Monday, July 25, 2016

Tampil Berbusana Muslim Sekeluarga? Kompak dan Tetap Gaya

Tampil Berbusana Muslim Sekeluarga? Kompak dan Tetap Gaya. Muslim fashion atau fashion muslim untuk keluarga? Hmm masih jarang ya saya mendengar yang satu ini. Biasanya kalau ngomongin muslim fashion itu mostly didominasi oleh koleksinya kaum hawa. Kebanyakan memang  arahnya ke koleksi baju untuk para hijabers. Kaum yang cantik, kaum wanita, Yes? Baju muslim yang bisa dikenakan secara kompak satu keluargabiasanya muncul saat ada acara penting keluarga seperti pesta pernikahan atau kondangan dan saat lebaran.

Entah kenapa saya suka aja kalau melihat ada keluarga yang bisa kompakan tampil dengan baju keluarga yang senada. Hmm rasanya kok nyenengin gitu ya. What a happy family. Kadang suka kepo deh kalau liat di instagram ada photo keluarga dengan busana kompakan. Gak selalu busana formal sih, baju casual yang kompakan juga kelihatan lucu dan seru. Saya termasuk yang suka dengan penampilan kompak satu keluarga dalam berbusana. Kompak dan tetap gaya.


Saat Anak-anak belum berhijab

Saya sendiri sebetulnya suka memadu-madankan penampilan saya, suami, dan anak-anak untuk acara-acara tertentu. Kami punya beberapa koleksi baju "seragam", yang mostly merupakan baju yang kami jahit sendiri, biasanya dengan motif batik. Memiliki anak tiga, dua perempuan di usia yang berdekatan, plus satu anak laki-laki memang perlu trik tersendiri untuk bisa tampil kompakan. Tidak harus selalu dengan model dan warna yang sama persis. Justru jadi kelihatan kaku ya. Kompak namun tetap gaya. Ya biasanya kalau bukan modelnya yang sama, warnanya senada atau sebaliknya. Intinya padu padan sih, bukan sama persis. Untungnya suami saya mau aja dikompakin kayak gini. 

Saya sudah lama berhijab, sedangkan kedua putri kecil saya baru sekitar setahun belakangan ini mereka mulai berhijab lebih konsisten di luar waktu sekolah terutama saat pergi-pergi ke acara tertentu atau sekedar outing bersama keluarga. Awalnya ya masih "pakai copot" jilbabnya. Kapan mereka mau, mereka pakai, kapan mereka mau copot ya, saya masih membiarkan. Saya sih maunya mereka belajar dan kelak memilih atas kemuan dan kesadaran sendiri. Gak perlu dipaksa, cukup dicontohkan saja. 

Meski bukan kembar Ka Alinga dan Ka Zaha hampir selalu saya belikan outfit yang senada dan kompak. Sebetulnya lebih untuk menghindari kecemburuan dan rasa iri sih. Eh ternyata merekanya juga suka memakai outfit "kembar". Setiap mereka mengenakan pakaian senada, banyak yang kemudian berkomentar "lucu" atau malah menduga mereka kembar.

Salah satu cara yang saya lakukan agar kami tampil kompak adalah menjahitkan baju sarimbit untuk kami berlima. Biasanya saat hunting oleh-oleh di suatu daerah saat saya bertugas, saya selalu tergoda untuk melihat-lihat wastra tradisional khas setempat. Kain batik lokal sih biasanya. Naah, alih-alih saya memakai sendiri atau hanya sarimbitan dengan ayahnya, saya kemudian memadu-madankan juga untuk trio krucils. Jadi koleksi baju keluarga kami biasanya dari batik dengan motif khas daerah tertentu nih.

Sejak Ka Alinga dan Ka Zaha beranjak di usia SD saya kemudian sengaja membuatkan dengan model baju muslim untuk mereka. Karena memang masih jarang brand yang mengusung baju keluarga muslim. Nah sayangnya pertumbuhan mereka di masa tumbuh kembang menyebabkan baju-baju yang saya buatkan menjadi cepat tak terpakai. Cepat sekali mereka tumbuh,baju-baju itu mulai tidak muat dipakai. Kondisi di mana mereka tidak bisa menunggu waktu saya mengoleksi baju muslim sarimbit yang baru karena kesibukan saya dan juga sulit mendapatkan tukang jahit yang cocok.
Minus jilbabnya nih, masih pake copot :)

Naah ternyata ada online clothing brand yang memang salah satu produk andalannya adalah baju muslim yang bisa dipakai seluruh anggota keluarga. Ethica namanya, bacanya etika aja ya. Sebelumnya brand ini sudah bergerak di bidang fashion muslim sejak tahun 2007 dengan brand Salsa kids dan Salsa Clothing di tahun 2010, yang fokus pada busana muslim untuk anak-anak dan remaja. Mengikuti trend fashion muslim yang kini merambah seluruh anggota keluarga, Ethica menawarkan paket busana sarimbit untuk seluruh anggota keluarga. 

