Happy Tummy with Warm Ambiance di Kalluna Jogja



Sore itu selepas usai kegiatan yang full dari pagi. 

"Kita meet up yuk... siapa aja yang posisi sedang di Yogya?"

"Ada Nia, Mia, sama Aflah bu".  

(Mereka para mentee saya yang kuliah di UGM dan sedang ada di Yogya).

"Cariin tempatnya ya, jangan jauh-jauh dari hotel Ibu ya, karena malam mungkin ada kegiatan lagi."

Resto di Pusat Kota

Lalu akhirnya kami sepakat untuk bertemu di salah satu resto yang kalau kata Nia "cukup hits". Dia share loc, tidak jauh dari hotel tempat saya stay di bilangan Malioboro. Sekitar 10 menit saja saya dan Wulan (sesama mentor) menuju lokasi dengan Gocar. Kebetulan belum mulai padat di sekitaran Maliboro jadi gak pakai drama macet, langsung sampai. Lokasinya di Jl. Sajiono No.13, Kotabaru. Iyes! terhitung masih di pusat kota ya.

Baca juga: Kuliner Jogja Pinggir Jalan tapi Ngehits

Warm Ambiance - Bali + Santorini

Saat turun dari mobil, saya agak surprise. Gak kebayang sih kalau ternyata bahkan dari tampilan luarnya resto ini udah memberi kesan beda dengan Yogya pada umumnya. Makin surprise saat mulai masuk. Hmm ini nuansa Bali dan Santorini gabung jadi satu gak sih. Summer vibes dengan ambiance yang hangat. Desain interiornya juga khas banget dan pastinya instagramble banget buat pepotoan. Background putih dengan ornamen warna nude dan coklat muda serta bahan kayu menambah kesan hangat. Aesthetic kalo kata anak zaman now!



Tidak ramai saat kami datang, hmm malah bagus nih karena saya sedang tidak ingin berkumpul di tempat yang crowded. Suasananya memang kelihatan dibuat sedemikian agar pengunjung betah berlama-lama. Mungkin yang pingin punya quality time sama pasangan, teman, atau bahkan keluarga. Kayaknya banyak yang bawa kerjaan juga nih di sini. Tersedia banyak soket dan juga ada Wifi. Pas banget buat berlama-lama sambil mencoba beragam menu mereka yang cukup banyak pilihan.

Pilihan Menu Lengkap

Bicara soal menu, memang bener banget kalau ragam makanan dan minuman yang ditawarkan Kalluna terbilang sangat banyak dan beragam variasinya. Mulai dari makanan tradisional, western, Asian (bayangin Asia aja macemnya banyak gak sih mulai dari Chinese, Arabian, Japanesse, Korean, Indian, de el el), bahkan ada menu African juga sih. Jujurly, bingung mau milih menu yang mana. Saking semua terlihat menarik. Antara lapar mata sama lapar beneran sih ini.

Baca: Kuliner Jogja yang Unik dan Tidak Mainstream

Oke, aku coba kasih contekan sedikit ya ragam menu Kalluna ini. Untuk starter dan snack ada beragam jenis kentang goreng dan bahkan kentang tumbuk ( mashed potato), ada beragam jenis chicken dan juga Taco dan Nachos. Untuk harganya ada di kisaran IDR 27K - IDR 60 K dengan porsi personal namun tetap bisa buat dicamil beberapa orang di luar menu utama ya. 

Untuk starter ini, aku pesan Mexican Nachos which contains fried tortilla with bolognese and cheese, served with tomato salsa. It cost  IDR 49K per portion. Aku lumayan sering nyobain Nachos kalau ada resto dengan menu ini. Termasuk di resto hotel di mana aku stay, jadi memang ekspketasiku lumayan tinggi sih ke menu ini. Well, ternyata it meets my expectation. Ratingnya 9/10 sih hahahaha. Tortillanya tetap crunchy meski toppingnya banyak dan gak terasa pahit khas rasa Nachos.



Nah untuk menu yang sehat-sehat ada banyak pilihan yang menarik nih di varian salad dan soup mereka. Semuanya bikin tempting deh. Sebagai pecinta salad aku bakal sebutin deh semua varian salad mereka. Ada Classic Caesar Salad, Crunchy Thai Chicken Salad, Tazmanian Salmon Gravlax Salad, Kale Salad, dan Japanese Horenzo Tuna Salad. It cost IDR 41K - IDR 55K per portion. 

Baca juga: Ngobrol Cantik Sambil Menikmati Menu Sehat

Nia memesan Crunchy Thai Chicken Salad which is interesting salad for me. Unik! kulit ayam yang crunchy dengan salad segar dengan  spicy-sweet peanut butter and oil dressing. Wah  memikat sekali. Sayangnya saya butuh makanan yang berat, jadi saya skip menu salad ini. Nia kasih Rating 9/10 juga untuk salad pesanannya. Hmm next time kalau kesini lagi saya mau pesan Kale saladnya deh. Oh iya untuk soup ada tomato, mushroom, dan salmon soup lho.



Menu varian selanjutnya ada brunch and sandwiches mulau dari beragam waffle, croffle, bagel, fish and chips, dan sandwhich yang dibandrol dari kisaran IDR 43K- IDR 62K. Nah untuk menu grill ada beragam steak yang juga terlihat yummy. Tenderloin, Striploin, Rib Eye, Salmon dan Chicken Steak lengkap dengan side dish, veggies, dan beberapa pilihan sauce. Harganya di kisaran IDR 57K - IDR 165K per porsi.

