Thursday, August 10, 2017

Menyiapkan Menu Bancakan Sendiri


Mumpumg belum lama, Mom of Trio mau sharing resep menu bancakan yang dibuat sendiri. Bancakan, itu lhoo makan rame-rame di atas daun pisang. Lagi ngetrend kan tuuh. Ini mah saya banget laah, makan kayak gini bisa lupa kalau punya utang #eh. Mertua lewat juga gak keliatan *songooong*.



Btw beneran nih siapin semuanya sendiri? bener duong, dibantuin Ayahnya Krucil belanja ke pasarnya sih tapi semua menu disiapkan sendiri. Bisa? Alhamdulillah bisa tuh, Ka Al sama Ka Zaha bantuin ngupas bawang putih dan bawang merah sih, tapi terus kabur. Perih katanya di mata. Eh tapi pas mau bersihin daun pisang mereka bener-bener membantu banget lhoo. Makasih ya nak.

Sebetulnya gak dibantuin juga gak apa-apa sih asalkan Ibu dibiarkan tenang berkreasi di dapur. Giih ajak adek Paksinya main biar Ibu tenang masaknya. Seperti biasa kalian jadi ass chef aja ya. Iya, bagian icip-icip.



Makan siang bancakan saat itu disiapkan untuk sekitar 15 porsi, jadi saya masih siap melakukannya sendiri karena memang tidak terlalu banyak ya. Meskipun akhirnya menu disiapkan untuk 15-20 orang, mendingan lebih daripada kurang. Kalau lebih kan bisa dibungkus dan dibawakan pulang seperti kalau pas arisan.

Jangan lupa baca juga: Menyiapkan Menu Arisan Sendiri ya.

Menu Bancakan yang Mom of Trio kemarin siapkan terdiri dari:

Nasi Liwet, saya buat dua macam nih. Nasi putih dan nasi merah

Lauk:

Ayam Goreng
Ikan Nila Goreng
Tahu goreng
Tempe Goreng
Ikan Asin Goreng
Urab Kecipir
Tumis Cumi Asin
Sambal
Lalapan (Rebusan Kecipir, Selada, Timun, Kecipir)

Nasi Liwet

Nasi Liwetnya saya buat di rice cooker, layaknya masak nasi biasa saja. Hanya saja ditambahkan bumbu-bumbunya. Iya hanya bumbu saja, kalau nasi liwet biasanya ditambahkan teri atau ikan asin karena ada lauk ikan asin dan cumi asin jadi untuk liwetnya hanya saya tambahkan bumbu-bumbu saja.

Setelah beras dibersihkan dan ditambahkan air secukupnya. Lalu masukkan bumbu-bumbu yaitu potongan bawang putih, bawang merah, cabe, daun salam, sereh yang dimemarkan, potongan daun bawang, 1 sendok minyak goreng, dan garam secukupnya. Untuk banyaknya disesuaikan sesuai selera saja. Makin banyak bumbunya makin sedap kalau menurut saya.


Tanak nasi dan bumbu seperti memasak nasi biasa di rice cooker.

Aneka Lauk

Untuk lauk, Sebetulnya semuanya dimasak secara sederhana dan tidak terlalu repot. Mom of Trio hanya akan bagikan resepnya secara ringkas ya.

Ayam goreng

Supaya memudahkan ayam goreng sudah dibersihkan dan diungkep dari malam sebelum hari H. jadi pagi-pagi sudah tinggal digoreng. Bumbu ungkepannya apa saja kah?
bawang putih, lengkuas, sereh, kunyit, jahe dan garam. Semua bumbu dihaluskan lalu dimasak bersama potongan ayam. Kali ini Mom of Trio sengaja menagmbil bagian paha dan dada saja. Setelah bumbu meresap dan ayam matang, sisihkan. Esok paginya goreng ayam di minyak panas yang cukup ya. Angkat setelah kekuningan dan masak. Enaknya kan ayam kalau dimakan hangat yaa.



Ikan Nila Goreng

Untuk Ikan nila, setelah dibersikan Mom of Trio hanya tambahkan bumbu berupa bawang putih dan garam serta air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Setelah direndam dalam bumbu tersebut baru digoreng kering.