Pertama kali berkunjung ke websitenya terasa sekali, kalau brand ini mengusung keceriaan untuk seluruh anggota keluarga. Rupanya memang tema dari brand yang satu ini adalah ‘spiritualitas Islam yang mencerahkan’ melalui kekuatan warna, variasi motif, design simple, dan matching yang terdiri atas paduan kain kaos terpilih dan kain katun berkualitas.Waah koleksinya memang eye catching dan cerah. Cocok untuk keluarga muslim dengan anak kecil atau remaja. Coba lihat saja langsung jika ingin melihat koleksi Ethica. Ada banyak pilihan model dan warna yang akan mencerahkan hari-hari keluarga muslim.

Buat saya menjahitkan sendiri atau membeli baik secara langsung maupun secara online tentu ada plus minusnya yaa. Jujur jika saya punya banyak waktu tentu dengan senang hati saya bakal hunting mulai dari bahan, model, sampai tukang jahit yang cocok. Sayangnya kesibukan *sok sibuk* membuat saya memilih alternatif kedua. Membeli baju yang sudah jadi dan siap pakai. Ada sih di butik-butik tertentu yang menyediakan busana sekeluarga, tapi harganya juga lumayan yaa. Naah sebagai ibu cerdas dan hemat tentu selain kualitas saya juga mempertimbangkan budget juga. Jadi kalau bisa membeli dengan kualitas oke dan harga yang ramah di dompet.

Menyengaja hunting baju untuk keluarga ternyata takes time juga lho. Iya kalau kami bisa kompakan berlima punya waktu bersama ke pasar. Anak-anak agak susah diajak jalan mencari baju seperti ini. Mereka mudah bosan dan tak mau diam. Saya sering stress saat mengajak mereka bertiga ke pasar. Baik pasar khusus sandang maupun ke mall. Luar biasa tak mau diam. Kadang mereka jadinya malah semau-maunya memilih sesuai selera di luar rencana awal. Padahal maksudnya kan cari baju buat kompakan, eh malah jadinya gak kompak karena si kakak maunya A, adeknya B, yang bungsu C. Ya gak masalah juga sebetulnya, tapi niat awal kami mencari pakaian seragam yang senada jadinya malah gatot deh! gagal total!

Nah alternatif yang cukup membantu saya adalah mencari secara online. Bukan tidak melibatkan anak-anak lho. Saya tetap bisa melibatkan mereka saat memilih model dan warna. Bedanya cukup di depan gadget atau di depan komputer saja, jadi gak ribet lari-larian, berantem, kecapekan, trus minta ini-itu yang lainnya hahaha. *Lap keringet*

"Ka, coba lihat deh, model yang ini lucu ya?"
"Hmm coba deh bu, lihat yang lain dulu...biar kita bisa bandingkan".

Lalu mereka sibuk melihat-lihat, membandingkan dan berbincang bertiga, Dek Paksi sih biasanya "anak bawang aja" dan sepakat saja dengan kakak-kakaknya. Model baju anak cowok kan lebih simpel. Lebih ke pilihan warna saja biasanya. Kakak-kakaknya juga sudah tahu deh warna kesukaan Dek Paksi.

"Nih bu... Aku sama Zaha sukanya yang ini nih...bagus kan bu. Menurut Ibu gimana? cocok kan? ..."

Acara memilih dan mencari baju keluarga jadi sesimpel itu sih, gak pakai ribet lagi. Asiik kan? Tampil berbusana muslim sekeluarga, tampil kompak dan tetap gaya, dan pastinya gak pakai ribet. Cukup di Eticha aja!

47 comments:

  1. Seneng banget kalau liat keluarga pakai baju sarimbit. Bener2 serasi dan kompak... ahhh sukak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga seneng klo lihat sekeluarga pake baju kompakan hehehe

      Delete
  2. famili mba Ophi kompak banget, anak dan suami saya nggak begitu suka pakai baju samaan..jadi nggak punya deh baju seragam keluarga, tfs mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mrk mau dikompakin mba

      Delete
  3. mbaaa.... pengen ikutan lombanya, tapi telat infonya hiks... Semoga menang ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah telat yaa..pdhal lama tuh periodenya. Makasih yaa amiin

      Delete
  4. Memilih baju keluarga jadi lebih simple dan menyenangkan ya Mbak dengan Ethica.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba...membantu bgt buat yg ga sempat ke pasar/mall

      Delete
  5. Mom keren banget bisa kompakan gitu seru yah... btw beda berapa tahun anakmu mom masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mom
      Jaraknya deket2 ni
      Ka al ke ka za 1.5 th
      Ka za ke de paksi 3 thn

      Delete
  6. saya juga suka lihat keluarga yang tampil kompak Mba Ophi, jadilah saya suka bilang ke suami untuk membuat baju seragam tapi sampe sekarang dia gak pernah mau, huhuhu :(

    goodluck kontesnya yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha ayo bujukin pak suami.
      Makasih mba

      Delete
  7. Emang deh masalah sarimbitan itu adalah, baju ceweknya bagus eh baju cowoknya biasa, atau kebalikannya.. pengen gitu sarimbitan buat foto studio, tapi belum nemu baju yang cucok, coba deh abis ini meluncur ke eticha, siapa tau nemu yg pas, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah sering sarimbitan tp blom jadi2 ke studio photo euy...
      Ini photo di rmh atau paling pas kondnagan hahaha.
      Cuss ke eticha deh lucu2

      Delete
  8. Jadi penasaran pingin mampir ke webnya deh.

