Monday, January 23, 2017

Menyiapkan (Sendiri) Menu Arisan Keluarga


Hmm meski tidak jago-jago amat memasak dan mengandalkan mang google setiap kali memastikan satu resep, tapi kalau ada acara arisan keluarga sebisa mungkin ya masak sendiri. pas kita datang ke rumah saudara yang kebetulan ketempatan, mostly mereka masak sendiri meski lauknya lauk rumahan sekalipun. Jadi rasanya memang lebih homey. 


Kebetulan bulan ini ketempatan arisan keluarga ayahnya krucils. Menu apa ya kali ini? sebelumnya saya masak sayur asem, ayam goreng, tempe goreng, tahu isi, sambal dan lalapan. Hmm terinspirasi dari acara makan siang bareng teman kantor, kayaknya seru nih kalau menunya Soto Kudus ala-ala. Hmm teringat juga makan Soto Batok Sambisari, saat ke Yogyakarta beberapa waktu lalu. Well, intinya Soto Kudus ala Mom of Trio deh.

Menu disiapkan untuk 10-15 porsi, untung tidak terlalu banyak ya. Hmm well, langsung deh di list menunya. Soto Kudus, Perkedel Kentang, Sate Telor Puyuh, Sate Ati Ampela, Tempe Goreng, Emping Melinjo, dan tentu saja sambal. Semua bahan saya beli di Pasar Tradisional, Pasar Cimanggis. Malam sebelum esoknya acara arisan. 

Sayangnya ternyata untuk Ayam Kampung baru ada di pagi hari. Akhirnya Ayah Trio Kucils yang saya tugaskan membelinya esok paginya. Karena kesiangan, kehabisan di Pasar Cimanggis. Cuss ke Pasar Ciputat, alhamdulillah dapat.

Baca juga: 2 Kreasi Bakmi Mewah ala Resto

Untuk pelengkapnya saya buatkan Pisang Goreng dan Ubi Goreng. Kebetulan masih punya pisang raja. Kalau Ubinya memang si Ayah sudah lama ngidam pingin Ubi Goreng. Selain itu ada pisan ambon, pisang raja sereh, dan salak. Hmm semua serba alami hahaha. Menyesuaikan pola makan tuan rumah kayaknya.

Soto Kudus Ala-ala

1 ekor ayam kampung, dibersihkan dipotong sekitar 15 potong.
Ayam kampung diungkep dengan bumbu bawang putih, lengkuas, jahe, sedikit kunyit, sereh, daun salam, dan garam.

Air rebusan ayam disaring dijadikan kaldu ayam untuk kuah soto. Untuk potongan ayam disisihkan lalu digoreng. Saya hanya menggunakan separuh untuk digoreng dan disuwir-suwir. Beberapa potong saya sisihkan untuk sarapan besok paginya hehehe. Maklum ayamnya lumayan montok.

Kaldu ayam dipanaskan. Tambahkan sereh dan daun salam, Masukkan bumbu tambahan. Bawang putih dan bawang merah yang telah diulek digoreng. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Daun bawang, bersihkan dan iris tipis
Tauge, bersihkan.


Saat hendak disajikan, siapkan dalam wadah irisan daun bawang, tauge, dan suwiran ayam kampung. Lalu tuangkan kuah soto panas. Tambahkan bawang goreng. Jangan lupa siapkan sambal, irisan jeruk nipis, plus kecap sebagai pelengkap.  Siapkan juga Emping Melinjo. Pas banget nih, oleh-oleh emping melinjo dari Aceh belum digoreng.


Perkedel Kentang.

3/4 kg kentang, kupas kulitnya, bersihkan, potong-potong dam goreng, lalu sisihkan.
goreng 5 siung bawah merah dan 3 bawah putih.
Haluskan bawah merah dan bawah putih yang telah digoreng, tambahkan garam dan lada bubuk, ulek dan hancurkan kentang goreng. 
Kocok 1 buah telur ayam, 1/3 bagian aduk dalam adonan kentang. 2/3 bagian untuk menggoreng perkedel kentang.
bentuk adonan kentang seusai selera, celupkan dalam kocokan telur lalu goreng.



Sate Telor Puyuh Pindang

Rebus 60 buah telur puyuh, kupasi kulitnya sisihkan.
Haluskan 4 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih. Goreng ulekan bawang putih dan merah hingga harum, tambahkan air, garam, kecap manis, lada bubuk, jahe, dan gula merah yang telah diiris halus. 
Saat bumbu mendidih, masukkan telur puyuh. Rebus hingga bumbu mengenal dan mengering dan puyuh berubah kecoklatan. Setelah matang, telur puyuh disusun dalam tusukan sate.