Tahu dan Tempe Goreng

Tahu goreng dan tempe goreng cukup dibumbui air garam atau jika mau ditambahkan dengan ketumbar bubuk juga makin sedap. Seetalh dimarinate dengan iar garam dan ketumbar, lalu digoreng hingga kekuningan juga.

Baca Juga: Kreasi Resep Tradisional dan Modern So Good Chicken

Ikan Asin Goreng

Untuk ikan asin, Mom of Trio sengaja membeli ikan asin yang tipis dan sudah tidak terlalu asin. untuk mengurangi asinnya bisa juga dicuci dulu sebelum digoreng ya.

Urab Kecipir

Urab kecipir. Bahanya kecipir, bersihkan dan potong sesuai selera lalu rebus hingga matang demikian juga dengan wortel yang sudah dibersihkan dan dipotong serta tauge. Untuk wortel dan tauge jangan terlalu lama yang merebusnya. Keduanya lebih cepat matang daripada kecipir.


Untuk bumbu urab. Siapkan parutan kelapa dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, terasi, garam dan gula. Jika suka bisa ditambahkan dengan kencur. Aduk bumbu yang dihalsukan dan parutan kelapa lalu masukkan ke dalams edkit minyak panas, setelah bumbu harum tambahkan air dan biarkan bumbu urab matang. Kita bisa menyimpan sisanya di kulkas dan menggunakannya suatu waktu. Cukup dengan dimasak kembali.

Rebusan kecipir, wortel dan tauge baru digabaungkan dan diaduk dengan  bumbu urab beberapa lama sebelum dihidangkan supaya tidak berair.

Tumis Cumi Asin

Jangan lupa rendam dan bersihkan dulu cumi asin sebelum diolah ya. Selain membersihkan juga untuk mengurangi asinnya. Untuk bumbuny potonng kasar cabai hijau besar, bawang putih, bawang merah, peprek jahe, gula. sedikit garam. tumis bumbu lalu masukkan cumi asin dan tambahkan air, rebus hingga cumi asin lunak.


Sambal

Sambal merupakan unsur yang paling penting dalam menu bancakan jadi usahakan sambalnya mantap ya. Meskipun saya dan anak-anak tidak makan pedas tapi karena menu ini disiapkan untuk tamu maka sambal saya sesuaikan dengan selera tamu. Saya membuat sambal yang direbus ya bukan di goreng. Jadi bumbunya direbus lalu diulek. Apa saja bumbunya? Cabai sesuai selera, bawang putih, bawang merah, terasi, garam, gula. Semua direbus, lalu diulek.

Lalapan

Hanya kecipir yang saya rebus, setelah diebrsihkan dan diporong ujungnya kecipir direbus dengan menambahkan sedikit garam. Sedangkan daun selada, timun, dan kacang panjang cukup dibersihkan dengan air yang sudah ditetesi cuka apel lalu dibersikan di air mengalir.



Jangan lupa siapkan daun pisangnya yaa. Saya beli daun pisang yang sudah siap pakai di pasar. jangan lupa dibersihkan dulu ya, menggunakan lap absah dan lap kering. Lalu tata daun pisang di atas karpet atau tiker. Setelah itu tata nasi liwet dan lauk pauk pelengkapnya. Mamam yuuuuk :)



7 comments :

  1. Aaaa,kerenn..15 porsi dimasak sendiri. Jadi pingin ikut makan ^^

    ReplyDelete
  2. Dan aku sampe skr blm kesampaian jg bancakan, padahal pengeeennnn... Kalo lauknya mah, aku cukup ama ikan asin,
    lalapan, sambel yg pedas dan tahu goreng mba :D. Udh cukup banget itu :D

    ReplyDelete
  3. lagi ngetren tuh nasi bancakan begitu
    emang enak ya makan rame rame.
    aku juga pingin ikut makan

    ReplyDelete
  4. mantab nih buat tambahan resep dan buat inspirasi kalau ada acara

    ReplyDelete
  5. Pengin ikutaaan, hahahah.... itu lauknya terserah ya ditaro di mana aja, asal rame..

    ReplyDelete
  6. aku ikut bancaan mbak
    urap kecipirnya masa alah itu enak banget kayaknya

    ReplyDelete
  7. wahhh ini namanya makan besar mbak .,,,,,,
    kalau di keluargaku ,namanya makan mayoran mbak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top