    ReplyDelete
  9. Memang seru, ya..kalo bisa seragaman dengan semua anggota keluarga di setiap acara. Jadi keliatan kompak. Apalagi eticha banyak pilihan baju sarimbit, semakin mudah untuk memakai baju seragam keluarga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..ga harus jahitin sendiri.
      Suka ga sempet waktunya mbaa *sok sibuk

      Delete
  10. belum punya baju kompakan seperti ini, sempet ditawarun temen sih baju sekeluarga seperti ini tapi beda merek dan nngilerr banget tapi udah mepet Idul Fitri nawarinya udah terlanjur beli baju muslim utk anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti bs buat next idul fitri ya mba

      Delete
  11. Klo kompakan gini aku jg jahit sendiri sukanya mak kadang klo beli online bbrp x ukurannya ga pas ntar buatku ada buat abang ga ada ato buat nadia ga ada. Cb liat ethica deh x aja ada yg cucok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harua perhatikan betul ukuran2nya mak. Mmg sih beda sm jahit yg dah pasti ukurannya. Gp buat anak2 kadang aku malah sengaja pilih 1 nomor di atas ukuran biasanya. Spy bs dipakai lebih lama.
      Paling nanti dilipet dikit dan disom gt.
      Klo dah besar tinggal dibuka somnya

      Delete
  12. Kembaran pake baju itu biasanya anak-anak saja Mba. Kalau sekeluarga blm pernah. Hiks, jadi tambah pengin punya baju Kembaran sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo anak2 dah banyak mrk kembarannga mba.
      Yg kemabaran sekeluarga nih yg mmg gak banyak

      Delete
  13. aku juga suka banget mak, liat keluarga yang pake baju seragaman, kompak keliatannya, tapi aku belum bisa pake soalnya anakku masih batita, jarang ada baju umur segitu, mau jahit blm sempet2 hehehe.. di Eticha ada gak yah.. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm coba dicek mba...
      Ada keterangan sizenya juga sih

      Delete
  14. Lebaran ini saya nggak pake seragam seperti dua lebaran sebelumnya. Barengan sama pendaftaran sekolah, dll. sih. Mepet banget, hahaha. Tapi tahun depan kudu pake seragam lagi. Apalagi di Ethica lengkap, tinggal pilih aja kalo mau seragam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tahun inj kami juga enggak mas. Nener bentrok sm kebutuhan sekolah anak2 yaa

      Delete
  15. Aku belum pernah seragaman sekeluarga, mba. Tapi seru ya lihat karna keliatan kompak euy :)

    ReplyDelete
  16. biasanya seragam keluarga paling pas lebaran. pake baju koko seragam

    ReplyDelete
  17. Mbaaa..saya belum pernah seragaman sm anak-anak ih.. Kalau saya dan suami sih pernah, beli baju jadi pas masih baru nikah dulu. Skrg udah ga pernah kembaran. Skrg malah Amay dan Aga aja yg kembaran, krn dua-duanya laki-laki sih..hehe..dan iya, biar ngga ada kecemburuan, xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dikembarin mba...seruu.
      Malah lbh gampang krn dua2nya cowok tuh...tinggal bedain size aja

      Delete
  18. seru banget kalo pake baju kompakan gitu ya mba Ophi. Jadi pengen beli baju/bahan yang bisa kompakan juga jadinya nih, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba buat seseruan hehehe...
      Coba deh

      Delete
  19. seru ya, kalau anak2ku pada males pakai baju kembaran , apa mungkin karena sudah pada dewasa semua ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dah dewasa kembarannya yg casual aja mah. Klo yg resmi mrk suka males keknya

      Delete
  20. saya belum punya baju sarimbit gini hehehe
    TFS bisa jd pertimbangan nih :)

    ReplyDelete
  21. KAmi suka pakai baju kembaraan. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliatannya kompak ya mbaa....
      Jd semangat hehe

      Delete
  22. Wah sama neh kami juga suka tampil kompak pakai baju keluarga. Mulai dari beli jadi hingga menjahitkan di penjahit langganan, semua ada plus minusnya.

    ReplyDelete
  23. punya keluarga yang kompak memang asyik

    ReplyDelete
  24. tipsnya bermanfaat, makasih udah sharing mba ;)

    ReplyDelete
  25. benar-benar momen yang bagus ya, dan punya keluarga yang harmonis juga dambaan bagi semua orang ;-)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.
Comment teman-teman akan segera muncul setelah dimoderasi yaa.