Ati Ample Goreng

Awalnya ati ampela bau dibuat sate juga tapi karena repot kayaknya cukup digoreng saja nih. Tidak mengurangi kenikmatannya.
15 pasang ati ampela ayam, bersihkan sisihkan.
Rebus ati ample ayam dengan bumbu lengkuas, jahe, bawang putih, kunyit, sereh, daun salam, dan garam. Bumbu dapat dihalus atau dapat juga hanya dipeprek saja.
Setelah matang sisihkan, lalu digoreng.


Tempe goreng

Bumbui tempe yang telah dipotong-potong sesuai selera dengan rendaman (marinate) bawang putih halus dan ketumbar bubuk, serta garam. Goreng hingga kuning keemasan.

Sambal Soto

1/4 cabai rawit, 3 siung bawang merah, dan 2 siung bawang putih direbus. Setelah matang lalu diulek hingga halus tidak lupa tambahkan garam.


Setelah semua menu utama selesai sambil membersihkan alat masak saya menggoreng Ubi dan Pisang Goreng deh.



Well, tidak terlalu sulit kan yaa? jam makan siang saat tamu datang makanan sudah siap. Oh iya untuk mengantisipasi kekurang waktu karena harus mengerjakan sendiri dan hanya dengan 2 kompor tanam. Untuk ungkepan ati ample sudah saya lakukan malam harinya, demikian juga dengan telur puyuh sudah direbus dan bersih saat pagi hedak diolah. Jadi lumayan menghemat waktu dan mengurangi kerepotan.
Capek? Lumayan. Semua saya kerjakan sendiri dengan sedikit bantuan dari Ayah Krucils untuk angkat-angkat dan mengupas ubi. Ka Alinga membantu menusukkan telur puyuh pindang menjadi sate, sedangkan ka Zaha bertugas suwir-suwir ayam kampung goreng. Hmm sambil icip-icip terus. Untuk bawang goreng tabur kebetulan saya sudah punya yang sudah dibeli dalam kemasan, jadi lebih praktis.

Tadaaa.... Menu Arisan Keluarga, Soto Kudus Ala-ala sudah siap. Plus bisa dibawakan pulang juga lho ke beberapa saudara, ternyata cukup banyak juga ya. 

32 comments :

  1. sipp mbaa, lebih hemat memang masak sendiriii

    ReplyDelete
  2. Wuii sambel nya menggoda iman, kombinasi menu yang pas, ada sate telor puyuh, soto, ampela ati, #bawapiring

    ReplyDelete
  3. astaga sambelnya itu loh.. bikin ngiler aja

    ReplyDelete
  4. Malam2 buka ini saya jadi kelaparan akut. Saya suka banget tuh mbak telur puyuh pindang sama ati ampela goreng. Aduh lapar *pegang perut

    ReplyDelete
  5. Soto kudus banyak daun bawangnya ya?
    Kalau aun bawangnya ganti lain kira2 ganti pakai apa ya biar gak ngurangi rasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya gak sebanahk ini mba..krn aku suka aku banyakin

      Delete
  6. Soto kudus saya sukaa.. Apalagi kalau kecambahnya banyak hhhmmm...

    ReplyDelete
  7. Wah, aku mah gak bisa masak mbak. Kalo ada acara ginian, pasti minta bantuin bulik

    ReplyDelete
  8. Hampir mirip dengan soto lamongan ya, Mbak. Hanya kalo soto lamongan warnanya lebih kuning, kunyitnya lebih banyak.
    Eh itu, resep sambalnya, 1/4 apa Mbak? 1/4 kilo?

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. alhamdulillah kata yg masak mah maknyoss

      Delete
  10. Wuah komplit banget. Jadi ngiler nih hahaha.
    Sate telur puyuh itu kesukaan anakku, selama ini aku pake kecap manis, pakai gula merah warnanya lebih cokelat ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba gula merah bikin warnanya coklat dan rasa yg khas

      Delete
  11. Ati ampelanya itu lhooo, bikin pengen langsung ambil nasi putih sama sambel hihihi

    ReplyDelete
  12. Mba Ophi, aku berulangkali coba bikin soto kudus kayaknya nggak seenak buatan mertuaku mba :(
    Maklum, suami asli kudus. Hihii. Bisa nih praktek ah buatin pas ada arisan keluarga :)

    ReplyDelete
  13. Waduw...arisan di tempat Mbak Ophi enak banget. Wkwkwk. Pindah ah. Hahaha..Kalau aku paling cuma nyiapin yg gampang2 aja, kue kue kering gitu. Pulanga dibungkusin somay, bakso atau apalah yang porsian gitu Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah masalahnya di komplekku ga ada pedagang jajanan mbaa..jd mau ga mau masak hehe

      Delete
  14. sate pindang telur puyuhnya emang bikin laper ,... laper ... laper

    ReplyDelete
  15. haduh mba, laper :-D
    belum makan siang juga liat postingan ini
    siwer mata jadi baper.

    ReplyDelete
  16. kalau saya tetep, soto Kudus Ala ala
    hmm yummy

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini.

Back to Top