitur  apa saja yang ada dalam aplikasi Konsula. Oh iya peluncuran apliaksi Konsula dilakukan pada bulan April 2016 dan saat ini aplikasi ini sudah mengalami proses pembaharuan ke versi 1.1.2. Untuk pengguna IOS dan Android, Konsula bisa ditemukan di application store/play store,  lalu lakukan register agar bisa memulai layanan dari Konsula. 

Ada beberapa fitur yang tersedia yakni Chat dengan Dokter, Telepon dengan Dokter, Cari Dokter dan yang terbaru adalah Fitur e-Store.

Setelah registrasi dan login ke dalam menu, maka akan muncul gambar sebagai berikut. 

Pada halaman utama ini ada pilihan fitur yang bisa kita pilih. Oh iya untuk satu bulan kita bisa mendapatkan satu bulan free untuk fitur chat dengan dokter dengan memasukkan kode promo tertentu pada halaman pembayaran. Selain itu kita bisa melihat "home" akun, kita bisa melengkapi data profile kita dan mengecek transaksi, vocher, atau jadwal janji kita.

Untuk menggunakan fitur Chat dengan Dokter, kita akan terhubung secara realtime dengan salah satu dari 20 dokter telemedis yang saat ini terlibat. Satu orang pengguna mendapat kesempatan sekitar 15 menit konsultasi. Dokter-dokter ini bekerja secara sistem shift mulai dari pukul 8 hingga pukul 10. 


Pada fitur Telepon dengan Dokter atau Request Doctor's Call, pengguna dapat membuat janji untuk konsultasi dengan dokter tertentu dan dokter yang diminta pada waktu yang telah disepakati akan menelpon langsung kepada pengguna. Untuk fitur ini dokter tidak bisa mengeluarkan resep.


Fitur Cari Dokter, membantu pengguna mencari dan menemukan dokter dari berbagai rumah sakit dengan beragam spesialisasi sesuai kebutuhan pengguna termasuk dokter hewan dan ahli akupuntur. Kita bahkan bisa mengecek secara langsung profil dokter dan rumah sakit dimana dokter berpraktik dan tarif jasa yang dikenakan oleh dokter yang bersangkutan. Selain dokter tersedia juga fitur untuk mencari rumah sakit, pharmacy, klinik kesehatan, klinik kecantikan, laboratorium, optik, bahkan puskesmas.



Fitur E-Store merupakan fitur terbaru yang ditujukan guna memudahkan para pengguna aplikasi menemukan paket kesehatan dan kecantikan dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan pembelian secara langsung. Konsula menawarkan harga yang lebih bersaing. Saya sempat mengulik-ulik untuk paket beauty skincare misalnya microdermabrasi ada potongan harga yang cukup lumayan. Layaknya marketplace, keuntungan kita sebagai pengguna adalah membanding-bandingkan harga dan layanan yang ditawarkan oleh masing-masing merchant untuk kemudian kita pilih.



Para dokter yang terlibat bersama Konsula merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang telah memenuhi standar profesi kedokteran serta mendapat monitoring dari IDI. Kerjasama Konsula dengan para dokter dalam IDI merupakan wujud keseriusan Konsula memberikan layanan kesehatan terbaik bagi pengguna.

Semoga misi Konsula untuk membuka akses layanan kesehatan tanpa batas bagi seluruh masyarakat dapat tercapai mengingat, ada kecenderungan bahwa kelak layanan kesehatan diarahkan pada aspek preventif dan promotif daripada kuratif.


27 comments:

  1. Wah asyik juga ya bisa chat dengan dokter, kadang-kadang kan ada hal2 yg pengin ditanyakan, seneng kalo bisa via online gini. Seenggaknya kita tau, dokternya nggak akan ngomel kalo kita nanya2, kan ada tuh dokter yg terganggu dan nggak mau jawab kalo kita nanya lewat telpon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...suka ada yg jutek gt klo kita banyak nanya...pdhal enaknya kita bs nanya2 banyak kan yaa

      Delete
  2. Ih keren banget appsnya! Bakalan manfaat banget ini mah buat mahmud kayak kita ya mba. Jadi pengen langsung install di hp ah. Asiik..
    Makasih sharenya ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Waah, aku butuh apps ini juga,, kadang suka males ke dokter, gak nahan antrinya.. langsung instal ah, tfs mbak,,

    ReplyDelete
  4. Lumayan juga nih kalo udah punya applikasinya, bisa nanya2 tentang penyakit. Nggak perlu duduk antri di ruang praktek dokter, makasih ya infonya mbakk

    ReplyDelete
  5. seru ya bisa chat dengan dokter langsung, saya biasanya panik kalo anak sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini mengurangi panik mba...dikit2 bs nanya hehee

      Delete
  6. Konsula ini membantu solusi kesehatan ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. Wah.. kini konsultasi dokter bisa dengan online juga ya Mba.. Ini membuktikan bahwa dunia digital berkembang sedemikian pesat sehingga bisa meng-cover semua kebutuhan kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terdigitalize semua hal sekarang ya mba

      Delete
  8. Wah aplikasinya membantu banget apalagi buat yg gx punya waktu banyak untuk bolak balik ke dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..efisien..hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya

      Delete
  9. Perkembangan teknologi internet semakin memudahkan kita ya Mbak, jadi sebelum panik melanda bisa konsul ke Konsula dulu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memabntu banget buat ibu2 dg anak balita yg suka dpt kejutan2 soal kesehatan si kecil ya

      Delete
  10. Salut sama 3 putra bangsa di atas.. Koq ya terpikir bikin aplikasi hebat seperti ini.. :)

    Berguna banget buat ibu-ibu macam saya, yg balitanya sering tiba-tiba panas, dan bikin saya panik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba...salut yaa
      anak bangsa yg kreatif nih

      Delete
  11. Nah ini dia yang saya butuhkan.
    Berburu install aplikasinya

    ReplyDelete
  12. Utk saya yang suka panikan pas anak sakit pas ya kalau instal aplikasi ini. Ah, makin bangga jadi bangsa Indonesia nih. Karena negara ini juga terus maju tak mau kalah dengan negara2 lain dalam hal yg positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cukup membantu untuk saat2 urgent dan panik klo ada apa2 dengan si kecil yaa

      Delete
  13. Zaman Sekarang kesehatan makin gampang diakses, hampir dimanapun dan kapanpun

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.