Menu Italian mereka punya home made pasta (fettuccine),  pasta biasa, dan juga pizza. Untuk pasta ada fettuccine dan spaghetti dengan beragam sauce. Untuk home made pasta harganya sedikit lebih mahal di kisaran IDR 64K- IDR 76K sedangkan pasta yang biasa di kisaran IDR 49K - IDR 51K.  Wulan dan Mia memesan fettuccine nih, masing-masing dengan sauce bolognese dan alfredo.  Keduanya juga bilang rasanya mantul deh, dengan rating yang juga kece 9/10. Wow! 





Oh iya untuk pizza, rupanya pake American pizza dough nih. Ada sweet pizza dengan tutti frutti nutella topping.  Pizza lain ada varian super supreme, tuna corn delight, truffle mushroom, dan meat lovers pizza. Harga satu piring pizza ukuran sedang ini  sekitar IDR 83K - IDR 87 K. bisa buat camil berempat atau berlima sih.

Nah untuk masakan nusantara nih gak kalah lengkap deh. Just mention it deh! mulai dari soto betawi, nasi bebek, sop iga, sop buntut, nasi goreng, nasi ayam betutu, bahkan rawon. Harganya di kisaran IDR 47K - IDR 62K. 

Kalluna Signature

Lanjut nih ke signature-nya Kalluna. Sejujurnya semua menu signature Kalluna ini memang menggoda untuk dicoba, terlebih jumlahnya juga cukup banyak dengan varian yang juga sangat beragam mulai dari Korean Buldak, Chicken Tikha Masala, Chicken Charsiu, Kungpao Chicken, Peri-peri Chicken, Nasi Gila with Wagyu, Nasi Hainan Ayam Singapore, Marocoan Roasted Chicken, Salmon Teriyaki Rice, Beef Stroganoff, Black Olive Salmon Fried Rice, dan Indian Curry Butter Chicken. Bingung kan milihnya? Range harganya dari kisaran IDR 52 K - IDR 69 K.

Aku entah kenapa memilih Nasi Mandi khas Maroko, Marocoan Roasted Chicken. Trus gimana? ternyata enak guys!

Baca juga: Menikmati Nasi Mandi di Tanah Jazirah

Well aku ga terlalu berharap sih bakal dapet nasi mandi yang enak gimana. Secara sepanjang pengalamanku sebagai pecinta menu nasi khas timur tengah, saat makan di daerah Thaif Madinah sana rasanya paling best dan otentik. Jadi standarku lumayan tinggi nih. Eh tapi ternyata nasi mandi khas Maroko ini enak banget lho. Bumbu di roasted chickennya juga meresap mantap dan pas banget. Enak deh! Sejujurnya gak nyangka kalau resto yang bukan mengkhususkan diri di menu khas Timur Tengah bisa menyajikan nasi mandi seenak ini. Beneran gak nyesel aku pesan menu yang satu ini.



Baca juga: Menu Timur Tengah di Kamanana Puncak

Nah masih di Kalluna signature, ada per-noodle-an yang bisa dipilih nih. Ada Chicken Pad Thai, Hongkong Style Chicken Noodle, Singapore Fried Chicken Noodle, dan  yang unik ada Vegeratian Firied Noodle Rice serta Mie Goreng Nusantara (Nusantara Fried Noodle). Range harganya dari IDR 47K- IDR 52K.  Aflah mencoba menu Hongkong style Chicken Noodle 8,5/10 ratingnya. Hmm worth to try juga.


Nah untuk dessert dan drink ada banyak macam yaa, kamu bisa cuss ke Instagram Kalluna. Hangat dingin, kekinian, dan tradisional. Kap lengkap. Tapi sejujurnya yang mencuri perhatian saya dan sayangnya belum sempat saya coba adalah Klepon Cake. Ini dah saya tandain kalau ke Jogja lagi dan mampir Kalluna wajib pesan, Klepon Cake ini. Oh ya untuk minuman, mostly pesan iced tea gitu kecuali aku pesan wedang jahe hehehe. Sayangnya wedang jahenya bukan dari jahe segar jadi biasa aja sih menurutku.

Terus yang juga bakal bikin kamu betah, Kalluna juga menyediakan Gelato dengan beragam rasa. Stand Gelato di dekat pintu masuk sebelah kasir nih. Mereka juga menyediakan bahan pangan organik yang dijual dalam kemasan. 

Jadi gimana? Ke Jogja dan pingin mencoba menu yang berbeda dari biasanya? bisa cobain ke Kalluna deh. Cuss intip Reelsku ini buat lihat suasananya di sana yaa.



2 comments

  1. Aku lihatnya pagi, ayamnya ya allah puas banget ini mah apalagi kelihatannya menggoda. Jadi lapar dan pengin incip, minya pun enak dan porsinya banyak sih menurutku. Apalagi tempatnya estetik, sayangnya di Jogja, jauh.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya sangat menarik aduh aku puasa jadi makin lapar..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah silaturahim, silahkan meninggalkan jejak di sini. Comment yang masuk saya moderasi terlebih dahulu ya. Mohon tidak meninggalkan link hidup.